silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa penjelasan oleh guru mengenai sifat-sifat pada operasi hitung beserta contoh-contoh soal dengan tujuan untuk membangun pemahaman akan sifat-sifat pada operasi hitung.
Sukiniarti
Pakar Dosen
Video ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat operasi hitung, hal itu tergambar dari cara guru memberi contoh terlebih dahulu, kemudian menyuruh anak ke depan untuk menuliskan jawaban sesuai dengan sifat-sifat operasi hitung.
Guru sudah baik dalam membuka pelajaran yaitu dengan mengemukakan tentang pelajaran yang sudah diberikan, seperti penjumlahan dan pengurangan, kemudian dilanjutkan dengan memberikan penjelasan tentang materi yang akan diajarkan, yaitu sifat- sifat operasi hitung, hanya tidak ada upaya menanyakan kepada siswa terlebih dahulu tentang bagaimana sifat komutatif, distributif dan asosiatif.
Pada waktu guru menjelaskan materi sifat pada operasi hitung, guru menerapkan pendekatan PCL = Penjelasan, Contoh, dan Latihan yaitu dengan memberikan penjelasan tentang sifat-sifat operasi hitung satu persatu, memberikan contoh sifat-sifat pada operasi hitung, dan 3 anak disuruh ke depan untuk memberikan contoh (Latihan) dalam sifat operasi hitung, kemudian guru menanyakan kepada seluruh siswa tentang kebenarannya, diantara anak yang menjawab ada yang di beri penguatan, ketiga siswa yang ke depan kelihatannya sudah memahami sifat operasi hitung.
Pada kegiatan penutup, kegiatan evaluasi kelihatan tidak tampak, hanya ada kesimpulan yang ditambah dengan penjelasan materi asosiatif perkalian. Tetapi alangkah baiknya, jika materi sifat operasi hitung asosiatif perkalian ditambahlan pada waktu lain, bukan pada akhir kegiatan, Pada akhir kegiatan guru juga sudah bagus dengan memberikan motivasi untuk belajar di rumah.
Materi sifat-sifat pada operasi hitung di kelas IV sudah sesuai dengan perkembangan anak pada usia kl. 10-11 tahun dan kurikulum tahun 2013
Pada waktu menjelaskan operasi distributif, guru agak sedikit ragu dalam memberi soal dengan menyebutkan 4 X 4, padahal maksudnya 4 X 5, untuk itu baiknya guru mempersiapkan soal terlebih dahulu dengan menggunakan media.
Dalam video ini, tujuan memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat pada operasi hitung telah tergambar pada siswa yang ke depan dengan jawaban yang benar namun secara keseluruhan belum terlihat, untuk itu akan lebih baik jika pada video itu ditambahkan dengan kegiatan latihan yang melibatkan seluruh siswa.
Didi Permana
Pakar Guru
Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, persepsi dan tujuan belajar. Kemudian saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa. Saat penutup sudah bagus.
Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, namun metode dalam belajar, mungkin dapat di buat kelompok, media pembelajaran bisa di tambahkan lagi dengan alat peraga dan evaluasi pembelajaran kurang latihan namun sudah baik diberi tugas pekerjaan rumah.
Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.
Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi, akan lebih baik lagi jika terlihatnya ketidakfahaman siswa kemudian terselesaikan oleh pembelajaran yang guru berikan.
Fitria Handayani
Nama: Selpani Orlanda
NIM. : 856256037
Prodi. : PGSD Masukan Sarjana
UT Padang
Bismillah…
Dari vidio pembelajaran yang saya lihat, menurut saya sebaiknya guru memulai pembelajaran dengan pendahuluan dengan memberi motivasi atau yel-yel agar anak semangat dan termotivasi dalam melajar matematika. Sebab dari vidio tetsebut masih banyak siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran, karena guru menjelaskan materi tidak nampak dari dasarnya. Sehingga siswa yang kurang paham hanya banyak diam dan siswa yang cepat tanggap saja yang mengerti dalam penyampaian guru. Sebaiknya guru lebih banyak memberikan contoh-contoh terhadap pembelajaran matematika sehingga teori yang disampaikan dapat dipahami oleh banyak siswa.
