silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa penjelasan oleh guru mengenai sifat-sifat pada operasi hitung beserta contoh-contoh soal dengan tujuan untuk membangun pemahaman akan sifat-sifat pada operasi hitung.
Sukiniarti
Pakar Dosen
Video ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat operasi hitung, hal itu tergambar dari cara guru memberi contoh terlebih dahulu, kemudian menyuruh anak ke depan untuk menuliskan jawaban sesuai dengan sifat-sifat operasi hitung.
Guru sudah baik dalam membuka pelajaran yaitu dengan mengemukakan tentang pelajaran yang sudah diberikan, seperti penjumlahan dan pengurangan, kemudian dilanjutkan dengan memberikan penjelasan tentang materi yang akan diajarkan, yaitu sifat- sifat operasi hitung, hanya tidak ada upaya menanyakan kepada siswa terlebih dahulu tentang bagaimana sifat komutatif, distributif dan asosiatif.
Pada waktu guru menjelaskan materi sifat pada operasi hitung, guru menerapkan pendekatan PCL = Penjelasan, Contoh, dan Latihan yaitu dengan memberikan penjelasan tentang sifat-sifat operasi hitung satu persatu, memberikan contoh sifat-sifat pada operasi hitung, dan 3 anak disuruh ke depan untuk memberikan contoh (Latihan) dalam sifat operasi hitung, kemudian guru menanyakan kepada seluruh siswa tentang kebenarannya, diantara anak yang menjawab ada yang di beri penguatan, ketiga siswa yang ke depan kelihatannya sudah memahami sifat operasi hitung.
Pada kegiatan penutup, kegiatan evaluasi kelihatan tidak tampak, hanya ada kesimpulan yang ditambah dengan penjelasan materi asosiatif perkalian. Tetapi alangkah baiknya, jika materi sifat operasi hitung asosiatif perkalian ditambahlan pada waktu lain, bukan pada akhir kegiatan, Pada akhir kegiatan guru juga sudah bagus dengan memberikan motivasi untuk belajar di rumah.
Materi sifat-sifat pada operasi hitung di kelas IV sudah sesuai dengan perkembangan anak pada usia kl. 10-11 tahun dan kurikulum tahun 2013
Pada waktu menjelaskan operasi distributif, guru agak sedikit ragu dalam memberi soal dengan menyebutkan 4 X 4, padahal maksudnya 4 X 5, untuk itu baiknya guru mempersiapkan soal terlebih dahulu dengan menggunakan media.
Dalam video ini, tujuan memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat pada operasi hitung telah tergambar pada siswa yang ke depan dengan jawaban yang benar namun secara keseluruhan belum terlihat, untuk itu akan lebih baik jika pada video itu ditambahkan dengan kegiatan latihan yang melibatkan seluruh siswa.
Didi Permana
Pakar Guru
Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, persepsi dan tujuan belajar. Kemudian saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa. Saat penutup sudah bagus.
Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, namun metode dalam belajar, mungkin dapat di buat kelompok, media pembelajaran bisa di tambahkan lagi dengan alat peraga dan evaluasi pembelajaran kurang latihan namun sudah baik diberi tugas pekerjaan rumah.
Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.
Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi, akan lebih baik lagi jika terlihatnya ketidakfahaman siswa kemudian terselesaikan oleh pembelajaran yang guru berikan.
Fitria Handayani
Nama : Novia Herawati
NIM : 857866151
UPBJJ: Surakarta
Menurut pendapat saya mengenai vidio di atas dalam penyampaian dan menjelaskan kepada siswa guru sudah menguasi materi tersebut. Dalam memberikan pemahan kepada siswa sudah jelas dan mudah untuk dipahami siswa. Tetapi dalam pembelajaran tersebut sebaiknya lebih berfariasi lagi supaya anak tidak merasa bosan.
Menurut saya dari hasil melihat video di atas, dapat saya simpulkan atau analisis.
