silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
Nama : ISMAL
Nim : 859692287
Video “Melalui Penjepit Jemuran”
Video di atas sangat bermanfaat dan mengispirasi bagi saya. Karena video tersebut menjelaskan tentang cara menanamkan sikap jujur melalui perlombaan. Anak yang dapat menyelesaikan kegiatan akan diberi tanda menggunakan penjepit yang dijepitkan di bajunya. Memalui perlombaan tersebut anak-anak tampak antusias dalam menyelesaikan tugasnya.
Saran Masukan: penjepit jemuran bisa diganti dengan memberi reward, menempelkan satu bintang pada baju atau di tangan dan memberi pujian bagi anak yang sudah mampu menyelesaikan tugas dengan jujur kepada ibu guru.
Nama : ISMAL
Nim : 859692287
Video di atas sangat bermanfaat dan mengispirasi bagi saya. Karena video tersebut menjelaskan tentang cara menanamkan sikap jujur melalui perlombaan. Anak yang dapat menyelesaikan kegiatan akan diberi tanda menggunakan penjepit yang dijepitkan di bajunya. Memalui perlombaan tersebut anak-anak tampak antusias dalam menyelesaikan tugasnya.
Saran Masukan: penjepit jemuran bisa diganti dengan memberi reward, menempelkan satu bintang pada baju atau di tangan dan memberi pujian bagi anak yang sudah mampu menyelesaikan tugas dengan jujur kepada ibu guru.
penanaman nilai kejujuran sangat penting dilakukan pada anak usia dini, ketika anak sudah berkata jujur maka kita sebagai pendidik dan orang yang lebih tua hendaknya memberikan penguatan dan penghargaan terhadap usaha anak tersebut. dengan penghargaan, diharapkan anak mengulangi perbuatan baik yang telah dia lakukan. begitu konsepnya pada video pembelajaran ini. dengan penjepit pakaian, guru memberikan tanda pada anak yang sudah berkata jujur telah menyelesaikan tugasnya sendiri hingga selesai. penghargaan sederhana membuat anak bangga akan dirinya yang telah berkata jujur, dan diharapkan dikemudian hari anak akan terbiasa berkata jujur dalam segala hal.
nama : windarti (857783335)
untuk menunbuhkan semangat dalam belajar serta kedisiplinan di sekolah seorang pendidik harus mempunya kreatifitas yang tinggi seperti contoh dengan memberikan hadiah bila selesia mengerjakan tugas,boleh juga penjepit baju,pemberian bintang bila sudah selesai dalam mengerjakan tugas
Nama: Aulina Maghfiroh
NIM: 857991824
UPBJJ: Yogyakarta
Judul : Menanamkan kejujuran melalui penjepit jemuran
Vidio tersebut sangat bermanfaat, memberikan pengetahuan pada pendidik cara memberikan penghargaan bagi anak yg sudah bisa menyelesaikan tugasnya dengan baik.
Kita sebagai pendidik juga dapat melakukan kegiatan tersebut, bisa juga kita mengganti reward yang diberikan kepada anak yang lebih menarik dengan pemberian bintang pada tangan anak didik kita.
Nama : Jesi Listia Ningsih
NIM : 857628594
Pokjar : Kebumen
Semester : 2
Judul video : Menanamkan kejujuran melalui penjepit jemuran
Assalamualaikum wr, wb dari dalam video tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa menanamkan kejujuran anak usia dini dapat dengan cara pemberian penghargaan. Penghargaan yang dicontohkan kali ini adalah penjepit jemuran. Sebagai guru tk yang dituntut harus kreatif. bentuk penghargaan dapat dikembangkan misalnya pemberian bentuk bintang , pemberian stiker , pemberian stempel dan pujian. Terimakasih
Kejujuran merupakan salah satu karakter yang sangat penting untuk ditanamkan kepada anak sejak usia dini karena anak usia dini belum mampu memanfaatkan kemampuan berpikirnya untuk menentukan mana perilaku yang baik dan mana perilaku yg buruk sehingga sebagai guru PAUD yang memahami perkembangan anak harus membantu aspek perkembangan nya agar tumbuh secara maksimal. Guru yg kurang kreatif dalam memberikan metode pembelajaran khususnya Nilai Agama dan Moral akan membuat anak kesulitan dalam menangkap dan memahami apa arti kejujuran itu sendiri. Pada video diatas guru terlihat cukup kreatif dalam mengajarkan kejujuran kepada anak yaitu dengan melalui penjepit jemuran. Dengan diterapkannya permainan penjepit jemuran maka perhatian anak akan berpusat kepada pembelajaran yg sedang diberikan sehingga kesan yg diterima anak lebih mendalam dan mudah tertanam pada benak anak.
Assalamualaikum wr.wb
Video yang disajikan sangat menarik dan menambah rferensi pengembangan kegiatan pembelajaran anak usia dini.Tentunya kegiatan yang dilakukan dalam video tidak hanya untuk mengembankan asepek kejujuran semata,karena dari kegiatan tersebut banyak aspek pengembangan yang diperoleh.
Terima kasih
Setiap orang atau setiap guru akan berbeda cara penanganan dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran pada anak.
Dari video tersebut, guru memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan dipahami anak sesuai dengan tema yang ditentukan. Dengan pemberian tugas guru dapat bertanya kepada anak tentang tugas yang diberikan sudah diselesaikan dengan baik atau malah belum diselesaikan sama sekali.
Dengan hal tersebut dapat menumbuhkan kejujuran dalam diri anak.
Nama : Ani Nuryani
Menanmkan nilai kejujuran pada anak adalah hal yang harus kita tanamkan sejak dini,,dengan memberikan pujian dan penghargaan agar anak merasa d hargai dan termotivasi untuk bersikap jujur..sepertinya d dalam kelas dalam melaksanakan tugas guru yg diberikan anak di didik untuk bertanggung jawab dn jujur dengan apa yg mereka kerjaakan..