silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
Nama : Rahmadela Adelia
NIM : 857526209
Dari cerita video diatas, guru menanamkan sikap jujur dan tidak berbohong kepada anak dengan cara memberi jepitan baju agar bisa membedakan anak yang sudah selesai dan belul selesai. Kegiatan ini bisa menjadi referensi untuk saya sebagai guru baru, tapi mungkin saya akan menggunakan benda selain penjepit baju seperti sticker.
Dalam tayangan video ini, guru memberikan tanda dengan menggunakan jepitan baju kepada anak yang sudah mengerjakan tugas, dengan seperti itu guru dapat mengajarkan kejujuran pada anak.
Nama: Sinta Zulhanifah
NIM: 857779826
Melalui video tersebut, dapat menambah referensi saya sebagai cara untuk menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini, yaitu dengan memberikan penjepit jemuran ketika anak sudah menyelesaikan semua rangkaian kegiatan yang telah diberikan oleh guru, sehingga guru dapat melihat siapa anak yang telah benar-benar selesai mengerjakan tugas maupun yang belum selesai mengerjakan tugasnya. Cara ini merupakan cara yang kreatif bagi guru anak usia dini dalam menerapkan nilai kejujuran pada anak.
Setelah saya menyimak video tersebut,,isi video ini sangat bagus dan sangat menarik untuk di terapkan kembali pada lembaga saya ,,,dari video ini saya dapat menambah ilmu pengetahuan saya .
Video ini memberikan solusi bagaimana cara menghadapi anak yang sering tidak menyelesaikan tugasnya dan anak sulit untuk di kontrol.
Strategi yang dapat di gunakan oleh guru pada video tersebut yaitu :
– guru memberikan pembelajaran mewarnai gambar dan membuat bunga dari plastisin , lalu anak dapat berlomba untuk menyelesaikan tugasnya tersebut.
– guru memberikan peraturan dalam perlombaan, bahwa anak yang dapat mengumpulkan tugasnya harus benar-benar telah menyelesaikan tugas tersebut dan tidak boleh berbohong seperti berkata telah menyelesaikan tugas nya namun ternyata lembar tugas nya belum di selesaikan.
– untuk murid yang dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik, maka guru akan memberikannya sebuah penghargaan berupa penjepit baju kejujuran pada anak, hal tersebut dapat memotivasi anak untuk menyelesaikan tugasnya dan mendapatkan penghargaan lainnya.
Dalam pembelajaran yang telah di berikan guru melalui pembelajaran tersebut,guru dapat menanamkan nilai-nilai moral dan menanamkan motivasi kepada anak dengan memberikan penghargaan kepada anak berupa penjepit baju.
Nama : Nunung Nuryani
NIM : 857493727
Nilai kejujuran dapat ditanamkan melalui banyak cara. Contohnya seperti yang ada pada video tersebut. Dalam Video tersebut nilai kejujuran dapat dimasukan dalam PBM. Anak yang sudah jujur menyelesaikan tugasnya diberi tanda menggunakan jepitan. Tentunya hal ini dapat memacu anak lain untuk melakukan hal yang sama, yaitu segera menyelesaikan tugas dan mendapat jepitan sebagai tanda kejujuran anak. Untuk menjadi terbiasa jujur, sebaiknya hal ini dilakukan dengan konsisten, yang kemudian untuk mengetesnya dapat di coba jika sesekali waktu tidak ada penandaan kejujuran.
Nama: Wayan Manis
Nim: 859031033
Dalam video tersebut sudah bagus, disana sudah di berikan penjelasan serta kegiatan apa saja yang diberikan dalam menanamkan sikap kejujuran serta pendekatan pada siswa dalam meyakinkan siswa dan menumbuhkan rasa kepercayaan pada guru sehingga dengan diberikannya penekanan kata “harus jujur dalam melaksanakan kegiatan jika tidak bisa harus memberitahu gurunya” sehingga dengan begitu siswa akan mulai belajar mengenai kesabaran dan kejujuran.
