silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
Nama : Karina putri yani
NIM : 859678523
Vidio tersebut memberikan salah satu solusi untuk menanamkan kejujuran anak yaitu melalui penggunaan penjepit rambut.
Anak dibiasakan untuk berkata jujur dalam tindakan dan perkataannya, anak yang sudah menyelesaikan tugasnya akan diberikan penjepit rambut sebagai tanda bahwa anak sudah menyelesaikan tugas dan berkata jujur.
Nama : Indah Hayati
NIM : 858449496
Vidio ini dapat menjadi inspirasi bagi guru PAUD dalam mananamkan kejujuran dan kedisplinan dengan merancang kegiatan-kegiatan melalui pengalaman langsung dan menyenangkan. Serta mengapresiasi anak yang sudah menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan guru dengan mengambil penjepit jemuran dan menempelkan dibaju anak.
Dalam menanamkan kejujuran bagi anak usia dini dapat dilakukan melalui hal-hal sederhana namun bermakna seperti dalam vidio ini
Nama : Hanung Septiana Dewiasih
NIM
Nama : Hanung Septiana Dewiasih
NIM : 857619943
Video tersebut sangat bermanfaat karena melalui tindakan dan perkataan anak belajar tentang kejujuran. Kejujuran apa yang ia katakan dengan tindakan yang ia lakukan. Anak diajak untuk mengerjakan tugas dan jika anak sudah mampu menyelesaikan anak akan diberi jepitan baju untuk dijepitkan ke bajunya. Tugas-tugas itu bertujuan untuk menanamkan kejujuran anak.
Nama : Raodatul Jannah
Nim : 858613375
UPBJJ : Tarakan
Pendapat saya mengenai video menanamkan Kejujuran pada anak PAUD Melalui Penjepit Jemuran dapat mengajarkan anak tentang penanaman kejujuran melalui Kegiatan mewarnai. Kegiatan tersebut sangatlah efektif jika diajarkan kepada anak usia dini karena dalamnya anak belajar untuk dapat menyelesaikan dan memecahkan suatu masalah yang diberikan berupa mewarnai gambar tumbuhan. Teknik penanaman sikap jujur melalui penjepit jemuran dapat diterapkan pada pembelajaran karena darinya kita sebagai pendidik dapat mengetahui yang antara anak yang jujur dan tidak jujur dalam mengumpulkan tugas.
Video ini sangat memberikan inspirasi bagi para guru untuk menanamkan kejujuran dan kedisiplinan bagi anak dengan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan. Kejujuran penting ditanamkan sejak kecil karena merupakan fondasi penting bagi anak untuk perkembangan karakter dan masa depannya. Dengan kegiatan sederhana seperti memberi jepitan pakaian pada yang sudah menyelesaikan tugasnya itu mengapresiasi kan anak dengan kejujuran dengan ini kejujuran anak merasa dihargai.
Nama : Safira Putri Agustin
Nim : 858966318
Menurut saya dapat dipelajari dari video tersebut adalah kita sebagai guru menanamkan kejujuran kepada anak didik supaya anak menjadi pribadi yang baik dan mempunyai nilai kejujuran yang tinggi
Video ini sangat memberikan inspirasi bagi para guru untuk menanamkan kejujuran dan kedisiplinan bagi anak dengan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan. Kejujuran penting ditanamkan sejak kecil karena merupakan fondasi penting bagi anak untuk perkembangan karakter dan masa depannya. Dengan kegiatan sederhana seperti memberi jepitan pakaian pada yang sudah menyelesaikan tugasnya itu mengapresiasi kan anak dengan kejujuran dengan ini kejujuran anak merasa dihargai.
NAMA : SRI WAHYUNI
NIM : 855895236
melalui penjempitan jemuran memudahkan guru dalam proses kegiatan belajar mengajar anak. melalui bercerita tentang moral dan agama , anak menghayati dan memahami tentang kejujuran
Setelah menonton video pembelajaran dari GPO..sangat memberikan inspirasi buat saya sebagai guru PAUD..karena dengan jepitan pakaian bisa digunakan sebagai bahan pembelajaran untuk melatih kejujuran dengan memberikan warna yang berbeda kepada anak yang jujur dan anak yang tidak jujur