silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa penjelasan oleh guru mengenai sifat-sifat pada operasi hitung beserta contoh-contoh soal dengan tujuan untuk membangun pemahaman akan sifat-sifat pada operasi hitung.
Sukiniarti
Pakar Dosen
Video ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat operasi hitung, hal itu tergambar dari cara guru memberi contoh terlebih dahulu, kemudian menyuruh anak ke depan untuk menuliskan jawaban sesuai dengan sifat-sifat operasi hitung.
Guru sudah baik dalam membuka pelajaran yaitu dengan mengemukakan tentang pelajaran yang sudah diberikan, seperti penjumlahan dan pengurangan, kemudian dilanjutkan dengan memberikan penjelasan tentang materi yang akan diajarkan, yaitu sifat- sifat operasi hitung, hanya tidak ada upaya menanyakan kepada siswa terlebih dahulu tentang bagaimana sifat komutatif, distributif dan asosiatif.
Pada waktu guru menjelaskan materi sifat pada operasi hitung, guru menerapkan pendekatan PCL = Penjelasan, Contoh, dan Latihan yaitu dengan memberikan penjelasan tentang sifat-sifat operasi hitung satu persatu, memberikan contoh sifat-sifat pada operasi hitung, dan 3 anak disuruh ke depan untuk memberikan contoh (Latihan) dalam sifat operasi hitung, kemudian guru menanyakan kepada seluruh siswa tentang kebenarannya, diantara anak yang menjawab ada yang di beri penguatan, ketiga siswa yang ke depan kelihatannya sudah memahami sifat operasi hitung.
Pada kegiatan penutup, kegiatan evaluasi kelihatan tidak tampak, hanya ada kesimpulan yang ditambah dengan penjelasan materi asosiatif perkalian. Tetapi alangkah baiknya, jika materi sifat operasi hitung asosiatif perkalian ditambahlan pada waktu lain, bukan pada akhir kegiatan, Pada akhir kegiatan guru juga sudah bagus dengan memberikan motivasi untuk belajar di rumah.
Materi sifat-sifat pada operasi hitung di kelas IV sudah sesuai dengan perkembangan anak pada usia kl. 10-11 tahun dan kurikulum tahun 2013
Pada waktu menjelaskan operasi distributif, guru agak sedikit ragu dalam memberi soal dengan menyebutkan 4 X 4, padahal maksudnya 4 X 5, untuk itu baiknya guru mempersiapkan soal terlebih dahulu dengan menggunakan media.
Dalam video ini, tujuan memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat pada operasi hitung telah tergambar pada siswa yang ke depan dengan jawaban yang benar namun secara keseluruhan belum terlihat, untuk itu akan lebih baik jika pada video itu ditambahkan dengan kegiatan latihan yang melibatkan seluruh siswa.
Didi Permana
Pakar Guru
Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, persepsi dan tujuan belajar. Kemudian saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa. Saat penutup sudah bagus.
Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, namun metode dalam belajar, mungkin dapat di buat kelompok, media pembelajaran bisa di tambahkan lagi dengan alat peraga dan evaluasi pembelajaran kurang latihan namun sudah baik diberi tugas pekerjaan rumah.
Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.
Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi, akan lebih baik lagi jika terlihatnya ketidakfahaman siswa kemudian terselesaikan oleh pembelajaran yang guru berikan.
Fitria Handayani
Nama : Rezi
Nim : 856481586
Pokjar : Pelalawan
UPBJJ : Pekanbaru
Menurut saya pada video yang di atas sudah sangat jelas untuk menjelaskan materi kepada anak/siswa tersebut, tetapi alangkah baiknya sebelum memulai pembelajaran guru menyuruh siswa untuk berdoa untuk memulai sesuatu/kegiatan belajar, dan mengabsen siswa yang ada di kelas setelah itu baru melakukan ice breaking agar siswa tersebut tidak begitu monoton dengan kegiatan belajar mengajar tersebut.
dan video di atas kepada guru yang menerangkan materi sebaiknya agar tahu sebagaimana siswa tersebut memang benar-benar mengerti untuk materi tersebut coba untuk memberikan soal/kuis agar siswa tidak bosan atau bingung dengan penjelasan materi tersebut.
Nama : Santi Angraini
NIM : 856765183
SALUT : Gelumbang
Kelemahan :
– Pengantar pembelajaran agak datar sehingga siswa belum terbangkitkan semangat belajarnya sejak awal.
– Kurangnya media atau alat peraga untuk membantu Guru menjelaskan materi sehingga mudah dipahami siswa.
– Tidak terlihat adanya evaluasi formal di akhir pembelajaran untuk mengukur pemahaman siswa.
Kelebihan :
– Materi disampaikan secara bertahap: pengantar, inti, dan penutup.
– Guru menjelaskan materi dengan memberikan penjelasan terlebih dahulu kemudian memberikan contoh sehingga dapat membantu pemahaman siswa.
– Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk maju ke depan menuliskan contoh sifat operasi hitung dan mendiskusikan jawabannya bersama.
