silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa penjelasan oleh guru mengenai sifat-sifat pada operasi hitung beserta contoh-contoh soal dengan tujuan untuk membangun pemahaman akan sifat-sifat pada operasi hitung.

Sukiniarti

Video ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat operasi hitung, hal itu tergambar dari cara guru memberi contoh terlebih dahulu, kemudian  menyuruh anak ke depan untuk menuliskan jawaban sesuai dengan sifat-sifat operasi hitung.

Guru sudah baik dalam membuka pelajaran yaitu dengan mengemukakan tentang pelajaran yang sudah diberikan, seperti penjumlahan dan pengurangan, kemudian dilanjutkan dengan memberikan penjelasan tentang materi yang akan diajarkan, yaitu sifat- sifat operasi hitung, hanya tidak ada upaya menanyakan kepada siswa  terlebih dahulu tentang bagaimana sifat  komutatif, distributif dan asosiatif.

Pada waktu guru menjelaskan materi sifat pada operasi hitung, guru menerapkan pendekatan PCL = Penjelasan, Contoh, dan Latihan yaitu dengan  memberikan penjelasan tentang sifat-sifat operasi hitung satu persatu, memberikan contoh sifat-sifat pada operasi hitung, dan 3 anak disuruh ke depan untuk  memberikan contoh (Latihan) dalam sifat operasi hitung, kemudian guru menanyakan kepada seluruh siswa tentang kebenarannya, diantara anak yang menjawab ada yang di beri penguatan, ketiga siswa yang ke depan kelihatannya sudah memahami sifat operasi hitung.

Pada kegiatan penutup, kegiatan evaluasi kelihatan tidak tampak, hanya ada kesimpulan yang ditambah  dengan penjelasan materi asosiatif perkalian. Tetapi alangkah baiknya, jika materi sifat operasi hitung asosiatif perkalian ditambahlan pada waktu lain, bukan pada akhir kegiatan, Pada akhir kegiatan guru juga sudah bagus dengan memberikan motivasi untuk belajar di rumah.

Materi sifat-sifat pada operasi hitung di kelas IV sudah sesuai dengan perkembangan anak pada usia kl. 10-11 tahun dan kurikulum tahun 2013

Pada waktu menjelaskan operasi distributif, guru agak sedikit ragu dalam memberi soal dengan menyebutkan 4 X 4, padahal maksudnya 4 X 5, untuk itu baiknya guru mempersiapkan soal terlebih dahulu dengan menggunakan media.

Dalam  video ini, tujuan memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat pada operasi hitung  telah tergambar pada siswa yang ke depan dengan jawaban yang benar  namun secara keseluruhan belum terlihat, untuk itu akan lebih baik jika pada video itu ditambahkan dengan kegiatan latihan yang melibatkan seluruh siswa.

Didi Permana

Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, persepsi dan tujuan belajar. Kemudian saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa. Saat penutup sudah bagus.

Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, namun metode dalam belajar, mungkin dapat di buat kelompok, media pembelajaran bisa di tambahkan lagi dengan alat peraga dan evaluasi pembelajaran kurang latihan namun sudah baik diberi tugas pekerjaan rumah.

Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.

Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi, akan lebih baik lagi jika terlihatnya ketidakfahaman siswa kemudian terselesaikan oleh pembelajaran yang guru berikan.

Fitria Handayani

Similar Posts

483 Comments

  1. Nama:Dwi Madya Suraningsih
    Nim:856823128
    Menurut pendapat saya sesuai dengan pengamatan yang saya lihat pada video diatas yakni guru sudah memahami sifat pada operasi hitung ,guru sangat menguasai materi ,selalu memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan aktif di kelas ,dengan memberikan soal -soal dan penjelasan membangun siswa dan kesempatan siswa lebih mandiri dan lebih maju dalam pola pikir dan pemahan ,namun sedikit saran masih terlalu cepat dan agak sedikit terburu buru ,alangkah baik nya untuk lebih di perjelas lagi .

  2. Nama:Dwi Madya Suraningsih
    Nim:856823128
    Menurut pendapat saya sesuai dengan pengamatan yang saya lihat pada video diatas yakni guru sudah memahami sifat pada operasi hitung ,guru sangat menguasai materi ,selalu memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan aktif di kelas ,dengan memberikan soal -soal dan penjelasan membangun siswa dan kesempatan siswa lebih mandiri dan lebih maju dalam pola pikir dan pemahan ,namun sedikit saran masih terlalu cepat dan agak sedikit terburu buru ,alangkah baik nya untuk lebih di perjelas lagi .

  3. Nama : OCTHA VIANTIKA
    NIM : 858829195
    Pokjar : Kepanjen

    Setelah saya melihat dan menganalisis video tersebut, saya dapat menemukan ada beberapa kelebihan di dalamnya antara lain guru meminta siswa untuk mengerjakan soal di papan tulis, hal itu menunjukkan bahwa guru sudah dapat membangkitkan motivasi dan rasa percaya diri pada peserta didik, guru sangat menguasai materi/bahan ajar yang disampaikan yaitu tentang sifat-sifat pada operasi hitung hanya saja terdapat beberapa kekurangan yaitu guru menjelaskan materi terlalu singkat dan langsung memberikan soal di papan tulis sehingga siswa juga kurang mengerti materi yang disampaikan jika diperkenankan memberikan saran sebisa mungkin guru menjelaskan materi dengan lebih lengkap agar peserta didik bisa memahami materi lebih dalam lagi.

