silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa penjelasan oleh guru mengenai sifat-sifat pada operasi hitung beserta contoh-contoh soal dengan tujuan untuk membangun pemahaman akan sifat-sifat pada operasi hitung.
Sukiniarti
Pakar Dosen
Video ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat operasi hitung, hal itu tergambar dari cara guru memberi contoh terlebih dahulu, kemudian menyuruh anak ke depan untuk menuliskan jawaban sesuai dengan sifat-sifat operasi hitung.
Guru sudah baik dalam membuka pelajaran yaitu dengan mengemukakan tentang pelajaran yang sudah diberikan, seperti penjumlahan dan pengurangan, kemudian dilanjutkan dengan memberikan penjelasan tentang materi yang akan diajarkan, yaitu sifat- sifat operasi hitung, hanya tidak ada upaya menanyakan kepada siswa terlebih dahulu tentang bagaimana sifat komutatif, distributif dan asosiatif.
Pada waktu guru menjelaskan materi sifat pada operasi hitung, guru menerapkan pendekatan PCL = Penjelasan, Contoh, dan Latihan yaitu dengan memberikan penjelasan tentang sifat-sifat operasi hitung satu persatu, memberikan contoh sifat-sifat pada operasi hitung, dan 3 anak disuruh ke depan untuk memberikan contoh (Latihan) dalam sifat operasi hitung, kemudian guru menanyakan kepada seluruh siswa tentang kebenarannya, diantara anak yang menjawab ada yang di beri penguatan, ketiga siswa yang ke depan kelihatannya sudah memahami sifat operasi hitung.
Pada kegiatan penutup, kegiatan evaluasi kelihatan tidak tampak, hanya ada kesimpulan yang ditambah dengan penjelasan materi asosiatif perkalian. Tetapi alangkah baiknya, jika materi sifat operasi hitung asosiatif perkalian ditambahlan pada waktu lain, bukan pada akhir kegiatan, Pada akhir kegiatan guru juga sudah bagus dengan memberikan motivasi untuk belajar di rumah.
Materi sifat-sifat pada operasi hitung di kelas IV sudah sesuai dengan perkembangan anak pada usia kl. 10-11 tahun dan kurikulum tahun 2013
Pada waktu menjelaskan operasi distributif, guru agak sedikit ragu dalam memberi soal dengan menyebutkan 4 X 4, padahal maksudnya 4 X 5, untuk itu baiknya guru mempersiapkan soal terlebih dahulu dengan menggunakan media.
Dalam video ini, tujuan memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat pada operasi hitung telah tergambar pada siswa yang ke depan dengan jawaban yang benar namun secara keseluruhan belum terlihat, untuk itu akan lebih baik jika pada video itu ditambahkan dengan kegiatan latihan yang melibatkan seluruh siswa.
Didi Permana
Pakar Guru
Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, persepsi dan tujuan belajar. Kemudian saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa. Saat penutup sudah bagus.
Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, namun metode dalam belajar, mungkin dapat di buat kelompok, media pembelajaran bisa di tambahkan lagi dengan alat peraga dan evaluasi pembelajaran kurang latihan namun sudah baik diberi tugas pekerjaan rumah.
Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.
Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi, akan lebih baik lagi jika terlihatnya ketidakfahaman siswa kemudian terselesaikan oleh pembelajaran yang guru berikan.
Fitria Handayani
NAMA : SHOLI GALI PANGISTU
NIM : 858901417
PRODI : S1 – PGSD
POKJAR : Giri-Banyuwangi
UPBJJ : Jember
Menurut saya pembelajaran yang dilakukan guru pada video tersebut, tidak terdapat satu pun kegiatan pendahuluan atau apersepsi. Guru tidak memberi salam sehingga kurang menarik perhatian siswa di kelas tersebut. Guru juga tidak memeriksa kehadiran siswa sehingga guru tidak mengetahui siswa mana yang tidak masuk pada hari itu, mengingat banyaknya siswa yang terdapat di kelas tersebut. Guru tidak terlihat mengecek atau pun membantu kesiapan siswa, media, maupun perlengkapan siswa.
