silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa penjelasan oleh guru mengenai sifat-sifat pada operasi hitung beserta contoh-contoh soal dengan tujuan untuk membangun pemahaman akan sifat-sifat pada operasi hitung.
Sukiniarti
Pakar Dosen
Video ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat operasi hitung, hal itu tergambar dari cara guru memberi contoh terlebih dahulu, kemudian menyuruh anak ke depan untuk menuliskan jawaban sesuai dengan sifat-sifat operasi hitung.
Guru sudah baik dalam membuka pelajaran yaitu dengan mengemukakan tentang pelajaran yang sudah diberikan, seperti penjumlahan dan pengurangan, kemudian dilanjutkan dengan memberikan penjelasan tentang materi yang akan diajarkan, yaitu sifat- sifat operasi hitung, hanya tidak ada upaya menanyakan kepada siswa terlebih dahulu tentang bagaimana sifat komutatif, distributif dan asosiatif.
Pada waktu guru menjelaskan materi sifat pada operasi hitung, guru menerapkan pendekatan PCL = Penjelasan, Contoh, dan Latihan yaitu dengan memberikan penjelasan tentang sifat-sifat operasi hitung satu persatu, memberikan contoh sifat-sifat pada operasi hitung, dan 3 anak disuruh ke depan untuk memberikan contoh (Latihan) dalam sifat operasi hitung, kemudian guru menanyakan kepada seluruh siswa tentang kebenarannya, diantara anak yang menjawab ada yang di beri penguatan, ketiga siswa yang ke depan kelihatannya sudah memahami sifat operasi hitung.
Pada kegiatan penutup, kegiatan evaluasi kelihatan tidak tampak, hanya ada kesimpulan yang ditambah dengan penjelasan materi asosiatif perkalian. Tetapi alangkah baiknya, jika materi sifat operasi hitung asosiatif perkalian ditambahlan pada waktu lain, bukan pada akhir kegiatan, Pada akhir kegiatan guru juga sudah bagus dengan memberikan motivasi untuk belajar di rumah.
Materi sifat-sifat pada operasi hitung di kelas IV sudah sesuai dengan perkembangan anak pada usia kl. 10-11 tahun dan kurikulum tahun 2013
Pada waktu menjelaskan operasi distributif, guru agak sedikit ragu dalam memberi soal dengan menyebutkan 4 X 4, padahal maksudnya 4 X 5, untuk itu baiknya guru mempersiapkan soal terlebih dahulu dengan menggunakan media.
Dalam video ini, tujuan memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat pada operasi hitung telah tergambar pada siswa yang ke depan dengan jawaban yang benar namun secara keseluruhan belum terlihat, untuk itu akan lebih baik jika pada video itu ditambahkan dengan kegiatan latihan yang melibatkan seluruh siswa.
Didi Permana
Pakar Guru
Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, persepsi dan tujuan belajar. Kemudian saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa. Saat penutup sudah bagus.
Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, namun metode dalam belajar, mungkin dapat di buat kelompok, media pembelajaran bisa di tambahkan lagi dengan alat peraga dan evaluasi pembelajaran kurang latihan namun sudah baik diberi tugas pekerjaan rumah.
Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.
Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi, akan lebih baik lagi jika terlihatnya ketidakfahaman siswa kemudian terselesaikan oleh pembelajaran yang guru berikan.
Fitria Handayani
nama : Juliaseh
NIM : 859693866
menurut pengamatan saya dalam video pembelajaran tersebut masih terdapat beberapa kelemahan, yaitu dalam memulai pembelajaran siswa kurang diberikan apersepsi awal dan motivasi sehingga dalam video terlihat beberapa siswa yang kurang bersemangat selain itu dalam proses pembelajaran juga guru kurang memanfaatkan media pembelajaran yang dapat membantu dalam menjelaskan materi. disamping kelemahan tersebut dalam video pembelajaran juga terdapat kelebihan dimana guru menjelaskan materi secara terurut dan teratur sehingga mudah dipahami siswa terlihat dari beberapa siswa aktif dalam menjawab pertanyaan guru dengan maju ke depan menuliskan jawabannya. diakhir pembelajaran juga guru bersama siswa membuat kesimpulan mengenai materi serta memberikan motivasi kepada siswa untuk belajar lagi di rumah.
Nama : Luluk Pratika
NIM : 860210438
Menurut pengamatan saya dalam video pembelajaran ini
kekurangan : 1. Guru tidak mengucapkan salam terlebih dahulu, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa. 2. Seharusnya awal pembelajaran dimulai dengan membaca doa terlebih dahulu. 3. diakhir tidak dievaluasi kegiatan belajar anak-anak sehingga anak menguasai materi atau belum.