  4. video yang ditayangkan Guru sudah menguasai tentang sifat-sifat pada operasi hitung seperti komutatif,distributif dan assosiatif. Penjelasan guru menggunakan intonasi yang tepat sehingga membuat siswa-siswa lebih mudah memahaminya. guru tersebut juga melibatkan siswa untuk maju kedepan mengerjakan soal sehinggan guru bisa mengetahui apakah siswa tersebut sudah memahami apa belum.

  5. Nama : Eka Puji Lestari
    NIM : 856823436
    Pokjar : Ketahun
    Video yang ditayangkan Guru sudah menguasai tentang sifat-sifat pada operasi hitung seperti komutatif,distributif dan assosiatif. Penjelasan guru menggunakan intonasi yang tepat sehingga membuat siswa-siswa lebih mudah memahaminya.Guru tersebut juga memberikan contoh yang sangat mudah. guru juga melibatkan siswa untuk maju kedepan mengerjakan soal sehinggan guru bisa mengetahui apakah siswa tersebut sudah memahami apa belum.

  6. Nama : Ika Julianti Tanjung
    Nim. : 856037914
    Setelah melihat video di atas, menurut saya guru tersebut sudah terlalu memahami sifat pada operasi hitung.guru tersebut melakukan pembelajaran dengan menggunakan metode Ceramah,lalu guru juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk maju kedepan dalam menyelesaikan soal yang diberikan guru tersebut.akan tetapi setelah siswa bisa menyelesaikan soal tersebut sebaliknya guru dapat memberikan apresiasi kepada siswa yang maju,agar siswa lebih semangat dan semakin berani.saran yang dapat saya berikan yaitu alangkah baiknya guru terlebih dahulu menjelaskan pembelajaran yang akan di berikan sebelum memberikan soal kepada siswa,dan menjelaskan materi sedikit lambat dan tidak terburu-buru.

  7. Nama : Fina Gustina
    NIm : 856501459

    Dari vidio mengajar diatas menurut pendapat saya kelebihannya yaitu guru mengajak siswa tanya jawab sehingga siswa menjadi aktif dalam pembelajaran adapun kekurangannya bagi siswa yang tidak berani menjawab jadi guru tidak dapat mengetahui apakah siswa tersebut sudah paham dengan pelajaran.

  8. Nama : julia iwan saputri
    Nim : 855740126
    beberapa hasil analisis kasus pembeljaran yang saya temukan dalam Memahami Sifat Pada Operasi Hitung adalah :
    1. reaksi siswa terhadap pembelajaran yang disampaikan oleh guru tersebut, siswa dengan fokus dapat menyimak dan mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru
    2. namun terdapat beberapak kelemahan jika sistembelajar guru sama seperti divideo mungkin kelemahan nya titik fokus siswa tidak akan bertahan lama karena sistem belajarnya menggunakan satu macam teknik pembelajaran saja dan itupun sudah sering didapati oleh siswa sehingga siswa jadi kurang semangat dalam menjawab pertanyaan dari guru. namun guru sudah hebat dapat mengendalikan keadaan kelas menjadi tenang dan interaktif
    3. upaya yang harus diperbaiki ialah gunakan media belajar lain agar anak tidak merasa gampang bosan, gunakan sedikit permainan agar kelas lebih interaktif

  9. Nama : Susenti
    Nim : 856038077

    Dari video yang saya lihat dan dengarkan sampai dengan selesai, di situ saya dapat menemukan ada beberapa kelebihan dari siswa di saat siswa itu di minta untuk mengerjakan contoh yang diberikan guru , siswa itu langsung dapat memahami dan dapat menguasai materi yang di sampaikan oleh guru tersebut,
    Dari video tersebut saya melihat guru dan siswanya sudah menguasai tentang sifat-sifat operasi hitung seperti: KOMUTATIF, DISTRIBUTIF, dan ASSOSIATIF. dan di video tersebut sudah jelas bahwa guru dapat menjelaskan dan memberikan contoh dengan baik dan dapat dipahami dengan mudah.

  10. Nama : Siti Latifah
    Nim. : 855863999
    pokjar : Labura
    Setelah melihat video di atas, menurut saya guru tersebut sudah cukup memahami sifat pada operasi hitung.guru tersebut melakukan pembelajaran dengan menggunakan metode Ceramah,lalu guru juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk maju kedepan dalam menyelesaikan soal yang diberikan guru tersebut.akan tetapi setelah siswa bisa menyelesaikan soal tersebut sebaliknya guru dapat memberikan apresiasi kepada siswa yang maju,agar siswa lebih semangat dan semakin berani.menurut pendapat saya kelebihannya yaitu guru mengajak siswa tanya jawab sehingga siswa menjadi aktif dalam pembelajaran adapun kekurangannya bagi siswa yang tidak berani menjawab jadi guru tidak dapat mengetahui apakah siswa tersebut sudah paham dengan pelajaran.
    aran yang dapat saya berikan yaitu alangkah baiknya guru terlebih dahulu menjelaskan pembelajaran kepada siswa,dan menjelaskan materi sedikit lambat dan tidak terburu-buru.

Leave a Reply