Dalam video tersebut juga tidak terlihat guru memberikan acuan pembelajaran seperti tujuan (kemampuan) pembelajaran, sehingga siswa tidak mengetahui tujuan apa yang diharapkan dari materi yang akan dipelajari. Guru juga tidak menjelaskan terlebih dahulu kaitan antara materi sifat pada operasi hitung yang dipelajari saat ini dengan materi yang dipelajari sebelumnya.
Dalam kegiatan pembelajaran di video tersebut, guru memakai metode ceramah, yang mana metode pembelajaran tersebut tergolong dalam kegiatan pembelajaran klasikal. Namun, dalam penyampaian materi guru terlihat hanya sedikit menyampaikan konsep-konsep sifat dalam operasi hitung. Selain itu, dalam pembelajarannya guru tidak menggunakan media pembelajaran, siswa hanya menerima materi saja sehingga pembelajaran kurang menarik yang menyebabkan kurangnya minat belajar siswa. Siswa SD mayoritas belum mampu berpikir abstrak, sehingga materi yang diajarkan oleh guru perlu divisualisasikan dalam bentuk yang lebih nyata/kongkrit.
Dalam kegiatan akhir pembelajaran, guru tidak melaksanakan kegiatan meringkas atau menyimpulkan materi yang dipelajari. Hal ini bisa dilakukan oleh guru itu sendiri atau dengan menunjuk siswa untuk meyimpulkan materi yang dipelajari. Untuk kegiatan penilaian, guru tersebut tidak memberikan satu pun tes kepada siswa. Padahal kegiatan penilaian ini sangatlah penting bertujuan untuk mengetahui tercapai atau tidaknya kemampuan yang diharapkan dikuasai siswa atau untuk mengetahui sejauh mana siswa memahami materi yang di berikan oleh guru.
Saran, Seharusnya pada pembelajaran tersebut ditampilkan kegiatan pendahuluan atau apersepsi terlebih dahulu sebelum masuk pada pemaparan materi. Guru bisa memulainya dengan memberi salam kepada siswa, menanyakan kabarnya, dilanjut dengan mengabsen kehadiran siswa satu per satu. Selanjutnya yang harus dilakukan guru adalah mengecek atau pun membantu kesiapan siswa, media yang digunakan dalam pembelajaran, maupun perlengkapan siswa. Dilanjut, guru memberikan acuan pembelajaran seperti tujuan (kemampuan) pembelajaran. Guru juga harus lebih spesifik dalam memberikan pembelajaran, serta menggunakan media pembelajaran, agar materi yang disampaikan lebih cepat dipahami oleh siswa.
NAMA : AHMAD GHUFRON
NIM : 856982507
PRODI : PGSD-S1
UPBJJ : Bandar lampung
POKJAR : Banjar Agung
Assalamualaikum,WR,WB.
Izin menyampaikan pendapat, Setelah saya melihat, menyimak ataupun mendengarkan video pembelajaran diatas tentang memahami sifat pada operasi hitung, pembelajaran yang sudah dilakukan Guru diatas cukup bagus. Tidak menutup kemungkinan ada kekurangan dan juga ada kelebihannya. diantaranya:
1. Reaksi Siswa pada saaT pembelajaran cukup antusias, hal ini dibuktikan dengan adanya sejumlah Anak yang mau maju ke depan ketika Guru melakukan sesi tanya-jawab. Meskipun Guru hanya menggunakan metode ceramah, tetapi beberapa siswa terlihat berperan aktif untuk maju ke depan menyelesaikan soal tentang operasi hitung.
