silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa penjelasan oleh guru mengenai sifat-sifat pada operasi hitung beserta contoh-contoh soal dengan tujuan untuk membangun pemahaman akan sifat-sifat pada operasi hitung.
Sukiniarti
Pakar Dosen
Video ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat operasi hitung, hal itu tergambar dari cara guru memberi contoh terlebih dahulu, kemudian menyuruh anak ke depan untuk menuliskan jawaban sesuai dengan sifat-sifat operasi hitung.
Guru sudah baik dalam membuka pelajaran yaitu dengan mengemukakan tentang pelajaran yang sudah diberikan, seperti penjumlahan dan pengurangan, kemudian dilanjutkan dengan memberikan penjelasan tentang materi yang akan diajarkan, yaitu sifat- sifat operasi hitung, hanya tidak ada upaya menanyakan kepada siswa terlebih dahulu tentang bagaimana sifat komutatif, distributif dan asosiatif.
Pada waktu guru menjelaskan materi sifat pada operasi hitung, guru menerapkan pendekatan PCL = Penjelasan, Contoh, dan Latihan yaitu dengan memberikan penjelasan tentang sifat-sifat operasi hitung satu persatu, memberikan contoh sifat-sifat pada operasi hitung, dan 3 anak disuruh ke depan untuk memberikan contoh (Latihan) dalam sifat operasi hitung, kemudian guru menanyakan kepada seluruh siswa tentang kebenarannya, diantara anak yang menjawab ada yang di beri penguatan, ketiga siswa yang ke depan kelihatannya sudah memahami sifat operasi hitung.
Pada kegiatan penutup, kegiatan evaluasi kelihatan tidak tampak, hanya ada kesimpulan yang ditambah dengan penjelasan materi asosiatif perkalian. Tetapi alangkah baiknya, jika materi sifat operasi hitung asosiatif perkalian ditambahlan pada waktu lain, bukan pada akhir kegiatan, Pada akhir kegiatan guru juga sudah bagus dengan memberikan motivasi untuk belajar di rumah.
Materi sifat-sifat pada operasi hitung di kelas IV sudah sesuai dengan perkembangan anak pada usia kl. 10-11 tahun dan kurikulum tahun 2013
Pada waktu menjelaskan operasi distributif, guru agak sedikit ragu dalam memberi soal dengan menyebutkan 4 X 4, padahal maksudnya 4 X 5, untuk itu baiknya guru mempersiapkan soal terlebih dahulu dengan menggunakan media.
Dalam video ini, tujuan memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat pada operasi hitung telah tergambar pada siswa yang ke depan dengan jawaban yang benar namun secara keseluruhan belum terlihat, untuk itu akan lebih baik jika pada video itu ditambahkan dengan kegiatan latihan yang melibatkan seluruh siswa.
Didi Permana
Pakar Guru
Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, persepsi dan tujuan belajar. Kemudian saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa. Saat penutup sudah bagus.
Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, namun metode dalam belajar, mungkin dapat di buat kelompok, media pembelajaran bisa di tambahkan lagi dengan alat peraga dan evaluasi pembelajaran kurang latihan namun sudah baik diberi tugas pekerjaan rumah.
Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.
Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi, akan lebih baik lagi jika terlihatnya ketidakfahaman siswa kemudian terselesaikan oleh pembelajaran yang guru berikan.
Fitria Handayani
Nama : Rebeka Daeli
Nim : 859872895
1. Kelemahan Pembelajaran dalam Video
a. Tidak ada upaya menanyakan kepada siswa terlebih dahulu tentang bagaimana sifat komutatif, distributif, dan asosiatif
b. Kegiatan evaluasi kelihatan tidak nampak, hanya ada kesimpulan yangditambah dengan penjelasan materi asosiatif perkalian, alangkah baiknya jika materi sifat operasi hitung asosiatif perkalian ditambahkan pada waktu lain, bukan pada akhir kegiatan
Pada waktu menjelaskan operasi distributif, guru agak sedikit ragu dalam memberi soaldengan menyebutkan 4 X 4 padahal maksudnya 4 X 5, untuk itu baiknya guru mempersiapkan soal terlebih dahulu dengan menggunakan media.