Kelebihan : 1. materi yang disampaikan jelas, padat, singkat. 2. guru memberikan contoh terlebih dahulu agar anak lebih paham 3. guru mempersilahkan anak-anak untuk menjawab pertanyaan di papan tulis.
Nama : Suryani Anisa
Nim : 856109025
Video ini menggambarkan proses pembelajaran di Sekolah Dasar tentang sifat-sifat operasi hitung dan bagaimana sifat-sifat tersebut digunakan untuk menyelesaikan soal matematika.
siswa diberikan beberapa soal hitungan untuk dikerjakan secara mandiri. Di tahap ini, siswa belum memiliki pemahaman mengenai sifat-sifat dalam operasi hitung, sehingga mereka menyelesaikan soal berdasarkan pemahaman awal mereka masing-masing.
guru memberikan penjelasan mengenai sifat-sifat operasi hitung seperti sifat komutatif, asosiatif, dan distributif. Penjelasan ini dilengkapi dengan contoh-contoh soal yang membantu siswa membangun pemahaman terhadap konsep-konsep tersebut dan bagaimana penerapannya dalam menyelesaikan soal hitungan.
Tanggapan terhadap Video:
Kelebihan:
Pendekatan bertahap – Video menunjukkan proses belajar secara alami, dari siswa yang belum tahu hingga memahami konsep, sehingga pembelajaran terasa lebih kontekstual.
Penjelasan guru jelas dan konkret – Guru memberikan contoh-contoh soal yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa Sekolah Dasar.
Visualisasi pembelajaran – Penyajian dua penggalan sebelum dan sesudah penjelasan membantu melihat perubahan pemahaman siswa.
Kekurangan:
Kurangnya interaksi siswa-guru – Akan lebih baik jika siswa diberikan kesempatan bertanya atau berdiskusi untuk memperkuat pemahaman mereka.
Tidak semua sifat dijelaskan secara mendalam – Penjelasan sifat-sifat operasi bisa ditambah dengan lebih banyak variasi soal agar pemahaman lebih menyeluruh.
Durasi mungkin terlalu singkat – Jika penjelasan terlalu cepat, siswa bisa kesulitan mengikuti terutama jika konsep masih baru bagi mereka.
Nama : KASIMIRUS EJER F.P GULO
NIM : 859884313
Prodi : PGSD
Kelemahan :
– Pengantar pembelajaran agak datar sehingga siswa belum terbangkitkan semangat belajarnya sejak awal.
– Kurangnya media atau alat peraga untuk membantu Guru menjelaskan materi sehingga mudah dipahami siswa.
– Tidak terlihat adanya evaluasi formal di akhir pembelajaran untuk mengukur pemahaman siswa.
Kelebihan :
– Materi disampaikan secara bertahap: pengantar, inti, dan penutup.
– Guru menjelaskan materi dengan memberikan penjelasan terlebih dahulu kemudian memberikan contoh sehingga dapat membantu pemahaman siswa.
– Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk maju ke depan menuliskan contoh sifat operasi hitung dan mendiskusikan jawabannya bersama.
Hal Unik :
– Guru lebih berperan sebagai fasilitator, bukan satu-satunya sumber informasi, ini mendorong siswa untuk lebih aktif.
– Pada akhir pelajaran, Guru menyimpulkan materi dan memberikan motivasi untuk belajar lagi di rumah.
Assalamualaikum wr.wb
Nama : Oktiah Andari Raksa
NIM : 857607995
Prodi : PGSD Semester 6
Judul Analisis Video: Pemecahan Masalah Kesulitan Membaca Deskripsi Benda oleh Siswa Kelas I SD
1. Identitas Video (jika ada)
• Guru: Ibu Sari, Guru Kelas I SD
• Lokasi: SD Negeri X
• Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
• Topik: Membaca dan Memahami Deskripsi Benda
2. Ringkasan Isi Video
Video memperlihatkan kegiatan belajar mengajar di kelas I SD, di mana guru mengajarkan materi tentang deskripsi benda. Dalam proses pembelajaran, beberapa siswa terlihat kesulitan memahami dan membaca deskripsi benda seperti “bola yang bulat dan berwarna merah”.
3. Identifikasi Masalah
Berdasarkan pengamatan, berikut kesulitan yang dihadapi siswa:
• Keterbatasan kosakata: Siswa tidak mengenal kata-kata seperti “bulat” atau “bertekstur”.
• Kemampuan membaca permulaan: Masih banyak siswa yang belum lancar membaca suku kata, apalagi kalimat deskriptif.