2. Kelemahan yang dapat Saya analisis adalah:Kemampuan Guru menguasai materi masih kurang. Hal ini ditunjukkan saat Guru sedikit ragu ketika ia mencontohkan sifat operasi hitung distributif. Selain itu juga, pemanfaatan media yang kurang. Selama pembelajaran berlangsung, Guru tidak melakukan penilaian kepada keseluruhan Siswa. Hanya beberapa Siswa saja yang mendapatkan kesempatan untuk mencoba langsung materi yang sudah mereka terima.
3. Kelebihan dari pembelajaran tersebut adalah Guru mampu melibatkan Siswa dalam pembelajaran. Siswa terlihat aktif menjawab ketika Guru bertanya dan mampu mengkondisikan Siswa dengan baik sehingga suasana kelas tampak tenang.
4. Siswa dan Guru memiliki kepercayaan yang cukup baik, sehingga meskipun Guru sering menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, Siswa tetap memperhatikan dan antusias untuk maju ke depan menyelesaikan latihan dari Guru.
5. Menurut Saya, Upaya yang dapat dilakukan agar pembelajaran semakin baik adalah:
Sebaiknya, selain mengaitkan pembelajaran sebelumnya kegiatan pendahuluan, seperti berdoa, menyanyikan lagu nasional, bisa juga menambahkan kegiatan literasi dan yang terpenting adalah menyampaikan tujuan pembelajaran serta motivasi yang dapat meningkatkan semangat dan minat belajar. Kemudian, pada kegiatan inti, Guru bisa mengolaborasikan beberapa metode, tidak hanya ceramah dan tanya jawab, tetapi bisa juga dengan metode diskusi dengan cara membentuk kelas menjadi beberapa kelompok kemudian memberikan soal latihan sebagai alat penilaian selama pembelajaran. Lalu, pada kegiatan penutup, selain memberikan kesimpulan, Guru bisa mereview ulang materi yang telah ia sampaikan dan memberitahu sekilas tentang materi selanjutnya. Jika diperlukan Guru bisa memberikan motivasi sebelum mengakhiri pembelajaran, serta berdoa bersama. Dan mengakhiri pembelajaran.
Cukup sekian pendapat dari Saya, kurang lebihnya Saya mohon ma’af.
dan Saya akhiri.
Wassalamualaikum,wr,wb.
NAMA : Nenden Dwi Aryanti
NIM : 857312668
PRODI : PGSD S1
UPBJJ : BOGOR
POKJAR : PELABUHAN RATU
BISMILLAH Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
1.Reaaksi siswa aatau anak dalam kegiatan belajar baik, meskipun ada beberapa anak yang merasa ngantuk. Tetapi siswa sangat antusias saat pembelajaran.
2.Kelemahannya. Guru terlalu cepat menjelaskan materi yang disampaikan di depan kelas. Sehingga ada beberapa siswa yang kurang fokus.
3.Kelebihannya. Guru mampu menguasai kelaas dengan baik. Sehingga siswa aktif saat pembelajaran di mulai.
4.Hal yang unik yaitu mampu menguasai kelas dan mengajak siswa aktif untuk tampil ke depan mengerjakan soal-soal latihan.
5.Saran saya dalam video pembelajaran tersebut tentang sifat pada operasi hitung baik di sampaikannya, tetapi ada sebagaian siswa yang masih kebingungan. Guru harus menyiapkan media pembelajaran yang unik dan menarik, sehingga siswa sangat senang.
