silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
nama : Irma Rahmayanti
Nim : 858446469
menurut pendapat saya, video diatas sangat menarik, karena memberikan solusi lain untuk melatih kejujuran dan disiplin anak ketika melakukan kegiatan pembeljaran. ada sedikit hal yang kurang enak didengar yaitu ketika guru menyampaikan atau melabeli dengan kata “bohong”. pada anak usia dini belum memahami apa itu bohong, mungkin sebaiknya pemilihan kata dapat diganti menggunakan kata positif seperti “bicara terus terang dan apa adanya” jika belum selesai boleh bicara belum selesai, jika sudah selesai bisa dilakukan pemasangan jepitan, atau lainnya sebagai penanda.
Nama: Lailatul Syahidah Ummina
Nim: 858316439
Menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini melalui aktivitas sehari-hari seperti menarik jemuran adalah ide yang bagus. Melibatkan anak-anak dalam tugas-tugas rumah tangga sederhana dan mengajarkan mereka untuk jujur tentang pekerjaan mereka adalah cara yang baik untuk membangun dasar nilai kejujuran.
Dengan memberi contoh bahwa kejujuran adalah hal yang penting dalam hal-hal sekecil menarik jemuran, kita bisa membantu anak-anak memahami bahwa kejujuran tidak hanya terkait dengan hal-hal besar, tetapi juga terkait dengan tindakan sehari-hari.
Penting juga untuk memberikan penguatan positif saat anak menunjukkan kejujuran, sehingga mereka merasa dihargai dan termotivasi untuk terus bertindak jujur. Melalui konsistensi dan bimbingan yang baik, kita dapat membantu membentuk karakter kejujuran pada anak-anak sejak usia dini.
nama : noviyatul islamiyah
nim : 858190133
Masukan:
Konten yang menarik dan informatif: Video pembelajaran dari Portal Guru Pintar dikemas dengan cara yang menarik dan informatif. Penggunaan animasi, musik, dan contoh kasus yang relevan membuat video mudah dipahami dan tidak membosankan bagi guru PAUD.
Solusi yang kreatif dan mudah diterapkan: Video tersebut memberikan solusi yang kreatif dan mudah diterapkan untuk mengatasi masalah yang sering dihadapi guru PAUD, seperti menanamkan nilai kejujuran dan disiplin pada anak usia dini.
Penekanan pada praktik dan penerapan: Video ini tidak hanya memberikan teori, tetapi juga menunjukkan bagaimana cara menerapkan solusi tersebut dalam praktik mengajar. Hal ini sangat bermanfaat bagi guru PAUD untuk langsung mempraktikkannya di kelas.
Saran:
Variasi metode pembelajaran: Akan lebih menarik jika video pembelajaran ini menggunakan variasi metode pembelajaran, seperti simulasi, diskusi kelompok, atau tanya jawab.
Durasi video yang lebih singkat: Durasi video yang lebih singkat, sekitar 5-10 menit, mungkin lebih efektif untuk menjaga fokus dan minat guru PAUD.
Lebih banyak contoh kasus: Akan lebih bermanfaat jika video ini memberikan lebih banyak contoh kasus yang berbeda-beda, sehingga guru PAUD dapat lebih memahami berbagai situasi dan cara mengatasinya.
Pemberian sertifikat: Memberikan sertifikat kepada guru PAUD yang telah menonton dan memahami video pembelajaran ini dapat meningkatkan motivasi dan rasa pencapaian mereka.
Manfaat bagi Guru PAUD:
Ya, saya yakin bahwa mempelajari kedua video dari Portal Guru Pintar tersebut dapat bermanfaat bagi saya untuk meningkatkan wawasan sebagai guru PAUD. Alasannya:
Meningkatkan pemahaman tentang masalah yang dihadapi guru PAUD: Video ini membantu saya memahami berbagai masalah yang sering dihadapi guru PAUD, seperti menanamkan nilai kejujuran dan disiplin pada anak usia dini.
Memberikan solusi yang praktis dan efektif: Video ini memberikan solusi yang praktis dan efektif untuk mengatasi masalah tersebut. Hal ini membantu saya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.
Meningkatkan motivasi dan semangat mengajar: Video ini memberikan motivasi dan semangat kepada saya untuk terus belajar dan mengembangkan diri sebagai guru PAUD.
