silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha unutkmenarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang dei berikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara:

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang;
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan;
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukanya itu.

Rusdianto

  1. Dalam Pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep “bertambah” dan “berkurang”. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan peserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Andika Dhanesywara

Similar Posts

411 Comments

  1. Nama : Saras Dwi Artika
    NIM 835029561
    UPBJJ-Palembang

    1. Reaksi anak sangat antusias dan semangat dalam memainkan alat musik pianika
    2. Guru tidak menyapa dan mengucapkan salam kepada siswa
    Guru kurang bersemangat dan memotivasi siswa.
    3. Pembelajaran yang di berikan mudah di pahami dan dimengerti oleh siswa.
    4. Sangat menarik dan mudah di pahami ketika guru memberikan teknik pencarian dalam memainkan alat musik pianika kepada siswa.
    5. Hendak nya guru lebih bersemangat dalam mengajar agar dapat memotivasi siswa supaya lebih semangat pula dalam belajar.

  2. Nama : Rina Julia Simamora
    NIM : 856060423
    UPBJJ : Medan
    Pokjar : Toba

    Menurut saya pembelajaran dalam video di atas sudah baik, untuk pembukaan sudah baik siswa terlebih dahulu di ajak untuk mempelajari partitur dan penggunaan teknik jari dengan baik, dan semua siswa sudah memiliki pianika masing – masing, sehingga mudah untuk langsung praktek.

  3. Nama : Rami anna ronauli sinaga
    Nim : 878256771
    Upbjj : Medan

    Menurut pendapat saya mengenai video diatas mengenai ” Memainkan Alat Musik Sederhana ” kurang efisien karena guru tidak memulai awal pembelajaran dengan pembukaan Doa,sesudah itu langsung menjelaskan materi pembelajaran yang akan berlangsung.
    Dan pada saat guru menjelaskan langkah-langkah awal dalam pembentukan nada cukuplah baik.

  4. Nama saya Julirman Hura NIM : 856062649 pembelajaran yang dilakukan guru dalam video yang yang saya amati sangat menarik sekali dimana Banyak anak merasa senang dan antusias ketika belajar bermain musik. Mereka mungkin bersemangat untuk mencoba alat musik baru, menghasilkan suara, dan mengikuti irama.Salah satu kelemahan yang terdapat dalam video pembelajaran yang dilakukan oleh guru adalah ketiadaan pengenalan awal yang komprehensif. Guru tidak memberikan salam sebagai pendahuluan, tidak melakukan kegiatan awal, dan juga tidak menyampaikan tujuan pembelajaran secara spesifik.
    Guru dapat memanfaatkan berbagai media seperti alat peraga untuk memperkaya proses pembelajaran salah satu kelebihan guru dalam video yang saya analisi serta Hubungan yang positif antara guru dan siswa akan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan mendukung juga salah satu kelebihan yg dimiliki.
    hal unik yang saya lihat dalam video pembelajaran ini yaitu dalam pembelajaran seni musik anak-anak sudah memiliki alat peraga contohnya alat musik pianika yang mereka bawa tentu ini juga dukungan dari orangtua siswa, karna di sekolah saya ketika kami belajar not kami hanya menggunakan tepukan tangan itulah keunikan yang saya analisis.
    jika boleh saya mengusulkan kita Membuat lagu sederhana bersama artinya kita Ajak siswa untuk menciptakan lagu sederhana dengan menggunakan alat musik yang mereka kuasai. sekian dan terimakasih banyak

  5. Nama : ASRI PUTRI AYU MAHARANI
    NEM : 856287848
    UT PADANG

    Dalam video Memainkan Apat Mudik Sederhana ini memeiliki kekurangan seperti pada pendahuluan yang kurang komprehensif, Guru tidak memberikan salam perkenalan, tidak melakukan kegiatan perkenalan, dan tidak melakukan kegiatan perkenalan lainnya. Komunikasikan tujuan pembelajaran dengan jelas Kegiatan persiapan dan komunikasi tujuan pembelajaran sangat penting karena membantu siswa memahami konteks pembelajaran dan apa yang diharapkan dari mereka selama sesi pembelajaran. Tanpa pengenalan yang tepat, siswa mungkin akan kesulitan memahami materi secara utuh dan mungkin tersesat dalam proses pembelajaran

  6. Nama : Fitri Hamidah
    Nim : 878254452
    Pokjar : Mandailing Natal

    Setelah menganalisis vidio ” Memainkan Alat Musik Sederhana” Menurut saya guru masih kurang dalam kegiatan pembukaan walaupun sebenarnya siswanya sangat antusias dalam belajar alat musik. Seharusnya guru melakukan kegiatan pembukaan agar siswa makin semangat dan juga menjelaskan terlebih dahulu kepada siswa setelah itu baru di praktekkan.

  7. Nama : DIO ALIF BATARA
    Nim : 835042775
    Pokjar : BELITANG

    Setelah menonton video yang berjudul “Memainkan Alat Musik Sederhana”, saya melihat siswa sangat antusias dengan pelajaran tersebut, kelas kelihatan tenang, dimana saat guru menjelaskan tentang bagaimana cara memainkan alat musik, ketukan not, serta teknik penjarian.
    Dimana era saat ini anak-anak yang cenderung lebih suka bermain handphone dari pada musik, untuk kali ini di sekolah anak-anak diajari mencintai musik, dari segi alat musiknya dan nadanya. Apalagi dukungan fasilitasi pianika sendiri-sendiri, maka mereka pasti sangat antusias dengan pelajaran tersebut. Dengan begitu anak anak mudah memahami dan mempraktekkannya secara langsung. Sekian pendapatan saya tentang vidio ” memainkan alat musik sederhana”.
    Terima kasih.

