silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha unutkmenarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang dei berikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara:

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang;
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan;
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukanya itu.

Rusdianto

  1. Dalam Pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep “bertambah” dan “berkurang”. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan peserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Andika Dhanesywara

Similar Posts

411 Comments

  1. Nama :nurvita sari
    Nim : 856484882
    Dari video diatas ..
    Bahwa sebelum guru memberi pelajaran kita sebaiknya memberi materi yang akan kita ajar , pahami dulu ke siswa apa yang akan kita lakukan agar siswa itu dapat melaksanakan apa yang kita perintah degan baik

  2. Nama : zizi junaldi
    Nim : 856575445

    -Kelebihan guru
    Guru sudah mengajarkan pembelajaran sesuai kurikulum dan pemakaian alat musiknya pun sudah cukup tepat sehingga murid sudah mengerti nada
    -Kekurangan guru
    Guru langsung mengawali pembelajaran tanpa menanyai kabar siswa/absen dan tidak memberi motivasi pembelajaran tersebut kepada siswa
    -hal yang unik dalam video
    Ada beberapa siswa yang kebingungan ketika mengikuti nada yang diberikan oleh guru
    -saran untuk kedepanya
    Seharusnya sebelum mengawali pembelajaran sebaiknya diawali dengan doa serta seorang guru harus memberi motivasi kepada siswa agar siswa menjadi semangat untuk memulai pembelajaran.

  3. Nama : Theresa Irene Enjang Nugraha
    NIM : 858435251

    Sebelum memulai pembelajaran seharusnya guru memberi salam, mengabsen kehadiran siswa dan memberi tahu tentang materi apa saja yang akan di pelajari seperti alat musik apa yang akan digunakan, mengenalkan tangga nada sehingga siswa dapat memahami materi lebih dalam lagi.

  4. Nama : Sendi satria

    NIM : 857100813

    Prodi : S1-PGSD

    Pokjar : Tambelang

    Menurut analisis saya tentang Vidio pembelajaran diatas adalah

    1. Tidak ada pembukaan (pendahuluan) seperti Guru memberi salam dan mengajak siswa untuk berdo’a.
    2. Guru langsung masuk ke dalam inti atau isi pembelajaran tanpa ada pemanasan terlebih dahulu seperti memberikan pertanyaan kepada siswa tentang musik.
    3. Setelah guru mengajak siswa untuk memainkan alat musik, guru baru menjelaskan tentang Ketukan Nada.
    4. Guru menjelaskan teknik menggunakan alat musik Pianika.
    5. Alat media dan metode yang digunakan guru sudah cukup sesuai untuk siswa.
    6. Materi juga sudah cukup pas untuk siswa kelas IV.
    7. Guru mengetes siswanya satu sama lain untuk mengetahui apakah siswa sudah memahami yang dijelaskan oleh gurunya.
    8. Pada bagian akhir antara guru dan siswa tidak ada sesi tanya jawab atau umpan balik.
    9. Pembelajaran tidak ditutup dengan baik.

  5. Nama : nurfinda sinta mutiara
    NIM : 857562695

    izin menanggapi video yang berjudul “Memainkan Alat Musik Sederhana”
    Menurut pendapat saya, siswa terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal tersebut terlihat dari keseriusan siswa ikut memainkan alat musik bersama guru.
    Secara keseluruhan kekurangan guru dalam melakukan pembelajaran :
    – Di awal pembelajaran (kegiatan pendahuluan) guru melewatkan kegiatan berdo’a, tidak mengabsen siswa, tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
    – Guru tidak menguasai keterampilan membuka pelajaran. Hal tersebut dibuktikan dengan tindakan guru yang tidak menarik perhatian siswa, tidak memotivasi siswa, dan tidak melakukan apresepsi
    – Guru tidak melakukan tes evaluasi kepada masing-masing siswa
    – Guru tidak melakukan kegiatan akhir pembelajaran
    adapun kelebihannya yakni :
    – Guru menjelaskan Teknik bermain pianika dengan lugas
    – Guru ikut langsung bermain alat musik dalam kegiatan pembelajaran, tidak hanya memberikan materi saja
    – Guru melakukan pemantauan langsung kepada masing-masing siswa
    – Guru menyemangati,memberi masukan serta membantu siswa yang terlihat kesulitan
    saya juga menemukan hal unik dalam video pembelajaran tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran yaitu Guru terampil menjelaskan teknik bermain pianika dan mahir memainkan pianika
    Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang saya amati dari tayangan video, upaya yang dapat saya usulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya antara lain :
    – Sebaiknya guru melakukan kegiatan pendahuluan pembelajaran dan penutup pembelajaran
    – sebaiknya guru melakukan tes kepada masing-masing siswa dengan cara siswa praktek maju satu-satu memainkan alat musik pianika dengan lagu yang sudah dipelajari supaya guru tau apakah siswa sudah bisa atau belum