Bismillah Izin menjawab
Nama : Endah Puspitasari
NIM : 857368459
saya memilih video pembelajaran Kejujuran ” Melalui Penjepit Jemuran” . Dimana dalam video ini menceritakan kejujuran anak melalui media penjepit jemuran. disini anak belajar untuk jujur dalam tugas. memberikan reward terhadap anak yang jujur sudah sangat bagus sehingga menanamkan kejujuran sejak dini. ketika memberikan reward terhadap kegiatan bukan hanya pemberian reward jepitan tetapi bisa berupa bintang ataupun lainnya yang bisa memberikan semangat dan motivasi yang tinggi sehingga anak tersebut akan berlomba-lomba untuk mendapatkan hadiahnya.
insani ghaida salsabila , 857629754
Melalui Penjepit Jemuran
masukan dan saran
Teruslah bereksperimen dengan berbagai teknik dan ide untuk meningkatkan keterampilan dalam membuat video menggunakan penjepit jemuran.
Dengan menggunakan penjepit jemuran sebagai penanda anak yang sudah selesai dapat membiasakan anak bersikap jujur, juga dapat melatih kemampuan kognitif anak dalam bentuk symbol yaitu anak dapat melihat dan membedakan mana temannya yang sudah selesai dan mana yang belum.
Assalamu’alaikum Wr,Wb..
NAMA:YULIYANTI
NIM :858288798
Menanggapi dari kasus video di atas,
Kejujuran merupakan hal yang sangat penting untuk di tanamkan sejak usia dini,melalui pembiasaan yang baik dan kegiatan yang positif kita dapat menyelipkan pesan moral untuk anak.Dari video tersebut terlihat jelas bagaimana upaya seorang guru dalam menanamkan kejujuran pada anak melalui sebuah kegiatan dengan menggunakan media jepitan jemuran.Dengan memberikan sebuah penghargaan akan akan lebih merasa senang dan di hargai.Pemberian penghargaan bisa berupa tepuk tangan,acungan jempol,ataupun pemberian berupa hadiah.
Wassalam…
Nama : Dwi Indah Cahyati
Nim : 859788662
Diskusi profesional guru
PG PAUD PALEMBANG
Menurut saya menanamkan anak kejujuran melalui penjepit jemuran adalah kegiatan yang sangat bagus karena didalam vidio tersebut anak dapat termotivasi untuk cepat mengerjakan tugas karena jika sudah mereka diminta untuk menjepit baju mereka menggunakan penjepit dan hal ini dilakukan untuk membuat anak merasa tertantang dan ingin menyelesaikan dengan baik. Dan juga dengan mendapatkan pujian anak akan merasa senang karena dipuji. Dan juga dibutuhkan kreatif guru untuk melakukan kegiatan dalam meningkatkan kesadaran anak untuk selalu jujur.
Nama : Arifa liana utami
Nim : 857506135
Upbjj : Bandung
Setelah melihat video mengenai menanamkan kejujuran dengan menggunakan penjepit pakaian sudah baik, namun untuk anak usia dini sebaiknya diberi pemahaman apa itu jujur dan berbohong. Guru dapat bermain peran dihadapan anak-anak agar anak dapat mengerti dan paham, anak juga dapat mengetahui mana yang baik dan yang kurang baik. Setelah melihat guru bermain peran anak dapat diberikan beberapa pertanyaan reflektif seperti boleh tidak ya apabila berbohong, termasuk perilaku yang bagus tidak, agar anak lebih memaknai untuk tidak berbohong. Selain itu apabila anak mengatakan sudah selesai mengerjakan padahal belum, sudah menjadi tugas guru untuk mencari tahu apakah anak mengatakan selesai karena mengalami kesusahan dalam mengerjakan, atau anak sudah lapar dan ingin buru-buru makan, atau hal lainnya.
Nama : Ardiana Pilomena Siong
Nim : 859294486
Upbjj : Kupang
Setelah melihat video mengenai menekankan kejujuran dengan menggunakan penjepit pakaian sudah baik, namun untuk anak usia dini sebaiknya diberi pemahaman apa itu jujur dan berbohong. Guru dapat bermain peran dihadapan anak-anak agar anak dapat mengerti dan paham, anak juga dapat mengetahui mana yang baik dan yang kurang baik. Setelah melihat guru bermain peran anak dapat diberikan beberapa pertanyaan reflektif seperti boleh tidak ya jika berbohong, termasuk perilaku yang bagus tidak, agar anak lebih memaknai untuk tidak berbohong. Selain itu apabila anak mengatakan sudah selesai mengerjakan padahal belum, sudah menjadi tugas guru untuk mengetahui apakah anak mengatakan selesai karena mengalami kesulitan dalam mengerjakan atau lainnya.