silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha unutkmenarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang dei berikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara:

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang;
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan;
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukanya itu.

Rusdianto

  1. Dalam Pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep “bertambah” dan “berkurang”. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan peserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Andika Dhanesywara

Similar Posts

411 Comments

  1. Nama : Husnul Agustriani
    Nim : 856024925
    Program Studi : PGSD S1
    Mata Kuliah : Panduan Pemantapan Kemampuan Mengajar
    Smester : 6 A
    UPBJJ : Medan
    Berdasarkan hasil refleksi saya tentang vidio diatas dapat saya jawab:
    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan?
    Siswa bereaksi baik saat kegiatan pembelajaran. Mereka tampak mengeri tentang materi yang disampaikan oleh guru.
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melalukan pembelajaran?
    Kelemehan yang dilakukan guru ialah guru tidah mengucap salah saat ingin memulai pelajaran,selain itu juga guru tidak menjelaskan terlebih dahulu tentang materinya, cara blajar yang monoton juga dilakukan oleh sang guru.
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pemebelajaran?
    Kelebihan yang dimiliki guru tersebut ialah sang guru mampu memanfaatkan media belajar dengan baik.
    4. Hal hal unik apa saja yang dilakukan dalam vidio tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Hal unik yang dapat saya temui saat menonton vidio tersebut ialah sang guru mau ikut memainkan alat musik dan mengajarkan anak dengan sabar serta sang guru juga berkeleling ruangan untuk mengontrol anak muridnya bermain alat musik.
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan guru yang anda amati dari tayangan vidio, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Upaya yang sapat saya usulkan ialah alangkah baiknya guru menggunakan kagiatan Pembuka, inti, dan penutup dalam kegiatan mengajar.
    Selain itu guru juga bisa memberika. Hiburan atai ice breaking saat belajar, agar anak didik tidak mudah bosan.

  2. Nama : Lilis destian harefa
    NIM : 856023131
    Semester : 6 (Enam)
    UPJJ_UT : Medan
    Judul : Memainkan alat musik sederhana

    Menurut saya dalam video tersebut pembelajaran yang dilakukan guru cukup bagus. Tetapi alangkah baiknya jika guru tersebut mengikuti tahapan pembelajaran, bukan langsung praktek. Dan pembelajaran yang dilakukan juga mudah dipahami karena siswa langsung mempraktekkannya dan guru juga ikut berperan dalam mempraktekkannya bukan hanya memberi materi saja.

  3. Nama : Lilis Destian Harefa
    NIM : 856023131
    Semester : 6 (Enam)
    Prodi : PGSD-S1
    UPBJJ : Medan
    Judul : memainkan alat musik sederhana
    Menurut saya dalam video tersebut, pembelajaran yang dilakukan cukup bagus. Tetapi alangkah baiknya jika guru tersebut mengikuti prosedur dalam pembelajaran. Dan pembelajaran yang dilakukan juga mudah dipahami karena siswa langsung mempraktekkannya dan guru juga ikut berperan dalam mempraktekkannya bukan hanya memberi materi saja.

  4. nama : nurma sari

    nim : 856021414

    prodi : s-1 pgsd

    pokjar : binjai

    menurut pendapat saya guru didalam proses kbmnya tidak diawali dengan salam pembuka, menanyakan kabar, mengabsensi murid, tidak melakukan refleksi terlebih dahulu terhadap pembelajaran sebelumnya.
    lalu tidak menjelaskan materi pmebelajaran hari ini apa yang akan dipelajari
    tidak meberitahukan tujuan pembelajaran
    guru tidak menjelaskan terlebih dahulu bagian nada yang tinggi dan rendah
    kemudian juga cara guru mengajar terlihat monoton. itu dapat berakibat murid akan cepat mudah bosan.
    tetapi kelebihan dari video tersebut guru memberika bahan/media kepada murid-murid untuk dapat melakukan pembelajaran bermain alat musik.

  5. nama: martin sahala manalu
    nim: 856047162
    prodi: PGSD-S1
    semester: 6 (enam)

    menurut pendapat saya tentang video pembelajaran diatas:
    1. guru harus mengucapkan salam terlebih dahulu menanyakan kabar siswa, juga mengabsensi adakah murid yang tidak hadir.
    2. sebaiknya guru harus menjelaskan terlebih dahulu tentang cara memainkan alat musik pianika ini, terkadang kemampuan siswa satu dengan yang lain berbeda ada yang dijelaskan sekali langsung bisa ada yang harus dijelaskan berkali-kali baru bisa.
    3. untuk media pembelajaran sudah cukup memadai dan ada juga buku panduannya.
    4. Upaya yang dilakukan Guru untuk merangsang keaktifan siswa adalah dengan memberikan mereka materi lebih awal agar siswa lebih mudah untuk mengingat not dalam alat musik.
    5. adapun kelebihan dari video ini siswa sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran yang disampaikan oleh guru.

