silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa penjelasan oleh guru mengenai sifat-sifat pada operasi hitung beserta contoh-contoh soal dengan tujuan untuk membangun pemahaman akan sifat-sifat pada operasi hitung.

Sukiniarti

Video ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat operasi hitung, hal itu tergambar dari cara guru memberi contoh terlebih dahulu, kemudian  menyuruh anak ke depan untuk menuliskan jawaban sesuai dengan sifat-sifat operasi hitung.

Guru sudah baik dalam membuka pelajaran yaitu dengan mengemukakan tentang pelajaran yang sudah diberikan, seperti penjumlahan dan pengurangan, kemudian dilanjutkan dengan memberikan penjelasan tentang materi yang akan diajarkan, yaitu sifat- sifat operasi hitung, hanya tidak ada upaya menanyakan kepada siswa  terlebih dahulu tentang bagaimana sifat  komutatif, distributif dan asosiatif.

Pada waktu guru menjelaskan materi sifat pada operasi hitung, guru menerapkan pendekatan PCL = Penjelasan, Contoh, dan Latihan yaitu dengan  memberikan penjelasan tentang sifat-sifat operasi hitung satu persatu, memberikan contoh sifat-sifat pada operasi hitung, dan 3 anak disuruh ke depan untuk  memberikan contoh (Latihan) dalam sifat operasi hitung, kemudian guru menanyakan kepada seluruh siswa tentang kebenarannya, diantara anak yang menjawab ada yang di beri penguatan, ketiga siswa yang ke depan kelihatannya sudah memahami sifat operasi hitung.

Pada kegiatan penutup, kegiatan evaluasi kelihatan tidak tampak, hanya ada kesimpulan yang ditambah  dengan penjelasan materi asosiatif perkalian. Tetapi alangkah baiknya, jika materi sifat operasi hitung asosiatif perkalian ditambahlan pada waktu lain, bukan pada akhir kegiatan, Pada akhir kegiatan guru juga sudah bagus dengan memberikan motivasi untuk belajar di rumah.

Materi sifat-sifat pada operasi hitung di kelas IV sudah sesuai dengan perkembangan anak pada usia kl. 10-11 tahun dan kurikulum tahun 2013

Pada waktu menjelaskan operasi distributif, guru agak sedikit ragu dalam memberi soal dengan menyebutkan 4 X 4, padahal maksudnya 4 X 5, untuk itu baiknya guru mempersiapkan soal terlebih dahulu dengan menggunakan media.

Dalam  video ini, tujuan memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat pada operasi hitung  telah tergambar pada siswa yang ke depan dengan jawaban yang benar  namun secara keseluruhan belum terlihat, untuk itu akan lebih baik jika pada video itu ditambahkan dengan kegiatan latihan yang melibatkan seluruh siswa.

Didi Permana

Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, persepsi dan tujuan belajar. Kemudian saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa. Saat penutup sudah bagus.

Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, namun metode dalam belajar, mungkin dapat di buat kelompok, media pembelajaran bisa di tambahkan lagi dengan alat peraga dan evaluasi pembelajaran kurang latihan namun sudah baik diberi tugas pekerjaan rumah.

Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.

Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi, akan lebih baik lagi jika terlihatnya ketidakfahaman siswa kemudian terselesaikan oleh pembelajaran yang guru berikan.

Fitria Handayani

Similar Posts

373 Comments

  1. Nama : Ayu Amalia Nurcahyani
    Nim : 878188797

    Menurut analisis saya, video pembelajaran di atas sudah sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. Dalam video tersebut siswa juga diajak terlibat langsung dengan pembelajaran dengan cara menjawab soal spontan. Hal tersebut dapat menumbuhkan rasa percaya diri pada peseta didik. Selain itu, penguasaan materi oleh guru juga sudah dikuasai. Namun, alangkah baiknya jika didalam video tersebut diberikan selipan penyegaran siswa berupa ice breaking siswa untuk mengembalikan fokus dan tidak bosan belajar matematika.

  2. Nama : Cindy melinda
    Nim : 856829333
    menurut saya didalam video ini dijelaskan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan,pembelajaran dimulai dengan penyampaian materi, kemudian memberikan kesempatan kepada siswa maju kedepan untuk mengerjakan soal secara spontan,dan sebaiknya guru memberikan ice breaking kepada anak supaya anak lebih semangat lagi untuk belajar.

  3. Nama : Amelia Fitaloka
    Nim : 856828055

    setelah saya menganalisis video pembelajaran di atas
    – menurut saya respon siswa/i sudah cukup baik karena berani maju kedepan kelas menyelesaikan soal² akan tetapi guru tidak memberikan apresiasi atau penghargaan kepada siswa/i yang sudah maju kedepan kelas mengejakan soal tersebut.
    – tidak adanya kegiatan pembuka seperti, mengucapkan salam, menyapa siswa/i, berdoa, mengecek kehadiran
    – tidak ada penyampaian tujuan pembelajaran
    – menurut saya pada saat penjelasan materi tentang sifat distributif guru kurang menguasai materi terlihat pada video diatas guru terlihat terbata-bata dalam menjelaskan serta terpotongnya video langsung pada siswa yang maju kedepan kelas mengerjakan soal.
    – guru juga tidak memberikan tugas latihan soal kepada siswa/i
    – tidak ada kegiatan penutup
    – sebaiknya guru melakukan ice breaking agar siswa/i lebih bersemangat

  4. Nama : NUR ANNISA
    NIM : 859533288

    Perhatian guru ketika mengajar hendaknya merata. Tidak hanya terfokus kepada siswa yang di depan. Guru harusnya dapat membaca kondisi siswa, murid mengantuk atau tidak, bosan atau masih betah, murid yang mendengarkan atau melamun dan sebagainya.

