silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa penjelasan oleh guru mengenai sifat-sifat pada operasi hitung beserta contoh-contoh soal dengan tujuan untuk membangun pemahaman akan sifat-sifat pada operasi hitung.
Sukiniarti
Pakar Dosen
Video ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat operasi hitung, hal itu tergambar dari cara guru memberi contoh terlebih dahulu, kemudian menyuruh anak ke depan untuk menuliskan jawaban sesuai dengan sifat-sifat operasi hitung.
Guru sudah baik dalam membuka pelajaran yaitu dengan mengemukakan tentang pelajaran yang sudah diberikan, seperti penjumlahan dan pengurangan, kemudian dilanjutkan dengan memberikan penjelasan tentang materi yang akan diajarkan, yaitu sifat- sifat operasi hitung, hanya tidak ada upaya menanyakan kepada siswa terlebih dahulu tentang bagaimana sifat komutatif, distributif dan asosiatif.
Pada waktu guru menjelaskan materi sifat pada operasi hitung, guru menerapkan pendekatan PCL = Penjelasan, Contoh, dan Latihan yaitu dengan memberikan penjelasan tentang sifat-sifat operasi hitung satu persatu, memberikan contoh sifat-sifat pada operasi hitung, dan 3 anak disuruh ke depan untuk memberikan contoh (Latihan) dalam sifat operasi hitung, kemudian guru menanyakan kepada seluruh siswa tentang kebenarannya, diantara anak yang menjawab ada yang di beri penguatan, ketiga siswa yang ke depan kelihatannya sudah memahami sifat operasi hitung.
Pada kegiatan penutup, kegiatan evaluasi kelihatan tidak tampak, hanya ada kesimpulan yang ditambah dengan penjelasan materi asosiatif perkalian. Tetapi alangkah baiknya, jika materi sifat operasi hitung asosiatif perkalian ditambahlan pada waktu lain, bukan pada akhir kegiatan, Pada akhir kegiatan guru juga sudah bagus dengan memberikan motivasi untuk belajar di rumah.
Materi sifat-sifat pada operasi hitung di kelas IV sudah sesuai dengan perkembangan anak pada usia kl. 10-11 tahun dan kurikulum tahun 2013
Pada waktu menjelaskan operasi distributif, guru agak sedikit ragu dalam memberi soal dengan menyebutkan 4 X 4, padahal maksudnya 4 X 5, untuk itu baiknya guru mempersiapkan soal terlebih dahulu dengan menggunakan media.
Dalam video ini, tujuan memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat pada operasi hitung telah tergambar pada siswa yang ke depan dengan jawaban yang benar namun secara keseluruhan belum terlihat, untuk itu akan lebih baik jika pada video itu ditambahkan dengan kegiatan latihan yang melibatkan seluruh siswa.
Didi Permana
Pakar Guru
Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, persepsi dan tujuan belajar. Kemudian saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa. Saat penutup sudah bagus.
Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, namun metode dalam belajar, mungkin dapat di buat kelompok, media pembelajaran bisa di tambahkan lagi dengan alat peraga dan evaluasi pembelajaran kurang latihan namun sudah baik diberi tugas pekerjaan rumah.
Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.
Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi, akan lebih baik lagi jika terlihatnya ketidakfahaman siswa kemudian terselesaikan oleh pembelajaran yang guru berikan.
Fitria Handayani
Nama: Safira Amalia Kristanto
NIM: 857810457
Prodi: S1-PGSD
Saya ingin menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan refleksi terhadap pembelajaran yang ada dalam video berikut:
1. Reaksi siswa pada saar pembelajaran cukup antusias, hal ini dibuktikan dengan adanya sejumlah anak yang mau maju ke depan ketika guru melakukan sesi tanya-jawab. Meskipun guru menggunakan metode ceramah, tetapi beberapa siswa terlihat berperan aktif untuk maju ke depan menyelesaikan soal tentang operasi hitung.
2. Kelemahan yang dapat dianalisis adalah: Guru masih kurang menguasai materi. Hal ini ditunjukkan saat guru sedikit ragu ketika ia mencontohkan sifat operasi hitung distributif. Selain itu, pemanfaatan media juga kurang. Selama pembelajaran berlangsung, guru tidak melakukan penilaian kepada keseluruhan siswa. Hanya beberapa siswa saja yang mendapatkan kesempatan untuk mencoba langsung materi yang sudah mereka terima.
3. Kelebihan dari pembelajaran tersebut adalah guru mampu melibatkan siswa dalam pembelajaran. Siswa terlihat aktif menjawab ketika guru bertanya dan mampu mengkondisikan siswa dengan baik sehingga suasana kelas tampak tenang.
4. Untuk keunikan dalam pembelajaran saya belum melihatnya. Namun, saya cukup kagum dengan bonding antara guru dan siswa. Siswa dan guru memiliki kepercayaan yang cukup baik, sehingga meskipun guru sering menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, siswa tetap memperhatikan dan antusias untuk maju ke depan menyelesaikan latihan dari guru.
