silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan  ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.

Kegiatan yang dilakukan tersebut  sudah sesuai dengan tema yang  ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.

Pada saat guru  akan menanamkan kejujuran  pada anak usia dini, Guru tepat  jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada   anak  untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan  stiker

Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.

Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.

Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit  dan menempelkan di bajunya.

 

Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

1,900 Comments

  1. Assallamualaikum wr wb
    Dari video tersebut mengajarkan kita bagaimana cara menanamkan kejujuran terhadap anak-anak melalui pembelajaran menjepit jemuran dan juga mengajarkan kita bagaimana melatih kesabaran terhadap anak untuk bisa menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh guru,

  2. Nama : Dewi Masita
    NIM : 856797079
    Prodi : PGPAUD
    Pada video tersebut,ibu guru mengajarkan tentang jujur, melalui penjepit jemuran. Di video tersebut bagi anak yang sudah menyelesaikan tugasnya, anak dikasih penjepit jemuran.Menurut saya Hal ini juga menumbuhkan sikap kedisiplinan anak untuk mematuhi peraturan di dalam kelas

  3. Assallamualaikum wr wb.
    Bissmillahirrohmanirrohim.

    Nama : Novalia Risti
    NIM : 859954402

    Dari video tersebut mengajarkan kita bagaimana cara menanamkan kejujuran terhadap anak melalui pembelajaran penjepit jemuran juga mengajarkan kita bagaimana melatih kesabaran terhadap anak untuk bisa menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh guru.

    Terima kasih.
    Wassallamualaikum wr wb.

  4. Ijin berkomentar dari video tersebut
    Nama : Sulistyana
    Nim : 858834244

    Menurut saya dalam video tersebut sangat memberikan cara yang bervariatif kepada kami sebagai sesama pendidik agar dapat menanamkan nilai-nilai kejujuran. Hal dalam kejujuran sangat penting dalam kehidupan anak didik hingga dewasa. Dengan membekali kejujuran pada anak maka akan berdampak yang sangat baik bagi anak, penggunaan penjepit jemuran merupakan hal unik baru yang dapat kita coba terapkan juga di lembaga saya, agar anak dapat mengenal fungsi selain untuk alat penjemur pakaian juga dapat dipakai dalam bermain di pembelajaran.
    Dapat juga memakai atau membuat kertas origami yang dibentuk dengan bintang diberi solatif yang juga dapat ditempelkan pada baju anak yang sudah berhasil mengerjakan tugasnya hingga selesai dan berkata serta berlaku jujur selama pembelajaran.

  5. asalamualaikum ww.
    video ini menunjukkan salah satu kreativitas guru dalam membiasakan anak untuk bersikap jujur. namun dalam pembiasaan tersebut juga dapat menstimulasi beberapa aspek lain seperti kemampuan kognitif yangmana saat anak melihat temannya menggunakan penjepit maka ia akan berpikir “temannya sudah menyelesaikan tugas” maka dari itu anak akan termotivasi dan menyelesaikan tugasnya hingga tuntas. dari sini juga akan terstimulasi kemandiriannya dalam menyelesaikan tugas. sedangkan anak yang sudah menyelesaikan tugas dan memakai penjepit akan merasakan suatu kepuasan dan rasa bangga karena sudah berhasil menyelesaikan tugasnya. salam guru hebat.
    terimakasih.

  6. nama : Sri Astuti
    NIM : 856256764

    asalamualaikum ww.
    video ini menunjukkan salah satu kreativitas guru dalam membiasakan anak untuk bersikap jujur. namun dalam pembiasaan tersebut juga dapat menstimulasi beberapa aspek lain seperti kemampuan kognitif yangmana saat anak melihat temannya menggunakan penjepit maka ia akan berpikir “temannya sudah menyelesaikan tugas” maka dari itu anak akan termotivasi dan menyelesaikan tugasnya hingga tuntas. dari sini juga akan terstimulasi kemandiriannya dalam menyelesaikan tugas. sedangkan anak yang sudah menyelesaikan tugas dan memakai penjepit akan merasakan suatu kepuasan dan rasa bangga karena sudah berhasil menyelesaikan tugasnya. salam guru hebat. terimakasih.

  7. Nama : Ayu Vinka Loveana
    Nim : 859-652-158
    Menurut pendapat saya metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam kegiatan bermakna membentuk kemampuan anak menjadi pribadi yang jujur dengan memberikan apresiasi sehingga ada dorongan untuk anak dapat menyelesaikan kegiatan pembelajaran dengan baik. Menyelesaikan tugas tidak setengah-setengah dan mengaku selesai padahal anak belum menyelesaikan tugas karena hanya menginginkan hadiah. Cara ini sangat baik diterapkan dengan cara sederhana sehingga anak dapat termotivasi untuk menyelesaikan tugas dan kegiatan yang dilakukan. Sekian dan terimakasih

  8. Assalamualaikum,,,

    Muhammad Semman, NIM 858313315

    dari video ini menambah ilmu buat saya, saya yang baru mempelajari ilmu pendidikan anak usia dini. video inspirasi untuk menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini.

    Terima kasih

  9. Nama : Rita
    NIM : 85539743

    Dalam video pembelajaran diatas menanmkan nilai kejujuran pada dilakukan lewat pemberian tugas .Kejujuran anak dapat dinilai guru dari hasil kerja yang dikumpulkan, jika tugas sudah selesai baru dikumpulkan maka anan memiliki perilaku jujur namun terkadang ada juga anak yang tidak mampu, atau tidak bisa menyelesaikan tugas langsung saja mengumpulkan tanpa jujur ke guru mohon bantuan karena tidak bisa mengerjakan tugas tersebut. Anak juga termotivasi untuk mengerjakan tugas karena diberikan apresiasi berupa penjepit jemuran.

  10. Asalamualaikum Wr. Wb.
    Nama : LIDYA NDEKI
    Nim : 856325536

    Dari video tersebut dapat memberikan pemahaman kepada guru tentang bagaimana cara menanamkan nilai kejujuran melalui penjepit pakaian.

Leave a Reply