silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan  ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.

Kegiatan yang dilakukan tersebut  sudah sesuai dengan tema yang  ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.

Pada saat guru  akan menanamkan kejujuran  pada anak usia dini, Guru tepat  jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada   anak  untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan  stiker

Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.

Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.

Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit  dan menempelkan di bajunya.

 

Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

1,900 Comments

  1. Nama : Aditya Sulistiana
    NIM : 857630039
    Video diatas menunjukan bagaimana seorang guru yang menanamkan nilai kejujuran kepada anak didiknya diusia dini. Guru tersebut menggunakan cara yang unik yaitu menggunakan penjepit jemuran sebagai penanda kejujuran bagi anak didiknya. Anak yang telah mengerjakan tugasnya sampai selesai akan diberi penjetit jemuran sebagai tanda atau reward, dan memotivasi agar anak yang lain juga segera menyelesaikan tugas mereka.

  2. Umi kalsum
    856651663
    Mata kuliah : profesionalitas guru paud
    Menurut saya video di atas sangat bermanfaat sekali bagi saya,melalui cara yang unik dan menarik untuk melatih kejujuran anak anak.

  3. Nama : Paulina Yunita
    NIM : 858097377
    Secara keseluruhan, kegiatan belajar mengajar di atas telah dirancang dengan baik dan dapat menjadi contoh yang baik untuk diterapkan di kelas TK. Dengan beberapa saran untuk perbaikan, kegiatan tersebut dapat menjadi lebih efektif dalam menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini.

  4. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Selamat malam
    Mohon ijin menanggapi video diatas yang berjudul ” Menanamkan Kejujuran Anak Usia Dini Melalui Penjepit Jemuran ”
    Video pembelajaran tersebut sangatlah bagus dan sangat kreatif.Pada suasana kelas yang jumlah anak -anak lumayan banyak dan terdiri dari beberapa kegiatan, tentulah bagi guru merasa agak kesulitan untuk mengetahui siswanya, apabila tugas dibagikan kemudian dikerjakan, biasanya anak ada yang belum selesai mengerjakan tugas akan tetapi sudah ia mengumpulkannya tanpa sepengetahuan guru
    Guru pada video pembelajaran diatas menggunakan metode yang unik dan menarik dan kreatif . Saat kegiatan berlangsung.pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak Usia Dini.pada saat mengajar guru mengatakan pada siswa untuk berkata jujur apabila sudah dapat menyelesaikan tugasnya dan bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugasnya dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.dan anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugasnya yang telah diberikan dengan menggunakan stiker. Dengan metode yangvsangat menarik ini andk anak akan dapat memahami dan mengaplikasikan nilai kejujuran pada kegiatan sehari-hari.
    Video pembelajaran diatas sangat bermanfaat bagi saya sebagai seorang pendidik
    Terimakasih
    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    ,

  5. Assalamualaikum
    Nama saya suwarni Gaa
    Nim :837883834
    Menanggapi video tersebut menurut saya guru cukup kreatif dalam menanamkan nilai kejujuran pada anak menggunakan penjepit pakian sederhana selain itu ketertiban dan keteraturan juga dapat diterapkan tanpa harus banyak bicara.

  6. Assalamualaikum..
    Nama saya suwarni gaa
    Nim:837883834
    Menanggapi video tersebut menurut saya guru cukup kreatif dalam menanamkan nilai kejujuran pada anak dengan menggunakan penjepit pakian sederhana selain itu ketertiban dan keteraturan juga dapat diterapkan tanpa harus banyak bicara.

  7. Nama:SONISA HULU
    Nim:859794849
    Judul : Menanamkan kejujuran melalui penjepit jemuran

    Video ini sangat penting untuk anak dalam menanamkan kejujuran pada usia dini. Video tersebut menunjukkan bagaimana seorang guru yang menanamkan nilai kejujuran kepada anak didiknya. Guru menggunakan cara yang unik yaitu menggunakan penjepit jemuran sebagai penanda kejujuran bagi anak didiknya. Siswa yang telah mengerjakan tugasnya akan di beri penjepit jemuran sebagai tanda atau reward, untuk memotivasi agar anak yang lain juga segera menyelesaikan tugas mereka.

  8. Dari vidio tersebut saya menjadi mengerti cara menanamkan kejujuran pada anak usia dini,meskipun dalan kelompok besar agak sulit mengontrol anak agar berkata jujur,dengan penjepit jemuran menurut saya cukup efektif tapi lebih efektif lagi jika membagi anak dalam kelompok yang lebih kecil.

  9. Nama : Larasati Sukmaningrum
    NIM : 877315303

    Komentar:
    Video ini menunjukkan cara kreatif untuk mengajarkan nilai kejujuran kepada anak-anak.
    Penggunaan benda sederhana seperti penjepit jemuran dalam penanda telah selesainya mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dapat membantu anak-anak memahami konsep kejujuran dengan cara yang menyenangkan dan praktis.
    Masukan:
    Saya sangat terkesan dengan pendekatan yang digunakan dalam video ini.
    Menggunakan bahan-bahan sehari-hari yang akrab dengan anak-anak membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan mudah dipahami.
    Saran:
    Selain penjepit jemuran, guru dapat memberikan contoh aktivitas atau permainan lain yang juga dapat mengajarkan nilai kejujuran secara praktis di lingkungan sekitar anak.
    Variasi kegiatan dapat membuat pembelajaran lebih beragam dan meningkatkan antusiasme anak-anak.

  10. Nama : Ni’ma Qurrotu Aini
    NIM : 858525108

    Cara menanamkan nilai kejujuran dapat dilakukan seperti vidio di atas dengan memberikan penghargaan/penanda seperti penjepit jemuran yang menandakan mereka sudah selesai mengerjakan tugas. Mungkin penjepit jemuran bisa diganti dengan bintang (boleh cap tangan berbentuk bintang atau boleh juga seperti nametag bentuk bintang yang ditempel di dada menggunakan peniti)

Leave a Reply