silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa penjelasan oleh guru mengenai sifat-sifat pada operasi hitung beserta contoh-contoh soal dengan tujuan untuk membangun pemahaman akan sifat-sifat pada operasi hitung.

Sukiniarti

Video ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat operasi hitung, hal itu tergambar dari cara guru memberi contoh terlebih dahulu, kemudian  menyuruh anak ke depan untuk menuliskan jawaban sesuai dengan sifat-sifat operasi hitung.

Guru sudah baik dalam membuka pelajaran yaitu dengan mengemukakan tentang pelajaran yang sudah diberikan, seperti penjumlahan dan pengurangan, kemudian dilanjutkan dengan memberikan penjelasan tentang materi yang akan diajarkan, yaitu sifat- sifat operasi hitung, hanya tidak ada upaya menanyakan kepada siswa  terlebih dahulu tentang bagaimana sifat  komutatif, distributif dan asosiatif.

Pada waktu guru menjelaskan materi sifat pada operasi hitung, guru menerapkan pendekatan PCL = Penjelasan, Contoh, dan Latihan yaitu dengan  memberikan penjelasan tentang sifat-sifat operasi hitung satu persatu, memberikan contoh sifat-sifat pada operasi hitung, dan 3 anak disuruh ke depan untuk  memberikan contoh (Latihan) dalam sifat operasi hitung, kemudian guru menanyakan kepada seluruh siswa tentang kebenarannya, diantara anak yang menjawab ada yang di beri penguatan, ketiga siswa yang ke depan kelihatannya sudah memahami sifat operasi hitung.

Pada kegiatan penutup, kegiatan evaluasi kelihatan tidak tampak, hanya ada kesimpulan yang ditambah  dengan penjelasan materi asosiatif perkalian. Tetapi alangkah baiknya, jika materi sifat operasi hitung asosiatif perkalian ditambahlan pada waktu lain, bukan pada akhir kegiatan, Pada akhir kegiatan guru juga sudah bagus dengan memberikan motivasi untuk belajar di rumah.

Materi sifat-sifat pada operasi hitung di kelas IV sudah sesuai dengan perkembangan anak pada usia kl. 10-11 tahun dan kurikulum tahun 2013

Pada waktu menjelaskan operasi distributif, guru agak sedikit ragu dalam memberi soal dengan menyebutkan 4 X 4, padahal maksudnya 4 X 5, untuk itu baiknya guru mempersiapkan soal terlebih dahulu dengan menggunakan media.

Dalam  video ini, tujuan memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat pada operasi hitung  telah tergambar pada siswa yang ke depan dengan jawaban yang benar  namun secara keseluruhan belum terlihat, untuk itu akan lebih baik jika pada video itu ditambahkan dengan kegiatan latihan yang melibatkan seluruh siswa.

Didi Permana

Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, persepsi dan tujuan belajar. Kemudian saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa. Saat penutup sudah bagus.

Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, namun metode dalam belajar, mungkin dapat di buat kelompok, media pembelajaran bisa di tambahkan lagi dengan alat peraga dan evaluasi pembelajaran kurang latihan namun sudah baik diberi tugas pekerjaan rumah.

Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.

Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi, akan lebih baik lagi jika terlihatnya ketidakfahaman siswa kemudian terselesaikan oleh pembelajaran yang guru berikan.

Fitria Handayani

Similar Posts

483 Comments

  1. Nama : Heri Herman
    NIM : 858446562
    Prodi : S-1 PGSD
    UPBJJ : Samarinda

    Secara keseluruhan metode dan penguasaan materi guru yang ditunjukkan pada tersebut baik, Namun, saya melihat bahwa dalam kegiatan pembelajaran di video tersebut tidak terlihat kegiatan pendahuluan dan kegiatan penutup, dan juga aperepsi. Siswa terlihat sangat antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan pembelajaran matematika materi operasi hitung.