1. Tidak ada pembukaan dan penutupan
2. Guru tidak mengisi presensi siswa dan jurnal mengajar
3. Guru masih menggunakan metode ceramah sedangkan di kurikulum merdeka seharusnya menggunakan metode yang lebih menarik perhatian siswa agar siswa tidak asik sendiri ataupun mengantuk dan bosan
4. Guru sudah menguasai materi walaupun masih memegang contekan, tetapi bisa menjelaskan dengan baik kepada siswa dan siswa banyak yang sudah paham dengan materi yang di ajarkan
5. Guru sudah menggunakan bahasa yang baik
6. Dalam penyajian video sudah bagus dan menarik
Nama: Muhammad Irfan Nahrowi
Nim : 858541806
pokjar: BKPSDM Kudus
Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, persepsi dan tujuan belajar.
Kemudian saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa. Saat penutup sudah bagus.
Penggunaan strategi dan pendekatannya pun sudah baik, namun menurut saya metode dalam
belajar, mungkin dapat di buat kelompok, media pembelajaran bisa di tambahkan lagi dengan
alat peraga dan evaluasi pembelajaran serta latihan bagi saya sudah baik diberi tugas
pekerjaan rumah.
Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.
Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi, akan lebih baik
lagi jika terlihatnya ketidakfahaman siswa kemudian terselesaikan oleh pembelajaran yang
guru berikan.
Nama : hamzah
Nim : 877769909
Kelas : A semester 6
Menurut saya: Menurut pendapat saya, guru dalam menyampaikan materi sudah jelas dan mudah dipahami siswa. Selain itu, guru mengajak siswa aktif dalam pembelajaran sehingga siswa cepat memahaminya dan siswa tidak mudah bosan dalam pembelajaran. Tetapi di sisi lain, guru dalam pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah sehingga siswa terkadang kurang memperhatikannya.
Di dalam Video tersebut tampak guru sedang menyampaikan materi kepada siswa SD mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama siswa diberikan soal-soal hitungan dan menghitung hasilnya. Siswa tersebut belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Dan pada penggalan kedua, siswa diberi penjelasan oleh guru mengenai sifat-sifat pada operasi hitung beserta contoh-contoh soal dengan tujuan untuk membangun pemahaman akan sifat-sifat pada operasi hitung.
Kelebihan :
a. Sebelum memulai pelajaran, guru pengulangan materi sebelumya, seperti penjumlahan dan pengurangan.
b. Guru menjelaskan/menyampaikan materi tentang sifat operasi hitung dengan memberikan contoh langsung
c. Guru banyak melibatkan siswa dalam pembelajaran dengan memberikan kesempatan kepada siswa maju ke depan untuk menjawab dan menuliskan sifat dari operasi hitung dengan tujuan supaya siswa aktif dalam pembelajaran.
d. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya materi sifat dari operasi hitung yang belum dimengerti.
e. Adanya kaloborasi yang baik dan terciptanya kelas yang kondusif
Kelemahan :
a. Guru tidak melakukan salam, dan kegiatan do’a sebelum pembelajaran
b. Guru tidak mengecek kehadiran siswa, ice breaking, atau memotivasi siswa sebelum pembelajaran
c. Guru kurang memberikan apresiasi terhadap siswa yang sudah berani untuk maju ke depan.
d. Tidak semua siswa antusias untuk maju ke depan
e. Guru tidak memberikan Lembar Kerja Siswa sebagai tolak ukur pemahaman siswa atas materi yang disampaikan
Nama; Campaka Latta
Nim: 857024752
Pokjar: Banjar Agung
Pendapat Mengenai Pembelajaran dalam Video
1. Pembukaan:
Tidak ada pembukaan yang jelas.
Belum terlihat motivasi, persepsi, dan tujuan belajar.
2. Proses Pembelajaran:
Guru kurang interaktif dengan siswa (misalnya, tidak melakukan absensi).
Strategi dan pendekatan sudah baik.
Metode pembelajaran dapat diperbaiki dengan:
Pembentukan kelompok belajar.
Penambahan media pembelajaran seperti alat peraga.
3. Penutup:
Penutup sudah dilakukan dengan baik.
4. Evaluasi Pembelajaran:
Evaluasi dan pemberian tugas rumah sudah cukup baik.
5. Kesesuaian dengan Kurikulum:
Sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
6. Saran dan Rekomendasi:
Video pembelajaran sebaiknya lebih runtut dan menarik.
Sebaiknya ditampilkan solusi guru terhadap ketidakpahaman siswa selama pembelajaran berlangsung.
