silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha unutkmenarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang dei berikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara:

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang;
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan;
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukanya itu.

Rusdianto

  1. Dalam Pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep “bertambah” dan “berkurang”. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan peserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Andika Dhanesywara

Similar Posts

410 Comments

  1. Nama : VInces Justin Halawa
    NIMPembelajaran diatas sudah bagus hanya saja beberapa kelemahan guru dalam memulai pembelajaran harusnya menjelaskan materi terlebih dahulu sehingga peserta didik tidak kebingungan mengikuti pelajaran. Secara umum pembelajaran ini meningkatkan minat siswa terlebih karena dibantu dengan alat musik.

  2. Nama : Vinces Justin Halawa
    NIM : 877526686
    Pembelajaran diatas sudah bagus hanya saja beberapa kelemahan guru dalam memulai pembelajaran harusnya menjelaskan materi terlebih dahulu sehingga peserta didik tidak kebingungan mengikuti pelajaran. Secara umum pembelajaran ini meningkatkan minat siswa terlebih karena dibantu dengan alat musik.

  3. Nama : Komang darweni
    Nim : 859773648

    Dalam video diatas siswa diajarkan menggunakan alat musik tetapi bukan alat musik tradisional yang dan musik yang monoton sehingga membuat siswa menjadi sedikit mlas dalam memainkan alat musik.
    Sekian terima

  4. Nama : RUTH CINTA PUTRI NIM : 856822355 Berdasarkan video yang telah diperhatikan: guru sudah baik dalam mengajar dan anak-anak terlihat antusias dalam mengikuti praktek mengajar. Guru sudah menjelaskan dengan baik dari teknik-teknik pengajaran dalam memainkan pianika, menjelaskan nilai ketentuan pada nada, namun dalam menjelaskan nilai ketukan dalam nada hendaknya guru menunjukkan kepada siswa mana nilai ketukan pada nada 1 atau nada 3 pada pianika tidak langsung meminta anak untuk mempraktikkannya walaupun siswa tahu yang mana nada tersebut. Guru sudah bagus dengan memperhatikan anak dengan berkeliling melihat anak yang belum fasih bermain dan anak yang sudah fasih bermain pianika. Pada awal pembelajaran guru tidak meminta anak untuk berdoa dan mengucapkan salam, hendaknya sebelum memulai kegiatan pembelajaran lebih baik diawali apresiasi dengan doa, menanyakan kabar anak dan melakukan pengecekan kehadiran lalu mulai pembukaan pembelajaran. Dalam pembukaan pembelajaran guru tidak mengenalkan dahulu apa itu nada, notasi angka dan teknik pencarian namun langsung melaksanakan praktik. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran anak-anak mudah memahami Karena guru melaksanakan praktek dengan langsung menggunakan alat musik atau media langsung. Usul saya guru lebih harus menguasai kelas dengan baik, memulai kegiatan belajar mengajar dengan apresiasi, dan menjelaskan materi dengan benar dan baik agar anak dapat lebih mengerti dalam belajar mengajar yang berlangsung

  5. Nama: RUTH CINTA PUTRI , NIM: 856822355 Berdasarkan video yang telah diperhatikan: guru sudah baik dalam mengajar dan anak-anak terlihat antusias dalam mengikuti praktek mengajar. Guru sudah menjelaskan dengan baik dari teknik-teknik pengajaran dalam memainkan pianika, menjelaskan nilai ketentuan pada nada, namun dalam menjelaskan nilai ketukan dalam nada hendaknya guru menunjukkan kepada siswa mana nilai ketukan pada nada 1 atau nada 3 pada pianika tidak langsung meminta anak untuk mempraktikkannya walaupun siswa tahu yang mana nada tersebut. Guru sudah bagus dengan memperhatikan anak dengan berkeliling melihat anak yang belum fasih bermain dan anak yang sudah fasih bermain pianika. Pada awal pembelajaran guru tidak meminta anak untuk berdoa dan mengucapkan salam, hendaknya sebelum memulai kegiatan pembelajaran lebih baik diawali apresiasi dengan doa, menanyakan kabar anak dan melakukan pengecekan kehadiran lalu mulai pembukaan pembelajaran. Dalam pembukaan pembelajaran guru tidak mengenalkan dahulu apa itu nada, notasi angka dan teknik pencarian namun langsung melaksanakan praktik. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran anak-anak mudah memahami Karena guru melaksanakan praktek dengan langsung menggunakan alat musik atau media langsung. Usul saya guru lebih harus menguasai kelas dengan baik, memulai kegiatan belajar mengajar dengan apresiasi, dan menjelaskan materi dengan benar dan baik agar anak dapat lebih mengerti dalam belajar mengajar yang berlangsung

