silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan  ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.

Kegiatan yang dilakukan tersebut  sudah sesuai dengan tema yang  ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.

Pada saat guru  akan menanamkan kejujuran  pada anak usia dini, Guru tepat  jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada   anak  untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan  stiker

Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.

Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.

Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit  dan menempelkan di bajunya.

 

Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

1,900 Comments

  1. Menurut pendapat saya kegiatan dalam vidio pembelajaran tersebut sudah efektif dan menarik. Dalam menanamkan nilai kejujuran pada anak secara langsung dalam Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada video tersebut, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah menyelesaikan tugasnya silahkan dikumpul dimeja, dan sebaliknya anak yang belum tidak boleh bohong. Ketika saya melihat vidio diatas tersebut guru sangat kreatif dalam mengembangkan pembelajaran dikelas tersebut. Adapun permainan yang dapat menanamkan perilaku jujur pada anak yaitu melakukan permainan congklak dimana dapat melatih motorik halus dan kemampuan menyusun strategi untuk menang.

  2. nama :Hepi dwi putri jayanti
    nim : 858743778

    Kejujuran harus ditanamkan pada anak sejak usia dini. Membiasakan anak untuk berkata, berperilaku, dan bersikap jujur dapat menjadi pelajaran yang sangat berguna untuk kehidupan anak di kemudian hari. Dari hal tersebut metode pebelajaran baik karna guru terebut diawal menghimbau anak-anaknya untuk bekata jujur,dengan memberikan sebuah jepitan setelah selesai mengerjakan tugas , itu adalah awal yang baik.

  3. NAMA : Nadia Ulfa
    NIM : 855891823
    PRODI JURUSAN : S1 – PGPAUD
    Menurut Pendapat Saya tentang Vidio Menanamkan Nilai Kejujuran pada Anak PAUD melalui Penjepit Jemuran tersebut Sangat bagus dikarenakan suatu aktivitas yang menimbulkan kesenangan bagi anak dengan Penjepit Jemuran sehingga mereka dapat mengenal warna-warna sehingga guru saat menginspirasi.
    Menggunakan penjepit jemuran sebagai salah satu alternatif yang sangat mudah didapatkan dan efektif untuk membantu guru dalam menanamkan nilai kejujuran pada siswa. Hal ini dikatakan efektif karena siswa PAUD sangat senang dan mudah terinspirasi melakukan kebaikan jika mendapatkan suatu penghargaan. Siswa akan menjadi bersemangat menyelesaikan semua tugasnya untuk mendapatkan penjepit jemuran seperti temannya

  4. ridha aulia / 857154134/ semester2
    dari video diatas dapat disimpulkan
    -Menanamkan kejujuran pada anak usia Dini melalui pemberian:
    -Pengetahuan tentang kebaikan (knowning the goodness)
    -Merasakan,mencintai kebaikan (loving the goodness)
    -melalukan perbuatan baik(acting the goodness)
    – menjadi role mode bagi anak
    Dalam video di atas guru memberikan metode reward dimana anak yang telah selesai mengerjakan tugasnya diberikan jepitan jemuran di kerah bajunya, sehingga membuat anak termotivasi untuk segera menyelesaikan tugasnya dan melatih kejujuran , kedisiplinan anak.

  5. nama : Mayya Muwallidah
    NIM : 8581801
    prodi : PG PAUD BI
    vidio ini sangat inspiratif memberikan ide yang bermanfaat untuk mengajarkan kejujuran pada anak, selain dengan penjepit jemuran, ada juga media lain yang dapat digunakan yakni dengan pemberian stiker pada anak, jika ada 4 tugas maka setiap menyelesaikan 1 tugas maka anak akan mendapatkan 1 sticker, dan jika ada 4 tugas maka anak akan mendapatkan 4 sticker

