silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
Nama : vera Ngesti Wibawaningsih
NIM : 857855919
Video “Melalui Penjepit Jemuran”
Dalam video tersebut memberikan cara dalam mengajarkan nilai kejujuran dan kedisiplinan terhadap anak. Banyak manfaat yang diperoleh dari video diatas seperti mengajarkan betapa pentingnya menanamkan kejujuran dan kedisiplinan sejak dini. Karena sebagai pembentukan karakter dasar anak.
video ini sangat bermanfaat dan menginspirasi bagi saya karena dalam video ini tidak hanya mengenalkan nilai kejujuran namun juga nilai tanggung jawab pada anak usia dini dengan cara yang unik. sehingga cara ini mudah untuk dilaksanakan dan dapat dimodifikasi dengan alat lain yang ada di lembaga masing masing seperti pemberian stiker.
Nama : Diana
Nim : 858305364
Dari video tersebut memberikan gambaran yang baik tentang bagaimana menambahkan tentang nilai kejujuran kepada anak anak usia dini melalui kegiatan yg bervariasi dan menyenangkan bagi anak.
Dari tugas tugas yg diberikan guru tersebut bagi siswa yg sudah menyelesaikan tugas anak dapat mengambil dan menempelkan dibajunya sebagai tanda bahwa anak telah menyelesaikan tugasnya.
Video ini sangat bermanfaat bagi saya sebagai seorang guru PAUD untuk menambah cara bagaimana menanamkan kejujuran pada anak didik kita.
Nama : Dewi kurniawati
NIM : 859663738
Menggunakan penjepit jemuran untuk mengajarkan kejujuran dan kedisiplinan kepada anak-anak PAUD adalah cara yang kreatif dan efektif. Aktivitas-aktivitas ini dirancang agar anak-anak dapat belajar melalui pengalaman langsung yang menyenangkan dan bermakna. Dengan pendekatan ini, nilai-nilai penting dapat diinternalisasi dengan cara yang sesuai dengan perkembangan usia mereka.
vidio tersebut sangat bermanfaat karena memberikan pelajaran bagi guru bahwa menanamkan kejujuran bagi anak anak sangat penting karena dengan kejujuran anak juga mempunyai rasa tanggung jawab dan disiplin yang tinggi apalagi dengan cara pemberian jepit baju anak anak juga merasa senang karena mereka merasa dihargai
Nama: Ani Mulyani
NIM : 857509804
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikannya dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan penggunaan stiker.
Nama : Juju Julaeha
NIM : 859666471
Dari video tersebut sangat bermanfaat bagi saya. Karena menenamkan nilai nilai kejujuran, ketertiban serta keteraturan harus diterapkan sedini mungkin.
.Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Izin menanggapi
Pada video, guru membiasakan anak untuk jujur dan disiplin. Menurut saya, cara guru adalah cara yang baik. Anak bisa paham dan mengerti mengenai disiplin, tepat waktu, dan belajar tekun. Sisi positif dari video ini adalah anak dapat menyadari bahwa ia harus bersemangat dalam mengerjakan sesuatu. Dengan aktivitas-aktivitas yang diciptakan oleh guru dan anak-anak didik, dapat menjadi salah satu contoh untuk menanamkan nilai-nilai disiplin, kejujuran, dan semangat untuk belajar .
Terimakasih
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Turyanti
NIM : 857630419
vidio tersebut sangat bermanfaat karena memberikan pelajaran bagi guru bahwa menanamkan kejujuran bagi anak anak sangat penting karena dengan kejujuran anak juga mempunyai rasa tanggung jawab dan disiplin yang tinggi apalagi dengan cara pemberian jepit baju anak anak juga merasa senang karena mereka merasa dihargai
Assalamualaikum wr wb
Nama : Agustiyani
NIM : 857991208
UPBJJ : Yogyakarta
Pokjar : Payaman
Judul : Melalui Penjepit Jemuran
Mohon ijin menangapi mengenai video menanmkan nilai kejujuran pada anak ini sangat bermanfaat sekali bagi saya dan juga guru yang lain, dimana dari video tersebut kita tidak hanya dapat menanamkan nilai kejujuran saja tetapi kita juga dapat menanamkan nilai kedisiplinan, ketekunan, mengembangkan kreativitas anak dan menambah semangat anak dalam menyelesaikan suatu kegiatan. Selain menggunakan penjepit jemuran kita juga dapat menggunakan berbagai media lain yang ada di sekitar, seperti anak yang telah selesai melaksanakan kegiatan anak tersebut di beri bintang yang di tempelkan di papan nama yang telah di siapkan Dan dari video ini menambah wawasan untuk saya pribadi dan juga dapat saya terapkan di kelas.
Sekian terimakasih
Wassalamu’alaikum wr wb