  6. Nama : Wiwik Ayu Laili Nur
    Nim : 858907955
    Prodi : PGSD

    Menurut pendapat saya tentang video pembelajaran “Memainkan Alat Musik Bersama” guru sebaiknya memberikan salam kepada siswa, memberi sapaan dan menanyakan kabar siswa. Sebelum masuk ke dalam praktik memainkan alat musik, sebaiknya guru memberikan sedikit penjelasan tentang nada ataupun melodi yang akan di mainkan bersama. Pada saat melakukan praktik, guru sudah bagus ikut praktik bersama siswa, namun alangkah baiknya guru juga memantau siswa langsung dengan berkeliling kelas. Lalu untuk memaksimalkan kemampuan siswa, guru bisa melakukan tes kepada semua siswa, sehingga mengetahui tiap kemampuan siswa dalam bermain alat musik. Dan diakhir pembelajaran guru menutup kelas dengan berdoa bersama dan mengucap salam.

  7. Nama : Supriyani
    Nim : 857116958
    Jurusan : PGSD

    Dalam video pembelajan tentang Memainkan Alat Musik Sederhana untuk kelas 4 SD, yang berupa alat musik pianika, guru sudah cukup menguasai materi. Namun sebelum mempraktekkan alat musik pianika sebaiknya guru menjelaskan terlebih dahulu.Dalam video tersebut guru langsung mengajak siswa memainkan alat musik sehingga konsentrasi siswa belum terfokus.
    Sebaiknya guru memperkenalkan dulu alat musik pianika tersebut dan merangsang siswa agar semangat dan konsentrasi.Kemudian membimbing siswa cara memegang dan memainkan alat musik pianika dengan benar.

  8. Nama : Achmad Rizki Dwi fahrudin
    Nim : 858901653
    menurut saya, pada awal vidio dapat kita lihat tidak adanya pembukaan doa dan salam, lalu untuk mengenalkan alat musik sederhana, sebaiknya menjabarkan/menjelaskan terlebih dahulu apa itu tangga nada, dan sebaiknya sebelum memainkan alat musik terlebih dahulu di perkenalkan contoh alat musik yang di mainkan “pianika” seharusnya guru menjelaskan cara memainkannya. Untuk alat musik sederhana sebagai contoh menurut saya pianika sudah tepat
    Kemudian untuk evaluasi harusnya mengulas kembali pembelajaran di kelas

  9. Menurut saya tentang pembelajaran memainkan alat musik melodi sederhana ini sebaiknya guru memberikan salam kepada siswa terlebih dahulu, lalu menanyakan kabar siswa, mengecek kehadiran siswa, selanjutnya memberikan motivasi dan semangat kepada siswa agar siswa semangat dan giat dalam belajar.
    Guru sebaiknya menjelaskan terlebih dahulu alat apa yg akan digunakan dan nada²nya sebelum praktek tentang alat musik apa yang sedang dimainkan. dan bagaimana cara teknik memainkannya. Terkadang siswa juga sulit untuk memahami cara memainkannya.

    Pemakaian media alat musik sudah cukup tepat.

    Materi yang disampaikan sudah sesuai untuk anak sekolah dasar.
    Dan sebelum pembelajaran ditutup siswa bersama guru menyimpulkan bagaimana materi tentang pembelajaran yang sudah dilaksanakan tadi.
    Kemudian evaluasi untuk siswa diberikan tanya jawab tentang materi yang telah dipelajarinya.
    Menurut saya dalam mengakhiri pembelajaran sebaiknya pembelajaran ditutup dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa lalu guru memberikan salam

  10. FIIL IZZATI AISYAH
    858685415
    PGSD/sems. 6
    pokjar putra bangsa/Jombang
    menurut saya mengamati pembelajaran di atas terdapat kelebihan dan kekurangannya.

    Kekurangan: awal pembelajaran dimulai dibuka dengan salam dan tanya kabar.
    kita sebagai guru harus memastikn bahwa peserta didik benar-benar dalam keadaan siap belajar.
    guru sebelum memainkan musik pengnalan dulu dengan nama alat musik beserta kegunaanya.
    sebaiknya sebelum menutup pelajaran guru menyampaikan evaluasi terkait pembelajaran yang disampaikan tadi, bisa dengan tebak tebak an atau sedikit mereviw materi.
    guru menutup dengan berdoa dengan keyakinan masing masing dan salam.

    kelebihan: penyampaian materi baik, sebelum praktik mempelajari materi atau teori terlebih dahulu.
    bagus nya setelah di beri teori peserta didik bisa langsung praktek memainkannya dengan diiringi lagu.

Leave a Reply