silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
Nama sri mariyatun
NIM : 857755984
Menanamkan nilai-nilai kejujuran.
Setelah menonton vidio, guru mengajak anak untuk menanamkan nilai nilai kejujuran dan tidak boleh berbohong dan harus jujur saya setuju, walupun terkadan juga ada anak yang belum bisa jujur, misal dalam mengerjakan tugas belum selesai tetapi bilangnya sidah selesai.sebelum menanmkan nilai krjujuan pada anak guru harus menerangkan terlebih dahulu bagaimana dan apa nilai kejujuran. Karena dengan kejujuran bisa terbentuk sifat atau karakter anak. Untuk menanamkan nilai kejujuran pada anak guru dapat mengajak anak belajar lewat penjepit jemuran,alat permainan yang sangat sederhana.selain itu juga dapat mengarah pada ketertiban dan keteraturan tampa banyak bicara
Assalamualaikum wr wb
Pada kesempatan ini, ijinkan saya Nilasari, NIM : 858851502 memberikan pendapat mengenai menanamkan nilai kejujuran melalui penjepit jemuran dari video yang telah saya saksikan di atas.
Berdasarkan video tersebut, terdapat kasus guru kesulitan untuk mengetahui apakah semua anak sudah menyelesaikan kegiatannya, mengingat jumlah siswa yang banyak sehingga digunakan penjepit jemuran untuk memberi tanda pada siswa yang sudah menyelesaikan tugas. Sebelum kegiatan dimulai guru memberikan penjelasan bahwa anak tidak boleh berbohong, harus jujur jika tugas memang belum diselesaikan. Dan anak yang sudah menyelesaikan tugas akan mendapatkan jepitan jemuran di bajunya. Ada 3 kegiatan maka anak akan mendapatkan 3 penjepit jemuran.
Dari segi penjelasan awal anak hanya diberi pengetahuan bahwa berbohong itu tidak boleh, sebaiknya guru juga menjelaskan mengapa tidak boleh berbohong. Di sini guru bisa menyampaikan nilai-nilai agama bahwa berbohong itu dosa, nilai moral bahwa berbohong dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. Guru juga dapat menjelaskan melalui contoh. Sehingga nilai kejujuran dapat tertanam pada diri anak sejak dini .
Dari segi penggunaan penjepit jemuran, menurut saya sangat memberi inspirasi karena memanfaatkan benda yang ada disekitar kita. Sebaiknya dibuat lebih menarik untuk anak dengan menempelkan gambar yang lucu pada ujung penjepit jemuran sehingga anak tertarik dan berlomba-lomba menyelesaikan tugas untuk mendapatkan penjepit yang lucu tersebut. Anak diberi kesempatan untuk mengenakan penjepit jemuran sendiri . Hal ini juga dapat menjadi kegiatan pengembangan kemampuan motorik halus anak. Sehingga pengalaman ini akan dapat lebih tertanam dalam ingatan anak.
Disini anak juga melakukan proses penilaian diri mengenai penyelesaiaan tugasnya yang telah sesuai dengan penjelasan guru diawal pembelajaran . Jadi ketika anak mengumpulkan tugas, ia menilai bahwa dirinya tidak berbohong, telah menyelesaikan tugas lalu segera mengumpulkan tugas tersebut sehingga ia berhak mendapat penjepit jemuran.
Di akhir video sebaiknya terdapat kegiatan penguatan dengan memberikan apresiasi kepada semua anak yang telah menerima penjepit jemuran.
Kejujuran sebagai nilai kehidupan mendasar yang paling penting yang harus diajarkan pada anak sejak ia kecil. Mengajarkan anak untuk berkata, bersikap serta berperilaku jujur akan menjadi pembelajaran yang berguna untuk kehidupannya kelak. Mengingat penanaman ilmu sejak dini umumnya akan cenderung lebih mudah diserap anak dan ditanamkan hingga mereka dewasa hingga diharapkan dapat menjadi sebuah kebiasaan.
Adapun kegiatan menanamkan kejujuran yang pernah saya terapkan adalah melalui nyanyian atau lagu sehingga anak terbiasa mengingat untuk jujur, menyampaikan cerita dengan tema kejujuran, meminta siswa memilih gambar anak yang jujur dan tidak jujur serta pemberian reward berupa kata-kata penyemangat untuk anak yang telah menerapkan kejujuran atau tidak berbohong. . Kita sebagai guru berharap anak-anak didik menjadi generasi penerus bangsa yang jujur, berkualitas dan berakhlak mulia sehingga dapat membawa perubahan bangsa yang lebih baik.
Demikian pendapat saya. Terimakasih atas perhatiannya
Wassalamualaikum wr wb.
Nama : Siti Umroh
Nim : 857774028
Prodi : PGPAUD BI Batang
Sikap disiplin dan kejujuran memang harus bahkan wajib hukumnya selalu ditanamkan dari usia dini hal ini akan mempengaruhi sikap dan perilaku kepribadian anak didik untuk masa depan anak didik tersebut.
Menurut saya, video tersebut cukup unik dan kreatif kenapa? Karena anak didik agar selalu berprilaku jujur dan disiplin hanya perlu memakai media yang mana media tersebut sering kita jumpai disekitar kita, mungkin juga sering kita pakai sehari-harinya yaitu penjepit pakaian.
Sebuah teori, metode atau cara pasti mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing adapun kelebihan dari penjepit jemuran dalam melatih menanamkan nilai-nilai kejujuran dan kedisiplinan adalah dari media yang banyak/sering kita jumpai disekeliling kita, murah, praktis dan adapun kekurangannya menurut saya metode tersebut berlaku untuk anak yang tidak over protektif.