• Kurangnya visualisasi: Siswa kesulitan membayangkan bentuk benda hanya dari deskripsi tulisan.
4. Pemecahan Masalah oleh Guru
Guru menerapkan beberapa strategi untuk mengatasi masalah tersebut:
• Penggunaan media konkret: Guru membawa benda nyata (misalnya bola, pensil, buku) untuk dicocokkan dengan deskripsi dalam teks.
• Pendekatan multisensori: Siswa diajak menyentuh, melihat, dan menyebutkan ciri-ciri benda secara langsung.
• Membaca bersama (shared reading): Guru membaca teks deskripsi bersama siswa, membimbing mereka mengenali suku kata dan arti kata sulit.
• Pengulangan dan penguatan kosakata: Kosakata baru diperkenalkan secara berulang melalui lagu, permainan, dan kartu kata.
• Diskusi dan tanya jawab: Guru menanyakan kepada siswa benda yang mereka lihat dan mendeskripsikannya secara lisan sebelum menuliskannya.
5. Dampak dan Hasil
Setelah beberapa kali pertemuan, siswa menunjukkan peningkatan:
• Lebih percaya diri saat membaca.
• Mampu memahami deskripsi benda sederhana.
• Dapat menghubungkan kata-kata deskripsi dengan benda nyata di sekitarnya.
6. Kesimpulan
Guru berhasil mengidentifikasi dan mengatasi kesulitan siswa dalam membaca deskripsi benda dengan strategi yang konkret dan sesuai tahap perkembangan anak. Kunci keberhasilan ada pada pendekatan yang menyenangkan dan penggunaan benda nyata yang relevan.
Nama : Paul Johanes Sihombin
Nim : 860256321
Setelah mengamati secara seksama video ini,, saya berpendapat bahwa
1. disebabkan video ini terlalu singkat, saya menemukan bahwa a. tidak ada pembukaan materi dengan menggunakan penguatan atau motivasi terhadap siswa
b.video penguatan atau motivasinya terhapus, namun demikian bahwa pembelajaran itu sudah bagus dikarenakan guru menerangkan dengan jelas dan ada umpan balik dari siswa yang maju kedepan kelas dan mengerjakan dengan baik.
2. ditemukan bahwa dalam pembelajaran di video tersebut,terdapat anak anak yang tak membuka buku paketnya,,sebaiknya sebelum dimulai inti pembelajaran,, perlu guru memeriksa kesiapan peserta didik dalam belajar
Nama : Almailia Nur Syahfitri Br Sinaga
NIM : 856055715
UPBJJ : Medan
Pokjar : Langkat
Semester: 8
Analisis tentang video tersebut:
Dalam video pembelajaran tersebut reaksi siswa terhadap kegiatan yang dilakukan guru yakni siswa semuanya belajar dengan baik tetapi sebagian siswa ada yang fokus dan juga kurang fokus serta kurang semangat saat pembelajaran berlangsung.
Kelemahan guru dalam video pembelajaran tersebut adalah guru kurang memberi semangat belajar pada siswa maka dari itu ada sebagian siswa yang semangat dan hanya sebagian pula yang tidak fokus, dalam video pembelajaran guru sangat cepat dalam menjelaskan pembelajaran kepada siswa sehingga siswa yang cepat mengerti akan mengerti dan yang kurang mengerti/memahami maka dari itu guru harus membuat metode pembelajaran menyeluruh kepada semua siswa dan tidak hanya kepada siswa yang di tunjuk saja,
kelebihan pada video tersebut pada saat pembelajaran meskipun siswa kurang aktif dan kurang bersemangat dalam belajar tetapi guru tetap antusias dan juga bersemangat sehingga semuanya ikut kembali antusias dan juga bersemangat.
Nama : Retnowati Susiasih
NIM / Prodi : 859877593 / S1-PGSD / UPBJJ Medan
Semester : 6 (enam)
Menjelaskan sifat komutatif, asosiatif, dan distributif kepada siswa SD memiliki banyak manfaat dalam pembelajaran matematika, diantaranya :
1. Mempermudah pemahaman konsep matematika.
2. Meningkatkan kemampuan berpikir logis
3. Membantu dalam perhitungan cepat
4. Membangun dasar yang kuat untuk pembelajaran matematika lanjutan
5. Meningkatkan kepercayaan diri dalam menyelesaikan soal-soal matematika
Pada video tersebut, guru juga sudah menggunakan metode yang tepat, yaitu menjelaskan, kemudian memberi contoh, selanjutnya latihan, namun menurut hemat saya penjelasan yang diberikan oleh guru masih belum terlalu memadahi, dimana seharusnya ketika memberikan penjelasan tentang sifat-sifat operasi hitung sebaiknya disertai dengan pemberian informasi terkait langkah-langkah yang menunjukkan tentang sifat-sifat operasi hitung itu sendiri, misalkan dapat memberikan penjelasan yang lebih runut dan jelas seperti berikut ini :
1. Sifat komutatif (urutan variabel tidak memengaruhi hasil), maksudnya adalah :
Posisi variabelnya bisa di dibolak balik, yaitu a + b = c sama dengan b + a = c begitu juga dengan perkalian.
