silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha unutkmenarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang dei berikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara:
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang;
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan;
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukanya itu.
Rusdianto
–
–
- Dalam Pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep “bertambah” dan “berkurang”. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan peserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Andika Dhanesywara
Nama : Nadia Novelina putri
Nim :856818355
Prodi : S1 PGSD
Pokjar : Argamakmur
Assalamualaikum..
Setelah saya melihat video tersebut ad beberapa yang ingin saya sampaikan ,dari video tersebut cukup baik cara pengajaran guru tersebut terhadap anak didiknya .Namun,ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu ,pada saat masuk atau pun mulai pembelajaran sebaiknya guru tersebut menyapa dan mengucapkan salam terhadap anak²,kemudian bertanya siapa saja yg tidak masuk ,baru mengabsenkan ,lalu guru tersebut sedikit bercerita tentang pelajaran yg akan dipelajari ,kemudian guru tersebut langsung mengajak anak² mengenal alat yg ingin dipelajari atau ingin dimainkan ,sembari pengenalan alat guru juga dapat bertanya jawab kepada anak untuk menambah wawasan atau membuka pikiran anak tentang alat musik tersebut.
Setelah pengenalan alat musik,kegunaan , asal alat musik tersebut,selanjutnya guru tersebut mengajari anak² bagaimana cara memainkannya,bagaimana ritme musik tersebut,not musik tersebut ,dan cara memainkannya.lalu anak² kita coba untuk melakukan satu per satu kedepan dengan membawa pianika tersebut dan menjelaskan 1 per satu jenis ketukan yg ada di pianika itu.
Setelah semuanya paham barulah ,dicoba bersama-sama untuk membawa sebuah lagi hymne guru yang telah dikuasai ataupun yg telah dipelajari .
Setelah anak² memahami cara memainkannya ,guru memperbolehkan anak bertanya tentang seputaran alat musik pianika tersebut atau guru yang bertanya kepada murid sebatas mana kemampuannya mengenali alat musik pianika tersebut.
Nama : Anisa Daniati
Nim : 856031
Upbjj : UT Medan
Program studi: FKIP
Dari pengamatan video tersebut guru menyajikan kegiatan pembelajaran ” memainkan alat musik sederhana ” dari video di atas guru langsung memulai pembelajaran tanpa menyapa siswa terlebih dahulu, kelebihan dari video tersebut yaitu siswa sangat antusias dan terlihat sangat aktif selama pembelajaran. Upaya yang dilakukan guru untuk merangsang keaktifan siswa adalah dengan memberikan mereka materi lebih awal agar siswa lebih mudah untuk mengingat not dalam alat musik.
Nama : MONIKA PERMATA MEGAWATI SIPAHUTAR
NIM : 856039821
Prodi : PGSD
UPBJJ : UT MEDAN
Hasil analisis saya tentang Video tersebut yaitu sebagai berikut :
1. Menurut analisis saya reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru yaitu semua siswa antusias mendengarkan guru di depan kelas ketika memberikan penjelasan teknik menggunakan pianika dengan benar dan membaca nilai/ketukan not yang benar.
2. Menurut analisis saya kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran pada Video diatas yaitu
• Guru tidak mengemukakan tujuan pembelajaran di awal kegiatan pembelajaran.
• Guru tidak membuat rangkuman atau membuat ringkasan atas pembelajaran hari itu.
3. Menurut analisis saya kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran pada Video diatas yaitu :
• Guru menggunakan alat peraga berupa buku lagu yang menggunakan partitur not.
• Guru menjelaskan dengan sangat baik bagaimana menggunakan pianika menggunakan teknik penjarian yeng benar menggunakan tangga nada.
4. Hal-hal unik yang saya temukan dalam video yaitu ketika guru mengajak semua siswa untuk memainkan pianika masing-masing yaitu menyanyikan lagu Indonesia Raya, ada seorang siswa yang terlihat kebingungan. Siswa tersebut terlihat melihat ke kanan dan ke kiri sementara teman-temannnya yang lain berfokus memainkan pianikanya masing-masing.