  2. Nama : Heri Herman.
    NIM : 858446562.
    Prodi : S-1 PGSD.
    UPBJJ : Samarinda.

    Secara keseluruhan metode dan penguasaan materi guru yang ditunjukkan pada tersebut baik, Namun, saya melihat bahwa dalam kegiatan pembelajaran di video tersebut tidak terlihat kegiatan pendahuluan dan kegiatan penutup, dan juga aperepsi. Siswa terlihat sangat antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan pembelajaran matematika materi operasi hitung.

  3. Hasil analisa sya terhadap vidio pembelajaran diatas, mempunyai kelebihan dan kekurangan. Adapun kelebihannya yaitu penyampaian guru pada Vido diatas Sudah cukup baik, guru tersebut menggunakan kata kata atau kalimat yang mudah di pahami oleh siswa, dan pemanfaatan media belajar dengan papan tulis sudah cukup bagus un menstimulasi fokus siswa terhadap materi pembelajaran , serta penggunaan metode tanya jawab sangat tepat dalam memicu keaktifan para siswa dalam menjawab pertanyaan. Adapun kelemahan guru dalam video tersebut tidak melakukan kegiatan awal yaitu tidak memberi salam , menertibkan kelas, berdoa mngbsen afersefsi., Saran saya seorang guru harus lebih aktif lagi dalam memberikan pembelajaran tentang materi berhitung. Terimakasih.

  4. NAMA : ASWARDI
    NIM :856077649
    PRODI : PGSD – S1
    UPBJJ : 13 / BATAM

    analisis
    Menurut saya pada video tersebut, secara keseluruhan metode dan materi guru yang ditunjukkan pada video tersebut baik, namun membuka pelajarannya kurang baik, karena guru belum melakukan kegiatan pendahuluan, motivasi dan penyampaian tujuan manfaat pelajaran. Untuk penyampaian materinya guru sudah mampu memberikan apersepsi dalam pembelajaran. dikarenakan pada kegiatan inti guru sudah melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran tanpa ada penjelasan terlebih dahulu, karena di video ini guru lebih cenderung banyak berceramah. Akan lebih baiknya menggunakan metode diskusi biar anak lebih mandiri, ataupun menggunakan media pembelajaran, biar anak lebih cepat memahami tentang keterkaitan operasi hitung bilangan.

  5. Nama : Rini Yulvani
    NIM : 856574181
    Prodi : S-1 PGSD
    UPBJJ : Jambi
    Pokjar: Kota Jambi

    Berdasarkan pengamatan saya dari video yang berjudul “Memahami Sifat pada Operasi Hitung” dapat dianalisis bahwa:
    Dari video tersebut terlihat guru yang melaksanakan pembelajaran Matematika di kelas IV. Ada beberapa hal yang harus dicermati yakni:
    1. Guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran seperti menyapa siswa, menciptakan suasana kelas yang menarik, memeriksa kehadiran siswa, memberikan motivasi dan perhatian siswa, mengajukan pertanyaan tentang pelajaran yang sudah dipelajari sebelumnya sebelum melaksanakan kegiatan inti pembelajaran.
    2. Guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran dan langsung ke kegiatan inti yaitu membahas materi yang dipelajari yakni memahami sifat pada operasi hitung.
    3. Guru tidak melakukan kegiatan akhir pembelajaran seperti membahas kembali bahan pelajaran yang belum dikuasai dan memberikan latihan dan mengemukakan tentang topik yang akan dibahas pada waktu yang akan datang.

    Disamping itu, guru dan siswa sudah cukup aktif dalam menciptakan pembelajaran di kelas, dan siswa pun juga cukup antusias mendengarkan penjelasan yang diberikan oleh guru walau ada beberapa siswa yang asyik bermain sendiri.

