silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
Nama: VIBRIANNISA ANANDAPUTRI MACHMUD
NIM: 856323328
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Izin menanggapi
Pada video, guru menyampaikan rasa tanggung jawab melalui penggunaan penjepit jemuran saat anak berhasil menyelesaikan tugasnya. Dengan cara ini, anak dapat mengetahui tata aturan. Pada video, guru memberikan tanda melalui penjepit jemuran sebagai tanda jika anak sudah selesai mengerjakan tugasnya. Sikap jujur, sikap tanggung jawab, dan semangat dapat tertanam dalam diri anak.
Terima kasih
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
NAMA : SRI WAHYUNI
NIM : 856102663
Assalamualaikum
Izin untuk memberika tanggapan ,
Memberikan penjepit jemuran sebagai hadiah kepada anak-anak yang berkata jujur dan menyelesaikan tugasnya mungkin memiliki tujuan baik dalam konteks pembelajaran di PAUD. Memberikan penghargaan kepada anak-anak yang melakukan hal baik dapat menjadi cara yang efektif untuk memotivasi mereka. misalnya penghargaan verbal atau pengakuan atas prestasi mereka.Penting bagi guru PAUD untuk membangun koneksi emosional yang positif dengan anak-anak, yang akan memperkuat motivasi intrinsik mereka untuk belajar dan berperilaku baik. Interaksi yang hangat, penuh kasih sayang, dan responsif dari guru dapat menjadi faktor yang lebih kuat dalam membentuk perilaku positif .Dalam pendidikan anak usia dini, penting untuk menggunakan penguatan positif sebagai cara untuk membangun perilaku yang diinginkan. Penggunaan penguatan positif, seperti pujian, pengakuan, atau hadiah yang relevan, dapat lebih efektif daripada menggunakan benda material.
Sekian,Terima kasih.
Asalamualaikum wr, wb
Nama:Silvi Khoiriah
Nim :857237767
Ijin untuk memberikan tanggapan.
Dalam video di atas kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Dalam video juga guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Cara guru dalam menanamkan kejujuran pada anak usia dini sangatlah baik,
karena dengan jepitan pakaian bisa digunakan sebagai bahan pembelajaran untuk melatih kejujuran pada anak.
Terimakasih
Nama : Siti ika irawati
Nim : 859681173
Tips – tips yang diberikan sangat membantu saya dalam menerapkan nilai nilai kejujuran pada anak usia dini..
Mungkin bisa ditambahkan cara untuk menanamkan kejujuran melalui cerita interaktif : cerita pendek yang melibatkan karakter atau tokoh yang harus memilih jujur atau bohong bisa menjadi alat yang baik untuk mengajarkan kejujuran pada anak usia dini. Cara yang kedua.. melalui permainan papan : gunakan permainan papan sederhana.misalnya monopoli: untuk mengajarkan anak pentingnya kejujuran .misalnya memberikan penjelasan tidak boleh berbohong tentang hasil lemparan dadu atau berusaha curang dalam permainan.
Video pembelajaran ini tampaknya dirancang dengan baik untuk menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini (AUD) melalui kegiatan-kegiatan yang menarik dan sesuai dengan tahap perkembangan mereka. Pemilihan kegiatan seperti mewarnai, menggunting-menempel, serta menghubungkan gambar dengan lambang bilangan merupakan aktivitas yang umum dilakukan di kelas TK dan dapat membantu anak-anak belajar sambil bermain.
Hal yang paling penting dalam video ini adalah upaya guru untuk secara langsung menanamkan nilai kejujuran kepada anak-anak. Dengan meminta anak untuk berterus terang jika telah menyelesaikan tugas atau belum, serta memberikan penghargaan berupa stiker, guru dapat mendorong anak-anak untuk bersikap jujur. Pendekatan seperti ini sangat sesuai untuk anak usia dini, karena mereka masih berada pada tahap perkembangan moral yang membutuhkan bimbingan dan keteladanan dari guru.
Secara keseluruhan, video pembelajaran ini tampak efektif dalam menyampaikan pesan tentang pentingnya kejujuran melalui kegiatan-kegiatan yang menarik dan sesuai dengan karakteristik anak usia dini. Guru dapat memanfaatkan video ini sebagai salah satu sumber belajar untuk menanamkan nilai-nilai positif pada anak-anak di kelas.
Nama : Erna Oktavia nita
NIM : 857234407
Terimakasih atas video yang sangat menginspirasi. Terkadang kita sebagai guru kesulitan untuk membedakan anak yg belum bisa jujur. Cara tersebut menurut saya sederhana tetapi dapat di patuhi oleh anak. Merupakan cara yang unik dan mudah di terapkan di pembelajaran anak usia dini.
Video pembelajaran menurut saya sudah sangat bagus dan memberikan inspirasai untuk saya dalam menanamkan kejujuran di sekolah tempat saya bekerja. Di dalam video tersebut diperlihatkan solusi bagaimana cara nya menanamkan kejujuran di lingkungan sekolah melalui penggunaan penjepit jemuran.
Pembelajaran dari video tersebut sangat menginspirasi dalam berbagai kegiatan yang menyenangkan dan dapat menjadi inspirasi untuk para guru pendidikan anak usia dini
Assalamualaikum wr.wb….
Nama:Lilis Hildayati
Nim: 859670346
UPBJJ: UT Surabaya
Kls: B / Semester 2
Tahun: 2024
3.Setelah saya mengamati vidio PAUD 15 melalui penjepit jemuran.
Menurut saya video ini sangat menginspirasi saya sebagai guru dan menambah wawasan saya guna menanamkan kejujuran kepada anak usia dini. Di mana kejujuran merupakan sikap yang harus dipupuk sejak dini supaya anak menjadi pribadi yang baik dan mempunyai nilai kejujuran yang tinggi, dengan menggunakan media yang terbilang sangat sederhana dapat memetik manfaat yang luar biasa untuk siswa. Video ini sangat bermanfaat bagi saya untuk menciptakan suasana belajar yang nyaman dan kondusif.
Judul video “MELALUI PENJEPIT JEMURAN”
Pelajaran yang dapat kita ambil :
1. jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya
2. bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya/bisa diganti dengan pemberian penghargaan/pujian lainya bagi anak yang sudah mau jujur dan dapat mengerjakan tugasnya hingga selesai.