silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan  ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.

Kegiatan yang dilakukan tersebut  sudah sesuai dengan tema yang  ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.

Pada saat guru  akan menanamkan kejujuran  pada anak usia dini, Guru tepat  jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada   anak  untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan  stiker

Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.

Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.

Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit  dan menempelkan di bajunya.

 

Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

1,900 Comments

  1. Menurut saya vidio ini bagus dan bermanfaat,karena memang perlu untuk menanamkan kejujuran pada anak sedini mungkin,agar anak terbiasa dan memiliki perilaku jujur dan menanamkan nilai moral dan kebaikan yang baik untuk pribadi anak di masa mendatang

  2. Nama umi maesaroh
    Nim 858630559
    UPBJJ semarang

    Vidio pembelajaran ini sangat bagus dan menginspirasi kami para pendidik paud.
    Dan dapat kita contohkan untuk pembelaharan di kelas .

  3. Nama : Kristin Mandalle
    NIM : 859879454
    UPBJJ UT Medan

    Judul Vidio : Menanamkan Nilai Kejujuran Pada Anak Melalui Penggunaan Penjepit Jemuran
    Dalam vidio tersebut guru menanamkan kejujuran pada anak usia dini pada saat kegiatan pembelajaran sedang berlangsung. Guru menyampaikan kepada anak agar berkata jujur apabila sudah selesai mengerjakan tugas , dan sebaliknya anak berkata jujur jika belum menyelesaiakan tugasnya.
    Bagi siswa yang sudah selesai mengerjakan tugas, boleh mengambil penjepit jemuran, melalui cara ini guru mengajarkan kepada anak agar lebih bersemangat menyelesaikan tugas, dan melalui cara ini anak tidak bisa berbohong karena guru dapat melihat mana anak yang sudah menggunakan penjepit dan mana yang belum.
    Terimakasih

  4. NAMA

    NAMA:SRI WATI
    NIM:859871521
    Setelah saya menyaksikan vidio di atas,saya sangat setuju dengan apa yang di terapkan oleh guru untuk menguji kejujuran anak,dengan demikian anak akan bertanggung jawab dengan tugasnya masing-masing,dengan menggunakan penjempit jemuran tersebut guru dapat mengontrol mana murid yang sudah mengerjakan tugasnya dan mana murid yang belum mengerjakan tugasnya.kejujuran harus di tanamkan sejak usia dini,dan sebagai seorang pendidik kita harus mempunyai berbagai cara yang tepat untuk mengajarkan serta menanamkan kejujuran pada anak usia dini.

    ;

  5. Nama ; Nashiroh (858753113)
    Semester 2 PG paud

    Setelah melihat metode pembelajaran ini saya sangat senang dan bahagia karena saya bisa mencontoh metode pembelajaran yang dapat memotivasi anak -ank agar lebih semangat lagi dalam menyelesaikan tugas.
    Trima kasih

  6. Nama : Anisa Puspita Zahra
    NIM : 859808417
    UPBJJ : Medan

    Assalamu’alaikum Wr. Wb… Izin memberikan pendapat terkait video diatas berjudul melalui penjepit jemuran.
    Menurut saya video ini sangat bermanfaat untuk anak, karena dengan mendapatkan penjepit tersebut anak berhasil bersikap jujur karena telah berhasil menyelesaikan tugas yang diberikan. Selain untuk anak, guru juga mendapatkan manfaat dari kegiatan tersebut, karena ia bisa dengan mudah melaksanakan penilaian terhadap sikap jujur anak.
    Namun, saya ingin memberi saran berupa mengganti penjepit jemuran menjadi stiker atau pin dengan bentuk yang menarik sebagai reward atau penghargaan karena anak telah menyelesaikan tugas. Karena saya merasa bahwa, penjepit jemuran kemungkinan anak bisa saja menggunakannya untuk hal yang buruk misalnya menjepit teman tanpa sepengetahuan kita.
    Sekian pendapat saya, Terima Kasih…

    Assalamu’alaikum Wr. Wb..

  7. Nama : Rustini
    NIM : 85753636

    Selain menggunakan penjepit jemuran dalam melatih kejujuran anak, kita juga perlu menjelaskan kepada anak didik kita mengenai konsep teori kejujuran itu sendiri. salah satu caranya yaitu bisa melalui permainan “Role Play” (Bermain Peran), yaitu anak-anak dapat berperan sebagai karakter yang menghadapi situasi di mana mereka harus membuat keputusan antara berbicara jujur ​​atau berbohong, kemudian berikan skenario sederhana, seperti “Apakah Anda melihat siapa yang mengambil mainan teman Anda?”
    Manfaaat permainan ini bisa membantu anak-anak memahami konsep kejujuran dalam konteks yang lebih nyata dan memberi mereka kesempatan untuk mempraktikkan perilaku yang jujur.

  8. Nama : Indri Nucahyani
    NIM : 858529633
    UPBJJ : Semarang
    video tersebut sangat bermanfaat sekali untuk saya yang notabene termasuk guru yang terbilang masih baru. Mungkin penjepit jemuran bisa diganti dengan lencana/pin yang bisa di pasang-copot di baju anak dengan membuat desain yang lebih menarik, sehingga anak akan lebih bersemangat untuk mengerjakan tugas karena mereka akan mendapatkan lencana/pin yang lucu.
    demikian pendapata saya, terima kasih.

  9. Nama : Heni Nur Imtikhanah
    NIM : 857993462
    UPBJJ: Yogyakarta

    Assalamualaikum Wr Wb ,
    mohon izin untuk memberikan komentar terhadap video ini, jujur saja awalnya saya bingung gunanya penjepit jemuran itu untuk apa? sehingga saya harus mengulang melihat video tersebut. sebagai saran, mungkin dalam video tersebut perlu dijelaskan penggunaan penjepit jemuran itu untuk apa agar penikmat video langsung paham maksud penggunaan penjepit jemuran tersebut.
    yang kedua, penjepit rambut bisa diganti dengan sesuatu yang lebih menarik lagi bagi anak sehingga anak lebih antusias untuk mengerjakan tugasnya karena mendapatkan reward yang lebih menarik sekaligus kita sebagai guru dapat mengetahui kejujuran anak, misalnya diganti dengan stiker senyum atau stiker bintang, pin atau tanda lain.
    terima kasih wassalamualaikum wr. wb

  10. assalamualaikum izin menanggapi vidio tersebut, jadi ibu guru memberi penjepit jemuran sebagai pertanda atau apresiasi terhadap anak yang menyelesaikan tugasnya dengan baik dan jujur, namun menurut saya bisa juga dengan memberi pin atau penjepit jemuran seperti yang telah dikerjakan ibu guru tadi, sekian terimakasih.

Leave a Reply