silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa penjelasan oleh guru mengenai sifat-sifat pada operasi hitung beserta contoh-contoh soal dengan tujuan untuk membangun pemahaman akan sifat-sifat pada operasi hitung.

Sukiniarti

Video ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat operasi hitung, hal itu tergambar dari cara guru memberi contoh terlebih dahulu, kemudian  menyuruh anak ke depan untuk menuliskan jawaban sesuai dengan sifat-sifat operasi hitung.

Guru sudah baik dalam membuka pelajaran yaitu dengan mengemukakan tentang pelajaran yang sudah diberikan, seperti penjumlahan dan pengurangan, kemudian dilanjutkan dengan memberikan penjelasan tentang materi yang akan diajarkan, yaitu sifat- sifat operasi hitung, hanya tidak ada upaya menanyakan kepada siswa  terlebih dahulu tentang bagaimana sifat  komutatif, distributif dan asosiatif.

Pada waktu guru menjelaskan materi sifat pada operasi hitung, guru menerapkan pendekatan PCL = Penjelasan, Contoh, dan Latihan yaitu dengan  memberikan penjelasan tentang sifat-sifat operasi hitung satu persatu, memberikan contoh sifat-sifat pada operasi hitung, dan 3 anak disuruh ke depan untuk  memberikan contoh (Latihan) dalam sifat operasi hitung, kemudian guru menanyakan kepada seluruh siswa tentang kebenarannya, diantara anak yang menjawab ada yang di beri penguatan, ketiga siswa yang ke depan kelihatannya sudah memahami sifat operasi hitung.

Pada kegiatan penutup, kegiatan evaluasi kelihatan tidak tampak, hanya ada kesimpulan yang ditambah  dengan penjelasan materi asosiatif perkalian. Tetapi alangkah baiknya, jika materi sifat operasi hitung asosiatif perkalian ditambahlan pada waktu lain, bukan pada akhir kegiatan, Pada akhir kegiatan guru juga sudah bagus dengan memberikan motivasi untuk belajar di rumah.

Materi sifat-sifat pada operasi hitung di kelas IV sudah sesuai dengan perkembangan anak pada usia kl. 10-11 tahun dan kurikulum tahun 2013

Pada waktu menjelaskan operasi distributif, guru agak sedikit ragu dalam memberi soal dengan menyebutkan 4 X 4, padahal maksudnya 4 X 5, untuk itu baiknya guru mempersiapkan soal terlebih dahulu dengan menggunakan media.

Dalam  video ini, tujuan memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat pada operasi hitung  telah tergambar pada siswa yang ke depan dengan jawaban yang benar  namun secara keseluruhan belum terlihat, untuk itu akan lebih baik jika pada video itu ditambahkan dengan kegiatan latihan yang melibatkan seluruh siswa.

Didi Permana

Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, persepsi dan tujuan belajar. Kemudian saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa. Saat penutup sudah bagus.

Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, namun metode dalam belajar, mungkin dapat di buat kelompok, media pembelajaran bisa di tambahkan lagi dengan alat peraga dan evaluasi pembelajaran kurang latihan namun sudah baik diberi tugas pekerjaan rumah.

Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.

Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi, akan lebih baik lagi jika terlihatnya ketidakfahaman siswa kemudian terselesaikan oleh pembelajaran yang guru berikan.

Fitria Handayani

Similar Posts

483 Comments

  1. Nama : Syavira Nur Ulita
    Nim :878207518
    Menurut saya guru sudah sangat jelas dan gamblang dalam menjelaskan materi matematika
    satu persatu sifat dalam matematika di jelaskan lagi dengan cara siswa maju satu persatu untuk menjawab soal dari guru
    hal ini menurut saya saangat efektif agar lebih menancap di hati dan pikiran siswa juga untuk mengukur berapa anak yng masih belum paham terhadap pelajaran tersebut. tetapi di sini guru masih menggunakan metode ceramah yang dimana kelemahannya masih ada siswa yang tidak memperhatian atau siswa masih menjadi pasif.

