silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan  ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.

Kegiatan yang dilakukan tersebut  sudah sesuai dengan tema yang  ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.

Pada saat guru  akan menanamkan kejujuran  pada anak usia dini, Guru tepat  jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada   anak  untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan  stiker

Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.

Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.

Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit  dan menempelkan di bajunya.

 

Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

1,900 Comments

  1. Nama : Nelly Rahmayanti
    NIM : 859881998
    Assalamualaikum Wr. Wb
    Dari video tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini dapat dilakukan dengan cara pemberian penghargaan. Penghargaan yang dicontohkan kali ini adalah penjepit jemuran. Sebagai guru tk yang dituntut harus kreatif kita dapat memberikan bentuk pengharaan kepada anak misalnya pemberian bentuk bintang , pemberian stiker , pemberian stempel dan pujian. Maka anak-anak akan senang dan bahagia.

  2. Video ini menceritakan tentang metode penghargaan untuk menanaman nilai kejujuran. Guru menggunakan penjepit pakaian sebagai tanda bahwa anak sudah berkata jujur dalam menyelesaikan tugasnya sendiri hingga selesai. Pemberian penghargaan akan membuat anak bangga akan dirinya yang telah jujur, dan diharapkan anak akan mengulangi kebiasaan baik dengan berkata jujur di kesehariannya. Pemberian penghargaan penting dilakukan sebagai apresiasi terhadap progres dari capaian anak. termasuk ketika anak mampu melakukan nilai-nilai kebaikan dengan dorongan atau keinginan sendiri maupun dorongan dari ingkungan.

  3. Nama : sarifatun Khasanah /857607877

    Vidio ini memberikan pengetahuan mengenai cara efektif untuk menanamkan nilai kejujuran pada anak. Dengan alat sederhana berupa jepit jemuran, guru menjadi tau dan dapat mengontrol kegiatan yang sudah dilakukan anak. Selain menggunakan penjepit jemuran, dapat juga menggunakan cap bintang di tangan anak sebagai bentuk apresiasi terhadap anak atas kegiatan yang berhasil ia selesaikan.
    Vidio yang menginspirasi, sangat bermanfaat.

  4. Nama: Di Ajeng Triwahyuni
    NIM: 856856251
    Diskusi 6: Profesionalitas Guru PAUD

    izinkan saya memberi tanggapam/komentar: dapat kita lihat dari vidio tersebut sangat membantu kita para guru untuk menanamkan strategi bagi kejujuran anak. sama seperti dividio saya juga mengalami kejadian jika anak yang tidak jujur dalam menyelesaikan tugas yang guru berikan nah dengan kita yang menonton vidio tersebut hal ini dapat membantu kita untuk mengikuti dan menerapkan metode dengan penjepit jemuran. selain untuk menumbuhkan kejujuran pada anak menggunakan penjepit jemuran ini dapat meningkatkan rasa semangat anak didik dalam menyelesaikan tugas dengan jujur karena ingin mendapatkan penghargaan berupa penjepit jemuran ini.

    saran saya hanyalah vidio tersebut terlalu bertele-tele dan tidak menuju pada intinya sehingga saya merasakan kebingungan pada penjelasan yang terlalu sedikit . saya menyarankan untuk kedepannya jika memberi penjelasan dengan jelas dan detail. meskipun durasinya termasuk pendek dan tidak membosankan tetapi poin-poin pentingnya sulit dipahami.

  5. Assalamu’alaikum wr.wb..

    Nama : Lailatul Latifah
    N I M : 858452297
    Diskusi : 6 (Enam)
    Kode/ Nama MK : PAUD4302 / Pembelajaran Terpadu

    Terima kasih atas metode ilmu yang telah di sajikan dalam video pembelajaran ini, saya dapat mengambil ilmu dari metode yang digunakan guru dalam kelas TK untuk menanamkan kejujuran melalui berbagai kegiatan kreatif sangat efektif. Kegiatan seperti mewarnai, menggunting, menempel, dan menghubungkan gambar dengan angka membantu anak-anak mengembangkan keterampilan motorik dan kognitif sambil belajar nilai kejujuran. Penggunaan stiker sebagai penghargaan bagi anak-anak yang jujur dalam menyelesaikan tugasnya adalah cara yang baik untuk memotivasi mereka. Pendekatan ini tepat dan sesuai dengan perkembangan anak usia dini, membantu mereka belajar pentingnya kejujuran dalam suasana yang menyenangkan dan mendidik.

  6. Nama : Feybi Inggriani Lolaro
    NIM : 859957146
    Menanamkan kejujuran pada anak melalui penggunaan penjepit jemuran merupakan metode kreatif yang menggabungkan aktivitas sehari-hari dengan pembelajaran nilai-nilai moral. Aktivitas ini dapat dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan interaktif

  7. Nama : Juairiah
    NIM : 858308266
    Izin menanggapi dari video tersebut sangat bermanfaat dan memotivasi saya sebagai pendidik untuk pembelajaran di lembaga saya. Dari penjepit jemuran lah metode pembelajaran yang kreatif, dan dan dari pembelajaran tersebut dapat menanamkan kejujuran anak.
    Aktivitas ini membuat anak senang dan semangat untuk mengerjakan sesuatu pembelajaran
    Terimakasih!

  8. Ani hartati(857860673)
    Vidio tersebut guru sangat kreatif dalam memberikan pembelajaran tentang kejujuran dengan penjepit jemuran.

  9. NAMA: NURLATHIFAH
    NIM: 857624415
    UPBJJ: PURWOKERTO

    Cara guru dalam menanamkan kejujuran sangat pintar dan bisa diterapkan yaitu pada saat mulai mengajar pada sela-sela contohnya seperti pada bagian jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker.

  10. Nama : Anisa desti hidayah
    NIM : 857610148
    Video yang sangat baik ..
    Menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini dengan metode bermain ..
    Kita sebagai guru memang sudah seharusnya memberikan pembelajaran yang kreatif apalagi dalam hal nilai kejujuran yang di terapkan anak pada kehidupan sehari hari .
    Dengan kegiatan bermain di selangi dengan menanamkan nilai kejujuran .
    Ini bisa menjadi pembelajaran yang bermakna untuk anak.

Leave a Reply