Terimakasih
NAMA : RIDAYAH
NIM : 857013971
PROGAM STUDI : S1-PGSD / SEMESTER 6
UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
POKJAR : KALIREJO
Setelah melihat video tersebut saya mengamati bahwa siswa terlihat kurang aktif dan beberapa kelebihan serta kekurangan
Kekurangan :
1. Guru tidak melakukan apersepsi
2. Guru tidak mengecek kehadiran siswa
3. Guru tidak melakukan pendahuluan serta penutup pembelajaran
4. Guru tidak menggunakan model pembelajaran yang menarik serta tidak menggunakan alat peraga yang dapat membuat siswa aktif
Kelebihan :
1. Guru menyampaikan dengan jelas dan runtut
2. Guru memberikan contoh
3. Siswa diminta untuk mencoba mengerjakan soal
Nama : Della Amalia
Nim : 856993169
Program studi : PKM -PGSD
Menurut pendapat saya pada video pembelajaran yang di sampaikan oleh guru di atas , kelemahannya adalah pada awal kegiatan pembelajaran tidak menjelaskan sifat-sifat operasi hitung yang terdiri dari , sifat komutatif , sifat distributor dan sifat asosiatif , serta menyampaikan beberapa contoh setiap sifat operasi hitung tersebut. Guru yg mengajar di dalam vidio tersebut terlalu cepat dan kurang memberi semangat pada susila sehingga gurunya lebih aktif dari pada guru nya.
Nama : Rina Fahriana
NIM : 857752126
PRODI : PGSD -SI BI
UPBJJ : SEMARANG
POKJAR : KALIWUNGU
Assalamualaikum wr.wb
Mohon izin menyampaikan pendapat tentang vidio diatas,
Setelah saya melihat vidio di atas tentang pembelajaran yang disampaikan oleh ibu guru di atas tentang memahami sifat pada operasi, pembelajaran yang dilakukan oleh ibu guru sudah cukup baik ada interaksi antara guru dengan siswa , guru melakukan sesi tanya jawab dengan siswa cukup baik, selain kelebihan terdapat kekurangan dalam guru menyampaikan proses pembelajaran guru kurang memahami materi , hal ini di tunjukan saat guru sedikit ragu mencontohkan sifat operasi hitung distributif, selain itu juga dalam pemanfaatan media masih kurang.
Menurut pendapat saya agar pembelajaran berjalan baik dan lancar sebaiknya hal pertama yang dilakukan oleh guru memberikan salam , berdoa, memberikan motivasi kepada siswa sebelum pembelajaran di mulai, mengaitkan pembelajaran sebelumnya , menggunakan metode yang tepat tidak hanya metode ceramah dan tanya jawab, guru bisa menggunakan metode diskusi dengan cara membentuk kelompok kecil di dalam kelas, dan memberikan soal latihan kepada siswa sebagai alat penilaian selama proses pembelajaran.
Nama : Rina Fahriana
Nim : 857752126
Prodi : BI PGSD SI
Upbjj : Semarang
Pokjar : Kaliwungu
Assalamu’alaikum wr.wb
Mohon izin menyampaikan pendapat tentang Vidio di atas, setelah saya melihat Vidio tersebut pembelajaran yang disampaikan oleh ibu guru sudah baik, dimana terdapat interaksi antara siswa dengan guru yang baik, saat guru memberikan pertanyaan siswa mampu menjawab pertanyaan tersebut, saat guru menunjuk salah satu siswa untuk menyelesaikan soal yang dibuatoleh ibu guru siswa mampu menyelesaikan soal tersebut dengan benar . Akan tetapi ada beberapa kelemahan yang dilakukan oleh ibu guru saat melakukan proses pembelajaran ibu guru kurang memahami materi yang disampaikan yaitu tentang sifat bilangan asosiatif, komutatif masih melihat catatan di kertas yang ibu guru bawa, dalam menyampaikan materi ibu guru terlalu cepat dan memberikan contoh soal juga terlalu simpel, kurangnya metode yang digunakan dalam proses pembelajaran, proses pembelajaran di awal ibu guru tidak menerangkan secara detail tentang sifat sifat bilangan hitung , tidak ada kata pujian saat siswa menjawab pertanyaan dari ibu guru , di akhir pembelajaran guru tidak memberikan soal latihan kepada siswa sebagai alat ukur penilaian apakah semua siswa sudah paham apa yang di sampaikan oleh ibu guru tadi. Guru hanya memberikan contoh soal di depan kelas dan sebagian siswa yang di suruh mengerjakan di depan kelas,
Assalamualaikum Wr.Wb
Nama : Siti Rukoyah
NIM : 857134569
Prodi : S1-PGSD
UPBJJ : Jakarta
Pokjar : Tambelang
Menurut saya video pembelajaran di atas sudah bagus, namun ada kekurangan dalam video pembelajaran
1. tidak ada kegiatan pendahuluan dan kegiatan penutup hanya terdapat kegiatan inti saja. Kegiatan pendahuluan berisi orientasi, presensi, apersepsi, motivasi. Guru tidak memberi salam sehingga kurang menarik perhatian siswa di kelas tersebut. Guru juga tidak memeriksa kehadiran siswa sehingga guru tidak mengetahui siswa mana yang tidak masuk pada hari itu, mengingat banyaknya siswa yang terdapat di kelas tersebut. Guru tidak terlihat mengecek atau pun membantu kesiapan siswa, media, maupun perlengkapan siswa.
