silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan  ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.

Kegiatan yang dilakukan tersebut  sudah sesuai dengan tema yang  ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.

Pada saat guru  akan menanamkan kejujuran  pada anak usia dini, Guru tepat  jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada   anak  untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan  stiker

Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.

Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.

Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit  dan menempelkan di bajunya.

 

Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

1,900 Comments

  1. pendapat saya tentang video diatas , sangat efektif dalam menanamkan sikap kedisiplinan dan kejujuran pada anak dengan melalui penjepit jemuran yang dimana anak merasa di apresiasi jika menanamkan sikap jujur , dengan ini akan memberikan anak motivasi untuk berbuat dan bersikap jujur yang dimana nantinya akan anak-anak pertanggung jawabkan untuk dirinya sendiri .

  2. Nama : Yunita Rani Nursifa
    NIM : 857501713
    Prodi : Pendidikan Guru AUD

    pendapat saya tentang video diatas , sangat efektif dalam menanamkan sikap kedisiplinan dan kejujuran pada anak dengan melalui penjepit jemuran yang dimana anak merasa di apresiasi jika menanamkan sikap jujur , dengan ini akan memberikan anak motivasi untuk berbuat dan bersikap jujur yang dimana nantinya akan anak-anak pertanggung jawabkan untuk dirinya sendiri .

  3. nama : siti khotimah
    nim : 858940662
    prodi : PGPAUD

    menurut saya kegiatan melatih kejujuran anak melalui penjepit pakaian di atas sangat baik dan sangat kreatif . Dimana memalui kegiatan tersebut anak-anak dilatih untuk bersikap jujur meskipun tanpa pengawas dari guru , guru terlebih dahulu memberikan arahan dan penjelasan kepada anak untuk dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dan juga mengajak anak untuk bersifat jujur dan sportif apa bila anak belum menyelesaikan tugasnya . Seperti kita ketahui Usia taman kanak-kanak merupakan usia yg sangat penting untuk melatih kejujuran anak yang mana merupakan pondasi utama dalam membentuk karakter anak yg akan menentukan kehidupan anak di masa depan .

  4. nama: khamidah
    nim: 858742554
    menurut saya pembelajaran dalam video tersebut sangat menarik dan kreatif. karena adanya timbal balik antara guru dan murid. dalam video tersebut guru telah menjelaskan tentang kejujran pada anak ,sedangkan anak mengerjakan tugas yang diberikan guru. konsep kejujuran ini sangat penting harus diterapkan sejak dini kepada anak anak terutama kita sebagai pendidik harus bisa menerapkan sikap kejujuran disekolah supaya anak dapat bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas yang diberikan guru selain itu agar anak kelak dapat tumbuh menjadi pribadi yang baik dan dapat dipercaya oleh semua orang

  5. Nama : Widya Pramesti
    NIM : 857776046
    Ijin menanggapi video mengenai penanaman nilai kejujuran melalui penjepit jemuran. Menurut saya ide nya sangat inspiratif, hanya dengan alat sederhana anak terlihat senang dan bangga karena menyelesaikan tugasnya serta berkata jujur. Dalam video tersebut guru sudah sangat baik dalam pengaplikasiannya, memang betul dalam penanaman kejujuran harus lah diajarkan sedari dini dari hal-hal yang menurut anak sepele seperti diam² tidak menyelesaikan tugasnya. Dari akar pelatihan dan pembiasaan kejujuran tersebut maka anak akan senantiasa berkata jujur pada guru dari hal yang menurut kita kecil padahal akan berdampak besar untuk mereka. Jangan lupa selalu berikan reward yg bermakna agar senantiasa anak merasa di hargai dan termotivasi untuk selalu berkata jujur. Terima kasih. Semangat.

