silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa penjelasan oleh guru mengenai sifat-sifat pada operasi hitung beserta contoh-contoh soal dengan tujuan untuk membangun pemahaman akan sifat-sifat pada operasi hitung.
Sukiniarti
Pakar Dosen
Video ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat operasi hitung, hal itu tergambar dari cara guru memberi contoh terlebih dahulu, kemudian menyuruh anak ke depan untuk menuliskan jawaban sesuai dengan sifat-sifat operasi hitung.
Guru sudah baik dalam membuka pelajaran yaitu dengan mengemukakan tentang pelajaran yang sudah diberikan, seperti penjumlahan dan pengurangan, kemudian dilanjutkan dengan memberikan penjelasan tentang materi yang akan diajarkan, yaitu sifat- sifat operasi hitung, hanya tidak ada upaya menanyakan kepada siswa terlebih dahulu tentang bagaimana sifat komutatif, distributif dan asosiatif.
Pada waktu guru menjelaskan materi sifat pada operasi hitung, guru menerapkan pendekatan PCL = Penjelasan, Contoh, dan Latihan yaitu dengan memberikan penjelasan tentang sifat-sifat operasi hitung satu persatu, memberikan contoh sifat-sifat pada operasi hitung, dan 3 anak disuruh ke depan untuk memberikan contoh (Latihan) dalam sifat operasi hitung, kemudian guru menanyakan kepada seluruh siswa tentang kebenarannya, diantara anak yang menjawab ada yang di beri penguatan, ketiga siswa yang ke depan kelihatannya sudah memahami sifat operasi hitung.
Pada kegiatan penutup, kegiatan evaluasi kelihatan tidak tampak, hanya ada kesimpulan yang ditambah dengan penjelasan materi asosiatif perkalian. Tetapi alangkah baiknya, jika materi sifat operasi hitung asosiatif perkalian ditambahlan pada waktu lain, bukan pada akhir kegiatan, Pada akhir kegiatan guru juga sudah bagus dengan memberikan motivasi untuk belajar di rumah.
Materi sifat-sifat pada operasi hitung di kelas IV sudah sesuai dengan perkembangan anak pada usia kl. 10-11 tahun dan kurikulum tahun 2013
Pada waktu menjelaskan operasi distributif, guru agak sedikit ragu dalam memberi soal dengan menyebutkan 4 X 4, padahal maksudnya 4 X 5, untuk itu baiknya guru mempersiapkan soal terlebih dahulu dengan menggunakan media.
Dalam video ini, tujuan memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat pada operasi hitung telah tergambar pada siswa yang ke depan dengan jawaban yang benar namun secara keseluruhan belum terlihat, untuk itu akan lebih baik jika pada video itu ditambahkan dengan kegiatan latihan yang melibatkan seluruh siswa.
Didi Permana
Pakar Guru
Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, persepsi dan tujuan belajar. Kemudian saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa. Saat penutup sudah bagus.
Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, namun metode dalam belajar, mungkin dapat di buat kelompok, media pembelajaran bisa di tambahkan lagi dengan alat peraga dan evaluasi pembelajaran kurang latihan namun sudah baik diberi tugas pekerjaan rumah.
Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.
Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi, akan lebih baik lagi jika terlihatnya ketidakfahaman siswa kemudian terselesaikan oleh pembelajaran yang guru berikan.
Fitria Handayani
Nama : Melvin Cahyani Daeli
Nim : 856034173
Prodi : 118/S1-PGSD
UPBJJ : Medan
Analisis yang saya lakukan pada video materi Memahami sifat pada operasi hitung di atas saya menemukan reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran sudah baik, para siswa memperhatikan penjelasan bu guru dan aktif dalam menjawab soal. Kelemahan dalam video Kegiatan diatas dalam memulai dan akhir pembelajaran tidak terdapat pembukaan dan penutup seperti salam, menanyakan kabar. Kelebihannya bu guru dalam menjelaskan materi sifat-sifat operasi hitung di paparkan dengan jelas kepada siswa sehingga siswa mampu memahami materinya. Upaya untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran diatas adalah sebaiknya sebelum memulai pembelajaran hendaknya mengucapkan salam, menanyakan kabar siswa dan berdoa bersama terlebih dahulu,memberikan motivasi sehingga siswa lebih bersemangat lagi untuk memulai kegiatan pembelajaran.
