silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa penjelasan oleh guru mengenai sifat-sifat pada operasi hitung beserta contoh-contoh soal dengan tujuan untuk membangun pemahaman akan sifat-sifat pada operasi hitung.
Sukiniarti
Pakar Dosen
Video ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat operasi hitung, hal itu tergambar dari cara guru memberi contoh terlebih dahulu, kemudian menyuruh anak ke depan untuk menuliskan jawaban sesuai dengan sifat-sifat operasi hitung.
Guru sudah baik dalam membuka pelajaran yaitu dengan mengemukakan tentang pelajaran yang sudah diberikan, seperti penjumlahan dan pengurangan, kemudian dilanjutkan dengan memberikan penjelasan tentang materi yang akan diajarkan, yaitu sifat- sifat operasi hitung, hanya tidak ada upaya menanyakan kepada siswa terlebih dahulu tentang bagaimana sifat komutatif, distributif dan asosiatif.
Pada waktu guru menjelaskan materi sifat pada operasi hitung, guru menerapkan pendekatan PCL = Penjelasan, Contoh, dan Latihan yaitu dengan memberikan penjelasan tentang sifat-sifat operasi hitung satu persatu, memberikan contoh sifat-sifat pada operasi hitung, dan 3 anak disuruh ke depan untuk memberikan contoh (Latihan) dalam sifat operasi hitung, kemudian guru menanyakan kepada seluruh siswa tentang kebenarannya, diantara anak yang menjawab ada yang di beri penguatan, ketiga siswa yang ke depan kelihatannya sudah memahami sifat operasi hitung.
Pada kegiatan penutup, kegiatan evaluasi kelihatan tidak tampak, hanya ada kesimpulan yang ditambah dengan penjelasan materi asosiatif perkalian. Tetapi alangkah baiknya, jika materi sifat operasi hitung asosiatif perkalian ditambahlan pada waktu lain, bukan pada akhir kegiatan, Pada akhir kegiatan guru juga sudah bagus dengan memberikan motivasi untuk belajar di rumah.
Materi sifat-sifat pada operasi hitung di kelas IV sudah sesuai dengan perkembangan anak pada usia kl. 10-11 tahun dan kurikulum tahun 2013
Pada waktu menjelaskan operasi distributif, guru agak sedikit ragu dalam memberi soal dengan menyebutkan 4 X 4, padahal maksudnya 4 X 5, untuk itu baiknya guru mempersiapkan soal terlebih dahulu dengan menggunakan media.
Dalam video ini, tujuan memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat pada operasi hitung telah tergambar pada siswa yang ke depan dengan jawaban yang benar namun secara keseluruhan belum terlihat, untuk itu akan lebih baik jika pada video itu ditambahkan dengan kegiatan latihan yang melibatkan seluruh siswa.
Didi Permana
Pakar Guru
Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, persepsi dan tujuan belajar. Kemudian saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa. Saat penutup sudah bagus.
Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, namun metode dalam belajar, mungkin dapat di buat kelompok, media pembelajaran bisa di tambahkan lagi dengan alat peraga dan evaluasi pembelajaran kurang latihan namun sudah baik diberi tugas pekerjaan rumah.
Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.
Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi, akan lebih baik lagi jika terlihatnya ketidakfahaman siswa kemudian terselesaikan oleh pembelajaran yang guru berikan.
Fitria Handayani
Nama : Santi Angraini
NIM : 856765183
SALUT : Gelumbang
Kelemahan :
– Pengantar pembelajaran agak datar sehingga siswa belum terbangkitkan semangat belajarnya sejak awal.
– Kurangnya media atau alat peraga untuk membantu Guru menjelaskan materi sehingga mudah dipahami siswa.
– Tidak terlihat adanya evaluasi formal di akhir pembelajaran untuk mengukur pemahaman siswa.
Kelebihan :
– Materi disampaikan secara bertahap: pengantar, inti, dan penutup.
– Guru menjelaskan materi dengan memberikan penjelasan terlebih dahulu kemudian memberikan contoh sehingga dapat membantu pemahaman siswa.
– Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk maju ke depan menuliskan contoh sifat operasi hitung dan mendiskusikan jawabannya bersama.
Hal Unik :
– Guru lebih berperan sebagai fasilitator, bukan satu-satunya sumber informasi, ini mendorong siswa untuk lebih aktif.
– Pada akhir pelajaran, Guru menyimpulkan materi dan memberikan motivasi untuk belajar lagi di rumah.
Nama : Entelina Hutajulu
Nim : 856095314
Menurut Pengamatan saya pada vidio pembelajaran Memahami sifat operasi hitung sebagai kelemahannya tidak ada kegiatan awal / pendahuluan seperti memberi salam kepada siswa, mengabsen kehadiran siswa dan tidak ada persebsi. Dalam pembelajaran masih terlihat pakum karena guru masih menggunakan ceramah sebagai metode pembelajaran .
Kelebihannya cara penyampaian pembelajara sudah bagus dan guru sudah menguasai materi walaupun kadang melihat contekan dan guru juga melibatkan siswa dalam pembelajaran juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk maju ke depan untuk mengerjakan soal- soal.
Sebagai solusinya sebaiknya guru menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan di sampaikan kepada siswa dan menggunakan metode pembelajaran yang lebih menarik untuk memicu semangat belajar bagi siswa.
Video ini merupakan sumber belajar yang bermanfaat untuk memperkenalkan sifat-sifat operasi hitung kepada siswa SD. Dengan beberapa perbaikan, seperti peningkatan interaksi awal, penggunaan media pembelajaran yang lebih variatif, dan evaluasi yang lebih terstruktur, efektivitas pembelajaran dapat ditingkatkan
Nama : Almailia Nur Syahfitri Br Sinaga
NIM : 856055715
UPBJJ : Medan
Pokjar : Langkat
Semester: 8
Analisis tentang video tersebut:
Dalam video pembelajaran tersebut reaksi siswa terhadap kegiatan yang dilakukan guru yakni siswa semuanya belajar dengan baik tetapi sebagian siswa ada yang fokus dan juga kurang fokus serta kurang semangat saat pembelajaran berlangsung.
Kelemahan guru dalam video pembelajaran tersebut adalah guru kurang memberi semangat belajar pada siswa maka dari itu ada sebagian siswa yang semangat dan hanya sebagian pula yang tidak fokus, dalam video pembelajaran guru sangat cepat dalam menjelaskan pembelajaran kepada siswa sehingga siswa yang cepat mengerti akan mengerti dan yang kurang mengerti/memahami maka dari itu guru harus membuat metode pembelajaran menyeluruh kepada semua siswa dan tidak hanya kepada siswa yang di tunjuk saja,
kelebihan pada video tersebut pada saat pembelajaran meskipun siswa kurang aktif dan kurang bersemangat dalam belajar tetapi guru tetap antusias dan juga bersemangat sehingga semuanya ikut kembali antusias dan juga bersemangat.