  6. Nama : Arfila Dista Wulandari
    NIM : 85889172
    POKJAR : Genteng

    Memainkan Alat Musik Sederhana

    Di dalam Vidio berisi tentang bagaimana seorang guru berusaha menarik perhatian terhadap siswa supaya dapat memperhatikan pelajaran yang disampaikan. Namun dalam vidio tersebut seorang guru langsung saja menyuruh siswa membaca buku untuk dapat memahami tanpa menjelaskan terlebih dahulu kepada siswanya.

    Hal-hal yang harus dilakukan guru yaitu:
    1.Dalam Pembukaan di mulai dengan berdoa terlebih dahulu dan memberikan salam kepada siswa, menanyakan kabar siswa dan absen terlebih dahulu
    2. Setelah pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep bagaimana cara memainkan alat musik tersebut dan memberikan contoh saat memainkan alat tersebut agar siswa juga mudah memahami bagaimana cara memainkannya .

    Di dalam pemakaian media tersebut sudah cukup tepat tetapi hanya sebagai media visual saja
    Materi Tersebut juga sudah cukup sesuai dengan peserta didik dan materi tersebut sudah sesuai dengan kurikulum.

  7. Nama : Rizqi Alawiyah
    NIM : 856996551
    Kelas : 6 B
    Pokjar : Sidomulyo

    setelah mengamati video pembelajaran seni budaya tentang memainkan alat musik sederhana pada kelas IV SD, dapat di simpulkan bahwa :
    Pada video tersebut guru tidak mengucapkan salam pembuka dan penutup, tidak menyampaikan tujuan pembelajaran kepada muridnya.
    seharusnya sebelum memulai praktek dengan alat musik tersebut hendaknya guru menjelaskan terlebih dahulu teknik penjarian dan nilai ketukannya sehingga pada saat praktek murid sudah paham. guru juga terlebih dahulu harus menjelaskan lagu apa yang akan di nyanyikan dengan alat musik tersebut. setelah menentukan lagu yang akan dimainkan barulah guru bisa memerintahkan siswa nya untuk mempraktekkan.

  8. Nama :Lailatul hidayah
    NIM : 857733473
    Setelah mengamati vidio pembelajaran seni budaya yaitu memainkan alat musik sederhana pada kelas IV SD.
    1.Pada vidio diatas guru tidak menyampaikan salam pembuka, kegiatan awal, inti, sampai akhir dalam kegiatan KBM tidak tertera secara jelas di dalam vidio tersebut. Guru juga tidak menyampaikan tujuan pembelajaran kepada muridnya. Selain itu KBM yang dilakukan guru pun kurang bervariasi, seharusnya guru bisa melakukan KBM sambil bermain agar anak tidak bosan dalam belajar.

    Menurut pendapat saya sebelum guru mengajak anak memainkan alat musik sederhana seperti hendaknya guru mengenalkan teknik penjariannya terlebih dahulu kepada anak didik. Menjelaskan bunyi 1 do rendah sampai do tinggi , setelah siswa hafal baru diajak memainkan lagu.
    Untuk kegiatan akhir guru tdk menjelaskan inti dari kegiatan yang sudah di pelajari hari ini dan tidak memberi kesempatan bertanya kepada anak

  9. NAMA : RAHMAT RUDI MARGONO
    NIM : 856736903
    UPBJJ-UT PALEMBANG Pokjar Pangkalan Balai

    Ya baik, setelah saya mengamati video tersebut yang berjudul ” Memainkan Alat Musik Sederhana ” pada pembelajaran seni budaya. Terdapat beberapa kelebihan serta kekurangan pada video tersebut yaitu :
    Kelebihan yang terdapat pada video tersebut, sang guru sudah cukup mahir dalam memainkan alat musik sederhana yang dimainkan begitu juga dengan para siswanya. Antusiasme dari para siswanya menjadikan kelas yang kondusif. Namun terdapat juga beberapa kekurangannya, antara lain : guru tersebut tidak menyapa para siswa pada awal pembelajaran sebelum memasuki pembelajaran dan tidak dijelaskan tujuan dari pembelajaran yang akan di ajarkan.
    jadi refleksi yang bisa di tangkap yaitu, pentingnya untuk menyapa para siswa didalam kelas sebagai bentuk saling menghargai saling mengasihi. Penjelasan tujuan pembelajaran pun penting dijelaskan kepada para siswa. Sekian diskusi saya,terima kasih.

  10. Nama :intan rahayu
    Nim :856046906
    UPBJJ : Medan
    Pokja :Langkat

    Menurut dari pendapat saya. Melihat dari video yang ada di gpo.
    1. Guru tersebut tidak ada melakukan pembukaan kelas terlebih dahulu. Seperti salam, doa, dan absen.
    2. Guru kurang melakukan pendekatan terhadap anak anak. Seharusnya ada dilakukan sehingga membuat anak anak menjadi lebih nyaman saat mengikuti pembelajaran.
    3. Guru langsung mengajak anak anak praktik memainkan alat musik. Seharusnya dijelaskan materi terlebih dahulu apa itu tangga nada. Bagaimana letak jari pada not pianika tersebut.
    4. Harus ada ice breaking agar siswa tidak bosan dalam melakukan pembelajaran.

Leave a Reply