silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan  ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.

Kegiatan yang dilakukan tersebut  sudah sesuai dengan tema yang  ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.

Pada saat guru  akan menanamkan kejujuran  pada anak usia dini, Guru tepat  jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada   anak  untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan  stiker

Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.

Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.

Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit  dan menempelkan di bajunya.

 

Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

1,900 Comments

  1. Nama : Risna Aminudin
    NIM : 857382048
    PG PAUD UPBJJ BOGOR

    pada video pembelajaran ini terbilang sangat unik, guru menanamkan nilai kejujuran pada anak melalui tugas yang diberikan. kemudian guru akan memberikan penjepit jemuran kepada setiap anak sebagai simbol kejujuran bagi yang telah menyelesaikan tugas nya dengan baik dan selesai. hal ini, merupakan strategi pemberian reward yang dilakukan guru kepada para peserta didik nya. tentunya simbol kejujuran ini akan menjadi motivasi bagi peserta didik untuk selalu menyelesaikan tugas nya, serta penanaman nilai kejujuran pun dapat tercipta dan diharapkan nilai kejujuran pada anak akan selalu tertanam pada konteks kehidupan sehari-harinya karena begitu pentingnya menanamkan perilaku dan sikap jujur sejak usia dini.

  2. Nama : Rahmayanti
    NIM : 836044757

    Kondisi seperti di video tersebut kerap kami alami, dengan jumlah murid yang banyak dengan berbagai karakter.
    Ide menggunakan penjepit jemuran untuk menanamkan kejujuran kepada anak cukup menarik dan inspiratif, hanya perlu betul-betul diperhatikan hasil yang mereka kerjakan, karena terkadang ada anak yang sangat berani berkats tidak jujur (bohong), untuk anak seperti ini perlu extra perhatian agar sikap jujur betul-betul bisa di tanamkan.

  3. 3. seri pembelajaran paud

    a. Video 1 Melalui Penjepit Jemuran

    Mengajarkan anak tentang suatu kebaikan atau pembiasaan adalah dengan contoh terlebih dahulu. Sebagai guru kita juga sering memberikan pengertian bagaimana Allah menyukai anak-anak yang berkata jujur dan Allah tidak menyukai anak yang berkata bohong.

  4. Nama : DIA FITRIA TSANY
    NIM : 858755812
    Judul : Menanamkan Kejujuran Melalui Penjepit Jemuran

    Menurut pendapat saya,
    Video “Menanamkan Kejujuran Melalui Penjepit Jemuran” adalah contoh pembelajaran yang kreatif dan menarik. Materi disampaikan dengan cara yang sederhana dan mudah dipahami oleh anak-anak PAUD. Penggunaan penjepit jemuran sebagai alat bantu visual sangat efektif dalam menjelaskan konsep kejujuran.

    Saran dan Masukan :
    1.Durasi Video : Meskipun konten sangat bermanfaat, video bisa sedikit dipersingkat untuk menjaga perhatian anak-anak tetap terfokus.
    2.Interaktifitas : Tambahkan lebih banyak elemen interaktif, seperti pertanyaan langsung kepada anak-anak atau aktivitas singkat yang mereka bisa lakukan selama menonton.
    3.Visualisasi : Lebih banyak penggunaan gambar atau animasi dapat membantu memperjelas konsep yang diajarkan dan membuat video lebih menarik.

    ✓ Manfaat :
    Menonton video ini memberikan banyak manfaat bagi saya sebagai guru PAUD. Berikut beberapa di antaranya:
    – Pendekatan Kreatif : Video ini menunjukkan cara kreatif untuk mengajarkan nilai kejujuran kepada anak-anak dengan menggunakan benda sehari-hari, yang dapat dengan mudah saya tiru dan modifikasi untuk kegiatan di kelas.
    – Praktikalitas : Contoh konkret dan aplikasi praktis dalam video ini membantu saya memahami bagaimana mengajarkan konsep kejujuran secara efektif kepada anak-anak.
    – Inspirasi : Video ini menginspirasi saya untuk mencari lebih banyak cara inovatif dalam menyampaikan nilai-nilai moral kepada anak didik saya, sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan bermakna.

