silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha unutkmenarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang dei berikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara:

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang;
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan;
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukanya itu.

Rusdianto

  1. Dalam Pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep “bertambah” dan “berkurang”. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan peserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Andika Dhanesywara

Similar Posts

411 Comments

  1. MOHAMMAD CLEVIN YANUAR SUGIANTO
    858928769
    1.reaksi anak senag didalam proses pembelajaran menggunakan alat musik pianika karena proses belajar nya sudah menggunakan media pembelajaran seperti alat musik pianika yang sydah disediakan olehsekolah dalalm hal tersebut anak-anak lebih mudah mengerti
    2. kelemahan dari video tersebut guru tidak melakukan terlebih dahulu berdoa sebelum memulai pembelajaran
    3. kelebihan guru menjelaskan dengan baik dan benar maka dari itu anak-anak ketika belajar menggunakan alat musik sudah bisa menggunakannya dengan baik
    4. hal-hal unik yang ditemukan adalah guru dengan keterampilan menjelaskan terlebih dahulu dari materi not-not nada yang akan dipelajarin terlebih sebelum memulai pembelajaran
    5. guru terbantu sekali ketika sekolah sudah menyediakan media pembelajaran dan alat musik seperti yang ada video sudah tersedia alat music dalam hal tersebut anak-anak yang berpontensi lebih cepat mengerti

  2. Nama: Sanju Aprilisia
    Nim : 856589482

    Menurut saya pembelajaran seni musik seperti pionika sangat berguna dan bermanfaat bagi anak-anak di sekolah. karena bisa melatih kemampuan ingatan dan konsentrasi anak-anak,juga bisa berguna di saat acara tertentu seperti acara drum band 17 agustus dan perlombaan musik. di vidio tersebut guru sangat baik dalam mengajar dan anak-anak terlihat antusias dalam mengikuti praktek tersebut.tetapi di saat praktek tersebut guru kurang menguasai materi bermain mudik pionika. sebaiknya sebelum mengajar guru tersebut harus memahami dan menghafalkan materi musik yang akan di ajarkan

  3. Nama : Nazila
    Nim : 856758392
    Pokjar : Gelumbang
    Setelah saya melihat video tersebut terlihat bahwa siswa dalam kelas tersebut sangat antusiasme.
    Akan tetapi ada kelemahan dan kelebihan pada pembelajaran tersebut, yaitu:
    Kelemahan :
    pada awal pembelajaran hendaknya guru memotivasi siswa agar lebih semangat belajar dan pada kegiatan inti guru sebaiknya menjelaskan terlebih dahulu tentang not angka, dan menjelaskan pula dalam memainkan pianika yang cukup penting diketahui adalah tuts berwana hitam dan putih, mengenalkan penempatan jari saat memainkan pianika agar jari tidak kaku dan pengaturan nafas saat tuts diteka.
    Kelebihan:
    Siswa aktif berpartisipasi dan memperhatikan pembelajaran yang dijelaskan guru di depan kelas dan siswa sudah Menggunakan media alat musik sudah sangat tepat untuk anak kelas 4 SD.
    Upaya yang bisa dilakukan salah satunya dengan penyampaian materi yang jelas serta bisa menarik minat siswa.

  4. NAMA: turiani
    NIM :856591686
    JUDUL : SENI

    reaksi anak: memperhatikan dan langsung menirukan guru untuk belajar seruling, dengan nada do,re,mi,fa,so,la,si,do
    kelebihan: guru tidak hanya fokus ke anak yang mempunyai alat saja, guru juga mempraktekkan bagaimana cara memegang alat yang benar
    kekurangan: anak yang tidak membawa alat seruling
    solusi: guru memberikan solusi agar anak menggunakan alat tulis pensil atau pena, dan menirukan nada pada anak yang memainkan seruling dengan
    meyebutkan nada.
    hal unik: guru mengelompokkan anak yang tidak membawa alat seruling menjadi satu kelompok

  5. Nama : Shely aulica krisma
    Nim : 856591654
    Upbjj ut Jambi
    Pokjar kerinci

    Setelah saya menonton Vidio tersebut, guru sudah baik dalam mengajar dan anak-anak terlihat antusias dalam mengikuti praktek mengajar. Kelebihan, guru sudah menjelaskan dengan baik dari teknik-teknik penjarian dalam memainkan pianika, penjelasan nilai ketukan pada nada.namun dalam menjelaskan nilai ketukan dalam nada hendaknya guru menunjukkan kepada siswa mana nilai ketukan pada nada 1 atau 3 pada pianika tidak langsung meminta anak untuk mempraktikkannya walaupun siswa tau yang mana nada tersebut. Kekurangan tidak ada kegiatan pembuka ketika guru hendak memulai pelajaran tersebut. Solusi agar pelajaran berjalan dengan baik dan sempurna ada baiknya guru memulai kegiatan pembuka pelajaran Agar anak-anak tidak terkejut ketika guru hendak mengajari pelajaran tersebut.dan kegiatan penutup ya juga ditambahkan.

