silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
Nama : Siti Masirotul Munajah
Nim : 859033843
MELALUI PENJEPIT JEMURAN
Video tersebut memberikan gambaran yang baik tentang bagaimana menanamkan nilai kejujuran kepada anak-anak usia dini melalui kegiatan yang bervariasi dan menyenangkan bagi anak.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya sebagai tanda dimana anak sudah menyelesaikan tugasnya. Dimana vidio ini sangat bermanfaat untuk saya sebagai guru. Untuk menambah cara bagaimana menanamkan nilai kejujuran kepada anak didik kita.
Nama : Khatarina Angelica
Nim : 859885655
Judul video : melalui penjepit jemuran
Dari video diatas sudah cukup bagus dalam memberikan gambaran yang baik supaya menanamkan nilai kejujuran pada anak didik kita dengan memberikan kegiatan yang berbeda dan menyenangkan bagi setiap anak ,dimana bagi anak yang sudah dapat menyelesaikan tugas akan diberikan jepitan sebagai tanda bahwa anak sudah mampu menyelesaikan tugas yang diberikan kepadanya. Melalui vidio tersebut sangatlah membantu saya untuk memperbaiki pembelajaran agar tidak sunyi naman harus memiliki kesan setiap harinya.
nama : astrid lusiana
nim : 857858122
video tersebut sangat menginspirasi kami sebagai guru paud dalam menanamkan nilai kejujuran pada setiap anak. Dengan cara menyelesaikan setiap tugas yang diberikan, setelahnya diberikan tanda selesai sebagai bukti pencapaian anak dalam mengerjakan tugas dengan menerapkan ketertiban dan teratur dalam proses pembelajaran.
Nama : Siti Aisyah
Nim : 858530953
Video tersebut memberikan gambaran yang baik tentang bagaimana menanamkan nilai kejujuran kepada anak-anak usia dini melalui kegiatan yang bervariasi dan menyenangkan bagi anak.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya sebagai tanda dimana anak sudah menyelesaikan tugasnya. Dimana vidio ini sangat bermanfaat untuk saya sebagai guru. Untuk menambah cara bagaimana menanamkan nilai kejujuran kepada anak didik kita dengan cara menyelesaikan setiap tugas yang diberikan, setelahnya diberikan tanda selesai sebagai bukti pencapaian anak dalam mengerjakan tugas dengan menerapkan ketertiban dan teratur dalam proses pembelajaran.
Nama : Dini Destiani
NIM : 857524964
Video yang disuguhkan adalah sebuah contoh yang baik dalam menanamkan sikap kejujuran yang seharusnya dilatih sejak dini dengan melakukan kegiatan positif dan mendukung sesuai dengan minat masing-masing dari anak-anak dan juga sesuai pada usia mereka dalam menanamkan sikap kejujuran yang sudah ditempelkan pada usia dini. Serta melatih kedisiplinan dalam mengumpulkan tugas yang diberikan oleh guru kepada para siswa
Nama: Jihan Nur Vera
NIM: 858878277
Dalam video diatas ditunjukan cara guru menanamkan nilai kejujuran pada anak dengan cara yang unik yakni dengan menandai anak denan jepit jemuran. Guru memotivasi anak untuk tetap menyelesaikan tugas dengan baik, mematuhi aturan dan berbicara sesuai dengan fakta yang ada.
Nama:Yuni Indriyastuti
NIM :857859962
Vidio diatas sangat bermanfaat bagi saya untuk mengetahui anak yang sudah menyelesaikan tugasnya dengan anak yang belum menyelesaikan karena kita akan sulit mengontrol banyak anak tanpa ada penanda pada anak,karena ada beberapa anak yang mungkin belum menyelesaikan tugasnya tetapi bilang sudah menyelesaikan
Bismillah,izin memberi tanggapan pada video diatas.
Nama : JUJU JUHAERAH
NIM : 857247514
Menurut pendapat saya video tersebut sangat menginspirasi, guru menanamkan sikap kejujuran kepada anak dengan cara guru memberikan tanda berupa jepitan jemuran pada anak yang sudah selesai mengerjakan tugas. Guru juga memberikan motivasi kepada anak untuk mewarnai dengan baik dan menggunting sesuai pola sehingga dapat melatih perkembangan motorik halus anak. Namun dalam video tersebut guru kurang perhatian kepada anak yang belum mampu mengerjakan dengan mandiri serta dengan kondisi kelas yang kurang tertata rapi dan jumlah muridnya yang begitu banyak alangkah baiknya jika guru memberikan penjelasan tentang pentingnya berbuat jujur, dan memberikan tanda anak yang sudah selesai mengerjakan tugas dengan stiker yang berbentuk bintang.
Nama : Okliya Pradesi
NIM : 857844948
Video di atas menginspirasi saya dalam melatih kejujuran peserta didik.dalam video tersebut terlihat pendekatan guru dengan memberikan pengarahan terlebih dahulu akan yang diberikan dan memberi motivasi kepada anak untuk dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik.dan apabila sudah selesai maka mengumpulkan tugas dan meminta tanda penjepit jemuran pada baju ini melatih kejujueran anak untuk membentuk karakter perserta didik.Trimakasih
Video tersebut berisi tentang cara menanamkan sikap jujur melalui perlombaan. Anak yang dapat menyelesaikan kegiatan akan diberi tanda menggunakan penjepit yang dijepitkan di bajunya. Memalui perlombaan tersebut anak-anak tampak antusias dalam menyelesaikan tugasnya, walaupun guru sendiri tidak dapat mengetahui apakah anak-anak benar-benar menyelesaikan kegiatan tersebut karna jumlah anak yang banyak.