5. Upaya yang dapat dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya yaitu :
• Di awal pembelajaran sebelum guru memberikan penjelasan materi, sebaiknya guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
• Di akhir pembelajaran, sebelum menutup pembelajaran pada hari itu, guru seharusnya meninjau kembali, dengan cara merangkum atau membuat kesimpulan pembelajaran hari itu.
nama : muhammad isa ansori
nim : 858901542
prodi : S1 PGSD
Setelah saya menganalisis video tersebut guru menyajikan kegiatan pembelajaran “Memainkan alat musik sederhana” Dari video di atas Guru langsung memulai pembelajaran tanpa menyapa siswa terlebih dahulu. Kelebihan dari video tersebut siswa sangat antusias dan terlihat sangat aktif selama pembelajaran. Hal uniknya Guru memberikan buku/media gambar sebagai pedoman mereka dalam menggunakan alat musik serta langsung mempraktekkan cara menggunakan alat musik pianika.
Upaya yang dilakukan Guru untuk merangsang keaktifan siswa adalah dengan memberikan mereka materi lebih awal agar siswa lebih mudah untuk mengingat not dalam alat musik
NAMA :N OVIA SYAMRINA TANJUNG
NIM : 856029157
Prodi : S1 PGSD
Pokjar : Ajamu
UPBJJ : UT medan
Untuk Video diatas secara keseluruhan pembelajaran sudah berjalan dengan baik, walaupun masih ada sedikit kekurangan dan ada beberapa yang seharusnya dapat dimaksimalkan seperti pada kegiatan pembuka sebaiknya guru membuka dengan salam, memberikan motivasi dan apresiasi, kemudian pembelajaran dengan beberapa pembiasaan awal seperti menyanyikan lagu kebangsaaan atau atau lagu-lagu Daerah. selanjutnya pada kegiatan inti sebaiknya anak – anak diajarkan dulu untuk memahami notasi dan teknik memainkan pianika baru mempraktikkannya bersamadengan siswa lainya. Demikian dari saya Terimakasih.
Nama: sheila syahfitri
nim:856022383
Pokjar : UPBJJ Medan
Dari video di atas menurut saya seharusnya guru mengucapkan terlebih dahulu kepada siswa dan untuk mengajarkan alat musik sederhana kepada siswa emanglah sangat penting bagi siswa dan siswi yang ada di sekolah dasar. Musik dapat berperan dalam menumbuhkan kecerdasan dan meningkatkan memori anak tersebut.
Nama mahasiswa : Dina lorenja
NIm : 858056221
Program studi : PGSD S1
Semester : 6
Pokjar : Melawi
Menurut pendapat saya tentang vedio pembelajaran tersebut adalah keseluruhanya vedio pembelajaran tersebut sudah dianggap dengan baik,meskipun masih ada kekurangan yang seharusnya diperbaiki oleh guru.
Contohnya awal membuka kegiatan pembelajaran seharusnya seorang guru harus memberi salam terlebih dahulu dan ditambahkan dengan menyuruh siswa bernyanyi,agar siswa bisa semangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran,karena apa yang siswa lakukan tersebut berhubungan dengan pembelajaran kesenian atau seni.
Misalnya guru menggunakan alat sederhana contohnya pianika,memainkan pianika sambil bernyanyi,sebagian siswa memainkan pianika sebagian lagi bernyanyi.
Mungkin hanya ini yang dapat saya sampaikan,terlebihnya saya minta ma’af sekian dan terima kasih.
Nama mahasiswa : Dina lorenja
NIm : 858056221
Program studi : PGSD S1
Semester : 6
Pokjar : Melawi
Menurut pendapat saya tentang vedio pembelajaran tersebut adalah
keseluruhanya vedio pembelajaran tersebut sudah dianggap dengan baik,meskipun masih ada kekurangan yang seharusnya diperbaiki oleh guru.
Contohnya awal membuka kegiatan pembelajaran seharusnya seorang guru harus memberi salam terlebih dahulu dan ditambahkan dengan menyuruh siswa bernyanyi,agar siswa bisa semangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran,karena apa yang siswa lakukan tersebut berhubungan dengan pembelajaran kesenian atau seni.
