silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa penjelasan oleh guru mengenai sifat-sifat pada operasi hitung beserta contoh-contoh soal dengan tujuan untuk membangun pemahaman akan sifat-sifat pada operasi hitung.
Sukiniarti
Pakar Dosen
Video ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat operasi hitung, hal itu tergambar dari cara guru memberi contoh terlebih dahulu, kemudian menyuruh anak ke depan untuk menuliskan jawaban sesuai dengan sifat-sifat operasi hitung.
Guru sudah baik dalam membuka pelajaran yaitu dengan mengemukakan tentang pelajaran yang sudah diberikan, seperti penjumlahan dan pengurangan, kemudian dilanjutkan dengan memberikan penjelasan tentang materi yang akan diajarkan, yaitu sifat- sifat operasi hitung, hanya tidak ada upaya menanyakan kepada siswa terlebih dahulu tentang bagaimana sifat komutatif, distributif dan asosiatif.
Pada waktu guru menjelaskan materi sifat pada operasi hitung, guru menerapkan pendekatan PCL = Penjelasan, Contoh, dan Latihan yaitu dengan memberikan penjelasan tentang sifat-sifat operasi hitung satu persatu, memberikan contoh sifat-sifat pada operasi hitung, dan 3 anak disuruh ke depan untuk memberikan contoh (Latihan) dalam sifat operasi hitung, kemudian guru menanyakan kepada seluruh siswa tentang kebenarannya, diantara anak yang menjawab ada yang di beri penguatan, ketiga siswa yang ke depan kelihatannya sudah memahami sifat operasi hitung.
Pada kegiatan penutup, kegiatan evaluasi kelihatan tidak tampak, hanya ada kesimpulan yang ditambah dengan penjelasan materi asosiatif perkalian. Tetapi alangkah baiknya, jika materi sifat operasi hitung asosiatif perkalian ditambahlan pada waktu lain, bukan pada akhir kegiatan, Pada akhir kegiatan guru juga sudah bagus dengan memberikan motivasi untuk belajar di rumah.
Materi sifat-sifat pada operasi hitung di kelas IV sudah sesuai dengan perkembangan anak pada usia kl. 10-11 tahun dan kurikulum tahun 2013
Pada waktu menjelaskan operasi distributif, guru agak sedikit ragu dalam memberi soal dengan menyebutkan 4 X 4, padahal maksudnya 4 X 5, untuk itu baiknya guru mempersiapkan soal terlebih dahulu dengan menggunakan media.
Dalam video ini, tujuan memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat pada operasi hitung telah tergambar pada siswa yang ke depan dengan jawaban yang benar namun secara keseluruhan belum terlihat, untuk itu akan lebih baik jika pada video itu ditambahkan dengan kegiatan latihan yang melibatkan seluruh siswa.
Didi Permana
Pakar Guru
Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, persepsi dan tujuan belajar. Kemudian saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa. Saat penutup sudah bagus.
Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, namun metode dalam belajar, mungkin dapat di buat kelompok, media pembelajaran bisa di tambahkan lagi dengan alat peraga dan evaluasi pembelajaran kurang latihan namun sudah baik diberi tugas pekerjaan rumah.
Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.
Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi, akan lebih baik lagi jika terlihatnya ketidakfahaman siswa kemudian terselesaikan oleh pembelajaran yang guru berikan.
Fitria Handayani
NAMA : MEITA RIZKI INDRIANI
NIM : 856998326
KELAS : A (semester 6)
PRODI : PGSD S1
UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
POKJAR : SIDOMULYO
Menurut pendapat saya pada video pembelajaran di atas. Pembelajaran yang disampaikan Oleh Ibu Guru terdapat kelemahan pada awal Kegiatan Pembelajaran tidak menjelaskan Sifat-sifat Operasi hitung yaitu sifat komutatif,sifat distributif dan sifat asosiatif, dan apa artinya serta menyampaikan beberapa contoh setiap sifat operasi hitung tersebut.
Ibu Guru Juga cara mengajarnya terlalu cepat, dan tidak memberikan semangat belajar kepada siswa untuk saling berdiskusi.
Kegiatan penutup (refleksi) ibu guru tidak memberikan penguatan kepada siswa, sebaik nya ibu guru memberika refleksi sehingga siswa tidak bosan untuk menerima pelajaran sifat operasi hitung.
NAMA : BATTY ERMAWATI
NIM : 857727115
PRODI : S1 PGSD SEMESTER 7
Menurut pendapat saya dalam video pembelajaran tersebut guru menyampaikan tujuan pembelajaran, akan tetapi dalam penyampaian pembelajaran tersebut guru dapat dengan mudah menarik perhatian siswa sehingga siswa dapat lebih mudah memahami apa yang telah disampaikan guru tersebut.