Di dalam Video tersebut tampak guru sedang menyampaikan materi kepada siswa SD mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama siswa diberikan soal-soal hitungan dan menghitung hasilnya. Siswa tersebut belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Dan pada penggalan kedua, siswa diberi penjelasan oleh guru mengenai sifat-sifat pada operasi hitung beserta contoh-contoh soal dengan tujuan untuk membangun pemahaman akan sifat-sifat pada operasi hitung.
Kelebihan :
a. Sebelum memulai pelajaran, guru pengulangan materi sebelumya, seperti penjumlahan dan pengurangan.
b. Guru menjelaskan/menyampaikan materi tentang sifat operasi hitung dengan memberikan contoh langsung
c. Guru banyak melibatkan siswa dalam pembelajaran dengan memberikan kesempatan kepada siswa maju ke depan untuk menjawab dan menuliskan sifat dari operasi hitung dengan tujuan supaya siswa aktif dalam pembelajaran.
d. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya materi sifat dari operasi hitung yang belum dimengerti.
e. Adanya kaloborasi yang baik dan terciptanya kelas yang kondusif
Kelemahan :
a. Guru tidak melakukan salam, dan kegiatan do’a sebelum pembelajaran
b. Guru tidak mengecek kehadiran siswa, ice breaking, atau memotivasi siswa sebelum pembelajaran
c. Guru kurang memberikan apresiasi terhadap siswa yang sudah berani untuk maju ke depan.
d. Tidak semua siswa antusias untuk maju ke depan
e. Guru tidak memberikan Lembar Kerja Siswa sebagai tolak ukur pemahaman siswa atas materi yang disampaikan
Nama : ayu FATIMAH
Nim : 85 7019696
Pada vidio pembelajaran ini guru tidak mengadakan membuka pelajarn dan lansung ke materi bahkan kondisi kelas kurang aktif karena guru hanya menggunakan metode ceramah sehingga siswa sangat bosan.
Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan interaktif:
1. Gunakan Alat Peraga
Melibatkan alat bantu visual seperti kartu angka, papan tulis interaktif, atau media digital dapat membantu siswa memahami konsep operasi hitung, seperti sifat komutatif, asosiatif, atau distributif.
2. Terapkan Pendekatan Praktis
Alih-alih hanya memberikan penjelasan, guru dapat melibatkan siswa melalui contoh nyata. Misalnya, menggunakan benda konkret seperti kelereng atau blok untuk mendemonstrasikan sifat-sifat tersebut.
3. Ajak Siswa Aktif
Mengadakan diskusi kelas, kuis cepat, atau permainan matematika dapat mendorong partisipasi siswa. Guru bisa memberikan soal sederhana dan meminta siswa berdiskusi untuk menemukan sifat yang berlaku.
4. Ceritakan Kisah atau Analogi
Menggunakan cerita atau analogi dapat membantu siswa menghubungkan konsep abstrak dengan situasi yang lebih konkret. Misalnya, sifat komutatif bisa diibaratkan seperti perjalanan pulang-pergi: jaraknya sama meskipun arah berlawanan.
5. Variasi Nada dan Gaya Mengajar
Guru yang menggunakan variasi nada suara, ekspresi wajah, atau gerakan tangan dapat menciptakan suasana kelas yang lebih hidup dan menarik perhatian siswa
Menurut saya dari video yang saya tonton guru sudah baik dalam membuka pelajaran yaitu dengan mengemukakan tentang pelajaran yang sudah diberikan, seperti penjumlahan dan pengurangan, kemudian dilanjutkan dengan memberikan penjelasan tentang materi yang akan diajarkan, yaitu sifat- sifat operasi hitung.
Pada kegiatan penutup, kegiatan evaluasi kelihatan tidak tampak, hanya ada kesimpulan yang ditambah dengan penjelasan materi asosiatif perkalian. Namun Pada akhir kegiatan guru sudah bagus dengan memberikan motivasi untuk belajar di rumah.
Dalam video ini, tujuan memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat pada operasi hitung telah tergambar pada siswa yang ke depan dengan jawaban yang benar namun secara keseluruhan belum terlihat, untuk itu akan lebih baik jika pada video itu ditambahkan dengan kegiatan latihan yang melibatkan seluruh siswa.