silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa penjelasan oleh guru mengenai sifat-sifat pada operasi hitung beserta contoh-contoh soal dengan tujuan untuk membangun pemahaman akan sifat-sifat pada operasi hitung.

Sukiniarti

Video ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat operasi hitung, hal itu tergambar dari cara guru memberi contoh terlebih dahulu, kemudian  menyuruh anak ke depan untuk menuliskan jawaban sesuai dengan sifat-sifat operasi hitung.

Guru sudah baik dalam membuka pelajaran yaitu dengan mengemukakan tentang pelajaran yang sudah diberikan, seperti penjumlahan dan pengurangan, kemudian dilanjutkan dengan memberikan penjelasan tentang materi yang akan diajarkan, yaitu sifat- sifat operasi hitung, hanya tidak ada upaya menanyakan kepada siswa  terlebih dahulu tentang bagaimana sifat  komutatif, distributif dan asosiatif.

Pada waktu guru menjelaskan materi sifat pada operasi hitung, guru menerapkan pendekatan PCL = Penjelasan, Contoh, dan Latihan yaitu dengan  memberikan penjelasan tentang sifat-sifat operasi hitung satu persatu, memberikan contoh sifat-sifat pada operasi hitung, dan 3 anak disuruh ke depan untuk  memberikan contoh (Latihan) dalam sifat operasi hitung, kemudian guru menanyakan kepada seluruh siswa tentang kebenarannya, diantara anak yang menjawab ada yang di beri penguatan, ketiga siswa yang ke depan kelihatannya sudah memahami sifat operasi hitung.

Pada kegiatan penutup, kegiatan evaluasi kelihatan tidak tampak, hanya ada kesimpulan yang ditambah  dengan penjelasan materi asosiatif perkalian. Tetapi alangkah baiknya, jika materi sifat operasi hitung asosiatif perkalian ditambahlan pada waktu lain, bukan pada akhir kegiatan, Pada akhir kegiatan guru juga sudah bagus dengan memberikan motivasi untuk belajar di rumah.

Materi sifat-sifat pada operasi hitung di kelas IV sudah sesuai dengan perkembangan anak pada usia kl. 10-11 tahun dan kurikulum tahun 2013

Pada waktu menjelaskan operasi distributif, guru agak sedikit ragu dalam memberi soal dengan menyebutkan 4 X 4, padahal maksudnya 4 X 5, untuk itu baiknya guru mempersiapkan soal terlebih dahulu dengan menggunakan media.

Dalam  video ini, tujuan memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat pada operasi hitung  telah tergambar pada siswa yang ke depan dengan jawaban yang benar  namun secara keseluruhan belum terlihat, untuk itu akan lebih baik jika pada video itu ditambahkan dengan kegiatan latihan yang melibatkan seluruh siswa.

Didi Permana

Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, persepsi dan tujuan belajar. Kemudian saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa. Saat penutup sudah bagus.

Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, namun metode dalam belajar, mungkin dapat di buat kelompok, media pembelajaran bisa di tambahkan lagi dengan alat peraga dan evaluasi pembelajaran kurang latihan namun sudah baik diberi tugas pekerjaan rumah.

Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.

Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi, akan lebih baik lagi jika terlihatnya ketidakfahaman siswa kemudian terselesaikan oleh pembelajaran yang guru berikan.

Fitria Handayani

Similar Posts

373 Comments

  1. Nama : Novia Herawati
    NIM : 857866151
    UPBJJ: Surakarta
    Menurut pendapat saya mengenai vidio di atas dalam penyampaian dan menjelaskan kepada siswa guru sudah menguasi materi tersebut. Dalam memberikan pemahan kepada siswa sudah jelas dan mudah untuk dipahami siswa. Tetapi dalam pembelajaran tersebut sebaiknya lebih berfariasi lagi supaya anak tidak merasa bosan.

  2. Menurut saya dari hasil melihat video di atas, dapat saya simpulkan atau analisis.
    1. Tidak ada pembukaan dan penutupan
    2. Guru tidak mengisi presensi siswa dan jurnal mengajar
    3. Guru masih menggunakan metode ceramah sedangkan di kurikulum merdeka seharusnya menggunakan metode yang lebih menarik perhatian siswa agar siswa tidak asik sendiri ataupun mengantuk dan bosan
    4. Guru sudah menguasai materi walaupun masih memegang contekan, tetapi bisa menjelaskan dengan baik kepada siswa dan siswa banyak yang sudah paham dengan materi yang di ajarkan
    5. Guru sudah menggunakan bahasa yang baik
    6. Dalam penyajian video sudah bagus dan menarik

  3. Nama: Muhammad Irfan Nahrowi
    Nim : 858541806
    pokjar: BKPSDM Kudus
    Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, persepsi dan tujuan belajar.
    Kemudian saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa. Saat penutup sudah bagus.
    Penggunaan strategi dan pendekatannya pun sudah baik, namun menurut saya metode dalam
    belajar, mungkin dapat di buat kelompok, media pembelajaran bisa di tambahkan lagi dengan
    alat peraga dan evaluasi pembelajaran serta latihan bagi saya sudah baik diberi tugas
    pekerjaan rumah.
    Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.
    Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi, akan lebih baik
    lagi jika terlihatnya ketidakfahaman siswa kemudian terselesaikan oleh pembelajaran yang
    guru berikan.

Leave a Reply