Pembahasan yang disampaikan oleh guru tersebut yaitu “memahami sifat operasi hitung”
Kelebihan :
Guru tersebut dengan mudah dan jelas memberiak materi kepada siswa dan siswa bisa denganmudah memahami dan menghafal materi sifat operasi hitung.
Kekurangan :
Guru dihimnau lebih aktif dan kreatif lagi untuk materi yang selanjutnya.
NAMA : DWI BAYU SEPTIHADI
NIM : 858422818
PRODI : S1 PGSD
UPBJJ : 50/SAMARINDA
POKJAR : NABILA RAHADATUL
Setelah saya melihat video Memahami Sifat pada Operasi Hitung, saya melihat siswa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Dan saya melihat kelemahan guru di dalam video yakni guru tidak menjelaskan pengertian dari Sifat pada operasi hitung, langsung masuk ke materi 3 sifat operasi hitung. Kelebihan ibu guru di dalam video yakni dalam penyampaian materi pembelajaran ibu guru selalu mengajak para siswa untuk maju ke depan papan tulis supaya untuk meningkatkan keberanian siswa dalam mengerjakan soal.
ASSALAMUALAIKUM.WR.WB…ijinkan saya mengemukaan pendapat mengenai vidio pembelajaran diatas.
Kelebihan :
Guru cukup baik dalam penyampaian pembelajaran dimana guru memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat sifat operasi hitung,hal ini dilihat dari cara bagaimana guru memberi contoh terlebih dahulu tentang penjumlahan,pengurangan kemudian melibatkan siswa dengan cara menyelesaikan soal yang diajukan guru.dalam penyampaian materi guru sangat bersemangat sehingga siswa merespon dengan cepat.
kekurangan:
dalam memulai pembelajaran belum terlihat adanya motivasi,persepsi,tujuan pembelajaran.
guru langsung kegiatan inti pembelajaran sehingga siswa terlalu tegang.hal ini bisa di siasati dengan metode pembelajaran nya bisa di ganti dengan menggunkan media pembelajaran yang sangat sederhana sehingga siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran.sehingga kegiatan belajar mengajar berjalan dengan baik dan mengasyikan.
demkian pendapat saya semoga bermanfaat waslamualikum.wr.wb
Ridho Bagaskara
858934383
Pokjar Mempawah
Dari Video Pembelajaran yang disampaikan Oleh Ibu Guru diatas kelemahannya adalah Pada awal Kegiatan Pembelajaran tidak menjelaskan Sifat-sifat Operasi hitung yang terdiri dari 3 , yaitu sifat komutatif,sifat distributif dan sifat asosiatif, dan apa artinya serta menyampaikan beberapa contoh setiap sifat operasi hitung tersebut.
Ibu Guru Juga cara mengajarnya terlalu cepat, dan tidak memberikan semangat belajar kepada siswa, misalnya sebelum memulai pembelajaran ibu Guru memancing Gairah belajar anak Misalnya bernyanyi sebelum memulai pembelajaran.
Ridho Bagaskara
858934383
Pokjar Mempawah
Dari Video Pembelajaran yang disampaikan Oleh Ibu Guru diatas kelemahannya adalah Pada awal Kegiatan Pembelajaran tidak menjelaskan Sifat-sifat Operasi hitung yang terdiri dari 3 , yaitu sifat komutatif,sifat distributif dan sifat asosiatif, dan apa artinya serta menyampaikan beberapa contoh setiap sifat operasi hitung tersebut.
Ibu Guru Juga cara mengajarnya terlalu cepat, dan tidak memberikan semangat belajar kepada siswa, misalnya sebelum memulai pembelajaran ibu Guru memancing Gairah belajar anak Misalnya bernyanyi sebelum memulai pembelajaran.
Menurut pendapat saya pada video pembelajaran di atas mengenai guru yang mengajar pelajaran matematika tersebut terdapat kekurangan yang di mana guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan atau pembukaan dalam proses pembelajaran, guru juga tidak mengecek kesiapan siswa, media dan perlengkapan belajar di kelas, tidak menyampaikan tujuan pembelajaran dan tidak tampak menimbulkan motivasi ataupun berusaha untuk menarik perhatian siswa,
Nama : Lesita Aulia Putri
Nim : 856979784
Prodi : PGSD-S1
UPBJJ : Bandar lampung
Pokjar: Banjar agung
Setelah saya melihat menyimak ataupun mendengarkan video pembelajaran diatas tentang memahami sifat pada operasi hitunh, pembelajaran yang dilakukan guru diatas sudah bagus. Akan tetapi ada kekurangan dan juga ada kelebihannya. Yaitu:
1. Reaksi siswa pada saar pembelajaran cukup antusias, hal ini dibuktikan dengan adanya sejumlah anak yang mau maju ke depan ketika guru melakukan sesi tanya-jawab. Meskipun guru menggunakan metode ceramah, tetapi beberapa siswa terlihat berperan aktif untuk maju ke depan menyelesaikan soal tentang operasi hitung.