  5. Nama : Nur Annisa
    NIM : 859533288

    Perhatian guru ketika mengajar hendaknya merata. Tidak hanya terfokus kepada siswa yang didepan. Guru harusnya dapat membaca kondisi siswa, murid mengantuk atau tidak, bosan atau masih betah l, murid yang mendengarkan atau melamun dan sebagainya.

  6. Nama: Risna Eris Juarni
    NIM: 878164687
    UPBJJ UT Bandung

    Analisis saya berdasarkan video tersebut adalah pada pembelajaran matematika sebisa mungkin menggunakan penjelasan dan bahasa yang sederhana sehingga akan semakin memudahkan siswa dalam memahami konsep awal terkait dengan operasi hitung. Kemudian ketika menjelaskan sebuah konsep, maka harus disertai dengan contoh soal agar siswa bisa memahami konsep operasi hitung dalam penerapan soal. Keterlibatan siswa dalam mengerjakan contoh latihan soal juga dapat dijadikan sebagai tolak ukur pemahaman siswa terhadap materi operasi hitung yang disampaikan dan dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa terkait materi yang telah dikuasainya. Kemudian diakhir pembelajaran, guru juga memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya tentang hal-hal yang belum dipahami atau dimengerti dari materi operasi hitung tersebut. Selain itu, guru juga meminta siswanya untuk mengulang kembali materi yang telah dipelajari di rumah bersama dengan orang tua. Hal tersbeut dimaksudkan agar pemahaman siswa tentang operasi hitung semakin matang dan dapat menyelesaikan latihan soal dengan baik.
    Namun sebaiknya, guru tersebut melakukan interaksi yang lebih aktif lagi dengan siswa, khususnya bagi siswa yang duduk di bagian belakang. Sehingga pemahaman siswa terhadap materi akan merata, baik siswa yang duduk di depan maupun di belakang.

  7. Nama : Maemanah
    NIM : 857140745
    UPBJJ UT JAKARTA

    Menurut analisis saya, pada video di atas guru sudah memberikan pemahaman sifat sifat pada operasi hitung dengan baik dan benar kepada siswa. Dimulai dari penjelasan sifat sifat operasi hitung apa saja kepada siswa, kemudian memberikan pertanyaan kepada siswa mengenai sifat sifat pada operasi hitung, dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk maju memberikan contoh sifat sifat operasi hitung di papan tulis. Sehingga siswa aktif dan mudah paham, tidak juga lupa guru menanyakan kepada siswa mengenai materi tersebut, apakah sudah paham semua? dan tidak lupa juga untuk menyuruh siswa kembali belajar di rumah mengenai materi tersebut.

    Sekian analisis dari saya, Terimakasih.

  8. Nama : Intan Adelia Munanda Dewi
    NIM : 857710247

    Menurut analisis saya pada video diatas seharusnya Guru pertama kali masuk yaitu mengucap salam/sapaan kepada siswa lalu ketua kelas menyiapkan untuk berdoa dan memberikan salam sapaan misal selamat pagi bu guru kemudian guru menjawab salam dan menanyakan kabar serta dilanjut dengan absensi.
    Menurut saya guru sudah benar dalam menjelaskan materi operasi hitung melakukan tanya jawab pada siswa ada beberapa siswa yang merespon paham tetapi ada beberapa siswa juga belum paham, seharusnya guru memberikan pujian kepada siswa yang berhasil melakukan tanya jawab, supaya pembelajaran tidak membosankan harus diberikan ice breaking yang berupa tepuk atau nyanyian hal ini bertujuan untuk menjadikan siswa semangat dalam menerima pembelajaran.

  9. Nama : siti aisah
    Nim: 857010518

    Menurut pendapat saya, dalam video pembelajaran tersebut seharusnya di buka dengan salam dan mengecek dftr hdir siswa

    Untuk materi pembelajaran guru sudah menguasai materi operasi bilangan yg akan di sampaikan. guru juga sudah menyampaikan pemahaman sifat pada operasi hitung dengan baik kepada siswa. Guru bagus memberikan kesempatan untuk siswa maju ke depan mengerjakan soal yg di berikan dan antusias siswa ada . kegiatan tersebut juga dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa.namun sebaiknya agar tercipta kelas yg asyik dan menyenangkan guru memberikan aice breaking di tengah materi agar siswa tdak mengantuk dn lbh semngt. diakhir materi guru juga menanyakan kepada siswa tentang pembelajaran yg di berika paham atau tidakny .

    Terimakasih

  10. Nama : Bambang Suranto
    Nim : 823347169

    Pendapat saya
    guru harus menguasai materi pembelajaran kepada peserta didiknya
    guru harus memberi arahan dan bimbingan kepada peserta didik dalam pertemuan

Leave a Reply