silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan  ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.

Kegiatan yang dilakukan tersebut  sudah sesuai dengan tema yang  ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.

Pada saat guru  akan menanamkan kejujuran  pada anak usia dini, Guru tepat  jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada   anak  untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan  stiker

Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.

Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.

Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit  dan menempelkan di bajunya.

 

Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

1,900 Comments

  1. Asalamualaikum Wr. Wb
    Nama : LIDYA NDEKI
    Nim : 856325536

    Dari video tersebut dapat memberikan pemahaman kepada guru tentang bagaimana cara menanamkan nilai kejujuran pada anak melaui penjepit pakaian.

  2. Asalamualaikum Wr. Wb
    Nama : LIDYA NDEKI
    Nim : 856325536
    Prodi : PGPAUD

    Dari video tersebut dapat memberikan pemahaman kepada guru bagaimana cara menanamkan nilai kejujuran melalui penjepit pakaian.

  3. Menurut saya kegiatan yang dilakukan guru tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru memberikan tugas menggunting pola gambar kupu-kupu, menempel dan mewarnainya. Guru tersebut mengajarkan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker dan bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
    Hal ini merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.

  4. Ijin Berkomentar
    Nama : Alldha Y Oriesha
    NIM : 857498045
    Prodi : PGPAUD
    Upbjj : Bandung
    Video Seri Pembelajaran PAUD
    Melalui Penjepit Jemuran Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

    Dalam video tersebut Pendidik telah menggunakan Media dan Sumber belajar by Utilization diantaranya Media bergambar untuk anak mewarnai merupakan salah satu Media untuk mengembangkan aspek motoric halus pada anak.
    Kemudian pendidik memakai Penjepit Jemuran untuk melatih kejujuran anak pada saat telah menyelesaikan tugasnya. Media penjepit jemuran yang digunakan merupakan media melatih aspek sosial emosional dalam hal ini berkata jujur yang mencerminkan budi pekerti yang baik yang perlu ditanamkan sejak dini oleh pendidik anak usia dini.

    Demikian komentar dari saya terhadap video yang sangat menarik dan edukatif ini, sungguh sangat meninspirasi bagi kami guru pemula.

  5. Nama : Imro’atin hasanah
    NIM : 858662378

    Kegiatan menanamkan nilai kejujuran melalui penjepit jemuran.
    Pada video tersebut kegiatan yang diberikan oleh guru tersebut sudah sesuai dengan tema. Guru memberikan instruksi sebelum mengumpulkan tugas supaya di selesaikan terlebih dahulu, dan ada himbauan harus bersikap jujur.
    Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
    Pada kegiatan yang terakhir guru menugaskan pada anak untuk mencoret-coret pola gambar kupu-kupu, setelah seluruh rangkaian kegiatan sudah di selesaikan anak. Anak maju ke depan dan baju mereka di tempel penjepit jemuran. Hal ini membantu guru untuk mengetahui anak-anak yang mampu bersikap jujur. Dan kegiatan ini juga bermanfaat bagi anak untuk memberikan stimulus tentang kejujuran.

  6. Assalamualaikum wr.wb, izinkan saya memberikan komentar pada tayangan video diatas.
    Perkenalkan nama saya : Raifa Azazia Mustaqima
    NIM : 858308109

    Mengenai tayangan video tersebut, tentunya kita dapat menjadikan pelajaran dan juga contoh bagaimana kita sebagai pendidik dapat menerapkan model pembelajaran seperti yang ada di dalam video sebagai cara untuk menanamkan kejujuran pada anak, khususnya untuk anak usia dini. Melalui penjepit jemuran tersebut anak dapat menyadari bahwa apabila ia menyelesaikan tugas yang diberikan guru, maka ia akan mendapatkan jepitan jemuran tersebut. Namun, apabila ia tidak menyelesaikannya ia akan berpikir bahwa ia tidak akan mendapatkannya. Nilai-nilai seperti ini memang harus ditanamkan kepada anak sedini mungkin. Karena untuk melalukan kebiasaan-kebiasaan baik anak perlu dimotivasi dan di beri arahan sejak usianya masih kanak-kanak.

  7. Nurul Khomariah
    857847753
    S1 pgpaud
    Dalam VIDEO tersebut sangat bagus menanamkan sikap kejujuran dengan penjepit jemuran sehingga anak-anak bertanggungjawab atas tugas yang diberikan oleh guru,,,

  8. Video tersebut sudah menginspirasi guru untuk menanamkan perilaku jujur secara tidak langsung dalam menyelesaikan sebuah tugas,karena anak-anak berkata jujur telah selesai mewarnai kupu-kupu dan mengumpulkan ke depan ,bagi anak yang belum selesai akan sportif dan mengakui bahwa dia belum selesai dan belum bisa mengumpulkan ke depan dan lanjut ke kegiatan berikutnya.Mengajarkan disiplin dan taat aturan dalam pengerjaan tugas.Mempermudah guru mengontrol anak-anak yang banyak dan dapat melakukan kegiatan lebih dari satu .Dan alangkah lebih baik lagi jika pada video anak-anak menjepit sendiri bajunya untuk melatih motorik halusnya.Pelibatan anak dalam setiap pembelajaran maupun pembentukan karakter memang sangat penting melalui kegiatan yang di sukai anak-anak.

    terima kasih

  9. Menurut saya kegiatan yang dilakukan guru tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini.
    Guru memberikan tugas menggunting pola gambar kupu-kupu, menempel dan mewarnainya.
    Guru tersebut mengajarkan kepada anak untuk berkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya.
    Hal ini merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini

  10. Assalamualaikum wr wb
    Menanamkan nilai kejujuran sejak dini sangatlah penting karena akan membentuk karakter dan kebiasaan hingga kelak dewasa, dalam video tadi salah satu cara kan kejujuran dengan menggunakan penjepit jemuran sangatlah menginpirasi karena dengan begitu akan terlihat bagi yang belum mengerjakan tugas. Namun alangkah baiknya guru tetap merayu dan mendekati anak dengan menanyakan alasan belum mau mengerjakan tugas kemudian mengajak anak tetap mengerjakan semampunya…dengan metode menggunakan jepitan baju akan mendorong anak ketika anak yang tidak memakai jepitan ia akan merasa berbeda sehingga termotivasi untuk menyelesaikan tugasnya…..

Leave a Reply