  6. Nama : SITI MAFTUCHAH
    NIM : 858169302
    PRODI : PG PAUD BI
    Menurut saya kegiatan pembelajaran di dalam video tersebut sangat menarik dan kreatif, anak-anak melakukan kegiatan yang tidak hanya menstimulus aspek perkembangan motorik, kognitif, dan seni, tetapi ada nilai moral juga yang harus distimulus yaitu anak-anak belajar untuk bersikap jujur. Dari video ini saya belajar yaitu sebagai guru kita harus lebih kreatif dan inovatif lagi dalam menggunakan media yang ada disekitar kita dengan baikDengan memberikan contoh langsung kepada anak maka akan mudah tertanam nilai kejujuran itu pada diri anak
    Anak terlibat langsung dalam kegiatan tersebut. Sehingga akan lebih mudah anak anak memahaminya.
    Saya mengamati disekolahan saya anak anak akan lebih mudah memahami dan mudah tertanam diotak anak jika anak ikut terlibat langsung atau praktek secara langsung
    Di sekolah saya untuk mengembangkan nilai kejujuran anak, kami biasanya memberikan stamp ditangan mereka apabila mereka sudah menyelesaikan tugasnya dengan baik dan sebagai itu menjadi reward atas pekerjaan yang mereka lakukan. Stamp yang digunakan biasanya berbentuk bintang 1 sampai dengan 4 bintang, sesuai kemampuan anak.

  7. Nama : Siti Maulidatul Mas’udah
    Nim : 85681609 semester 6
    Pokjar : ketahun

    Video yang menarik dan inspiratif dan kreatif yang mengajarkan anak tentang suatu kejujuran yang melalui media penjepit jemuran. Di awal kegiatan guru terlebih dahulu menjelaskan tentang pentingnya kejujuran yang harus kita lakukan dikehidupan kita sehari-hari. Setelah menjelaskan guru melakukan kegiatan bermain yaitu penjepit jemuran dimana anak-anak akan dilatih dengan kejujuran masing-masing. Karena kejujuran sangat baik jika diajarkan sejak dini.

  8. Setelah saya menonton video tentang menanamkan kejujuran pada anak melalui penggunaan penjepit jemuran yang dikembangkan oleh Megawati Simanjuntak, SP., M.Si Ide ini sangat kreatif dimana junlah anak yang banyak, pasti guru akan kesulitan untuk mengingat siapa saja yang sudah dan siapa saja yang belum. Maka dari itu cata ini sangat efektif melatih anak untuk bersikap jujur. Dengan menggunakan penjepit baju bagi anak yang sidah menyelesaikan kegiatan menjadi kebanggaan tersendiri bagi anak. Selain itu bisa juga ada tambahan rewards buat anak seperti mengecap bintang di punggung tangan anak.

    Saat guru membuat kesepakatan dengan siswa dimana saat itu guru berkata “yang belum jangan bilang sudah, itu namanya bohong” dan itu perlu dikatakan lebih dari 1 kali agar anak tidak lupa.

    Hal yang perlu diperbaiki oleh guru adalah saat berbicara tidak terlalu cepat, agar anak anak bisa memahami perkataan guru. Yang lainnya sudah bagus sekali terutama saat berinteraksi dengan siswanya.

    Terimakasih

  9. NAMA : FELI DEWI WULANSARI
    NIM : 858179604
    PAUDBI POKJAR GRESIK

    dengan melihat video ini saya sebagai guru juga menjadi termotvasi dan mendapatkan inspirasi, ternayata dengan cara unikdan mudah seperti ini kita bisa meningkatkan motivasi belajar anak melalui kedisiplinan dan kejujuran. meskipun hanya sekedar sebuah penjepit jemuaran tapi anak sangat bersemangat untuk mendapatkannya. dan hal ini juga bisa menjadi inspirasi buat saya agar anak anak tidak bosan hanya mendapatkan reward bintang saja. mungkin tambahan untuk video ini adalah guru menerangkan kejujuran dan kedisiplinan di awal pembelajaran, dan selalu menerapkan kejujuran dan kedisplinan sejak awal, agar anak tahu dan menjadi terbiasa dengan hal itu, sehingga anak tidak perlu lagi melakukan berbohong dan memahami tanggung jawab sebagai siswa yang harus menyelesaikan tugasnya dengan mandiri.

  10. Nama : Erika Septiani
    NIM : 857763064
    Prodi : PGPAUD
    Dalam video ini dapat menambah relasi saya untuk mengajarkan kepada anak pentingnya bersikap jujur. Anak usia dini biasanya tidak akan luluh jika hanya dengan perkataan dan peringatan guru saja tanpa adanya kegiatan yang dilakukan secara langsung. Salah salah satunya yaitu dengan memeberikan apresiasi / reward untuk anak agar dapat menanamkan sikap jujur. Dengan metode yang menarik untuk anak yaitu menjepit pakaian anak sebagai tanda bahwa anak tersebut telah jujur.

Leave a Reply