silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
Nama : Margareta A. Lero
Nim : 859302401
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.dan saya sangat setuju apa yang dilakukan guru terhadap anak dalam video tersebut
seperti Anak diminta berperilaku jujur saat mengumpulkan tugas. Anak yang sudah mengumpulkan tugas diberi penjepit jemuran.video ini sangat bermanfaat bagi saya agar saya dapat menanamkan nilai-nilai kejujuran pada anak didik saya.Terimaksih.
Fitri rosfitasari 858757199 tuton profesionalitas guru
vidio dengan judul menanamkan kejujuran anak melalui penjepit jemuran.
Bagus sekali di terapkan di AUD, sebagai bentuk apresiasi anak yang sudah menyelesaikan tugasnya dengan benar dan cepat.
Penjepit jemuran bisa juga di tambahin yang lain seperti: stempel bintang di tangan, pin/bros bergambar.
Guru meberi penjelasan tentang kejujuran melalui pennjepit jemuran. Guru memberikan tugas yang bertujuan untuk melatih anak berbuat jujur, dan memberikan hadiah dan motivasi kepada anak yang berbuat jujur. Sehingga anak akan berlomba lomba untuk mendapatkan hadiah
Nama : Nugraheni Nur Latifah, NIM : 857569104, Judul Video: Melalui Penjepit Jemuran.
Dalam video tersebut terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambang bilangan dan gambar bendanya diwarnai. Pada video tersebut terdapat anak yang belum menyelesaikan tugasnya namun sudah ingin mengumpulkan ke gurunya, sehingga guru menerapkan kegiatan dengan menggunakan penjepit pakaian. Tujuannya agar guru lebih mudah mengetahui mana anak yang sudah menyelesaikan tugasnya dan mana anak yang belum menyelesaikan tugasnya Selain itu dengan penerapan kegiatan tersebut guru dapat menanamkan nilai kejujuran pada anak, ketertiban juga dapat diterapkan dengan baik. karena telah menamkan disiplin dan taat peraturan pada anak
Nama: Siti Mutmainnah
NIM: 858305626
Judul: Menanamkan nilai kejujuran pada anak PAUD Melalui Penjepit Jemuran
Menanamkan kejujuran pada anak melalui penjepit jemuran adalah strategi yang efektif dalam mengembangkan nilai-nilai etika pada anak usia dini. Penjepit jemuran digunakan sebagai alat untuk memberikan reward kepada anak yang telah menyelesaikan tugasnya dengan jujur. Dalam beberapa contoh, guru memberikan penjepit jemuran kepada anak yang telah menyelesaikan tugasnya dengan jujur, sehingga anak tersebut dapat menempelkan penjepit tersebut di bajunya sebagai simbol kejujuran. Dengan demikian, anak tersebut akan merasa bangga dan motivasi untuk terus berperilaku jujur dalam kegiatan-kegiatan yang akan datang. Namun, penjepit jemuran mungkin tidak efektif untuk anak yang memiliki kemampuan atau keterampilan yang lebih rendah. Anak-anak ini mungkin tidak dapat menyelesaikan tugas dengan cepat atau dengan benar, sehingga tidak dapat memperoleh penjepit jemuran. Hal ini dapat mengakibatkan anak-anak tersebut merasa frustrasi, merasa tidak dihargai, tidak memiliki motivasi untuk jujur dan tidak memiliki motivasi untuk belajar.
Assalamualaikum
Menurut saya menanamkan kejujuran sangat penting dilakukan terutama ketika anak masih dini, hal ini merupakan melatih kebiasaan anak bahwa apa pun yang terjadi maka biasakan untuk berkata jujur.
Dalam video pembelajaran tersebut membiasakan perkataan jujur kepada anak dengan cara melakukan kegiatan merupakan cara yang tepat karena dengan kegiatan/aktivitas yang dilakukan anak, terlebih dahulu mereka kedepankan sikap kejujuran agar penanaman sikap kejujuran dilakukan tanpa mengintimidasi anak.
Nama: Sri Agnesia Lase
Nim: 859786841
Dalam video melalui penjepit jemuran diatas, guru sudah memberikan atau menanamkan cara yang tepat untuk kejujuran anak.
Terimakasih🙏
Nama:SITI ALFIAH
NIM :858317534
Seri pembelajaran ini sangat kreatif! Menggunakan penjepit jemuran sebagai alat bantu mengajar adalah ide yang cerdas dan inovatif. Ini tidak hanya membantu anak-anak belajar konsep baru, tetapi juga mengembangkan keterampilan motorik halus mereka. Teruslah berbagi metode pembelajaran yang menyenangkan dan edukatif seperti ini.
Semoga komentar ini menambah semangat dan apresiasi untuk seri pembelajaran yang bermanfaat tersebut!
Terima kasih…
wiwik muryati
822672159
Menanamkan nilai kejujuran pada anak memang sebaikkanya dilakukan sejak dini karena untuk membiasakan anak-anak disiplin, pada kegiatantersebut guru sangatlah kreatis dan mudah mengetahui dalam siapa saja yang belummenyelesaikan tugasnyasekaligus memberikan reward pade meraka yang sudah jujur.
Nama : Herlina
NIM : 858535382
UPBJJ Semarang
Dari video ini menanamkan kejujuran anak usia dini melalui penjepit jemuran sangat bagus dan bermanfaat bagi saya.Dengan menanamkan kejujuran sedini mungkin akan mewujudkan generasi yang akan datang sikap jujur.Dan dengan begitu anak-anak bisa menyelesaikan tugasnya dengan baik,serta guru bisa melihat anak yang sudah mengerjakan dan mana yang belum menyelesaikan tugasnya.Sehingga guru mungkin bisa membantu/mengarahkan anak yang mungkin kesusahan/mengalami kendala dalam mengerjakan tugas.