silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa penjelasan oleh guru mengenai sifat-sifat pada operasi hitung beserta contoh-contoh soal dengan tujuan untuk membangun pemahaman akan sifat-sifat pada operasi hitung.
Sukiniarti
Pakar Dosen
Video ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat operasi hitung, hal itu tergambar dari cara guru memberi contoh terlebih dahulu, kemudian menyuruh anak ke depan untuk menuliskan jawaban sesuai dengan sifat-sifat operasi hitung.
Guru sudah baik dalam membuka pelajaran yaitu dengan mengemukakan tentang pelajaran yang sudah diberikan, seperti penjumlahan dan pengurangan, kemudian dilanjutkan dengan memberikan penjelasan tentang materi yang akan diajarkan, yaitu sifat- sifat operasi hitung, hanya tidak ada upaya menanyakan kepada siswa terlebih dahulu tentang bagaimana sifat komutatif, distributif dan asosiatif.
Pada waktu guru menjelaskan materi sifat pada operasi hitung, guru menerapkan pendekatan PCL = Penjelasan, Contoh, dan Latihan yaitu dengan memberikan penjelasan tentang sifat-sifat operasi hitung satu persatu, memberikan contoh sifat-sifat pada operasi hitung, dan 3 anak disuruh ke depan untuk memberikan contoh (Latihan) dalam sifat operasi hitung, kemudian guru menanyakan kepada seluruh siswa tentang kebenarannya, diantara anak yang menjawab ada yang di beri penguatan, ketiga siswa yang ke depan kelihatannya sudah memahami sifat operasi hitung.
Pada kegiatan penutup, kegiatan evaluasi kelihatan tidak tampak, hanya ada kesimpulan yang ditambah dengan penjelasan materi asosiatif perkalian. Tetapi alangkah baiknya, jika materi sifat operasi hitung asosiatif perkalian ditambahlan pada waktu lain, bukan pada akhir kegiatan, Pada akhir kegiatan guru juga sudah bagus dengan memberikan motivasi untuk belajar di rumah.
Materi sifat-sifat pada operasi hitung di kelas IV sudah sesuai dengan perkembangan anak pada usia kl. 10-11 tahun dan kurikulum tahun 2013
Pada waktu menjelaskan operasi distributif, guru agak sedikit ragu dalam memberi soal dengan menyebutkan 4 X 4, padahal maksudnya 4 X 5, untuk itu baiknya guru mempersiapkan soal terlebih dahulu dengan menggunakan media.
Dalam video ini, tujuan memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat pada operasi hitung telah tergambar pada siswa yang ke depan dengan jawaban yang benar namun secara keseluruhan belum terlihat, untuk itu akan lebih baik jika pada video itu ditambahkan dengan kegiatan latihan yang melibatkan seluruh siswa.
Didi Permana
Pakar Guru
Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, persepsi dan tujuan belajar. Kemudian saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa. Saat penutup sudah bagus.
Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, namun metode dalam belajar, mungkin dapat di buat kelompok, media pembelajaran bisa di tambahkan lagi dengan alat peraga dan evaluasi pembelajaran kurang latihan namun sudah baik diberi tugas pekerjaan rumah.
Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.
Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi, akan lebih baik lagi jika terlihatnya ketidakfahaman siswa kemudian terselesaikan oleh pembelajaran yang guru berikan.
Fitria Handayani
Nama: Puput Nur Saputri
Nim: 857951544
Menurut analisis saya, dalam video pembelajaran tersebut guru sudah menguasai materi operasi bilangan sepenuhnya. guru juga sudah menyampaikan pemahaman sifat pada operasi hitung dengan baik kepada siswa. pembelajaran dimulai dengan penyampaian materi, kemudian memberikan kesempatan kepada siswa maju kedepan untuk mengerjakan soal secara spontan. kegiatan tersebut juga dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa. dalam pembelajaran melibatkan siswa. diakhir materi guru juga menanyakan apakah semua siswa sudah paham dengan materi operasi bilangan?
namun, sebaiknya guru memberikan ice breaking ditengah-tengah pembelajaran agar siswa bisa lebih semangat dan tidak jenuh dalam pembelajaran tersebut.
Nama : Niluh Made Megawati
NIM : 501342807
Video pembelajaran tersebut menunjukkan bahwa guru telah melakukan beberapa hal yang sangat positif. Guru tidak hanya menguasai materi dengan baik, tetapi juga mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan mendorong partisipasi aktif siswa. Dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk langsung berlatih soal di depan kelas, guru berhasil meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi belajar siswa. Namun, agar tidak tegang, di tengah pembelajaran guru dapat memberikan game atau ice breaking agar siswa tidak bosan.
Nama : Anik Margawati
NIM : 501272915
Prodi : S2 MPDr
UT YOGYAKARTA
Dari video yang disajikan diatas diawal pembelajaran siswa masih kurang aktif dalam pembelajaran, namun karena Guru yang pandai mengelola kondisi kelas sehingga mampu menumbuhkan keaktifan siswa dan siswapun mampu memahami materi yang disampaikan guru. Selain itu Guru juga bisa mecoba teknik pembelajaran role play yaitu dengan membuat skenario di mana siswa dapat bermain peran sebagai Guru secara bergantian untuk mengajarkan teman-temannya tentang sifat-sifat tersebut, hal ini mampu memperkuat pemahaman mereka.