Hal Unik :
– Guru lebih berperan sebagai fasilitator, bukan satu-satunya sumber informasi, ini mendorong siswa untuk lebih aktif.
– Pada akhir pelajaran, Guru menyimpulkan materi dan memberikan motivasi untuk belajar lagi di rumah.
Nama : Erni Jelita Zebua
Nim : 859870917
Pokjar : Idanogawo
UPBJJ: Medan
Menurut saya video di atas dapat membantu siswa untuk mengenal sifat operasi hitung dengan mengajak siswa memberikan contoh yang mudah di pahami oleh siswa.
Mempelajari sifat operasi hitung di SD bukan hanya tentang angka, tetapi tentang mengembangkan cara berpikir matematis yang efektif dan efisien, membangun fondasi yang kokoh untuk keberhasilan di masa mendatang, dan meningkatkan kepercayaan diri dalam kemampuan matematika mereka.
Nama : Ria Trisna Puji Astuti
NIM : 857031869
Kelas : 6 D
Pokjar : Sidomulyo
Reaksi siswa : Pada saat pembelajaran berlangsung reaksi siswa cukup baik dan aktif dalam menjawab pertanyaan dari guru. beberapa siswa juga terlihat aktif untuk menyelesaikan soal tentang operasi hitung di depan kelas.
Kelebihan : Guru mampu melibatkan siswa dalam pembelajaran serta mampu mengkondisikan siswa dengan baik sehingga suasana kelas tampak tenang dan aktif
Kelemahan : Guru tidak melakukan penilaian kepada keseluruhan siswa hanya beberapa siswa saja yang mendapat kesempatan untuk mencoba.
Hal Unik : Guru dan siswa memiliki kepercayaan yang cukup baik sehingga siswa sangat antusias untuk maju kedepan untuk mengerjakan soal yang diberikan guru.
Rekomendasi Perbaikan : Selain menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, guru juga menggunakan metode diskusi dengan cara membentuk kelas menjadi beberapa kelompok kemudian memberikan soal latihan sebagai alat penilaian.
Di dalam Video tersebut tampak guru sedang menyampaikan materi kepada siswa SD mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama siswa diberikan soal-soal hitungan dan menghitung hasilnya. Siswa tersebut belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Dan pada penggalan kedua, siswa diberi penjelasan oleh guru mengenai sifat-sifat pada operasi hitung beserta contoh-contoh soal dengan tujuan untuk membangun pemahaman akan sifat-sifat pada operasi hitung.
Kelebihan :
a. Sebelum memulai pelajaran, guru pengulangan materi sebelumya, seperti penjumlahan dan pengurangan.
b. Guru menjelaskan/menyampaikan materi tentang sifat operasi hitung dengan memberikan contoh langsung
c. Guru banyak melibatkan siswa dalam pembelajaran dengan memberikan kesempatan kepada siswa maju ke depan untuk menjawab dan menuliskan sifat dari operasi hitung dengan tujuan supaya siswa aktif dalam pembelajaran.
d. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya materi sifat dari operasi hitung yang belum dimengerti.
e. Adanya kaloborasi yang baik dan terciptanya kelas yang kondusif
Kelemahan :
a. Guru tidak melakukan salam, dan kegiatan do’a sebelum pembelajaran
b. Guru tidak mengecek kehadiran siswa, ice breaking, atau memotivasi siswa sebelum pembelajaran
c. Guru kurang memberikan apresiasi terhadap siswa yang sudah berani untuk maju ke depan.
d. Tidak semua siswa antusias untuk maju ke depan
e. Guru tidak memberikan Lembar Kerja Siswa sebagai tolak ukur pemahaman siswa atas materi yang disampaikan
Nama: Herlina Nita Safera
NIM: 859943882
Pokjar: Pakisjaya
Video ini sangat bermanfaat untuk membantu siswa Sekolah Dasar dalam memahami konsep dasar matematika, khususnya sifat-sifat pada operasi hitung. Penyampaian materi yang jelas dan runtut, penggunaan contoh soal, serta penjelasan guru yang sederhana membuat materi mudah dipahami. Video ini juga menunjukkan peningkatan pemahaman siswa secara nyata dan dapat dijadikan referensi atau media pembelajaran yang menarik bagi guru maupun siswa.
Nama Mahasiswa : Lazuardi Rosa
NIM : 859949622
Menurut pendapat saya, video ini memiliki tujuan yang jelas, yaitu membangun pemahaman peserta didik terhadap sifat-sifat operasi hitung (komutatif, asosiatif, distributif) dan bagaimana sifat-sifat tersebut dapat digunakan dalam menyelesaikan soal. Guru menjelaskan sifat-sifat operasi disertai dengan contoh soal, yang membantu memperjelas konsep secara aplikatif. Struktur penyampaian yang bertahap membantu siswa memahami pentingnya konsep tersebut dalam menyelesaikan soal.
