silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha unutkmenarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang dei berikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara:

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang;
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan;
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukanya itu.

Rusdianto

  1. Dalam Pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep “bertambah” dan “berkurang”. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan peserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Andika Dhanesywara

Similar Posts

411 Comments

  1. NAMA : EKA SUCI A
    NIM : 858845208

    Setelah melihat video pembelajaran GPO saya menyimpulkan bahwa guru berusaha menarik perhatian siswa untuk memainkan alat musik sederhana, saya merasa sangat terinspirasi. Guru tersebut menunjukkan kreativitas dan dedikasi tinggi dalam mengajar. Usahanya untuk membuat suasana belajar menjadi menyenangkan dan interaktif patut diapresiasi. Dengan menggunakan alat musik sederhana, guru tidak hanya mengajarkan seni, tetapi juga melatih kerja sama, konsentrasi, dan kepercayaan diri siswa. Ini merupakan contoh pembelajaran yang menyentuh hati dan memperlihatkan pentingnya pendekatan yang menyenangkan dalam dunia pendidikan dasar.

  2. NAMA : EKA SUCI A
    NIM : 858845208

    Setelah melihat video GPO saya menyimpulkan bahwa guru berusaha menarik perhatian siswa untuk memainkan alat musik sederhana, saya merasa sangat terinspirasi. Guru tersebut menunjukkan kreativitas dan dedikasi tinggi dalam mengajar. Usahanya untuk membuat suasana belajar menjadi menyenangkan dan interaktif patut diapresiasi. Dengan menggunakan alat musik sederhana, guru tidak hanya mengajarkan seni, tetapi juga melatih kerja sama, konsentrasi, dan kepercayaan diri siswa. Ini merupakan contoh pembelajaran yang menyentuh hati dan memperlihatkan pentingnya pendekatan yang menyenangkan dalam dunia pendidikan dasar.

  3. Nama : Rapika
    Nim : 858080825

    Menurut saya, strategi pembelajaran aktif diterapkan dengan baik, seperti adanya guru yang memberikan contoh memainkan alat musik yang diberikan tanda nada, serta diberikan buku lagu yang akan dipelajari. Mengajak siswa terlibat untuk berpartisipasi secara aktif dalam proses belajar memainkan alat music melodi sederhana.dalam mengajarkan teknik alat musik sederhana khususnya piano, sebagai guru menjelaskan ciri-ciri alat musik tersebut dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk memegang, menekan tutts, dan meniup piano, walaupun siswa belum memahami dengan baik dan benar.apa nada pada piano? Setidaknya hal ini telah memberikan siswa pengalaman belajar tentang piano. Setelah itu guru mengajarkan kepada siswa tentang deretan kunci apa saja yang harus diingat oleh siswa dimulai dari do, re, mi, fa ,sol, la, si, do.Setelah siswa memahami dan dapat menghafalnya, guru mengajarkan teknik dan memberikan contoh cara bermain piano yang baik dan benar…

  4. Nama siska putri andriyani
    Pokjar simpang pematang
    Judul vidio memainkan alat musik sederhana

    1.reaksi anak sangat tenang saat mendengarkan guru dan anak sangat cukup menikmati pembelajaran ini
    2.kelemahan siswa dapat kesulitan saat memainkan piano dan membaca buku pertirtur lagunya.
    3.kelebihan guru sudah cukup baik dalam mengajarkan teknik penjemarian dan tangga nada
    4.hal hal unik dalam vidio pembelajaran ini yaitu tentang nilai dan ketukan tangga nadanya dan juga teknik penjemariannya saat memainkan alat musiknya
    5.menurut saya sebenarnya vidio pembelajaran ini sudah cukup baik tetapi ada beberapa siswa yang kesulitan jadi kalau bisa untuk lebih sederhana lagi jangan langsung memainkan satu buah lagu

  5. Nama : Maria Putri Angelina
    Nim : 857028821
    Pokjar : Sidomulyo

    Hasil analisis video
    Setelah menonton vidio diatas, strategi pembelajaran aktif diterapkan dengan baik, seperti adanya guru yang memberikan contoh memainkan alat musik yang diberikan tanda nada, serta diberikan buku lagu yang akan dipelajari. Mengajak siswa terlibat untuk berpartisipasi secara aktif dalam proses belajar memainkan alat music melodi sederhana.
    Pada saat proses belajar mengajar siswa sudah aktif dalam mengikuti pembelajaran yang diberikan oleh guru. Anak-anakpun terlihat sangat mahir dalam memainkan alat musik. Adapun kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran guru tidak menyapa murid dengan memberi salam, mengadakan ice breaking, mengabsen kehadiran anak, dan tidak memberikan apersepsi. Terlihat pula di akhir pembelajaran guru tidak melakukan refleksi kepada siswanya dan kesimpulan dari apa yang sudah dipelajari.