Misalnya guru menggunakan alat sederhana contohnya pianika,memainkan pianika sambil bernyanyi,sebagian siswa memainkan pianika sebagian lagi bernyanyi.
Mungkin hanya ini yang dapat saya sampaikan,terlebihnya saya minta ma’af sekian dan terima kasih.
Nama : EKA RAMADANI
Nim : 856021833
Smester : 6 A
Prodi : PGSD-S1
Mata Kuliah : S1-PGSD
pokjar : ASAHAN
Assalamualaikum Wr. Wb
Setelah saya mengamati vidio pembelajaran seni budaya yaitu memainkan alat musik sederhana pada kelas IV SD.
Dapat saya simpulkan bahwa
Pada vidio diatas guru tidak menyampaikan salam pembuka, kegiatan awal, inti, sampai akhir dalam kegiatan KBM tidak tertera secara jelas di dalam vidio tersebut. Guru juga tidak menyampaikan tujuan pembelajaran kepada muridnya. Selain itu KBM yang dilakukan guru pun monoton, seharusnya guru bisa melakukan KBM sambil bermain agar anak tidak bosan dalam belajar.
Menurut pendapat saya sebelum guru mengajak anak memainkan alat musik sederhana seperti Pianika hendaknya guru mengenalkan teknik penjariannya terlebih dahulu kepada anak didik.
Setelah guru menjelaskan tentang teknik penjarian barulah guru bisa menjelaskan tentang nilai ketukan pada anak didik.
Setelah kedua teknik tersebut sudah dikuasi anak barulah guru pelan pelan mengjak anak didik untuk memainkan alat musik yang sudah ditentukan secara perlahan.
Guru juga harusnya menjelaskan lagu apa yang akan dinyanyikan dengan alat musik. Nah setela guru sudah menentukan lagu apa yang akan dimainkan barulah guru bisa memerintahkan anak untuk melakukan praktek, itupun guru juga harus sambil memainkan alat musiknya juga.
Nama : ILATRI TURIANI
Nim : 856026112
Semester / Kelas : 6 – A
Prodi : PGSD-S1
Mata Kuliah : PDGK 4209 / Pemantapan Kemampuan Mengajar
UPBJJ : Medan
Pokjar : Kota Tebing Tinggi
Assalamualaikum Wr. Wb
Setelah saya mengamati vidio pembelajaran seni budaya yaitu memainkan alat musik sederhana pada kelas IV SD diatas.
Saya menyimpulkan sesuai pemikiran saya, bahwa terdapat beberapa kekurangan dan kelebihan dalam proses kegiatan belajar mengajar tersebut yang secara keseluruhan sudah terlaksana dengan sangat baik dan bagus.
Berikut poin penting yang dapat saya simpulkan.
A. Kelebihan :
– Kelengkapan media pembelajaran sangat baik dengan adanya alat peraga yang lengkap sesuai dengan jumlah anak.
– Adanya alat peraga yang menarik dan memadai membuat anak antusias dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.
– Guru juga memperhatikan satu-persatu siswa dalam mempraktikkan penggunaaan alat peraga serta membantu anak yang masih belum memahami dalam menggunakan alat peraga tersebut.
B. Kekurangan :
– Pada kegiatan pembuka pembelajaran seharusnya lebih baik diawali dengan salam serta sapaan kepada siswa, dilanjutkan dengan absensi siswa.
– Guru dapat melakukan sedikit apersepsi di kegiatan awal pembelajaran. Bisa dengan menanyakan kembali pembelajaran yang sudah dipelajari sebelumnya, dan dilanjutkan dengan menyampaikan tema materi yang akan dipelajari hari ini, serta menyampaikan tujuan-tujuan pembelajaran.
– Lalu menjelaskan terlebih dahulu bagaimana tatacara pemegangan alat musik, seperti apa nada-nada musik, baru kemudian mempraktekkan bersama.
– Pada kegiatan akhir yaitu penutup, guru harusnya lebih memperhatikan point penting yang perlu dari akhir pembelajaran yaitu penyampaian rangkuman pembelajaran hari ini.
Sekian dari saya, mohon maaf apabila ada salah dan kurangnya.
Salam sehat, salam semangat .