2. Dalam video tersebut juga tidak terlihat guru memberikan acuan pembelajaran seperti tujuan (kemampuan) pembelajaran, sehingga siswa tidak mengetahui tujuan apa yang diharapkan dari materi yang akan dipelajari. Guru juga tidak menjelaskan terlebih dahulu kaitan antara materi sifat pada operasi hitung yang dipelajari saat ini dengan materi yang dipelajari sebelumnya.
Kelebihan dalam video tersebut adalah :
1. Dalam menjelaskan materi ada interaktif antara siswa dengan guru dan disertai penjelasan dengan contoh soal, selanjutnya guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengerjakan soal tersebut di depan kelas.
2. Suara guru sudah lantang dalam menjelaskan materi sehingga siswa dapat fokus terhadap materi yang disampaikan.
Hanya itu yang bisa saya sampaikan. Cukup sekian dan terima kasih.
Wassalamualaikum Wr.Wb
Aslaamualaikum wr wb. Izin saya menyampaikan pendapat mengenai video pembelajaran tersebut tentang memahami operasi hitung. Menurut pendapat saya pembelajaran yang sudah di lakukan oleh guru tersebut cukup bagus. Namun ada kekurangan dan kelebihan dalam Vidio pembelajaran tersebut adapun kekurangan dalam Vidio pembelajaran tersebut
Assalamualaikum wr wb.izinkan Saya menyampaikan pendapat mengenai video pembelajaran di tersebut di atas tentang memahami sifat operasi hitung. Menurut pendapat saya kegiatan pembelajaran yang di lakukan oleh guru tersebut cukup bagus. Namun ad kekurangan dan kelebihan yg hrus kita perlu perhatikan dalam video pembelajaran tersebut. Adapun kekurangan dalam video pembelajaran tadi yg kita sudah lihat , simak yaitu guru tersebut TDK melakukan kegiatan awal yaitu tidak menertibkan Siwa dgn
cara mengucapkan salam, berdoa , mengabsen, dan afersefsi. Langkah-langkah diatas Tidak di lakukan oleh guru dlm Vidio pembelajaran tersebut.. guru tersebut lnsung masuk pada kegiatan inti. “Kelebihan guru dalam Vidio pembelajaran tadi yaitu dgn melakukan metode ceramah tnya jawab dan menyuruh siswa maju kedepan untuk mengerjakan soal dapt membuat suasana kelas dan perserta didik aktif dalam menjawab dn mengejarkn soal di papan tulis yang di berikan oleh guru, walaupun sebagian Perseta Didik tidak terlalu fokus
namun perseta didik ttp antusias dan aktif dalam mendengarkn penjelasan materi dari ibu guru tersebut. “SARAN : guru di harapkan mampu mbuat alat peraga agar para siswa dapt lebih mudah memahami dan antusias mengikuti kegiatan pembelajaran.