5. Upaya yang dapat dilakukan agar pembelajaran semakin baik adalah:
Sebaiknya, selain mengaitkan pembelajaran sebelumnya dengan yang akan diterima siswa, guru dapat melakukan serangkaian kegiatan pendahuluan, seperti berdoa, menyanyikan lagu nasional, bisa juga menambahkan kegiata literasi dan yang terpenting adalah menyampaikan tujuan pembelajaran serta motivasi yang dapat meningkatkan semangat dan minat belajar. Kemudian, pada kegiatan inti, guru bisa mengolaborasikan beberapa metode, tidak hanya ceramah dan tanya jawab, tetapi bisa juga dengan metode diskusi dengan cara membentuk kelas menjadi beberapa kelompok kemudian memberikan soal latihan sebagai alat penilaian selama pembelajaran. Lalu, pada kegiatan penutup, selain memberikan kesimpulan, guru bisa mereview ulang materi yang telah ia sampaikan dan memberitahu sekilas tentang materi selanjutnya. Jika diperlukan guru bisa memberikan motivasi sebelum mengakhiri pembelajaran, serta berdoa bersama.
Berikut pendapat saya. Terima kasih.
Nama : Tina Asih
Nim : 857498425
Prodi : PGSD S1
Setelah melihat video pembelajaran tersebut, menurut saya pembelajaran pada video sudah sangat bagus.
Kelebihan :
Guru melakukan kegiatan mengulas pembelajaran sebelumnya . Guru juga memberikan kesempatan siswa untuk terlibat aktif dan berani memberikan contoh di depan kelas serta memberikan kata motivasi untuk anak anak lainnya agar berani maju kedepan. Kondisi kelas pun tenang serta anak-anak tampak fokus mengikuti pembelajaran yang disampaikan dengan bahasa sederhana sehingga mudah ditangkap.pada kegiatan penutupnya juga sudah lumayan bagus, guru menyimpulkan materi yang telah di bahas.
Kekurangan:
Dalam pembelajaran guru belum menyampaikan tujuan awal pembelajaran dan kurang mengapersepsi siswa,tidak memberikan kesempatan kpada anak untuk bertanya,dan guru tidak memberikan applause kepada siswa yang telah aktif serta kurangnya kalimat-kalimat pemantik untuk anak. Pada kegiatan penutup guru tidak melakukan kegiatan refleksi dengan maksimal, dimana guru hanya menanyakan secara singkat dan tidak ada tindak lanjut yang dilakukan diakhir pembelajaran.
Nama Theresia Avila Dien
Nim 859616438
Pokjar Nabire
Upbjj Jayapura
Salam kenal
Berdasarkan video pembelajaran yang saya amati, guru menjelaskan materi dengan baik sehingga dapat dipahami oleh para siswa, kemudian siswa mengamati dan memahami materi dengan baik dan mampu menjawab soal-soal yang diberikan oleh guru, selain itu juga guru memberikan pekerjaan rumah, agar siswa dapat lebih memahami dan mengerti tentang materi yang di ajarkan
Dewi Mayang Sari [ 858422169] [PGSD-S1]
saya setuju dengan pendapat anda, karena selain guru menjelaskan guru juga memberikan kesempatan pada siswa agar dapat berani maju ke depan untuk memberikan contoh. kemudian pada saat pelajarab cara guru menjelaskan juga sangat mudah di pahami karena guru setelah menjelaskan kemudian memberikan contoh dan memerikan kesempatan untuk siswa bisa aktif di dalam kelas dan memahami pembelajaran tersebut.
Nama : Niki Permata Sari,S.Pd
Nim : 856253371
Prodi : PGSD BI S1
UPBJJ : Padang
Dalam video ini kita bisa menganalisis beberapa kekurangan yang dapat kita sampaikan, dari guru yang mengajar kita dapat menganalisis pada kegiatan pendahuluan guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran serta tidak tampak guru menimbulkan motivasi ataupun berusaha untuk menarik perhatian siswa, metode yang digunakan hanya menoton dan interaksi yang dilakukan guru tidak ada di dalam kelas sehingga anak merasa bosan saat belajar dan mendengarkan, dimana hal tersebut sangat penting untuk dapat menciptakan susana belajar yang kondusif sehingga siswa akan lebih siap menerima pembelajaran, dari materi ini guru tidak membuat kelompok belajar sehingga materi pembelajaran yang disampaikan tidak kondusif
Guru tidak menggunakan media pembelajaran yang akan lebih memudahkan siswa memahami materi yang disampaikan, tampak guru hanya menggunakan metode ceramah sehingga metode yang dilakukan tidak ada media ajarnya , yang cenderung akan mengurangi minta siswa sebab pembelajaran yang dilakukan kurang menarik. Pada kegiatan penutup guru tidak melakukan kegiatan refleksi dengan maksimal, dimana guru hanya menanyakan secara singkat dan tidak ada tindak lanjut yang dilakukan diakhir pembelajaran. Sehingga tidak ada yg bertanya apakah anak sudah mengerti dengan pembelajaran
Nama : Niki Permata Sari,S.Pd