NAMA ; TANTI MUCHTAR
NIM : 857777356
Berbagai tugas yang diberikan oleh guru di video tersebut , sesuai dengan kemampuan dan perkembangan anak, merupakan cara yang efektif untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini. Melalui kegiatan kreatif dan interaktif seperti mewarnai, menggunting, menempel, serta menghubungkan gambar dengan angka, anak-anak belajar untuk jujur tentang kemampuan mereka, berani mengakui kesulitan, dan menerima bantuan dengan cara yang positif dan konstruktif. Pendekatan ini tidak hanya mengembangkan keterampilan motorik dan kognitif anak tetapi juga membentuk karakter mereka menjadi lebih jujur dan terbuka.
Nama: Saraswati Simon
NIM: 859953339
Video tersebut memberikan gambaran yang baik tentang bagaimana menanamkan nilai kejujuran kepada anak-anak usia dini melalui kegiatan yang bervariasi dan menyenangkan. Melalui kegiatan mewarnai, menempel, dan menghitung, anak-anak diajak untuk terlibat aktif sambil belajar tentang pentingnya jujur dalam menyelesaikan tugas. Penggunaan penjepit sebagai bentuk penguatan positif juga memberikan dorongan ekstra bagi anak-anak untuk berusaha dan jujur. Ini adalah pendekatan yang baik dalam membentuk karakter anak-anak sejak dini.
nama Neni Sukarmini
Nim 857253399
terimakasih dengan melihat video ini saya mendapatkan ilmu dan pengetahuan tentang materi tema kejujuran , dimana di dalam video ini anak di ajarkan untuk bersikap jujur , menambah pengetahuan dan ilmu saya untuk dapat mengembangkan kembali dan lebih berinovasi dalam setiap pembaljaran dengan menggunakan alat dan bahan yang ada , anak jadi tau kalo bersikap jujur adalah perbuatan yang sangat terpuji dan di sukai allah
NAMA : DESSY WAHYU WIRASTI
NIM : 858948151
PRODI : S1 PGPAUD
UPBJJ UT : JEMBER
• Video ini sangat bermanfaat dan dapat membantu saya dalam mengajarkan atau menanamkan nilai-nilai kejujuran pada anak usia dini melalui pemberian berbagai kegiatan yang tepat sesuai kemampuan dan perkembangan anak. Terutama dapat saya implementasikan langsung pada siswa yang ada di lembaga tempat saya mengajar.
• Melalui video ini saya dapat mengetahui tentang gambaran solusi yang dapat dilakukan guru untuk menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini apalagi mengajar dengan jumlah murid yang jumlahnya cukup banyak.
Dalam video tersebut dijelaskan bahwa guru yang mengajar dengan jumlah siswa 20-25 anak akan mengalami kesulitan untuk mengontrol semua siswanya pada saat pembelajaran di dalam kelas, contohnya pada saat pemberian tugas pasti ada anak yang dapat menyelesaikan tugas dengan baik dan tepat waktu tetapi ada juga anak yang tidak menyelesaikan tugas dengan baik. Terkadang ada anak yang tidak menyelesaikan tugas tetapi dia mengatakan sudah menyelesaikan tugasnya kepada guru hal ini menandakan bahwa anak tersebut tidak berkata jujur atau berbohong . Sehingga guru menggunakan solusi melalui penjepit jemuran untuk menanamkan nilai-nilai kejujuran pada anak.
Langkah-langkah dalam kegiatan pembelajaran tersebut. Guru memberikan 3 kegiatan yang sudah disesuaikan dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Ketiga kegiatan tersebut juga mudah untuk dilakukan dan dipahami anak antara lain :
• Mewarnai gambar sesuai tema yaitu gambar kupu
• Menggunting dan menempel gambar kupu pada kertas
• Menghubungkan gambar kupu dengan lambang bilangan dan gambar bendanya di warnai
Tepat pada saat mulai mengajar guru mengatakan kepada anak untuk berkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak berterus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan. Dari tugas-tugas atau ketiga kegiatan yang diberikan guru, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak tersebut dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya dan sebaliknya siswa yang tidak dapat menyelesaikan tugas dengan baik tidak diberi kesempatan untuk mengambil penjepit. Dengan menggunakan penjepit jemuran sederhana ini guru dapat menanamkan nilai-nilai kejujuran pada anak usia dini selain itu juga ketertiban dan keteraturan dapat diterapkan guru tanpa harus banyak bicara.