  8. Ahmad Rizky Permana
    857008084
    Murid sangat baik dalam menerima pembelajaran ini, setiap materi yang disampaikan guru, murid dapat menerima materi dengan baik.
    Pada video pembelajaran ini, guru memimpin langsung praktik memainkan pianika dengan membawakan sebuah lagu nasional. Dimana hal ini dapat menjadi nilai plus bagi pembelajaran yang dilakukan.
    Kurangnya adalah dimana guru kurang interaksi atau pendekatan kepada setiap individu murid, dapat dilihat bahwa ketika murid melakukan kesalahan not guru seperti kaku terhadap murid pada saat mengoreksi.
    Saran untuk vidio ini, agar melakukan proses ice breaking dan pendekatan terhadap individu murid. Sehingga apabila menemukan kondisi dimana murid sulit untuk mengerti, guru dapat mengambil keputusan yang baik terhadap murid tersebut. Selain itu, guru juga harus membuat suasana pembelajaran aktif dimana proses pembelajaran dilakukan dengan 2 arah. Antara Guru dan murid harus berdialog tanya jawab terkait dengan materi supaya pembelajaran lebih efektif dan kuantitatif, dan tujuan pembelajaran dapat tercapai
    Terimakasih

  9. Nama: Anjelina pangestu
    Nim: 857008686
    Semester: 6 (B)

    Video ini sangat inspiratif! Anak-anak tampak sangat bersemangat saat memainkan pianika, meskipun ini merupakan alat musik yang sederhana. Reaksi mereka menunjukkan rasa antusias dan ketertarikan, meskipun beberapa anak terlihat agak gugup atau kesulitan saat pertama kali mencoba. Banyak dari mereka tampak terlibat aktif, dan ada rasa kebersamaan saat mereka memainkan lagu bersama.

    Kelemahan yang terlihat adalah bahwa beberapa anak tampaknya belum sepenuhnya memahami cara menekan tuts dengan benar atau mengatur napas saat meniup pianika. Mungkin guru perlu memberikan lebih banyak panduan dasar tentang teknik bermain pianika sebelum memulai lagu. Selain itu, beberapa anak terlihat bingung karena instruksi yang mungkin kurang jelas atau terlalu cepat bagi sebagian dari mereka.

    Namun, kelebihan guru adalah kesabarannya dalam membimbing anak-anak. Guru juga memberikan instruksi secara bertahap dan memberikan contoh yang jelas, yang membantu anak-anak belajar dengan lebih mudah. Suasana kelas juga sangat positif, dengan guru yang terus memberikan semangat dan pujian, membuat anak-anak merasa percaya diri dalam mencoba.

    Hal unik dari video ini adalah bagaimana anak-anak bekerja sama sebagai sebuah kelompok untuk memainkan musik, meskipun alat musik yang mereka gunakan adalah pianika, yang relatif sederhana. Ini membuktikan bahwa alat musik sederhana pun bisa digunakan untuk menciptakan pengalaman musik yang bermakna di tingkat sekolah dasar.

    Rekomendasi untuk video ini adalah agar guru bisa memberikan lebih banyak sesi latihan yang fokus pada teknik dasar, seperti bagaimana cara meniup dan menekan tuts dengan baik. Penggunaan metode visual, seperti not balok yang lebih sederhana atau warna-warna pada tuts, juga bisa membantu anak-anak lebih cepat memahami instruksi. Tambahan lagu-lagu yang lebih familiar bagi anak-anak juga dapat meningkatkan minat dan kesenangan mereka saat belajar pianika.”

  10. Nama: Anjelina pangestu
    Nim: 857008686
    Semester: 6 (B)

    Video ini sangat inspiratif! Anak-anak tampak sangat bersemangat saat memainkan pianika, meskipun ini merupakan alat musik yang sederhana. Reaksi mereka menunjukkan rasa antusias dan ketertarikan, meskipun beberapa anak terlihat agak gugup atau kesulitan saat pertama kali mencoba. Banyak dari mereka tampak terlibat aktif, dan ada rasa kebersamaan saat mereka memainkan lagu bersama.
    Kelemahan yang terlihat adalah bahwa beberapa anak tampaknya belum sepenuhnya memahami cara menekan tuts dengan benar atau mengatur napas saat meniup pianika.
    Namun,,kelebihan guru adalah kesabarannya dalam membimbing anak-anak. Guru juga memberikan instruksi secara bertahap dan memberikan contoh yang jelas, yang membantu anak-anak belajar dengan lebih mudah. Suasana kelas juga sangat positif, dengan guru yang terus memberikan semangat dan pujian, membuat anak-anak merasa percaya diri dalam mencoba.

    Hal unik dari video ini adalah bagaimana anak-anak bekerja sama sebagai sebuah kelompok untuk memainkan musik, meskipun alat musik yang mereka gunakan adalah pianika, yang relatif sederhana. Ini membuktikan bahwa alat musik sederhana pun bisa digunakan untuk menciptakan pengalaman musik yang bermakna di tingkat sekolah dasar.

    Rekomendasi untuk video ini adalah agar guru bisa memberikan lebih banyak sesi latihan yang fokus pada teknik dasar, seperti bagaimana cara meniup dan menekan tuts dengan baik. Penggunaan metode visual, seperti not balok yang lebih sederhana atau warna-warna pada tuts, juga bisa membantu anak-anak lebih cepat memahami instruksi. Tambahan lagu-lagu yang lebih familiar bagi anak-anak juga dapat meningkatkan minat dan kesenangan mereka saat belajar pianika.

Leave a Reply