Nama : Mohamad Athoillah
NIM : 858794015
UPBJJ : UT Malang
analisis video tersebut;
video tersebut tidak menampilkan kegiatan awal/pembuka dan kegiatan akhir/penutup. menurut saya proses belajar mengajarnya sudah bagus namun ada beberapa hal yang perlu untuk diperbaiki seperti awal dalam kegiatan inti alangkah baiknya jika ada penanaman pemahaman awal, atau pembahasan yang menerangkan tentang materi yang sedang di bahas. kemudian media juga berperan penting dalam suatu pembelajaran, apabila pembelajaran itu menggunakan media maka kelas akan semakin aktif dan peserta didik menjadi semangat dalam pembelajaran. selain itu pembentukan kelompok-kelompok kecil juga akan mempengaruhi jalannya pembelajaran, apabila pembelajaran itu membentuk kelompok-kelompok kecil maka peserta didik yang kurang aktif dalam pembelajaran akan ikut dalam memahami pelajaran tersebut.
Nama : Muhammad Rijal Qoyyim
Nim : 856818237
Pokjar : argamakmur
Program studi : s1 PGSD
Kekurangan
Kalau saya melihat kekurangan dari video tadi mungkin dimana guru pada saat membuka pembelajaran, belum terlihat memotivasi siswa terlebih dahulu, Kemudian saat memberi pembelajaran guru maish kurang dalam membangun kominikasi dua arah, terlebih ini adalah pelajaran matematika.
Kelebihan
Setelah saya melihat video sudah memberikan tujuan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat pada operasi hitung, yang di mana telah tergambarkan pada saat siswa maju ke depan dengan memberikan jawaban yang benar .
NAMA : NI WAYAN INDAH PARAMITHA
NIM : 859032501
PRODI : PGSD BI S1
UPBJJ : DENPASAR
POKJAR : KUTA UTARA
Menurut saya, dalam video pembelajaran tersebut terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan.
Kelebihan :
Guru sudah melakukan apresepsi pada kegiatan pendahuluan untuk membuka pembelajaran. Guru sudah mengkaitkan pengetahuan yang dimiliki siswa melalui contoh soal penjumlahan dan pengurangan yang kemudian dikaitkan dengan materi yang akan dipelajari siswa. Hal ini dapat membuat materi pelajaran yang disajikan lebih bermakna. Pada kegiatan inti pembelajaran, guru sudah dapat melibatkan siswa dalam proses pembelajaran secara langsung sehingga pembelajaran berlangsung dua arah.
Kekurangan:
Pada kegiatan pendahuluan, guru kurang menyampaikan tujuan pembelajaran secara jelas kepada siswa. Guru juga kurang menggunakan media pembelajaran, hal ini menyebabkan proses pembelajaran kurang menarik. Tidak hanya itu, pada kegiatan penutup guru tidak membuat kesimpulan sehingga pemahaman materi pembelajaran anak-anak masih belum maksimal sehingga dapat menyebabkan kekeliruan dalam mengerjakan tugas.
NAMA : ENI SYAVITRI
NIM : 856021897
PRODI : PGSD-S1
UPBJJ : MEDAN
POKJAR : ASAHAN
Menurut saya pada video pembelajaran tersebut dalam kegiatan pendahuluan guru telah mampu membuat kaitan pengetahuan yang telah dimiliki siswa sebelumnya tetang penjumlahan dan pengurangan dengan materi yang akan dipelajari . Guru juga tampak menguasai materi pembelajaran yang disampaikan.
Namun, pada video pembelajaran tersebut guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran dan tidak tampak menyampaikan motivasi untuk menarik perhatian siswa. Guru juga tidak menggunakan media pembelajaran da hanya menggunakan metode ceramah yang membuat siswa mudah bosan dan sulit untuk memahami pembelajaran.
Nama : Risma Rosita
NIM : 859616176
Semester : 8
UPBJJ : Jayapura
Menurut pendapat saya dalam video diatas mengenai guru yang mengajar pelajaran matematika kelas empat memiliki kekurangan dalam pembuka di kelas seperti salam, bertanya kabar, absensi, padahal seharusnya guru memberi motivasi atau masukan terlebih dahulu sebelum ke materi yang ingin di sampaikan.
Tetapi jika di dalam penjelasan materi yang di berikan sudah cukup baik karena materi yang di berikan membuat siswa aktif dalam menjawab pertanyaan yang di berikan.
Nama : Witri
Nim : 856068822
Prodi : PGSD-SI
UPBJJ : Medan
Pokjar : Asahan
Menurut pendapat saya dalam video pembelajaran tersebut guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran, akan tetapi dalam penyampaian pembelajaran tersebut guru tersebut dapat dengan mudah menarik perhatian siswa sehingga siswa dapat lebih mudah memahami apa yang telah disampaikan guru tersebut.
Pembahasan yang disampaikan oleh guru tersebut yaitu “memahami sifat operasi hitung”
Adapun sifat-sifat operasi hitung terbagi 3 yaitu:
1. Sifat komunitatif
Adapun contoh yang bisa saya berikan yaitu 3+4 =4+3, mengapa bisa demikian karena suatu pertukaran jika kita jumlah maka hasilnya akan tetap sama sehingga tidak mempengaruhi hasil dari sisi mana pun.