2. Kelemahan yang dapat dianalisis adalah: Guru masih kurang menguasai materi. Hal ini ditunjukkan saat guru sedikit ragu ketika ia mencontohkan sifat operasi hitung distributif. Selain itu, pemanfaatan media juga kurang. Selama pembelajaran berlangsung, guru tidak melakukan penilaian kepada keseluruhan siswa. Hanya beberapa siswa saja yang mendapatkan kesempatan untuk mencoba langsung materi yang sudah mereka terima.
3. Kelebihan dari pembelajaran tersebut adalah guru mampu melibatkan siswa dalam pembelajaran. Siswa terlihat aktif menjawab ketika guru bertanya dan mampu mengkondisikan siswa dengan baik sehingga suasana kelas tampak tenang.
4. Siswa dan guru memiliki kepercayaan yang cukup baik, sehingga meskipun guru sering menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, siswa tetap memperhatikan dan antusias untuk maju ke depan menyelesaikan latihan dari guru.
5. Upaya yang dapat dilakukan agar pembelajaran semakin baik adalah:
Sebaiknya, selain mengaitkan pembelajaran sebelumnya kegiatan pendahuluan, seperti berdoa, menyanyikan lagu nasional, bisa juga menambahkan kegiata literasi dan yang terpenting adalah menyampaikan tujuan pembelajaran serta motivasi yang dapat meningkatkan semangat dan minat belajar. Kemudian, pada kegiatan inti, guru bisa mengolaborasikan beberapa metode, tidak hanya ceramah dan tanya jawab, tetapi bisa juga dengan metode diskusi dengan cara membentuk kelas menjadi beberapa kelompok kemudian memberikan soal latihan sebagai alat penilaian selama pembelajaran. Lalu, pada kegiatan penutup, selain memberikan kesimpulan, guru bisa mereview ulang materi yang telah ia sampaikan dan memberitahu sekilas tentang materi selanjutnya. Jika diperlukan guru bisa memberikan motivasi sebelum mengakhiri pembelajaran, serta berdoa bersama. Dan mengakhiri pembelajaran.
Setelah saya menyaksikan cuplikan video tentang “memahami sifat pada operasi hitung” saya dapat menemukan beberapa kelemahan dan kelebihan yakni:
Kelebihan:
1. Guru melibatkan siswa 1 atau 2 orang
2. Ada 1/2 siswa aktif mengikuti pembelajaran
3. Guru memberikan penjelasan dengan baik
4. Guru cukup ramah sehingga menarik perhatian siswa dan menimbulkan rasa takut pada siswa
Adapun beberapa kelemahan yang saya temukan, (kelemahan-kelemahan tersebut dapat menjadi acuan bagi saya dalam melaksanakan pembelajaran di kelas)
Kelemahan :
1. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Guru tidak menggunakan metode yang bervariasi
3. Tidak semua siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran
4. Belum semua siswa memahami konsep pembelajaran
Nama : Satriya Budi Wibawa
Nim : 856991212
Prodi : PGSD S1
UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
POKJAR : SIDOMULYO
Pada video pbelqjran tersebut guru sudah cukup baik dalam menyampaikan materi dan para murid cukup antusias dan guru mampu mengendalikan kelas
Kekurangan
Guru tidak menggunakan media pembelajaran, atau alat peraga yang mampu menunjang dan mempermudah guru dalamengajar.
Saran
Guru diharapkan mampu membuat alat peraga agar paras siswa dapat lebih mudah memahami dan lebih antusias dalam mengukuti kegiatan pembelajaran.
Bismillah,
NAMA : NUR SANI
NIM : 859169978
UPBJJ : MATARAM
POKJAR : KABUPATEN BIMA
Setelah mengamati dan menyimak video 1 yang berjudul “Memahami Sifat pada Operasi Hitung”, hasil analisis saya adalah sebagai berikut:
Reaksi siswa pada saat menerima pembelajaran :
Ada siswa yang terlihat terlalu tegang ketika mulai menerima pembelajaran.
Ada juga siswa yang sangat antusias dalam mengerjakan tugas yang diberikan
Kelemahan guru pada saat memberikan pembelajaran :
Tidak memberikan tugas rumah (PR) pada siswanya supaya pemahaman siswa dalam menerima pembelajaran tersebut tidak cepat lupa.
Kelebihan guru dalam memberikan pembelajaran :
Guru mampu memancing motivasi dan semangat siswa dengan memberikan metode penugasan untuk menyelesaikan soal yang diberikan di papan tulis.