  6. nama:romanti purba
    nim :859880552
    dengan saya menyaksikan vidio ini juga menjadi terdorong dan mendapatkan pengetahuan ternyata dengan cara yang mudah dan unik ini kita bisa meningkatkan kemauan anak untuk belajar melalui kejujuran dan kedisplinan,walau pun hanya jepitan kain saja anak sangat bahagia dan juga bersemangat dalam melakukan tugasnya agar anak mendapatkan hadiah.mungkin saran dalam vidio iniadalah didalam memulai kegiatan kita harus menerapkan disiplin dan kejujuran kapada anak mulai dari sekarang biar anak terbiasa melakukannya dan anak tidak akan perna lagi curang (berbohong )kepada guru,orang tua dan temannya dan dia bisa menyelesaikan tugasnya sendiri tanpa bantu gurunya

  7. Nama : situ Aisah
    Nim : 857193025
    Dengan menyaksikan video di atas saya bertambah pengetahuan , ternyata banyak cara untuk mempermudah cara dalam mengatasi kesulitan mengawasi anak dalam menyelesaikan tugasnya . Apalagi dengan jumlah murid yang banyak .
    Di tempat saya mengajar saya selalu memberikan reward bintang yg terbuat dari karton berwarna yang di berikan kepada anak yang sudah selesai mengerjakan tugasnya , dengan begitu anak lebih semangat dalam mengerjakan tugasnya .

  8. saya sudah menyaksikan vidio diatas mengenai melatih kejujuran anak dengan penjepit jemuran adalah suatu kegiatan yang sangat menarik dan terinspirasi buat saya sebagai guru .kejujran adalah nilai kehidupan yang mendasar paling penting yang harus diajarkan pada anak ,agar anak kelak dapat tumbuh menjadi pribadi yang baik dan dapat dipercaya semua orang. metode ini menambah wawasan pengetahuan saya ternyata hanya menggunakan melatih kejujuran anak penjepit baju .anak sangat bahagia dan bersemangat mengerjakan tugas yang diberikan ibu guru .

  9. vNAMA:ELIAMI
    NIM:856098373

    Video sangat inspiratif ,pada awal kegiatan,bu guru bersama rekan sejawatnya memberikan kertas lembar kerja siswa yang di bagi menjadi tiga kelompok, ada kelompok yang mewarnai gambar kupu kup,ada juga anak yang menggunting dan ada yang menempel,setelah di bagikan kepada murid,lalu bu guru menanam kan nilai kejujuran pada anak,kata bu guru ,yang sudah selesai aktifitasnya silahkan kumpul kan di meja ibu,kalau ada yang belum siap jangan kumpul,itu namanya bohong,
    Setelah aktifitas ,anakyang sudah siap lalu kumpulkan dan memberikan penjepit jemuran bagi anak yang sudah menyelesaikannya,di sana pastilah ada anak yang tdak siap tapi mengumpulkan tugas ,nilai nilai kejujuran harus diajarkan sejak dini atau di bangku sekolah tk sebab bila kejujuran tidak di dari kecil,susah untuk merubahnya.apa yang di lakukan bu guru dalam video sudah tepat,penanaman nilai kejujuran sejak dini sangat lah penting di lakukan,

  10. Nama : Nurlia Wardaningtyas
    NIM : 857813137

    Menurut saya cara yang digunakan guru tersebut sudah tepat, yaitu guru menekankan nilai kejujuran kepada anak disetiap kegiatan yang sudah selesai dilakukan.
    Apabila ada anak yang tidak jujur guru bisa menegur atau bertanya kepada teman lainnya untuk jawaban anak tersebut benar apa tidak.
    Dilain kesempatan guru bisa menggunakan cara lain supaya anak termotivasi untuk bersikap jujur misalnya dengan memberikan reward atau apresiasi kepada anak sehingga anak lebih bersemangat dalam mengikuti kegiatan.
    Sikap jujur bisa dilakukan tidak hanya ketika menyelesaikan tugas saat pembelajaran berlangsung, jujur ketika bermain bersama teman dan dilingkungan sosial juga perlu ditanamkan sejak dini.

Leave a Reply