2. Sifat Distributor
Contoh dari sifat distributif ini
(5×3) +(5×5) = 5x(2+4) =5×6 =30, sebab pada sifat distributif ini menyederhanakan bilangan yang sama
3. Sifat Asosiatif
3x(6×6) =3×36 =108 , meski bilangan berbeda tapi akan tetap menghasilkan nilai yang sama.
Dalam hal ini sehingga saya dapat menarik kesimpulan sebagai tenaga pendidik kita harus bisa memperhatikan metode apa yang dapat menarik minat belajar siswa sehingga pembelajaran tersebut dapat efektif dan membuat siswa lebih mudah memahaminya
Nama : Ika Julianti Tanjung
Nim. : 856037914
UPJJ. : Medan
Dalam media pembelajaran tersebut, dimana terdapat kekurangan guru tidak melakukan awal pendahuluan atau pembukaan dalam proses pembelajaran kurang memotivasikan sehingga siswa kurang semangat dalam belajar.
Dan pada kegiatan inti sudah terlihat bagus,dimana cara penyampaian guru tersebut terlihat efektif ,sehingga siswa terlihat aktif dalam proses tanya jawab yang diberikan oleh guru.
Namun dalam video tersebut tidak mengkhairin dengan penutupan.sekian dari saya terimah kasih.
Nama : Restiana
Nim : 856991276
Kelas : A (semester 6)
Pokjar : Sidomulyo
Kelebihan :
Pada video pembelajaran di atas, guru sudah cukup baik dalam melakukan kegiatan belajar mengajar. Penjelasan materi dengan suara yang lantang dan jelas mampu membuat anak murid semakin fokus dan memahami materi pembelajaran. Guru mampu melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran dengan meminta siswa maju ke depan untuk menjawab soal, hal tersebut siswa dapat berperan aktif sehingga pembelajaran berlangsung dengan baik dan dapat dipahami oleh siswa.
Kekurangan:
Pada video pembelajaran di atas guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan sebelum melakukan proses pembelajaran, guru tidak mengecek kesiapan siswa, media dan perlengkapan belajar kelas. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran dan guru tidak tampak menimbulkan motivasi ataupun berusaha untuk menarik perhatian siswa.
Pada kegiatan inti, guru menggunakan metode ceramah yang cenderung mengurangi minat siswa sebab pembelajaran yang dilakukan kurang menarik. Dan sangat monoton tidak ada kegiatan permainan edukatif yang mendukung proses belajar mengajar.
Pada kegiatan penutup, guru tidak menyimpulkan materi dan memberikan tugas rumah untuk memantapkan pemahaman siswa. Guru tidak menanyakan kembali kepada siswa apakah siswa sudah paham atau belum mengenai materi pembelajaran yang sudah diberikan. Sebaiknya, guru juga memberi penghargaan kepada siswa atas usahanya dalam belajar.
Nama : Restiana
Nim : 856991276
Kelas : A (semester 6)
Pokjar : Sidomulyo
Kelebihan :
Pada video pembelajaran di atas, guru sudah cukup baik dalam melakukan kegiatan belajar mengajar. Penjelasan materi dengan suara yang lantang dan jelas mampu membuat anak murid semakin fokus dan memahami materi pembelajaran. Guru mampu melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran dengan meminta siswa maju ke depan untuk menjawab soal, hal tersebut siswa dapat berperan aktif sehingga pembelajaran berlangsung dengan baik dan dapat dipahami oleh siswa.
Kekurangan:
Pada video pembelajaran di atas guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan sebelum melakukan proses pembelajaran, guru tidak mengecek kesiapan siswa, media dan perlengkapan belajar kelas. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran dan guru tidak tampak menimbulkan motivasi ataupun berusaha untuk menarik perhatian siswa.
Pada kegiatan inti, guru menggunakan metode ceramah yang cenderung mengurangi minat siswa sebab pembelajaran yang dilakukan kurang menarik. Dan sangat monoton tidak ada kegiatan permainan edukatif yang mendukung proses belajar mengajar.
Pada kegiatan penutup, guru tidak menyimpulkan materi dan memberikan tugas rumah untuk memantapkan pemahaman siswa. Guru tidak menanyakan kembali kepada siswa apakah siswa sudah paham atau belum mengenai materi pembelajaran yang sudah diberikan. Sebaiknya, guru juga memberi penghargaan kepada siswa atas usahanya dalam belajar.