silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
Nama : Ulyatul Wafiroh
NIM : 857766385
Jurusan : PGPAUD B1 Masukan Sarjana
Keren..
Setelah menonton video tadi saya menjadi terinspirasi untuk melakukan metode ” penjepit jemuran”.
menurut saya metode itu unik, dan ramah anak, juga mudah serta murah untuk di dapat.
Kita sebagai pendidik harus selalu berusaha menanamkan sifat kejujuran kepada anak didik kita mulai sejak dini. Untuk menanamkan sifat kejujuran pada anak memang tidak mudah..karena kejujuran itu bersifat pribadi, tersirat dan tidak bisa dilihat dengan jelas.
Oleh karena itu pendidik berusaha keras mencari ide atau metode yang disukai anak, agar anak bisa terbiasa menanmkan sifat kejujuran kapan pun dan di manapun berada. Terimakasih
Nama : Fairuz Khoirunnisa
NIM : 857517184
Prodi : PGPAUD Masukan Sarjana
Bismillah..
mengomentari video di atas, menurut saya metode menanamkan kejujuran dengan menggunakan penjepit pakaian sangat bagus. selain sebagai penghargaan bagi anak yang telah menyelesaikan tugasnya, penjempit pakaian dapat menjadi tanda bagi guru sehingga guru dapat fokus pada anak yang belum menyelesaikan tugasnya.
kegiatan ini jika dilakukan secara terus-menerus akan memberikan dampak yang positif bagi anak, juga menjadi kenangan yang menyenangkan.
Nama : Faridathul Ch.
NIM : 857503677
Bismillah…
Berdasarkan video yang sudah saya simak. Menanamkan kejujuran dengan penjepit jemuran.
Sangat inspiratif untuk dapat saya gunakan di sekolah di mana kadang saya kurang mampu mengawasi apakaah semua anak sudah jujur sudah menyelesaikan kegiatannya atau belum.
Selain kejjuran yang dapat tertanam. Ada juga rasa tanggung jawab yang tertanam dalamm diri anak dilihat dari anak yg sudah mau menyelesaikan tugasnya karna ingin mendapatkan jepitan sebagai reward .
Di samping itu, guru juga harus hati hati karna kemungkinan ada anak yg memainkan jepitan yg kemungkinan besar anak yg sedikit usil akan di gunakan menjepit teman. Dikhawatirkan akan ada luka dRi jepitan yang di hasilkan.
Terima kasih
Nama : Faridathul Ch.
NIM : 857503677
UPJJ : Baleendah
Bismillah…
Berdasarkan video yang sudah saya simak. Menanamkan kejujuran dengan penjepit jemuran.
Sangat inspiratif untuk dapat saya gunakan di sekolah di mana kadang saya kurang mampu mengawasi apakaah semua anak sudah jujur sudah menyelesaikan kegiatannya atau belum.
Selain kejjuran yang dapat tertanam. Ada juga rasa tanggung jawab yang tertanam dalamm diri anak dilihat dari anak yg sudah mau menyelesaikan tugasnya karna ingin mendapatkan jepitan sebagai reward .
Di samping itu, guru juga harus hati hati karna kemungkinan ada anak yg memainkan jepitan yg kemungkinan besar anak yg sedikit usil akan di gunakan menjepit teman. Dikhawatirkan akan ada luka dRi jepitan yang di hasilkan.
Nama : Astuti
Nim : 858448487
Assalammualikum…
Berdasarkan video yang sudah saya lihat, bahwa pentingnya menanamkan adab-adab yang baik pada anak usia dini salah satu nya menanamkan sikap jujur. Dengan adanya alternatif menjepit jemuran sebagai satu tanda agar anak jujur sungguh ide yang sangat bagus karena guru dapat melihat siapa yang sudah menyelesaikan kegiatannya dan bisa bertanggung jawab, terkadang ada sebagian anak yang tidak menyelesaikan kegiatan tapi bilang ke guru sudah selesai.
Sebagai seorang guru memberikan aturan sebelum memulai kegiatan sangat diperlukan, dan aturan yang dibuat harus melalui kesepakatan bersama antara murid dan guru. Memberikan hadiah kepada murid yang mengikuti aturan akan memberikan manfaat dan semangat kepada murid dalam menyelesaikan setiap pekerjaan dengan jujur dan sesuai dengan aturan kelas.
nama : Feti Wijayanti
NIM : 858736582
berdasarkan vidio yang saya lihat, ibu guru sudah bagus menjelaskan aturan bermain, dan kejujuran, dengan penjepit jemuran, dengan begitu siswa yang selesai dengan tugasnya diberikan penghargaan penjepit jemuran, namun dilembaga saya biasanya ketika anak melakukan perilaku baik dan sikap yang baik anak-anak diberikan reward seperti stiker bahagia, dan bintang, atau stemp yang beremoji senym bahagia.
penanaman kejujuran anak sejak usia dini sangatlah penting seperti yang kita tahu bahwasannya ” sekarang kita tidak kseulitan orang pintar, tapi kita keuslitan orang jujur”, nah sebagai guru tugas dan tanggung jawab kita menanmkan kejujuran kepada anak didik kita, hal yang terkecil sampai hal yang lainnya. agar anak terbiasa jujur kepada siapapun.