Dari video pembelajaran tadi tentang menanamkan kejujuran kepada anak sangatlah bagus dan tentunya salah satu trik untuk belajar menumbuhkan kepada anak mengenal sikap jujur pada diri sendiri dan orang lain atas apa yang ditugaskan kepada dirinya, dan dengan mengambil penjepit jemuran juga anak jadi lebih merasa tambah semangat dalam menyelesaikan tugas-tugasnya karena akan mendapatkan reward yaitu penjepit jemuran sebagai hadiahnya
Nama : Anggina Suryani
NIM : 859168066
Dari video ” menamamkan nilai kejujuran melalui penjepit jemuran” sy izin menanggapi, dari video tersebut dari awal kegiatan guru sudah memberitahu anak-anak untuk berbuat jujur dalam melaksankan tugas dan tidak boleh berbohong, menurut sy cara yg di gunakan guru sudah bagus, di dalam video tersebut guru menggunakan penjepit pakaian untuk menjadi tanda anak yang sudah selesai mengerjakan, itu cara yg menarik untuk kita lakukan agar mudah mengontrol anak dalam jumlah banyak.
guru juga mengadakan lomba untuk menyelesaikan tugas. menurut saya guru juga bisa menambahkan dengan memberikan hadiah kepada anak yang bisa mengerjakan tugasnya dengan selesai. guru juga bisa menjelaskan kepada anak tentang prilaku jujur . agar anak-anak bisa berprilaku jujur ketika menyelesaikan tugas ataupun dalam kegiatan sehari-harinya.
assalamu’alaikum
nama saya : Nur Hasanah,
NIM : 858744114,
PG PAUD BI semester 2,
dalam video Menanamkan Nilai Kejujuran melalui penjepit jemuran yang telah saya saksikan, guru sangat kreatif dalam memberikan pembelajaran pada siswa, anak juga merasa senang tanpa mengeluh atas tugas yang diberikan, adanyaa penanaman nilai kejujuran yang diajarkan pada siswa merupakan hal yang sangat bermanfaat sekali, apalagi disertai dengan kegiatan yang menarik hati anak, yaitu anak yang telah melakukan kejujuran diberi penjepit pakaian, menandakaan anak telah melakukan perbuatan terpuji pada hari itu. terima kasih
Nama : Nur Laila
NIM : 858745241
Program Studi : PG PAUD
Menurut saya kegiatan pembelajaran dalam video sudah sangat menarik dan kreatif. Guru melakukan kegiatan belajar yang tidak hanya menstimulus aspek perkembangan motorik, kognitif, dan seni. Tetapi juga menanamkan nilai moral kepada anak dengan bersikap jujur ketika selesai mengerjakan tugas anak diberikan penjepit jemuran. Dari video ini saya belajar bagaimana menjadi guru yang kreatif dan inovatif lagi dalam menggunakan media yang ada disekitar kita dengan baik.
Nama : Dian Nurfani
NIM : 857368362
Program Studi : PG PAUD
Vidio tentang menanamkan kejujuran pada anak melalui penggunaan penjepit jemuran menurut saya sangat membantu guru dalam mengobservasi anak dalam kegiatan belajar pembelajaran, guru dengan mudah melihat anak yang sudah menyelesaikan kegiatan dan yang belum menyelesaikan. disamping itu guru juga mengajarkan kejujuran kepada anak dengan mudah, dan anak ikut terlibat dalam mengembangkan aspek tersebut, anak tidak bisa berbohong
sebelum kegiatan guru menyampaikan tentang kejujuran, ini sangat bagus sekali untuk menekankan/mengingatkan murid agar selalu berbuat jujur, selain menggunakan penjempit jemuran bisa juga anak diberikan stiker bintang, mereka berlomba untuk mendapatkan stiker bintang, mereka akan lebih senang dengan mendapatkan reward bahwa mereka telah menyelesaikan tugasnya hingga tuntas.
nama : sofi mubarokah
nim : 857756148
tema : menanamkan kejujuran menggunakan penjepit jemuran
menurut saya penanaman kejujuran sejak dini sangat penting. kejujuran akan memberi mnafaat bagi kehidupan anak. kejujuran yang dimulai dengan hal-hal yang kecil. penggunaan penjepit baju ini sanngan kreatif. menurut saya anaklah yang perlu memasangkan penjepit jemuran itu pada baju anak. selain untuk memberi tanda pada anak yang telah menyelesaikan tugas aktivitas menjepit menggunakan jepitan jemuran juga dapat melatih perkembangan motorik halus anak sehingga tidak hanya dijadiakn penanaman moral tetapi juga dapat mengembangkan fisik motorik anak
Kejujuran harus diajarkan sejak dini agar mudah diserap oleh anak-anak dan ditanamkan hingga mereka dewasa, sehingga bisa menjadi kebiasaan. dengan menerapkan kejujuran pada anak akan membiasakan anak untuk berkata dan bersikap jujur. Dalam menanamkan sikap kejujuran pada anak di kelas guru dapat melakukan beberapa cara dan strategi seperti: 1) menerapkan dalam kehidupan sehari-hari, 2) memberikan pengetahuan dan keyakinan tentang sifat Allah yang maha melihat dan mengetahui. 3) memberikan pemahaman bahwa jujur itu memberikan kenikmatan, 4) membacakan cerita yang mengandung nilai kejujuran, 5) mau mengembalikan barang yang dipinjam, 6) mengajak anak untuk menyelesaikan tugas yang diberikan, 7) memberikan hadiah atau reward kepada anak yang mau mengembalikan barang yang bukan miliknya.