c. Tidak menggunakan media yang menunjang untuk memperkuat pemahaman materi terhadap siswa
2. Kelebihan Pembelajaran dalam Video
a. Guru sudah baik dalam membuka pelajaran yaitu dengan mengemukakan tentang pelajaran yang sudah diberikan, seperti penjumlahan dan pengurangan, kemudian dilanjutkan dengan memberikan penjelasan tentang materi yang akan diajarkan, yaitu sifat-sifat operasi hitung
b. Guru sudah baik menjelaskan materi dengan menerapkan pendekatan penjelasan, contoh dan pemberian soal dan memberikan penguatan.
c. Pada kegiatan penutup, guru sudah memberikan kesimpulan dan memberikan motivasi untuk lebih giat lagi belajar dirumah.
3. Hal Unik yang Terdapat dalam Video
Hal unik yang kelihatan dari video pembelajaran tersebut adalah :
a. Keberanian siswa dalam menjawab pertanyaan guru dengan menulisjawaban dipapan tulis
b. Ada beberapa siswa yang mengobrol dengan teman sebangkunya
c. Ada beberapa siswa yang mondar-mandir tidak terlalu memperhatikanpada saat guru menjelaskan materi
Nama : Andi Irfan Jaya
Nim : 859547745
Tanggapan terhadap pendekatan pembelajaran tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut:
1. Penggalan Pertama – Soal Hitungan Tanpa Penjelasan Sifat
Pada bagian awal, guru memberikan soal-soal hitungan tanpa menjelaskan terlebih dahulu sifat-sifat pada operasi hitung (seperti sifat komutatif, asosiatif, dan distributif).
Langkah ini tepat sebagai bentuk asesmen diagnostik atau pre-activity untuk:
Mengukur sejauh mana pemahaman awal siswa.
Melatih kemampuan berhitung dasar secara mekanis.
Menumbuhkan rasa ingin tahu saat mereka menemukan soal yang bisa atau tidak bisa dikerjakan dengan strategi yang mereka miliki.
Namun, karena siswa belum mengetahui sifat-sifat operasi hitung, kemungkinan besar mereka:
Mengandalkan cara coba-coba atau prosedural.
Kurang memahami mengapa cara mereka benar atau salah.
Belum bisa memanfaatkan strategi berhitung yang lebih efisien.
2. Penggalan Kedua – Penjelasan Konsep dan Contoh
Penjelasan yang diberikan guru pada penggalan kedua sangat penting untuk membangun konsep matematika yang mendalam. Saat guru mulai menjelaskan sifat-sifat operasi hitung (misalnya):
Komutatif: 3 + 5 = 5 + 3
Asosiatif: (2 + 3) + 4 = 2 + (3 + 4)
Distributif: 2 × (3 + 4) = (2 × 3) + (2 × 4)
…disertai dengan contoh konkret, alat peraga, atau konteks cerita, siswa akan mulai memahami bahwa operasi hitung memiliki pola yang konsisten dan dapat digunakan untuk mempermudah perhitungan.
3. Kekuatan Pendekatan Ini
Memberi pengalaman awal yang nyata, lalu diikuti dengan refleksi matematis.
Merangsang rasa ingin tahu dan keterlibatan aktif siswa saat mereka menemukan “mengapa cara tertentu bisa lebih mudah”.
Cocok dengan pendekatan konstuktivistik, yaitu siswa membangun pengetahuan baru dari pengalaman sebelumnya.
4. Saran Tambahan
Setelah penjelasan sifat, ajak siswa mengoreksi kembali soal di penggalan pertama, kali ini dengan menerapkan sifat-sifat tersebut. Ini akan memperkuat pemahaman mereka.
Gunakan alat bantu visual atau benda konkret (misal kancing, balok, atau gambar apel) agar konsep lebih mudah di pahami.