  2. Nama : Syavira Nur Ulita
    Nim : 878207518

    Menurut saya guru sudah sangat baik dan sangat jelas ketika menyampaikan materi matematika di kelas, sebagian anak juga mungkin sudah paham terhadap materi yang guru sampaikan. guru juga memberikan kesempatan kepada murud untuk maju dan menjawab soal di papan tulis, sudah ada feedback yang baik antara guru dan murid. tetapi menurut saya guru masih belum mengapresiasi murid dengan hasil keja siswa juga murud yang maju atau murid yang duduk di bangku depan saja yang mungkin memperhatikan guru, sedangkan murid yang duduk di belakang masih banyak yang kurang fokus dan pasif dalam proses pembelajaran. Guru juga sebaiknya memberikan latihan soal kepada murid agar hasil pembelajaran bisa terukur.

  3. Nama: Ihda Salsabila Nim: 857599114 UPBJJ: Purwokerto Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh salam kenal semuanya, izin menanggapi video dalam GPO ini. Menurut saya video ini memiliki beberapa kelebihan dalam menjelaskan sifat-sifat operasi hitung kepada siswa Sekolah Dasar. Pertama, pendekatan pembelajaran yang sistematis digunakan dengan memberikan soal-soal hitungan sebelum memperkenalkan sifat-sifat operasi hitung. Hal ini memungkinkan siswa untuk memahami konsep dasar operasi hitung sebelum mempelajari sifat-sifatnya. Guru dalam video juga menjelaskan sifat-sifat operasi hitung dengan contoh-contoh soal yang relevan, sehingga membantu siswa memahami konsep tersebut. Namun, ada beberapa kelemahan yang dapat diidentifikasi dalam video ini. Keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran kurang terlihat, sehingga tidak jelas bagaimana guru melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Selain itu, contoh soal yang diberikan guru mungkin tidak cukup variatif untuk membantu siswa memahami konsep sifat-sifat operasi hitung secara menyeluruh. Hal unik dari video ini adalah penggunaan sifat-sifat operasi hitung yang praktis untuk menyelesaikan soal hitungan. Guru dalam video menunjukkan bagaimana sifat-sifat operasi hitung dapat digunakan untuk menyelesaikan soal hitungan dengan lebih mudah dan efisien. Dengan demikian, siswa dapat memahami bagaimana sifat-sifat operasi hitung dapat membantu mereka dalam menyelesaikan soal matematika dengan lebih baik. Sekian tanggapan dari saya, terima kasih🙏🏻

  4. Nama : Anggun Puspita Sari
    NIM : 860211565
    Salut Permata Bandar Lampung

    Hasil analisis video :
    secara umum, proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah baik. Namum, pada saat opener mengkondisian siswa belum ditampakkan guru, sehingga pada saat proses pembelajaran ada siswa yang belum fokus mendengarkan materi, pada saat memberikan penjelasan mengenai sifat asosiatif, disftributif dan komutatif guru belum memberikan penekanan bahwa, sifat distributif hanya bisa digunakan pada penjumlahan dan pengurangan, komutatif untuk pembagian dan pengurangan, serta asosiatif untuk perkalian dan penjumlahan. Guru menerapkan metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab sehingga proses pembelajaran melibatkan keaktifan siswa, meningkatkan motivasi belajar, dan melatih rasa percaya diri siswa. saran untuk penyampaian materi ini agar siswa bisa lebih terlibat aktif dapat menggunakan tugas perkelompok saat proses eksplorasi soal, dan memberikan informasi apa manfaat mempelajari sifat-sifat operasi hitung matematika.