Contoh :
a. 4 + 8 = 11 sama dengan 8 + 4 = 12
b. 4 x 8 = 32 sama dengan 8 x 4 = 32
Sifat komutatif hanya berlaku pada penjumlahan dan perkalian, tidak berlaku pada pengurangan dan pembagian.
2. Sifat Asosiatif (pengelompokan nilai tidak memengaruhi hasil)), maksudnya adalah :
Variabel manapun yang dikelompokkan, hasilnya tetap sama, yaitu (a + b ) + c = d
sama dengan a + ( b + c ) = d begitu juga dengan perkalian.
Contoh :
a. ( 2 + 4 ) + 8 = 14 sama dengan 2 + ( 4 + 8 ) = 14
b. ( 2 x 4 ) x 8 = 64 sama dengan 2 x ( 4 x 8 ) =
Sifat Asosiatif hanya berlaku pada penjumlahan dan perkalian, tidak berlaku pada pengurangan dan pembagian.
3. Sifat distributif (mendistribusikan variable pada penjumlahan atau pengurangan), contohnya adalah :
a. 2 ( 11 + 16 ) = ( 2 x 11 ) + ( 2 x 16 )
b. 2 ( 16 – 11 ) = ( 2 x 16 ) – ( 2 x 16 )
Apabila siswa dijelaskan secara runut dan lengkap, maka siswa akan lebih mudah memahami materi.
Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga dapat diterima dengan baik.
Nama : Al Husna Sari
Nim : 859890847
UPBJJ : Medan
Assalamualaikum wr.wb Izin menanggapi video
Dalam video ini, guru menggunakan pendekatan PCL (Penjelasan, Contoh, dan Latihan) untuk mengajarkan sifat-sifat operasi hitung seperti komutatif, asosiatif, dan distributif. Metode ini membantu siswa memahami konsep secara bertahap dan melibatkan mereka secara aktif dalam proses pembelajaran.
Guru memulai pelajaran dengan mengaitkan materi sebelumnya, seperti penjumlahan dan pengurangan, sebelum memperkenalkan konsep sifat-sifat operasi hitung. Selama pembelajaran, guru memberikan contoh soal dan mengajak beberapa siswa ke depan untuk menuliskan jawaban mereka, yang kemudian didiskusikan bersama kelas. Pendekatan ini tidak hanya membangun pemahaman konsep, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam menyampaikan pemikiran mereka.
Meskipun terdapat beberapa saran untuk peningkatan, seperti menambahkan kegiatan evaluasi yang lebih menyeluruh dan penggunaan alat peraga yang lebih variatif, secara keseluruhan video ini memberikan gambaran yang baik tentang praktik pengajaran yang efektif. Penggunaan metode yang interaktif dan relevan dengan kurikulum 2013 menunjukkan komitmen guru dalam menciptakan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa.
Nama : Mutiara Aushini Ramadhani
NIM : 857600122
UPBJJ : UT Purwokerto
Pokjar : Bumiayu
Menurut pendapat saya mengenai video di atas yang berjudul “Memahami Sifat pada Operasi Hitung” setelah ditonton/dianalisis pada awal pembelajaran sebaiknya ada pembukaan yang jelas, seperti memberi salam, motivasi, persepsi, dan tujuan pembelajaran. Akan tetapi dalam penyampaian dan menjelaskan kepada siswa guru sudah menguasi materi tersebut. Dalam memberikan pemahaman kepada siswa sudah bagus dan mudah untuk dipahami siswa. Tetapi dalam pembelajaran tersebut sebaiknya lebih bervariasi lagi supaya anak tidak merasa bosan, tidak hanya menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi pembelajaran karena siswa bisa kurang memperhatikannya. Kurangnya media atau alat peraga untuk membantu guru menjelaskan materi sehingga mudah dipahami siswa. Tidak terlihat adanya evaluasi formal di akhir pembelajaran untuk mengukur pemahaman siswa, namun untuk penutup bisa dibilang sudah cukup baik.🙏