Akan tetapi, pembelajaran bisa lebih optimal jika melibatkan siswa secara lebih aktif dengan menggunakan pendekatan visual dengan alat peraga agar lebih sesuai dengan karakteristik belajar anak usia SD. Serta memberikan ice breaking agar peserta didik lebih bersemangat dalam belajar.
Nama Mahasiswa : Lazuardi Rosa
NIM : 859949622
Menurut pendapat saya, video ini memiliki tujuan yang jelas, yaitu membangun pemahaman peserta didik terhadap sifat-sifat operasi hitung (komutatif, asosiatif, distributif) dan bagaimana sifat-sifat tersebut dapat digunakan dalam menyelesaikan soal. Guru menjelaskan sifat-sifat operasi disertai dengan contoh soal, yang membantu memperjelas konsep secara aplikatif. Struktur penyampaian yang bertahap membantu siswa memahami pentingnya konsep tersebut dalam menyelesaikan soal.
Akan tetapi, pembelajaran bisa lebih optimal jika melibatkan siswa secara lebih aktif dengan menggunakan pendekatan visual dengan alat peraga agar lebih sesuai dengan karakteristik belajar anak usia SD. Serta memberikan ice breaking agar peserta didik lebih bersemangat dalam belajar.
Nama Mahasiswa : Lazuardi Rosa
NIM : 859949622
Menurut pendapat saya, video ini memiliki tujuan yang jelas, yaitu membangun pemahaman peserta didik terhadap sifat-sifat operasi hitung (komutatif, asosiatif, distributif) dan bagaimana sifat-sifat tersebut dapat digunakan dalam menyelesaikan soal. Guru menjelaskan sifat-sifat operasi disertai dengan contoh soal, yang membantu memperjelas konsep secara aplikatif. Struktur penyampaian yang bertahap membantu siswa memahami pentingnya konsep tersebut dalam menyelesaikan soal.
Akan tetapi, pembelajaran bisa lebih optimal jika melibatkan siswa secara lebih aktif dengan menggunakan pendekatan visual dengan alat peraga agar lebih sesuai dengan karakteristik belajar anak usia SD. Serta memberikan ice breaking agar peserta didik lebih bersemangat dalam belajar.
Video ini membahas tentang sifat-sifat pada operasi hitung, khususnya penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian, yang ditujukan untuk siswa Sekolah Dasar. Video ini menunjukkan bagaimana seorang guru menjelaskan konsep-konsep tersebut kepada siswa, dengan menggunakan pendekatan PCL (Penjelasan, Contoh, dan Latihan).
Berikut beberapa poin analisis dari video tersebut:
-Kelebihan:
*Pendekatan PCL: Guru dalam video ini menggunakan pendekatan PCL yang efektif untuk membangun pemahaman siswa. Dia memberikan penjelasan, contoh, dan kemudian melibatkan siswa dalam latihan.
*Pemilihan Materi Sesuai: Materi sifat-sifat operasi hitung cocok untuk siswa Sekolah Dasar dan sesuai dengan kurikulum 2013.
*Motivasi: Guru memberikan motivasi kepada siswa di akhir video untuk terus belajar di rumah.
-Kekurangan:
*Kurang Interaktif: Video menunjukkan guru yang kurang interaktif dengan siswa. Dia kurang melibatkan siswa dalam tanya jawab atau diskusi untuk mengukur pemahaman mereka.
*Kurang Evaluasi: Video kurang menampilkan kegiatan evaluasi untuk mengukur pemahaman siswa setelah pembelajaran berlangsung.
*Kurang Penggunaan Media: Guru dalam video kurang memanfaatkan media pembelajaran untuk memperjelas penjelasan, seperti alat peraga visual atau contoh-contoh konkret.
*Pembahasan Asosiatif Terlambat: Pembahasan sifat asosiatif perkalian baru muncul di akhir video, yang kurang ideal. Idealnya, pembahasan asosiatif dilakukan bersamaan dengan sifat-sifat operasi hitung lainnya.
-Saran:
*Meningkatkan Interaktivitas: Guru dapat melibatkan siswa lebih aktif dalam tanya jawab, diskusi, dan pemecahan masalah bersama.
*Menambahkan Evaluasi: Video dapat dilengkapi dengan kegiatan evaluasi untuk mengukur pemahaman siswa, seperti soal-soal latihan atau kuis singkat.
*Memanfaatkan Media Pembelajaran: Guru dapat menggunakan media pembelajaran yang visual dan menarik, seperti gambar, video, alat peraga, atau kartu flashcard untuk memperjelas penjelasan.
*Meletakkan Pembahasan Asosiatif di Tempat yang Tepat: Pembahasan sifat asosiatif perkalian sebaiknya dilakukan bersamaan dengan sifat-sifat operasi hitung lainnya, bukan di akhir video.
Secara keseluruhan, video ini memberikan gambaran yang baik tentang bagaimana menjelaskan sifat-sifat operasi hitung kepada siswa Sekolah Dasar. Namun, video ini dapat ditingkatkan dengan menambahkan interaktivitas, evaluasi, dan penggunaan media pembelajaran yang lebih efektif.