    Terimakasih

  6. Nama : ULFA FAJARIAH
    NIM :855736212
    POKJAR: KOTA AGUNG
    UPBJJ:BANDAR LAMPUNG

    1.reaksi anak senag didalam proses pembelajaran menggunakan alat musik pianika karena proses belajar nya sudah menggunakan media pembelajaran seperti alat musik pianika yang sydah disediakan olehsekolah dalalm hal tersebut anak-anak lebih mudah mengerti
    2. kelemahan dari video tersebut guru tidak melakukan terlebih dahulu berdoa sebelum memulai pembelajaran
    3. kelebihan guru menjelaskan dengan baik dan benar maka dari itu anak-anak ketika belajar menggunakan alat musik sudah bisa menggunakannya dengan baik
    4. hal-hal unik yang ditemukan adalah guru dengan keterampilan menjelaskan terlebih dahulu dari materi not-not nada yang akan dipelajarin terlebih sebelum memulai pembelajaran
    5. guru terbantu sekali ketika sekolah sudah menyediakan media pembelajaran dan alat musik seperti yang ada video sudah tersedia alat music dalam hal tersebut anak-anak yang berpontensi lebih cepat mengerti

  7. Nama : Hesti Holifatul Maulani (858921092) UT Jember pokjar Giri Banyuwangi

    sebaiknya sebelum memulai pembelajaran, guru meminta siswa untuk berdo’a terlebih dahulu dan melakukan absensi, dan setelah itu siswa melakukan pemanasan pernapasan agar pada saat bermain musik pianika napasnya lebih teratur. tapi siswa dalam video tersebut sangat antusias dalam mengikuti praktik bermain pianika, dan guru dalam video tersebut sangat bagus dalam menjelaskan not-not dalam bermain pianika sehingga siswa di kelas jadi lebih paham caranya bermain pianika dengan baik dan sempurna. tetapi masih ada siswa yang terlambat pada saat bermain pianika, solusi bagi guru yaitu sebaiknya buat beberapa kelompok agar mudah mengetahui untuk siswa yang kurang lancar dalam bermain dan yang sudah lancar bermain pianika. lalu kelompokkan kembali untuk siswa yang belum lancar dan yang sudah lancar, berikan pemahaman kembali untuk siswa yang belum lancar dalam bermain pianika.

  8. Nama : Wahyuningsih
    Nim : 856816756
    Pokjar : Ketahun
    Setelah saya melihat video tersebut terlihat bahwa siswa dalam kelas tersebut sangat antusias.
    Akan tetapi ada kelemahan dan kelebihan pada pembelajaran tersebut, yaitu:
    Kelemahan :
    pada awal pembelajaran hendaknya guru mengucapkan salam, berdo’a terlebih dahulu, guru tidak memotivasi siswa agar lebih semangat belajar dan pada kegiatan inti guru tidak menjelaskan tentang pianika itu seperti apa, sebaiknya guru menjelaskan terlebih dahulu tentang not angka, dan menjelaskan pula dalam memainkan pianika seperti apa? Karena memainkan pianika cukup penting diketahui adalah tuts berwana hitam dan putih, mengenalkan penempatan jari saat memainkan pianika agar jari tidak kaku dan pengaturan nafas saat tuts diteka.

    Kelebihan :
    Siswa aktif berpartisipasi dan memperhatikan pembelajaran yang dijelaskan guru di depan kelas dan siswa sudah Menggunakan media alat musik sudah sangat tepat untuk anak kelas 4 SD.

  9. NAMA : NITA WIJI ASTUTIK
    NIM : 856826685
    UPBJJU : Bengkulu

    Dalam vidio harusnya guru menjelaskan terlebih dahulu bukan langsung membagikan kertas yang berisi notasi. harusnya guru mengajarakan tentang ketukan atau notasi Not yang ditukis dalam notasi angka dan tanda diam serta teknik penjarian terlebih dahulu. didalam vidio tadi yang saya lihat anak-anak langsung diminta memaikannya jika seperti itu akan banyak anak yang salah

  10. NAMA : NITA WIJI ASTUTIK
    NIM : 856826685
    UPBJJU : Bengkulu
    kekuranganya dalam vidio yang ditayangkan guru terlebih dahulu menjelaskan tentang ketukan atau notasi, not yang ditulis dalam notasi angka dan tanda diam serta teknik penjarian. bukan langsung meminta peserta didik membuka buku dan langsung meminta peserta didik memainkan alat musik seperti dalm vidio.

    Kelebihanya setelah ditengah saya lihat vidio guru memang menjelaskan bagaiamana teknik penjarian dalam memainkan alat musik sederhana tersebut lalu guru juga meminta peserta didik untuk memaikan serta guru juga berkeliling untuk mengecek siswa pasti dalam kelas tidak semua memahami dengan kita dampingin siswa kan mengerti

Leave a Reply