  6. Nama : Rini Yulvani
    NIM : 856574181
    Prodi : S-1 PGSD
    UPBJJ : Jambi
    Pokjar : Kota Jambi

    Berdasarkan pengamatan saya dari video yang berjudul “Memahami Sifat pada Operasi Hitung” dapat dianalisis bahwa:
    1. Guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran seperti menyapa siswa, menciptakan suasana kelas yang menarik, memeriksa kehadiran siswa, memberikan motivasi dan perhatian siswa, mengajukan pertanyaan tentang pelajaran yang sudah dipelajari sebelumnya sebelum melaksanakan kegiatan inti pembelajaran.
    2. Guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran dan langsung ke kegiatan inti yaitu membahas materi yang dipelajari yakni memahami sifat pada operasi hitung.
    3. Guru tidak melakukan kegiatan akhir pembelajaran seperti membahas kembali bahan pelajaran yang belum dikuasai dan memberikan latihan dan mengemukakan tentang topik yang akan dibahas pada waktu yang akan datang.

    Disamping itu, guru dan siswa sudah cukup aktif dalam menciptakan pembelajaran di kelas, dan siswa pun juga cukup antusias mendengarkan penjelasan yang diberikan oleh guru walau ada beberapa siswa yang asyik bermain sendiri.

  7. Vidio tersebut sudah baik yang mana siswa bisa merespon apa yang di jelaskan dan mampu untuk maju
    Hanya saja guru kurang menjabarkan dalam penjelasan tersebut dan kurang mengetahui seberapa mengertinya siswa yang hanya duduk tidak memberikan respon jadi hanya murid yang baik dan pintar yang bisa maju

  8. Nama : Martuah
    Nim : 859616183

    Pendapat saya dalam vidio diatas mengenai guru yang mengajar pelajaran matematika kelas 4 memiliki kekuranagan dalam pembuka dikelas seperti salam, bertanya kabar, absensi padahal seharusnya guru memberi motivasi atau masukan terlebih dahulu, sebelum ke materi yang ingin disampaikan. Tetapi jika di dalam penjelasan materi yang diberikan sudah cukup baik karena materi yang diberikan membuat siswa aktif dalam menjawab pertanyaan yang diberikan.

  9. Nama : heny fatmawati
    Nim : 857935177
    Pokjar : Temanggung

    Setelah melihat video pembelajaran berikut, menurut saya dalam penyampain awal pembelajaran masih kurang.. untuk meningkatkan konsentrasi siswa belum terlihat. Dalam video tersebut langsung kepada inti pembelajaran.
    Materi yang disampaikan cukup jelas dan mudah di pahami siswa, guru sudah melibatkan siswa dalam proses pembelajarannya. Sudah bagus dan baik.

  10. Nama: Tasya Ridha Utami
    NIM: 856021589
    Prodi: S1-PGSD

    Berdasarkan video pembelajaran yang saya amati, guru menjelaskan materi dengan baik sehingga dapat dipahami oleh para siswa, kemudian siswa mengamati dan memahami materi dengan baik dan mampu menjawab soal-soal yang diberikan oleh guru, selain itu juga guru memberikan pekerjaan rumah, agar siswa dapat lebih memahami dan mengerti tentang materi yang di ajarkan

    Adapun saya ingin menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan refleksi terhadap pembelajaran yang ada dalam video berikut:
    -Reaksi siswa pada saar pembelajaran cukup antusias, hal ini dibuktikan dengan adanya sejumlah anak yang mau maju ke depan ketika guru melakukan sesi tanya-jawab. Meskipun guru menggunakan metode ceramah, tetapi beberapa siswa terlihat berperan aktif untuk maju ke depan menyelesaikan soal tentang operasi hitung.
    -Kelemahan yang dapat dianalisis adalah: Guru masih kurang menguasai materi. Hal ini ditunjukkan saat guru sedikit ragu ketika ia mencontohkan sifat operasi hitung distributif. Selain itu, pemanfaatan media juga kurang. Selama pembelajaran berlangsung, guru tidak melakukan penilaian kepada keseluruhan siswa. Hanya beberapa siswa saja yang mendapatkan kesempatan untuk mencoba langsung materi yang sudah mereka terima.

Leave a Reply