silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
Nama : Nia Tania
Nim : 856816502
Program studi : S1 PGPAUD
Menurut saya video seri menanamkan nilai kejujuran pada anak PAUD melalui penjepit jemuran ini sangat menarik dan patut untuk dicoba dikelas nanti. Hal ini bisa menambah motivasi bagi anak lain yang belum menyelesaikan tugas nya agar segera menyelesaikan tugasnya denga cepat dan rapi. Penggunaan penjepit jemuran menjadi ciri atau tanda dan bisa menjadi kebanggaan tersendiri bagi anak ketika mereka mendapatkan penjepit jemuran tersebut. Mereka lebih percaya diri dan senang bisa menyelesaikan tugas nya dengan tepat waktu. Penggunaan media penjepit jemuran bisa juga disebut dengan pemberian reward bagi sebagian anak mendapatkan tanda tersebut merupakan kebanggaan tersendiri.
Penggunaan penjepit jemuran juga bisa diganti dengan media lain yang lebih menarik bagi anak apalagi dengan banyak media yang bisa didapatkan dengan mudah saat ini, bisa menggunakan stiker bintang atau stiker-stiker lucu yang unik dan menarik.
Penanaman nilai kejujuran yang guru lakukan pada video tersebut juga sangat tepat dimana guru saat menyampaikan peraturan tersebut kondisi dan suasana kelas sedang kondusif dan tidak riuh sehingga anak-anak bisa menangkap perkataan dari guru dengan baik.
Menurut pendapat saya dengan metode menggunakan penjepit jemuran perlu di apresiasi sebab dengan cara ini ibu guru ingin menanamkan nilai kejujuran pada diri setiap anak-anak yang telah menyelesaikan tugas kegiatan mewarnai dan dengan cara seperti ini juga melatih rasa tanggung jawab pada diri anak-anak sejak usia dini.
NAMA : AZZA AFTINA FACHRIANI
NIM : 858846643
PRODI : PGPAUD
Menurut saya, kegiatan pembelajaran dalam video tersebut sangat menyenangkan dan kreatif . Kegiatan yang dilakukan anak tidak hanya merangsang perkembangan motorik, kognitif, dan seni, tetapi juga nilai moral yaitu anak belajar jujur. Saya juga belajar dari video ini bahwa sebagai guru kita harus lebih kreatif dan inovatif dengan media di sekitar kita.
Namun alangkah baiknya kita sebagai guru, jika mereka menyelesaikan tugasnya dengan baik dan benar, kita dapat memberikan penghargaan/reward berupa stiker bintang. Stiker bintang yang dapat ditempelkan pada pekerjaan masing-masing anak, dan reward juga dapat membangkitkan minat dan menumbuhkan nilai anak dalam kejujuran dalam proses pembelajaran.
Video tersebut telah menjelaskan tentang kejujuran kepada anak-anak didik dimana kejujuran itu sangat penting dan berharga ketika anak-anak dilatih sejak kecil.
Dari video di atas, guru telah memberikan kegiatan yang berkaitan dengan kejujuran. Akan tetapi dari video di atas guru tidak memberikan penjelasan tentang kejujuran dan bagaimana bersikap jujur. Sebaiknya guru memberikan penjelasan terlebih dahulu agar anak-anak didi paham dulu. Guru sebisa mungkin menyediakan alat permainan untuk anak supaya mereka juga belajar sambil bermain.
nama : rafiqah syaihany maarif
nim : 859405133
prodi : PGPAUD
penanganan yang dilakukan oleh guru pada video tersebut menurut saya sudah sangat tepat, pada video guru tersebut menggunakan caranya sendiri untuk melatih kejujuran anak didiknya. guru tersbut memiliki tujuan agar anak didik bisa terpantau ketika melakukan kegiatan belajar mana yang sudah selesai mengerjakan tugas dan mana yang belum. saran saya media reward bisa juga menggunakan benda lain, misalnya stiker, atau kartu yang lebih aman untuk anak.
Nama : Satriani
Nim : 859416301
Prodi : PG PAUD
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatu
Penanganan yang dilakukan oleh ibu guru dalam Vidio tersebut sudah mengajarkan kejujuran kepada anak,yang dimana setiap anak yang sudah mengerjakan tugas diberikan penjepit jemuran yan berarti anak tersebut sudah mengerjakan tugasnya,dalam berbagai tugas yang diberikan guru sesuai dengan kampuan dan perkwmbamgannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Terima kasih
ALFIN NUR HAMIDAH (8596269066) PG-PAUD
Kegiatan yang dilakukan guru sangat kreatif dan sangat meninspirasi, guru menggunakan penjemit emuran untuk menanamkan nilai-nilai kejujuran terhadap anak. kegiatan yang dilakukan juga sudah sesuai dengan tema, namun ketika pelajaran mewarna, ada beberapa anak yang cara mewarnai kurang rapi dan masih asal-asalan, hendaknya guru memperhatikan pekerjaan anak-anak
dan jumlah anak dalam satu kelas terlalu banyak sehingga suasana menjadi gaduh.
Nama : Mursida
Nim : 859403219
Prodi : PGPAUD
Menurut saya, kegiatan menanamkan kejujuran pada anak menggunakan penjepit jemuran sangat efektif dalam menumbuhkan kejujuran anak sejak dini. Dengan memberikan contoh langsung kepada anak maka akan mudah tertanam dan mudah di aplikasikan nilai kejujuran pada diri anak, karena anak terlibat langsung dalam kegiatan tersebut.
Nama : Nur Inayah Arlika Sari
NIM : 859404339
PRODI PGPAUD
Menurut saya video mengenai menanamkan nilai kejujuran diatas sangat kreatif yang mana guru tidak hanya menstimulus aspek perkembangan motorik, kognitif, dan seni, tetapi ada nilai moral juga yang harus di stimulus yaitu dengan mengajarkan anak-anak untuk bersikap jujur. Dalam video juga terlihat sudah ada interaksi timbal balik antara guru dan murid dimana guru mengajarkan tentang kejujuran kepada anak sedangkan anak mengerjakan tugas yg diberikan guru. Dengan konsep kejujuran ini sangatlah penting untuk diterapkan disekolah agar anak-anak bisa bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru. Menggunakan penjepit pakaian sebagai salah satu media yang sangat murah, mudah didapatkan dan efektif untuk membantu guru dalam menanamkan nilai kejujuran pada anak. Dan dari video ini saya belajar bahwa sebagai guru kita harus lebih kreatif dan inovatif lagi dalam menggunakan media yang ada disekitar kita dengan baik.
SEKIAN DAN TERIMAKASIH
Nurul Mutmainnah Mahmuda
859406239
mahmydainnanurul634@gmail.com
Video diatas menunjukkan kepada kita tentang cara menanamkan kejujuran dan disiplin dalam mengerjakan tugasanyaitu menggunakan penjepit jika telah selesai mengerjakan pekerjaannya adapun yang belum akan di motivasi lagi untuk melanjutkan pekerjaannya
Adapun saran dari kami
Di video diatas tidak menunjukkan kelakuan apa yang dilakukan anak sehingga disebut tidak jujur dalam mengerjakan tugasnya dan mungkin lebih baiknya di tambahkan tulisan di video tersebut agar lebih mudah untuk di mengerti tapi dengan adanya video ini kami mengerti dan terinspirasi tentang bagaimana cara kami dalam menyikapi anak yang tidak jujur
Sekian