Nama : Kun Arifa
Nim : 857694744
Prodi : PGSD
Assalamu’alaikum
Ijin menanggapi video diatas,
1. Yang pertama reaksi siswa pada saat pembelajaran cukup baik, siswa pun aktif dalam sesi tanya jawab meskipun guru hanya menggunakan metode ceramah tetapi beberapa siswa terlihat aktif untuk maju ke depan menyelesaikan soal
2. yang kedua kelebihan,Guru mampu melibatkan siswa dalam pembelajaran dan siswa terlihat aktif menjawab ketika guru bertanya dan mampu mengkondisikan siswa dengan baik sehingga suasana kelas tampak tenang.
3. Yang ketiga kelemahan, Kemampuan Guru menguasai materi masih kurang. Hal ini ditunjukkan saat Guru sedikit ragu ketika ia mencontohkan sifat operasi hitung distributif. Selain itu juga, pemanfaatan media yang kurang. Selama pembelajaran berlangsung, Guru tidak melakukan penilaian kepada keseluruhan Siswa.
4. Yang ke empat Keunikan, meskipun Guru sering menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, Siswa tetap memperhatikan dan antusias untuk maju ke depan menyelesaikan latihan dari Guru.
5. Yang ke lima yaitu upaya untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran diatas adalah sebaiknya sebelum memulai pembelajaran hendaknya mengucapkan salam, menanyakan kabar siswa dan berdoa bersama terlebih dahulu,memberikan motivasi sehingga siswa lebih bersemangat lagi untuk memulai kegiatan pembelajaran.
– Pada saat penutupan seharusnya guru memberikan kesimpulan pada materi pembelajaran yang diberikan agar siswa lebih paham dengan materi tersebut.
Nama : NOFRIADI BASIDIN
NIM : 859635642
Prodi : PGSD
Menurut saya dalam video tersebut terkait pembelajaran Matematika tentang sifat Operasi Hitung Bilangan dikelas IV sebagai berikut :
– Tidak memiliki kegiatan pembuka/pendahuluan
– Tidak ada motivasi terhadap siswa
– Model pembelajaran monoton
– Dalam penjelasan guru tersebut terlalu cepat
– Guru belum menguasai materi dengan baik
– Tidak menggunakan media pembelajaran
– Memberikan latihan lebih banyak kepada siswa
– Penguasaan kelas seorang guru belum maksimal
NAMA : RESA AGWIN
NIM : 857918582
Menurut analisis saya pada video tersebut guru terlihat lebih aktif dari pada siswa dan juga siswa terlihat monoton dan tidak berperan aktif dalam pembelajaran. Media yang digunakan guru pun tidak ada metode yang digunakan pun hanya sebatas metode ceramah terlihat kegiatan pembelajaran tidak menarik. Siswa terlihat juga sibuk dengan kegiatannya masing masing tanpa memperhatikan guru didepan .
Nama: Rizka Miyati
NIM: 857918568
Pokjar: Parakan
Menurut saya dalam vidio tersebut guru tidak menyampaikan salam dalam membuka pelajaran, guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yg akan dilakukan, guru juga tidak menyampaikan materi pembelajaran tetapi guru langsung memberikan pertanyaan kepada murid tentang materi operasi hitung. Dalam vidio tersebut guru sudah menciptakan suasana pembelajaran yang aktif kepada siswa yaitu dengan tanya jawab mengerjakan operasi hitung didepan. Itu akan melatih mental siswa agar lebih percaya diri tampil di depan teman temannya.
Nama : Endah Rega Safitri
NIM : 856974721
Prodi : PGSD-S1
UPBJJ : Bandar Lampung
Setelah saya analisa pada video pembelajaran diatas sudah cukup baik, siswa juga cukup antusias dalam proses kegiatan belajar mengajar, hal tersebut dibuktikan dengan reaksi mereka yang dapat memahami dan menjawab soal-soal yang diberikan guru dengan baik.
Hanya saja pada video tersebut saat guru memulai pembelajaran saya tidak menemukan adanya kegiatan pendahuluan dan kegiatan penutup, dan hanya terlihat kegiatan inti saja, sehingga membuat siswa kurang termotivasi dalam belajarnya.