Menurut saya setelah melihat video pembelajaran di atas, guru sudah memberikan materi sesuai dengan kurikulum pembelajaran, guru juga sudah menjelaskan dengan model interaksi dua arah dengan tujuan memastikan siswanya paham dan juga siswa menajdi aktif. Namun, saran saya metode cara mengajarkannya lebih variatif lagi misalnya dengan pembuatan kelompok untuk menyelesaikan soal agar siswa juga tidak jenuh dan lebih bersemangat.
Nama : Reni Septiana
NIM : 501192746
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
Menurut saya setelah melihat video pembelajaran di atas, guru sudah memberikan materi sesuai dengan kurikulum pembelajaran, guru juga sudah menjelaskan dengan model interaksi dua arah dengan tujuan memastikan siswanya paham dan juga siswa menajdi aktif. Namun, saran saya metode cara mengajarkannya lebih variatif lagi misalnya dengan pembuatan kelompok untuk menyelesaikan soal agar siswa juga tidak jenuh dan lebih bersemangat.
Nama: Wulan Karmila
Program Studi: Magister Pendidikan Dasar
NIM: 501312306
Mata Kuliah: MPDR5101 FILSAFAT PENDIDIKAN DASAR
Tayangan video ini memuat konten yang menarik. Namun perlu diperhatikan, proses pembelajaran masih berpusat pada guru tanpa sumber belajar lain. Sebaiknya perlu adanya penyampaian pembuka materi, dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari, dan perlu umpan balik atas materi yang disampaikan. Demikian, terima kasih.
Nama : Ratna Yanti Ndruru
Nim : 856060921
UPBJJ : Medan
Pokjar : Idanogawo
Dalam video di tersebut
Pertama guru sudah menguasai materi Yang di jelaskan pada saat itu, sehingga siswa mengerti dan ada umpan balik dari siswa tentang materi yang sudah di paparkan oleh guru.
nama:Menida zai
nim:856059744
menurut pemahaman saya dalam video tersebut adalah guru memberikan pemahaman tentang sifat-sifat operasi hitung dengan memberikan contoh yang mudah dipahami oleh siswa,serta guru jga disini mengajak atau melibatkan siswa didalamnya dengan memberikan kesempatan kepada siswa itu sendiri untuk memberikan contoh dalam operasi hitung tersebut,sehingga siswa-siswanya antusias dalam belajar.Diakhir pembelajaran, guru memberikan kesenpatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi tersebut.Tapi didalam video tersebut masih banyak siswa yang tidak tenang.Saran saya dalam proses pembelajaran,siswa harus diperhatikan dan ditertibkan sebelum proses pembelajaran dimulai supaya anak-anak bisa konsentrasi dan tidak terganggu dengan keributan yang terjadi.
NAMA : LAILY RISKI AMALIYAH
NIM : 878194934
PRODI : PGSD
Ringkasan Video
Di dalam Video tersebut tampak guru sedang menyampaikan materi, kepada siswa SD mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama siswa diberikan soal-soal hitungan dan menghitung hasilnya. Siswa tersebut belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Dan pada penggalan kedua, siswa diberi penjelasan oleh guru mengenai sifat-sifat pada operasi hitung beserta contoh-contoh soal dengan tujuan untuk membangun pemahaman akan sifat-sifat pada operasi hitung.
Kelebihan Vidio
a. Sebelum memulai pembelajaran, guru melakukan pengulangan materi atau penyampaian materi sebelumya, seperti penjumlahan dan pengurangan.
b. Guru menjelaskan/menyampaikan materi tentang sifat operasi hitung dengan jelas dengan memberikan contoh langsung
c. Guru banyak melibatkan siswa agar aktif dalam pembelajaran, dengan memberi kesempatan kepada siswa untuk maju ke depan menjawab dan menuliskan sifat dari operasi hitung tersebut.
d. Guru juga memberi kesempatan bertanya bagi siswa yang belum mengerti tentang materi tersebut.
e. Terjalinnya kaloborasi yang baik dan terciptanya kelas yang kondusif antara guru dan murid
Kelemahan vidio
a. Guru tidak melakukan salam, dan kegiatan doa sebelum pembelajaran
b. Guru tidak mengecek kehadiran siswa, ice breaking, atau memotivasi siswa untuk afirmasi positif sebelum melakukan pembelajaran
c. Guru kurang memberikan apresiasi terhadap siswa yang sudah berani untuk maju kedepan. Contoh tepuk tangan
d. Ada beberapa siswa yang antusias maju, ada juga beberapa siswa yang terlihat bosan
e. Guru tidak memberikan tugas atau pekerjaan rumah kepada siswa
Terimakasih
Nama : Siti Mu’ajiah
Nim : 857207155
saya telah menyimak vidio pembelajaran di atas tentang sifat-sifat pada oprasi hitung. menurut pendapat saya guru tersebut cukup menguasai materi sifat-sifat oprasi hitung dengan baik dan beberapa kali berinteraksi dengan siswa. guru meminta siswa maju kedepan untuk mencontohkan oprasi hitung. menurut saya itu cukup bagus untuk membangun pendekatan terhadap siswa.
kekurangan dalam pembelajaran tersebut. menurut saya di awal dan di akhir pembelajaran guru kurang melakukan ice breaking dimana ice breaking ini cukup penting dalam proses pembelajaran dimana anak akan selalu fokus dalam proses pembelajaran. dan guru tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik untuk siswa. metode yang guru bawakan yakni metode ceramah dimana anak akan cepat bosan dengan pembelajaran yang guru bawakan.