  5. Nama : Nila Sivaul Jannah
    NIM : 858945805
    UPBJJ : 76 / UT Jember
    UT Pokjar Purwoharjo – Kabupaten Banyuwangi

    Hasil Pengamatan Vidio :

    Kekurangan Vidio :

    1.Jika dilihat dari kualitas vidio, Cahaya dari vidio terlalu gelap, sehingga penjelasan guru di papan tulis tidak terlihat dengan jelas
    2.Pengarahan Vidio kurang pas, ketika guru menjelaskan seharusnya pengarahan kamera tertuju kepada guru, bukan siswa, sehingga akan lebih mudah memahami penjelasan dari guru.
    3.Kurangnya media atau alat pembelajaran untuk membantu guru dalam menjelaskan materi pembelajaran
    4.Kurangnya pengantar pembelajaran, sehingga semangat anak-anak belum terbangkitkan

    Kelebihan Vidio :

    1.Suara guru sangat keras dan terdengar dengan jelas, sehingga siswa akan lebih mudah mendengarkan penjelasan dari guru
    2.Dari video tersebut terlihat jelas, bahwa hampir semua siswa fokus dalam memperhatikan penjelasan dari guru
    3.Penjelasan guru tidak bertele-tele, sehingga siswa mudah memahami materi yang diberikan oleh guru
    4.Guru menjelaskan materi dengan memberikan penjelasan terlebih dahulu kepada siswa, dan setelah itu memberikan contoh sehingga dapat membantu memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran
    5.Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk dapat maju kedepan menuliskan dan mengerjakan soal yang diberikan oleh guru, sehingga membantu meningkatkan pemahaman siswa dan mendiskusikan jawaban tersebut benar/salah dengan teman sekelas
    6.Di akhir pembelajaran, guru memberikan kesimpulan dan motivasi belajar siswa dirumah.

  6. NAMA : FEBRIYANA DAFITRI
    NIM : 856287712

    Setelah saya amati video pembelajaran tersebut menurut saya video pembelajaran ini memilki kekurangan yaitu belum ada kegiatan pendahuluan seperti salam, menanyakan kondisi kelas dan siswa serta menanyakan kehadiran siswa, guru juga memberikan pengantar pembelajaran yang terlihat tidak bersemangat sehingga siswa belum terbangkitkan semangat belajarnya sejak awal, guru masih kurang dalam menggunakan media atau alat peraga untuk membantu guru menjelaskan materi sehingga mudah dipahami siswa, siswa terlihat pasif yang terlihat aktif hanya siswa yang duduk dibangku depan hal ini karena pusat pembelajaran hanya didepan selain itu guru belum adanya evaluasi formal di akhir pembelajaran untuk mengukur pemahaman siswa. Tetapi dari semua itu video pembelajaran ini memiliki kelebihan yaitu guru memahami materi dari awal sampai akhir, guru menyampaikan Materi secara bertahap: pengantar, inti, dan penutup, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk maju ke depan menuliskan contoh sifat operasi hitung dan mendiskusikan jawabannya bersama. Guru menjadi pusat pembelajaran yang menggunakan bahasa yang lembut dan terkesan sangat membimbing siswa. Sekian pengamatan saya terhadap video ini. Terimakasih

  7. Nama : Wirda Alawiah
    NIM : 858484974
    UPBJJ : Samarinda

    hasil penjelasan yang dilakukan oleh guru kepada murid didalam kelas terkait materi sudah sangat baik. guru menjelaskan dengan perlahan tidak terburu-buru. guru memberikan contoh langsung pada setiap pembahasan yang diberikan. guru mempersilahkan murid untuk maju menjawab soal yang diberikan untuk memngukur kemampuan dan pemahaman kelas. hanya saja yang perlu diperhatikan lagi yaitu bagaimana agar seluruh murid dapat terlibat tidak hanya segelitir murid saja. contoh dengan lebih banyak pengulangan soal. diskusi kecil atau besar bersama agar semua aktif berinteraksi.

    terimakasih.