  6. Nama : Yunita Sastra Praja
    NIM : 856794833
    UPBJJ: Palembang
    Pokjar : Prabumulih
    Dari vidio yang saya lihat “memainkan alat Musik Sederhana”
    Pembelajaran alat musik sederhana terlihat kondusif dan siswa bersemangat. Namun, masih perlu perbaikan dalam hal kekompakan tarikan nafas dan pemberian tanda nada oleh guru. Praktik bermain alat musik lebih efektif dengan menggunakan alat langsung dan guru yang sabar.

  7. Nama : Nurjannah Harahap
    NIM : 860127633
    UPBJJ: UT Medan
    Memainkan Alat Musik Sederhana
    Setelah melihat vidio tersebut belajar alat musik terlihat kondusif antara guru maupun siswa, siswa terlihat bersemangat hanya masih kurang kompak antara panjang nya tarikan nafas. Dan lebih baik guru memberi tanda mana tinggi, rendahnya nada. Praktik bermain alat musik lebih bagus langsung menggunakan alat tersebut. Dengan guru yg sabar mengajar anak murid nya.

  8. Nama : Nurjannah Harahap
    NIM : 860127633
    UPBJJ: UT Medan

    Memainkan Alat Musik Sederhana Setelah melihat vidio tersebut belajar alat musik terlihat kondusif antara guru maupun siswa, siswa terlihat bersemangat hanya masih kurang kompak antara panjang nya tarikan nafas. Dan lebih baik guru memberi tanda mana tinggi, rendahnya nada. Praktik bermain alat musik lebih bagus langsung menggunakan alat tersebut. Dengan guru yg sabar mengajar anak murid nya. 

  9. Nama : Vicky Mawar Dita
    NIM: 857029602
    POKJAR : sidomulyo

    Kelemahannya dari Vidio tersebut yaitu:
    diawal pembelajaran seorang guru tidak berdoa terlebih dahulu serta tidak mengucapkan salam.
    -seorang guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan di sampaikan sehingga siswa tidak mengerti apa tujuan pembelajaran tersebut.
    -seorang guru tidak mengecek kehadiran siswa.
    -dalam video pembelajaran tersebut seorang guru tidak membagi kelompuk antara yang belum bisa memainkannya dan bagi yang sudah bisa memainkannya, sehingga terlihat ada siswa yang tidak bisa memainkan pianika dengan mudah.
    -seharusnya seorang guru menulis nutasi terlebih dahulu di papan tulis sehingga semua siswa bisa membunyikan secara bersama.
    -seorang guru memberikan arahan terlebih dahulu bahwa menggunakan ketukan untuk menentukan cepat lambatnya nada, sehingga cepat lambatnya nada bisa di atur guru.
    -diakhir pembelajaran sevrang guru tidak berdoa serta tidak mengucapkan salam penutup.

    Kelebihannya:
    -semua siswa dapat memainkan pianika.
    -guru mengecek semua siswa cara bermain pianika sehingga seorang guru dapat mengetahui kemampuan siswa masing-masing antara yang menguasai maupun yang tidak menguasai.
    -guru dapat mengatur tempo nada secara tepat.
    -seorang guru mempraktekkan secara langsung kepada siswanya sehingga siswa dapat lebih mudah memahami materinya.
    -seorang guru menjelaskan letak jari saat menekan nutasi nada sehingga siswa dapat memprakteknnya dengan mudah.

  10. Nama: Fikri Rafiqa Hayyin
    NIM: 858844997

    Menurut pengamatan saya alat musik melodi sederhana untuk siswa SD merupakan inisiatif yang sangat berharga dalam pendidikan musik dasar. Materi ini memberikan fondasi penting bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan musikal sejak dini. Adapun aspek positif yang perlu diapresiasi:
    1) Pengenalan alat musik melodi sederhana seperti pianika sangat tepat untuk usia SD karena sesuai dengan kemampuan motorik dan kognitif mereka. Pendekatan bertahap dalam video tersebut memungkinkan siswa membangun kepercayaan diri dan kemampuan mereka secara gradual. Dimulai dari pengenalan alat musik, cara memegang yang benar, teknik pernapasan dasar, hingga memainkan melodi sederhana memberikan struktur pembelajaran yang jelas.
    Namun menurut saya adapun kekurangan Guru sebaiknya mempertimbangkan untuk menyisipkan aktivitas singkat yang menyenangkan di awal atau di tengah pembelajaran pianika. Ice breaking sederhana seperti permainan tepuk pola ritme atau bernyanyi bersama dapat menciptakan suasana belajar yang lebih positif tanpa mengurangi substansi pembelajaran alat musik melodi tersebut

Leave a Reply