Nim : 856253371
Prodi : PGSD BI S1
UPBJJ : Padang
Dalam video ini kita bisa menganalisis beberapa kekurangan yang dapat kita sampaikan, dari guru yang mengajar kita dapat menganalisis pada kegiatan pendahuluan guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran sehingga tidak tampak guru menimbulkan motivasi dan ketertarik kan ataupun berusaha untuk menarik perhatian siswa, metode yang digunakan hanya menoton dan interaksi yang dilakukan guru tidak ada di dalam kelas sehingga anak merasa bosan saat belajar dan mendengarkan, dimana hal tersebut sangat penting untuk dapat menciptakan susana belajar yang kondusif sehingga siswa akan lebih siap menerima pembelajaran, dari materi ini guru tidak membuat kelompok belajar sehingga materi pembelajaran yang disampaikan tidak kondusif Guru tidak menggunakan media pembelajaran yang akan lebih memudahkan siswa memahami materi yang disampaikan, tampak guru hanya menggunakan metode ceramah sehingga metode yang dilakukan tidak ada media ajarnya , yang cenderung akan mengurangi minta siswa sebab pembelajaran yang dilakukan kurang menarik. Pada kegiatan penutup guru tidak melakukan kegiatan refleksi dengan maksimal, dimana guru hanya menanyakan secara singkat dan tidak ada tindak lanjut yang dilakukan diakhir pembelajaran. Sehingga tidak ada yg bertanya apakah anak sudah mengerti dengan pembelajaran
Nama : Rika Maya Saputri
Nim : 835672502
Prodi : S1 PGSD
UPBJJ : UT Pekanbaru
Menurut saya dalam video pembelajaran diatas, materi yang disajikan sudah runtut dan sistematis. Penyampaian materi tidak berbelit Belit sehingga peserta didik mudah untuk memahami. Selain itu dalam penyampaian materi, guru sudah melibatkan siswa secara langsung untuk menyelesaikan kepapan tulis
Namun terdapat hal hal yang masih menjadi kekurangan untuk dilakukan perbaikan bersama diantara nya:
1. Guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan. Padahal dalam kegiatan pendahuluan ini kita bisa mengetahui kesiapan siswa sebelum mengikuti proses belajar mengajar.
2. Guru tidak melakukan mobilisasi kelas. Hal ini dapat terlihat guru hanya berdiri saja didepan, dan tidak memantau bagaimana kondisi siswa yang berada dibelakang.
3. Guru tidak memberikan penugasan kepada peserta didik sebagai tolak ukur pemahaman materi yang disampaikan.
4. Guru tidak mengembangankan metode pembelajaran yang bervariatif.
5. Guru tidak memberikan melakukan ice breaking untuk membangkitkan semangat siswa, karena dalam video lebih banyak siswa yang terlihat lesu dari pada yang samangat
Dan sebagai penutup alangkah baiknya kita memberikan reward kepada peserta didik yang sudah aktif dalam kegiatan pembelajaran, misalnya hanya sebuah tepuk tangan atau memberikan ice breaking yang sederhana, sehingga siswa lain juga termotivasi untuk melakukan hal yang sama.
Sekian dan terimakasih.
Nama : Ria Ayu Lestari
NIM : 823488113
Prodi : S1 PGSD
Upbjj : Pekabaru
Pokjar : Bangko
menurut saya vidio ini memiliki kelebihan dan kekurangan , kelebihannya : guru menjelaskan pembelajaran dengan bagus, adanya metode tanya jawab antara guru dan siswa , dengan kata lain adanya hubungan timbal balik antara guru dengan siswa berjalan dengan baik. kekurangan nya adalah diman guru tidak melakukan appersepsi dalam pembelajaran , guru tidak membuka pembelajaran, guru tidak mengabsen siswa, guru tidak memiliki rancangan pembelajaran. Saran saya tentang vidio ini seharusnya guru membuat rancangan pembelajaran , guru harus melakukan appersepsi, dan guru hendaknya menggunakan media yang lebih menarik lagi.
Nama : Selfa sari
Nim : 856456203
Prodi : S1-PGSD
Menurut saya pada video pembelajaran tersebut guru kurang memberikan apersepsi untuk pembukaan pembelajaran sehingga dalam video tersebut siswa tampak belum siap mengikuti pembelajaran. Untuk materi yang disampaikan sudah cukup baik namun guru tidak memberikan media pembelajaran yang dapat memudahkan siswa
NAMA : EVA OCTAVIA
NIM : 858822408
Dalam video pembelajaran tersebut, guru meminta siswa untuk meriview materi pelajaran yang sudah diberikan kembali secara mandiri, lalu guru menjelaskan kembali tentang sifat-sifat operasi hitung. Penjelasan yang diberikan cukup jelas dengan memberikan soal contoh pada siswa serta pertanyaan ulang untuk siswa yang belum mengerti. Guru juga memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya dan berani untuk maju didepan kelas untuk mengerjakan soal yang diberikan oleh guru.