  8. Nama: Machika Asya Tustiyana
    NIM: 857365951
    UPBJJ: BOGOR
    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Jawab:
    • Reaksi peserta didik antusias saat membacakan hasil pantun mereka

    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawab:
    • Guru tersebut tidak melakukan doa bersama saat sebelum melakukan pembelajaran
    • Guru tersebut belum menyampaikan tujuan yang akan dicapai pada pembelajaran tersebut kepada peserta didik
    • Pada kegiatan penutup guru tersebut belum menyampaikan kesimpulan dari pembelajaran yang telah dilaksanakan oleh peserta didik

    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawab:
    • Guru tersebut melakukan metode diskusi atau berkelompok sehingga membuat peserta didik aktif dalam berdiskusi
    • Saat peserta didik membacakan hasil dari diskusi mereka dan guru tersebut memberikan penghargaan atau apresiasi yang positif terhadap peserta didik
    • Sebelum memberikan tugas kepada peserta didik guru tersebut telah menjelaskan contoh pantun kepada peserta didik

    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Jawab:
    • Dengan dibentuk kelompok oleh guru tersebut membuat peserta didik bisa berdiskusi dengan temennya yang lain dan juga menumbuhkan interaksi dengan temannya

    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Jawab:
    • Sebaiknya sebelum melakukan kegiatan pembelajaran diharuskan berdoa terlebih dahulu
    • Sebaiknya kesimpulan pembelajaran yang telah disampaikan dijelaskan kepada peserta didik

  9. Nama: Machika Asya Tustiyana
    NIM: 857365951

    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Jawab:
    • Reaksi peserta didik terlihat kurang antusias dalam pembelajaran berlangsung

    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawab:
    • Tidak ada kegiatan pendahuluan seperti berdoa, dan juga mengabsen siswa
    • Guru hanya melakukan metode ceramah yang membuat peserta didik kurang antusias

    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawab:
    • Cara penyampaian guru sangat mudah dan singkat sehingga mudah untuk dipahami oleh peserta didik
    • Guru melibatkan peserta didik untuk menjawab soal-soal tersebut maju kedepan sehingga membangkitkan rasa percaya diri peserta didik

    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Jawab:
    • Guru tersebut sangat melibatkan peserta didik untuk lebih aktif dalam pembelajaran
    • Pada saat pembelajaran selesai guru memberikan kesimpulan pada materi tersebut dan juga memberikan motivasi kepada peserta didik untuk terus belajar dirumah

    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Jawab:
    • Pada kegiatan awal pembelajaran peserta didik berdoa terlebih dahulu dan guru mengabsen kehadiran peserta didik
    • Selain menggunakan metode ceramah guru tersebut bisa melakukan dengan alat peraga agar peserta didik bisa lebih antusias terhadap pembelajaran berlangsung

  10. Nama : Machika Asya Tustiyana
    NIM : 857365951
    UPBJJ : BOGOR

    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Jawab:
    • Reaksi peserta didik terlihat kurang antusias dalam pembelajaran berlangsung

    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawab:
    • Tidak ada kegiatan pendahuluan seperti berdoa, dan juga mengabsen siswa
    • Guru hanya melakukan metode ceramah yang membuat peserta didik kurang antusias

    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawab:
    • Cara penyampaian guru sangat mudah dan singkat sehingga mudah untuk dipahami oleh peserta didik
    • Guru melibatkan peserta didik untuk menjawab soal-soal tersebut maju kedepan sehingga membangkitkan rasa percaya diri peserta didik

    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Jawab:
    • Guru tersebut sangat melibatkan peserta didik untuk lebih aktif dalam pembelajaran
    • Pada saat pembelajaran selesai guru memberikan kesimpulan pada materi tersebut dan juga memberikan motivasi kepada peserta didik untuk terus belajar dirumah

    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Jawab:
    • Pada kegiatan awal pembelajaran peserta didik berdoa terlebih dahulu dan guru mengabsen kehadiran peserta didik
    • Selain menggunakan metode ceramah guru tersebut bisa melakukan dengan alat peraga agar peserta didik bisa lebih antusias terhadap pembelajaran berlangsung

Leave a Reply