Setelah saya tonton vidio pembelajaran diatas,sudah cukup baik dan menarik,dimana terlihat jelas para siswa cepat tanggap dan ikut berperan langsung dalam pelajaran yang disampaikan oleh guru.Terlihat jelas reaksi para siswa,setiap guru memberi soal dimana mereka cepat tanggap dan mampu menyelesaikannya dengan benar.Hanya saja pada Vidio guru yang mengajar langsung ke kegiatan intinya,tanpa ada salam pembuka atau penutup,hal ini memungkinkan sianak kurang termotivasi dalam belajar
NAMA : RIA RISQIANA AGUSTINA
NIM : 857750376
PRODI : PGSD – S1 (MASUKAN SARJANA) KURIKULUM BARU
UPBJJ : SEMARANG POKJAR KOTA PEKALONGAN
Analisis masalah
Pada video pembelajaran tersebut, guru kurang dapat membuka pelajaran dengan baik. Guru belum melakukan kegiatan pendahuluan, seperti memberikan motivasi, menyampaikan tujuan dan manfaat pelajaran. Namun guru sudah mampu memberikan keterkaitan atau apersepsi dalam pembelajaran.
Pada kegiatan inti, guru sudah melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran. Siswa diminta untuk menjawab soal dari guru. Namun, di video ini guru cenderung lebih banyak berceramah. Akan lebih baik jika guru menggunakan metode diskusi kepada siswa agar lebih mandiri. Guru juga tidak menggunakan media pembelajaran. Seharusnya, guru perlu menggunakan media pembelajaran agar dapat lebih menunjang pemahaman siswa terkait operasi hitung bilangan.
Pada kegiatan penutup, guru tidak melakukan refleksi pembelajaran dengan maksimal. Guru hanya memberikan pertanyaan singkat tanpa memberikan tindak lanjut untuk siswa.
NAMA : NAFISAH AYU RODIYAH
NIM : 858907188
PROGRAM STUDY : S1 – PGSD
UPBJJ : JEMBER
Refleksi vidio pembelajaran 1 yang berjudul “Memahami Sifat Pada Operasi Hitung”
1. Bagaimana reaksi anak / siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Jawab : Reaksi anak / siswa terhadap kegiatan pembelajaran sangatlah antusias, hal itu dapat dibuktikan dengan keaktifan beberapa siswa maju kedepan kelas untuk menjawab soal yang ada di papan, siswa juga belajar dengan ceria dan penuh dengan perhatian, meskipun masih ada yang ketawa maupun melirik temannya tetapi mereka tetap fokus pada pembelajaran.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran ?
Jawab: Kelemahan guru pada pembelajaran tersebut adalah guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan, apersepsi serta mengecek kesiapan siswa serta guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa, di akhir pembelajaran guru juga tidak menyimpulkan materi dan melakukan penguatan materi bersama siswa.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Jawab: Kelebihan guru pada pembelajaran tersebut yaitu meskipun guru menggunakan media pembelajaran berupa papan tulis, tetapi penyampaian materi yang baik dengan tutur kata yang lembut memudahkan siswa dalam memahami pembelajaran, dan walaupum metode yang digunakaan ceramah dan tanya jawab saja, sangatlah membantu siswa dalam memahami dan membuat siswa aktif dalam pembelajaran
4. Hal-hal unik apa saja yang anda temukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Jawab: Hal uniknya adalah ketika pemberian materi guru tidak monoton materi saja yang diberikan, tetapi memberikan ruang untuk siswa maju kedepan menunjukkan pemahamannya akan suatu materi, kemudian guru melanjutkan pemberian materi lagi, penyampaian materi dan melontarkan pertanyaan dengan intonasi suara yang ramah juga berpengaruh untuk siswa tertarik maju kedepan.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang diamati pada tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Jawab: Upaya yang dapat dilakukan yaitu sebagai berikut :
1. Menggunakan metode pembelajaran seperti diskusi, dengan cara membentuk kelas dengan beberapa kelompok belajar, hal ini dilakukan untuk membantu siswa yang kurang faham untuk aktif dalam pembelajaran berkempok.
2. Melakukan review terhadap materi pembelajaran yang telah dilakukan, dan memberikan penguatan bagi siswa yang masih kurang aktif.
3. Berikan Pekerjaan Rumah(PR) kepada siswa, agar guru dapat mengetahui sejauh mana pemahamahaman siswa yang aktif, maupun siswa yang kurang aktif
4. Guru juga bisa menggunakan media audio visual, untuk lebih menarik perhatian siswa, menghindari kebosanan anak dalam belajar, meningkatkan keaktifan siswa serta meningkatkan motivasi belajar.
dalam video tersebut terlihat guru sangat cepat dalam menjelaskan materi dan contoh – contoh materi sehingga siswa seperti ada kesulitan dalam pemahamannya.