silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
NAMA : FITRIA APRIATININGSIH
NIM : 858736281
Menurut saya video yang berjudul “menanamkan nilai kejujuran melalui penjepit jemuran” ini sangat inspiratif , memberikan pengalaman baru bagi para pendidik PAUD khususnya saya sendiri , sangat memotivasi dan dapat dijadikan referensi untuk diterapkan dilembaga . Dimana dalam vidio ini menanamkan kejujuran anak melalui penjepit jemuran. Di sini guru bisa melihat anak-anakn berkata jujur dengan menyelesaikan tugas yang diberikan bu guru, kemudian ibu guru mengecek kejujurannya dengan cara memberikan penjepit jemuran kepada anak-anak yang selesai mengerjakan tugasnya dan di kumpulkannya. Selain itu bu guru juga bisa menilai perkembangan kemampuan anak-anak dalam menyelesaikan tugas, siapa yang cepat selesai dan siapa yang lambat mengerjakannya dan dari situ juga akan terbentuk kedisiplinan anak dalam menyelesaikan tugas. Media penjepit jemuran sebagai reward / penghargaan merupakan salah satu media yang menarik untuk anak, anak akan termotivasi anak untuk segera menyelesaikan tugasnya sehingga bisa mendapat reward dari bu guru.
Nama : yuli setyaningsih
Nim : 857843677
Menurut saya video tersebut sangat menginspirasi. Karena sikap kejujuran pada anak harus di tanamkan sejak dini.
Dengan mengajarkan sikap jujur pada anak, maka anak akan terbiasa berkata jujur dan terbuka.
Dalam kegiatan ini, guru menanamkan kejujuran pada anak melalui penjepit jemuran.
Pembelajaran sangat menarik karena bisa dilakukan sambil bermain sehingga anak tidak bosan dan dapat menerima dengan baik.
Nama : Ely agustiningsih
NIM : 858751474
Program studi : PGPAUD BI
Menurut saya kegiatan menanamkan kejujuran pada anak melalui penggunaan penjepit jemuran sudah efektif.
Beberapa tehnik mengajarkan kejujuran pada anak sejak usia dini
1. Terapkan dalam kehidupan sehari-hari
2. Berikan pengetahuan dan keyakinan bahwa tuhan maha melihat
3. Berikan pemahaman bahwa jujur itu nikmat
4. Berikan cerita tentang kejujuran disertai nasihat
5. Beri reward dan pujian bila sudah dilakukan
Nama : Ika Nurhidayah
Nim: 858732704
Prodi : S1 pgpaud BI
Menurut saya, dalam video tersebut sangat mengisnpirasi karena menanamkan sikap kejujuran pada anak usia dini dengan penggunaan penjepit jemuran termasuk langkah yang tepat dan efektif. Apa yang kita tanamkan baik melalui pembiasaan maupun lisan akan terekam dengan baik pada usia keemasan anak. Dan memang hal yang sederhana juga bisa membuat anak bahagia, menyampaikan pembelajaran dengan bermain akan lebih maksimal pencapaiannya karena anak merasa senang dan semangat saat melakukan kegiatan. Tanamkan kejujuran sejak usia dini.
Nama : Asyiah
nim : 857496589
Menurut saya kegiatan pembelajaran dalam video tersebut berjalan dengan lancar dan mengasyikan. Tampak dari seorang guru yang aktif dan ekspresif dalam membimbing dan memimpin pembelajaran. Tampak pada kegiatan berlangsung guru memberikan penguatan kepada anak untuk senantiasa berkata jujur berkaitan dengan menyelesaikan tugas nya. Metode yang digunakan guru juga cukup efektif dan suasana kelas pun terkendali dengan baik. Berkenaan dengan penanaman kejujuran yang dilakukan guru, menurut saya sudah sangat baik dan dapat diterima oleh anak. Guru memasangkan penjepit jemuran di baju anak yang menyelesaikan pekerjaan sampai tuntas, pada saat itu anak yang diberikan penjepit jemuran sudah merasa dirinya diakui oleh gurunya dan merasa bangga terhadap dirinya sendiri karena sudah menyelesaikan pekerjaan sampai tuntas. Kita sebagai guru dapat memberikan penghargaan terhadap apa yang dilakukan anak dari hal yang paling sederhana sekalipun, tidak hanya dengan pemberian jepit jemuran bisa dengan memberikan bintang bahkan dengan diberikan ucapan yang menyenangkan anak pun sudah merasa senang dan dihargai. Dalam penanaman sikap jujur tanamkan untuk selalu menghargai anak dalam setiap perbuatan anak dari yang sederhana sampai yang lebih luas lagi,penanaman kejujuran tidak dapat dilakukan dalam kurun waktu yang singkat perlu waktu dan kesabaran guru untuk senantiasa selalu menanamkan nya dalam kehidupan sehari-hari anak. Jangan lupa pula untuk selalu berkonsultasi dengan orangtua agar penanaman jujur tersebut dapat ditanamkan oleh orangtua di rumah. Sehingga tercipta kolaborasi yang baik antara guru dan orangtua demi memberikan contoh dan penanaman moral bagi seluruh anak didik kita.
