silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
Nama : Wuwuh Ratna Siwi
NIM : 857673339
Dalam video pembelajaran tentang menanamkan nilai kejujuran pada anak PAUD tersebut termasuk kegiatan yang dapat memberikan pembiasaan kepada anak untuk bersikap jujur sejak dini. Hal ini dapat mengembangkan kemampuan nilai agama dan moral anak melalui sikap jujur ketika sudah menyelesaikan tugasnya, kemudian meningkatkan kemampuan sosial emosional anak tentang rasa tanggung jawabnya ketika diberikan tugas dan dapat menyelesaikannya dengan tepat. Dari pembelajaran tersebut maka dapat saya gunakan sebagai sumber kegiatan kepada anak untuk menanamkan sikap jujur di lembaga tempat saya mengajar.
Bismillahirrahmanirrahim
Nama : Erny Syahidah
Nim : 857369103
Dari tayangan video tersebut memberikan pembelajaran bahwa bersikap jujur harus sudah diajarkan kepada anak sejak usia dini sebagai bentuk tanggung jawab anak.
assalamualaikum wr. wb
nama : sri lestari
NIM : 857748323
dari video tersebut guru mengajarkan anak untuk jujur dalam meembuat tugas, guru akan memberikan jepitan kepada anak yang berkata jujur bahwa dia sudah selesai mengerjakan tugasnya. dalam pembelajaran tersebut anak akan terbiasa berkata jujur dalam kondisi apapun, hal tersebut bermanfaat positif bagi anak-anak TK maupun PAUD.
assalamualaikum wr wb
Nama :DIta septia
NIM : 856258055
Video ini mengajarkan kepada anak nilai kejujuran dalam menyelesaikan pekerjaan , yang sudah selesai mengerjakan pekerjaan diberi jepitan jemuran di bajunya agar anak tidak berbohong ketika pekerjaan tidak diselesaikan ,pembelajaran tersebut sangat membantu anak -anak dalam melatih kejujurannya dan menumbuhkan kepercayaan diri anak dalam membuat kejujuran ,semakin banyak kejujuran yang dibuat anak semakin banyak jepitan jemuran yang terletak di bajunya .
Nama : Wahyu Binta Sulistyorini
NIM : 858305199
Dalam vidoe tersebut ibu guur menanamkan nilai – nilai kejujuran dengan tepat di dalam kelas dengan jumlah yang banyak, dengan tiga kegiatan yang dilakukan dan membaginya ke dalam kelompok – kelompok kecil. Sebelumnya pun guru telah mengingatkana anak agar mengatakan yang sesuai mengenai kegiatan yang dilakukannya apakah sudah atau belum selesai. Selain itu ibu guru memasangkan jepit jemuran sebagai bentuk kejujuran anak akan kegiatan yang telah dilaksanakannya. namun alangkah baiknya jika memasang penjepit jemuran dilakukan oleh anak sendiri, karena selain meningkatkan keterampilan motorik halus anak, anak juga merasa terkesan akan apa yang telah diperbuatnya. Terima kasih.
Assalamualaikum wr.wb.
Nama : Rosmita
Nim : 855888871
Menurut saya, cara ini efektif dilakukan di lembaga PAUD untuk menanamkan nilai kejujuran. Anak juga terlihat antusias dan bersemangat dalam bermain sambil belajar. Sangat terinspirasi solusi nilai nilai kejujuran anak usia dini.
Sangat bermanfaat untuk saya terapkan di lembaga saya.
Anak yang jujur harus di apresiasi karena menanamkan kejujuran harus sejak usia dini agar nilai nilai moralnya tertanam sejak dini.
Terimakasih vidio diatas sangat memberi inspirasi buat saya pelajar di paud.
NAMA : Maulizatil fajriah
NIM : 855889074
Menurut saya dalam vidio tersebut sangat kreatif dan memotivasi bagi guru untuk di terapkan di lembaga saya karena sudah termasuk semua aspek perkembangan pembelajaran anak usia dini seperti, kognitif, bahasa, sosial emosional, fisik motorik dan seni.
Dengan guru memberikan kegiatan belajar pada anak melalui kegiatan mewarnai, menggunting, menempel, setelah tugas anak selesai ,guru meminta meletakkan tugas nya dimeja , garu akan memberikan reward” Penjepit baju” Atau setiker pada anak yang sudah selesai menyelesaikan tugasnya dengan baik dan rapi.
penggunaan media sudah bagus untuk menanamkan kejujuran kepada anak.dengan memberikan penjepit sebagai tanda bahwa anak sudah menyelesaikan tugasnya dan dengan sebuah cerita yang dibacakan anak akan mengerti dengan bagaimana konsep kejujuran.
-masukan atau komentar anda terhadap isi video tersebut
Nama : Triyana Rahmawati
NIM : 858161497
Dalam video tersebut dapat menambahkan kejujuran pada anak dengan mengajarkan anak untuk jujur dalam membuat tugas dan bertanggung jawab akan tugasnya. Guru menggunakan cara seperti memberikan penjepit sebagai bentuk apresiasi kepada anak yang menyelesaikan tugasnya dengan jujur dan berkata jujur bahwa anak tersebut sudah selesai mengerjakan tugasnya sendiri. Dengan sistem pembelajaran tersebut juga melatih kejujuran, kepercayaan, dan tanggung jawab anak atas tugas yang dimiliki, dan anak juga terbiasa berkata jujur.
Nama : Difia F. Afifah
NIM : 857506239
Video tersebut memberikan mengajarkan saya bagaimana cara menanamkan kejujuran kepada anak dengan melalui cara yang sederhana dan mudah dimengerti oleh anak dengan pemberian reward penjepit jemuran kepada anak yang telah selesai mengerjakan tugas dan berkata secara jujur dapat memotivasi anak dalam mengerjakan tugasnya dan juga memotivasi anak untuk selalu berkata jujur.