NAMA: SANTI DEVI HERLIANA
NIM : 859170252
PRODI: PG PAUD
Dari tayangan video tersebut saya sebagai guru sangat menginspirasi sekali. guru yang luar biasa yang dapat menciptakan kedisiplinan dengan kondisi kelas sebanyak 20 orang anak. menanamkan nilai kejujuran dan kedisiplinan melalui media yang sangat sederhana seperti penjepit jemuran. pemberian reward menggunakan penjepit jemuran sangat menginspirasi bahwa dari hal ini bahwa pemberian reward bagi anak-anak tidak haruslah mewah dan mahal namun dengan cara-cara guru disekolah seperti melalui penjepit jemuran sudah sangat membuat anak-anak senang atas apresiasi guru terhadapnya. sehingga melalui pemberian penjepit jemuran pada anak yang telah selesai mengerjakan tugas dapat menumbuhkan semangat bagi anak-anak lain yang belom menyelesaikan tugas. selain itu juga melalui penjepit jemuran tersebut guru dapat menciptakan kedisiplinan dan anak-anak dapat memahami bahwa dengan guru memberikan reward seperti meletakkan penjepit jemuran pada baju mereka mereka karena mereka telah menyelesaikan tugas sehingga dengan demikian dapat menciptakan pemikiran yang jujur bagi anak-anak bahwa dengan menyelesaikan tugas akan dipasangkan penjepit jemuran pada baju mereka. selain itu juga guru tersebut sangat kreatif dalam menciptakan suasana pembelajaran.
Terimakasih, video yang sangat menginspirasi bagi kami sebagai pendidik PAUD. Menanamkan nilai kejujuran adalah nilai kehidupan mendasar yang paling penting yang harus diajarkan pada anak sejak ia kecil. Mengajarkan anak untuk berkata, bersikap dan berperilaku jujur akan menjadi pembelajaran yang berguna untuk kehidupannya kelak. Sebab penanaman ilmu sejak dini umumnya akan cenderung lebih mudah diserap anak dan ditanamkan hingga mereka dewasa sehinga menjadi sebuah kebiasaan yang baik. Penerapan sikap jujur kehidupan kita itu sangat perlu dan dibutuhkan dalam kehidupan sehari hari. Karena sikap jujur itu adalah sikap yang baik dan terpuji. Kejujuran adalah sangat penting bagi setiap orang dan kita harus terbiasa menanamkan serta menerapkan di dalam kehidupan sehari hari. Kejujuran sangat di perlukan dalam berbagai aspek kehidupan. Seperti contoh pada video pembelajaran di atas pemberian reward penjepit jemuran warna pada anak ketika melaksanakan kejujuran menjadikan anak termotivasi untuk melakukan tugasnya dengan senang hati, tanggap dan cepat terselesaikan .
Nama: Nur Kholifah Ika Wulandari
NIM: 858180211
Prodi: PG PAUDBI
Terimakasih, video yang sangat menginspirasi bagi kami sebagai pendidik PAUD. Menanamkan nilai kejujuran adalah nilai kehidupan mendasar yang paling penting yang harus diajarkan pada anak sejak ia kecil. Mengajarkan anak untuk berkata, bersikap dan berperilaku jujur akan menjadi pembelajaran yang berguna untuk kehidupannya kelak. Sebab penanaman ilmu sejak dini umumnya akan cenderung lebih mudah diserap anak dan ditanamkan hingga mereka dewasa sehinga menjadi sebuah kebiasaan yang baik. Penerapan sikap jujur kehidupan kita itu sangat perlu dan dibutuhkan dalam kehidupan sehari hari. Karena sikap jujur itu adalah sikap yang baik dan terpuji. Kejujuran adalah sangat penting bagi setiap orang dan kita harus terbiasa menanamkan serta menerapkan di dalam kehidupan sehari hari. Kejujuran sangat di perlukan dalam berbagai aspek kehidupan. Seperti contoh pada video pembelajaran di atas pemberian reward penjepit jemuran warna pada anak ketika melaksanakan kejujuran menjadikan anak termotivasi untuk melakukan tugasnya dengan senang hati, tanggap dan cepat terselesaikan .
Nama : Eulis Maskunatul Karomah
NIM : 857449977
Prodi. : PGPAUD
Pokjar : Awipari kab Tasikmalaya
Dalam video tersebut sudah bagus di dalam menanamkan kejujuran kepada anak dan sangat bervariatif. Pada video di atas menanamkan sifat jujur, menanamkan sifat jujur kepada anak seharusnya agar anak sampai dewasa teringat dengan kejujurannya. Sifat jujur akan membawa dampak positif bagi siapa saja terutama kepada anak-anak. Orang yang terbiasa jujur akan dipercayai oleh orang lain sehingga kepercayaan itu datang sendirinya akibat dari kejujuran hal ini menjadi sebuah keuntungan untuk diri sendiri terutama kepada anak. Dengan cara lain menerapkan kejujuran kepada anak dengan meyakini bahwa kejujuran dapat membangun kepercayaan dan juga melatih diri untuk mengatakan kebenaran meskipun kadang sulit dan beresiko ketika disampaikan, krisis terhadap pemberitaan yang beredar dan tidak menjadikan kebohongan sebagai bencandaan.
Terutama pada video di atas anak yang melaksanakan tugasnya selesai dengan jujur diberikan riword oleh gurunya sehingga anak merasa senang dan bangga mendapatkannya, sehingga anak termotivasi untuk kedepannya mengerjakan tugas dengan sungguh-sungguh dan selesai sesuai yang diharapkan oleh gurunya.