    Secara keseluruhan, video “Menanamkan Kejujuran Melalui Penjepit Jemuran” sangat bermanfaat dan memberikan wawasan baru bagi saya dalam metode pengajaran nilai-nilai moral pada anak-anak PAUD. Saya berharap lebih banyak video seperti ini yang dapat diakses di portal Guru Pintar Online.

  5. Nama : Edyanto Hermawan
    NIM : 859415291
    Judul video yang saya pelajari ” Melalui Penjepit Jemuran”
    Masukan dan saran saya setelah melihat video diatas, pembelajaran seri menanamkan kejujuran melalui penjepit jemuran untuk anak usia dini. Ulangi pesan utama beberapa kali dalam berbagai konteks untuk memastikan anak benar-benar memahami dan mengingat pentingnya kejujuran.

  6. Membentuk nilai kejujuran Anak Usia Dini “ Melalui Penjepit Jemuran”

    Video pembelajaran diatas sangat kreatif dan menarik serta bisa kami contoh dan terapkan di sekolah kami. Terdapatnya kelas yang memiliki murid berjumlah banyak dan guru yang berjumlah sedikit, tentu kita sebagai guru yang sedang memberikan kegiatan pembelajaran merasa kesulitan untuk menjangkau anak didik kita, untuk mengetahui apakah tugas yang kita berikan sudah selesai dikerjakan atau belum. Biasanya terdapat anak yang belum selesai mengerjakan tugas yang diberikan oleh bu guru tetapi ia sudah mengumpulkkannya tanpa sepengetahuan guru tersebut.
    Pada video pembelajaran diatas guru menggunakan metode yang menarik bagi anak didik yaitu ketika anak – anak sudah mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru lalu mengumpulkannya, guru akan memberikan tanda yaitu jepit jemuran yang di tempelkan pada baju anak. Dengan metode ini anak – anak dapat memahami nilai kejujuran sejak usia dini dan mengaplikasikannya pada kegiatan sehari – hari.

  7. Assalamualaikum..
    Nama: Rani Anjelsari
    Nim: 859424309
    Video di atas memperlihatkan, cara seorang guru yang menanamkan nilai-nilai kejujuran kepada anak didik ya dengan menggunakan penjepit jemuran.

  8. NAMA : SEPTI RIANA
    NIM : 858191601
    Dalam vidio menanan kejujuran dengan media penjepit baju saya mempunyai pandangan ide dan strategi baru agar saya dapat menerapkannya di lembaga saya ,banayk manfaat yang saya dapat seperti melatih ketertiban ,keterampilan , dan nilai jujur terhadap anak .ada cara yang harus selalu di terapka dengan memberika reaword kepada anak nyang sudah melakukan pencapaian kegiatan yang sudah di laksanakan

  9. Bismillaah … Izin berkomentar
    Nama : Riri. Suriatmi
    NIM : 859938304

    Judul : Menanamkan kejujuran melalui penjepit jemuran

    Video yang berisi bagaimana seorang guru / pendidik menanamkan kejujuran kepada siswa dengan cara pemberian tugas , jika sudah selesai semua siswa akan diberikan reward berupa penjepit jemuran yang di jepitkan dibaju siswa, hal ini akan menarik bagi siswa dan menjadi penyemangat bagi mereka untuk menyelesaikan tugas dengan baik, tentunya ilmu ini baru saya dapatkan dan In Syaa Allah akan saya coba praktekan dikelas yang saya emban. Terima Kasih Guru Pintar On line. Universitas Terbuka. Sukses selalu

  10. NAMA : Aulia Nur Latifa
    NIM : 859676401

    Pada tayangan video ini guru menanamkan nilai kejujuran pada anak dengan menggunakan cara Penjepit Jemuran, disini terdapat murid yang banyak dan jumlah guru yang sedikit.
    Tentu saja sebagai guru ketika sedang memberikan penjelasan kegiatan pembelajaran akan merasa kesulitan, kasus ini sama seperti di lembaga sekolah saya. Untuk mengetahui apakah anak tersebut mendengarkan penjelasan kita atau tidak dan untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru, metode ini sangat kreatif dan menarik para peserta didik jadi. Dari sini dapat dipahami nilai kejujuran pada anak usia dini dan metode ini bisa juga digunakan pada kegiatan keseharian.

Leave a Reply