NAMA : RIRIN ROHMANILAH
NIM : 858740084
Menurut saya setelah melihat video tersebut adalah kita sebagai pendidik sangat terbantu dengan menyaksikan video tersebut karena nilai kejujuran sangat diperlukan bagi anak sedini mungkin,pembiasaan dari dini sangat baik untuk melaksanakan setiap kegiatan pada anak dengan media japit jemuran anak semakin memahami apa yang harus dilakukan, kita sebagi pendidik harus bisa memotivasi nilai-nilai kejujuran untuk anak didik kita
dari tayangan video diatas sangat menginspirasi karena kegiatan dilakukan dengan baik, suasana kelas teratur, karena guru sangat menguasai kelas, Kegiatan pembelajaran dan materi yang diajarkan membat anak senang dan tidak bosan. Kegiatan pembelajaran yang menanamkan kejujuran dan disiplin pada anak usia dini yang dilakukan dalam video tersebut sudah sangat bagus. Karena nilai-nilai kejujuran dan disiplin harus ditanamkan kepada anak sejak usia dini. Cara menstimulasi penanaman kedisiplinan dan kejujuran juga sudah sangat bagus, karena sebelumnya guru sudah memberikan aturan main dengan bahasa yang singkat, jelas dan mudah dimengerti anak.
Memberikan reward (penghargaan) bagi yang sudah menyelesaikan tugas, selain dengan penjepit jemuran juga bisa dengan menggunkan stiker emoji , dengan bunga (dari kertas origami).
Nama : Susilandari
NIM : 858741101
S1PAUD/BI – UPBJJ Pokjar Ponorogo _ Surabaya
dari tayangan video diatas sangat menginspirasi karena kegiatan dilakukan dengan baik, suasana kelas teratur, karena guru sangat menguasai kelas, Kegiatan pembelajaran dan materi yang diajarkan membat anak senang dan tidak bosan. Kegiatan pembelajaran yang menanamkan kejujuran dan disiplin pada anak usia dini yang dilakukan dalam video tersebut sudah sangat bagus. Karena nilai-nilai kejujuran dan disiplin harus ditanamkan kepada anak sejak usia dini. Cara menstimulasi penanaman kedisiplinan dan kejujuran juga sudah sangat bagus, karena sebelumnya guru sudah memberikan aturan main dengan bahasa yang singkat, jelas dan mudah dimengerti anak.
Memberikan reward (penghargaan) bagi yang sudah menyelesaikan tugas, selain dengan penjepit jemuran juga bisa dengan menggunkan stiker emoji , dengan bunga (dari kertas origami).
Yuyun sukawati
NIM 857755382
Menanamkan nilai-nilau keju jujuran pada anak
Setelah menonton vidio, guru mengajak anak untuk menanamkan nilai-nilai kejujuran dan tidak boleh berbohong dan harus jujur saya setuju.
Walaupun terkadang juga ada anak yang belum selesai tetapi bilangnya sudah selesai.
Sebelum menanamkan rasa jujur pada naak guru harus menerangkan terlebih dahulu bagaimana dan apa nilai kejujuran karena dengan kejujuran pada anak, guru dapat mengajak anak belajar lewat penjepit jemuran alat permainan yang sangat sederhana selain itu juga dapat mengarah pada ketertiban dan keteraturan tanpa banyak bicara.
Umilah
857757662
Menanamkan nilai-nilai kejujuran pada anak
Setelah menonton fidio’ guru mengajak anak untuk menanamkan nilai-nilai kejujuran dan tidak boleh berbohong dan harus jujur saya setuju.walaupun terkadang juga ada anak yang belum bisa jujur misal dalam mengerjakan tugas belum selesai tetapi bilang nya sudah. Sebelum menanamkan rasa jujur pada anak guru harus menerangkan terlebih dahulu bagaimana dan apa nilai kejujuran karena dengan ke jujuran bisa terbentuknya sifat atau karakter anak untuk menanamkan nilai kejujuran pada anak. Guru dapat mengajak anak belajar lewat penjepit jemuran alat permainan yang sangat sederhana selain itu juga dapat mengarah pada ketertiban dan keteraturan tanpa banyak bicara.