silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
Nama : Eka Puspitasari
NIM : 857860111
Komentar : Mohon izin memberikan komentar pada vidio di atas, menurut saya vidio tersebut sangat mengispirasi saya dalam melakukan pembelajaran di dalam kelas, yaitu bagaimana menanamkan kejujuran kepada anak.
saran Masukan : cara tersebut sudah sangat baik, akan tetapi menurut saya penjepit jemuran juga bisa kita ganti dengan memberi riward dengan menempelkan satu bintang pada baju anak bagi anak yang sudah mampu bertanggung jawab menyelesaikan tugas dan jujur kepada ibu guru.
saran saya vidio tersebut sangat bermanfaat, semoga guru pintar online bisa menambah vidio-vidio inspirasi pembelajaran lainnya . Terimakasih
Nama : Reni Apriani
NIM : 857532621
Assalamualaikum wr. wb. Izin berkomentar.
Menurut saya materi ini sangat bagus agar anak berkata jujur tapi lebih baik reward yang diberikan yaitu seperti memberikan stiker bintang untuk ditempel di tas atau tangan. Terima Kasih
Dengan menstimulus anak dalam kegiatan penjepit jemuran akan mengelola fokus dan anak belajar untuk menemukan serta memcahkan masalah
Assalamualaikum wr wb
Nama : Muzakiyah
Nim. : 857755755
Menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini melalui penjepit jemuran cukup efektif untuk diterapkan karena juga bisa meningkatkan perkembangan fisik motorik halus anak saat menjepit.
Untuk menerapkan nilai kejujuran pada anak harus d lakukan tiap hari bisa dengan cara yg berbeda-beda.
Sekian terimakasih
Wassalamu’alaikum
Nama : Windi Sumarsih
NIM : 858464729
Assalamualaikum,,
Penanaman nilai kejujuran sangatlah penting di ajarkan sejak usia dini karena kejujuran akan terus melekat pada diri seseorang sampai dewasa nanti, berbagai cara dan teknik yang dilakukan seorang guru untuk menanamkan nilai kejujuran kepada anak sangatlah tidak mudah, namun seorang guru yang memiliki daya inovasi yang tinggi akan memiliki cara-cara sederhana dan melekat pada kehidupan sehari-hari yang mudah di ingat oleh anak, salah satunya dengan menggunakan alat penjepit baju .
Demikian terimakasih
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Nama : Luthfatun Hasanah
NIM 858446286
Video diatas menurut saya cukup unik. Cara yang dipakai guru untuk mengetahui siapa yang sudah selesai dalam belajarnya dengan menggunakan penjepit jemuran cukup unik dan menarik. Dalam video diatas ada 3 kegiatan yang dilakukan oleh anak. Dan jika sudah selesai mengerjakan tugasnya anak-anak diberi penjepi jemuran sebagai tanda sudah selesai. Pada awalnya saya sempat bingung dengan metode ini, namun akhirnya saya paham bahwa ini adalah reward yang diberikan oleh guru kepada anak. Penjepit jemuran pasti sudah tidak asing lagi, dan anak-anak pasti akan menyukainya karena bisa ditempel di baju. Dengan warna-warna yang menarik anak akan lebih menyukainya. Karena tugas ada 3, menurut saya reward yang diberikan pun 3. Misalnya jika selesai mengerjakan tugas 1 maka guru bisa memberikan penjepit jemuran pertama, lalu anak lanjut mengerjakan tugas kedua dan setelah selesai berikan lagi penjepit kedua. Menurut saya cara ini akan lebih efektif karena anak-anak akan berlomba-lomba menyelesaikan tugasnya untuk memperoleh reward tersebut.
Saran saya yaitu:
1. Berikan reward setiap kali anak selesai mengerjakan tugas, jika ada dua tugas maka berikanlah 2 reward
2. penggunaan penjepit jemuran bisa diganti dengan stiker
3. Selain stiker bisa juga ditambah kata-kata pujian pada anak
Sekian dan terima kasih
Wassalamu’alaikum. Wr. wb
Nama : Shinta Ayulestari Manawalan Putri
Nim : 858151392
Kesimpulan dari video “PAUD15 Melalui Penjepit Jemuran” adalah guru bisa menggunakan penjepit jemuran untuk menanamkan nilai-nilai kejujuran, ketertiban, dan keteraturan pada anak usia dini. Caranya adalah dengan membuat perlombaan. Guru bisa memberikan instruksi berupa pekerjaan yang harus diselesaikan anak-anak. Setelah selesai, anak-anak bisa menjepitkan jemurannya di tempat yang disediakan. Dengan cara ini, guru bisa dengan mudah melihat anak mana yang sudah menyelesaikan pekerjaannya dan mana yang belum.
Video ini juga memberikan beberapa tips untuk menggunakan penjepit jemuran dalam pembelajaran, seperti:
a.Gunakan penjepit jemuran yang berwarna-warni agar menarik perhatian anak.
b. Buatlah aturan yang jelas tentang cara menggunakan penjepit jemuran.
c. Berikan pujian dan penghargaan kepada anak yang mengikuti aturan.
d. Gunakan penjepit jemuran untuk berbagai macam kegiatan belajar, seperti mencocokkan gambar, menghitung, dan berlatih menulis.
Penjepit jemuran adalah alat yang sederhana dan murah yang dapat digunakan untuk berbagai macam kegiatan belajar. Dengan menggunakan penjepit jemuran secara kreatif, guru dapat membantu anak usia dini belajar dan berkembang dengan cara yang menyenangkan.
Nama: Maspufah
Nim : 85875602
Video untuk menanamkan kejujuran di atas cukup unik yaitu guru memberikan jepitan jemuran sebagai tanda bagi anak yang selesai mengerjakan tugasnya , jadi dengan itu maka dapat diketahui anak mana yang belum selesai mengerjakan tugasnya, biasanya hal itu juga saya lakukan, tapi biasanya saya menggunakan stiker yang ditempel ditangannya, cara ini diharapkan dapat menanamkan kejujuran bagi anak dan anak berani berkata jujur ketika dia belum selesai dengan pekerjaannya
Nama: Maspufah
Nim : 858756022
Video untuk menanamkan kejujuran di atas cukup unik yaitu guru memberikan jepitan jemuran sebagai tanda bagi anak yang selesai mengerjakannya, jadi dengan itu maka dapat diketahui anak mana yang belum selesai mengerjakannya, biasanya hal itu juga saya lakukan, tapi biasanya saya menggunakan stiker yang ditempel ditangannya, cara ini diharapkan dapat menanamkan kejujuran bagi anak dan anak berani berkata jujur ketika dia belum menyelesaikan pekerjaannya
Nama: Suparti
NIM : 857995283
Judul vidio : Menanamkan kejujuran melalui penjepit jemuran
Menurut saya video tersebut cukup baik, memberikan saran pada pendidik dengan cara memberikan penghargaan bagi anak yang telah melaksanakan tugas hingga tuntas. Saran saya selain penjepit kita juga dapat memberikan reward yang lebih menarik untuk anak ,berupa gambar bintang pada tangan anak,stiker tersenyum,pujian atau memberikan gambar sesuai apa yang anak minati.