  6. Nama : Amalia Dinda Pratiwi
    Nim : 857610187

    Dalam video pembelajaran berjudul Memainkan Alat Musik Sederhana, guru mengajarkan siswa kelas dasar untuk memainkan alat musik pianika. Pembelajaran berlangsung secara langsung di dalam kelas, dengan pendekatan yang bersifat demonstratif.
    Selama kegiatan, siswa tampak antusias dan mengikuti arahan guru dengan baik. Mereka aktif memainkan pianika dari tempat duduk masing-masing sesuai instruksi yang diberikan. Meskipun demikian, pembelajaran berlangsung secara serentak tanpa interaksi individual yang mendalam antara guru dan siswa.
    Beberapa kelemahan dalam pembelajaran ini terlihat dari kurangnya pengantar teori sebelum praktik dimulai, serta tidak adanya variasi alat musik yang digunakan. Guru juga tidak memberikan kesempatan bagi siswa untuk tampil atau mendemonstrasikan hasil praktik secara individu, dan tidak melakukan observasi langsung dengan berkeliling ke setiap siswa. Hal ini mengurangi peluang bagi siswa untuk mendapatkan umpan balik personal mengenai teknik mereka.
    Di sisi lain, guru menunjukkan kemampuan komunikasi yang baik dan mampu menjaga kelas tetap teratur. Instruksi yang diberikan jelas, dan penggunaan alat musik nyata seperti pianika memberikan pengalaman belajar yang konkret bagi siswa.
    Agar kualitas pembelajaran lebih optimal ke depannya, beberapa hal dapat diupayakan. Pertama, guru disarankan untuk menyampaikan penjelasan teori dasar mengenai alat musik melodis dan teknik bermain pianika sebelum memulai praktik. Kedua, pembelajaran akan lebih menarik jika ditambahkan variasi alat musik sederhana lainnya. Ketiga, alokasi waktu untuk latihan individual dapat membuka ruang bagi siswa yang membutuhkan perhatian lebih. Terakhir, guru juga dapat memberikan umpan balik langsung dengan cara berkeliling kelas

  7. Nama: Arda Zephytra D. M.
    NIM: 857844772
    Pokjar: Kalikotes, Klaten

    Video pembelajaran ini menyajikan materi tentang bagaimana cara memainkan alat musik sederhana dengan cara yang menarik dan mudah dipahami oleh siswa SD. Materi yang disampaikan tidak hanya bersifat informatif, tetapi juga edukatif dan menghibur. Penyajian yang sederhana namun jelas membuat siswa lebih mudah mengikuti setiap instruksi yang diberikan. Anak-anak cenderung lebih mudah menyerap pelajaran melalui pengalaman langsung dan contoh konkret. Oleh karena itu, video ini sangat efektif karena menggabungkan antara penjelasan dan praktik. Dengan melihat langsung bagaimana alat musik dimainkan, siswa tidak hanya memahami teori, tetapi juga bisa menirukan dan mempraktikkannya di rumah atau di sekolah.

  8. Nama: Arda Zephytra D. M.
    NIM: 857844772
    Pokjar: Kalikotes, Klaten

    Video pembelajaran ini menyajikan materi tentang bagaimana cara memainkan alat musik sederhana dengan cara yang menarik dan mudah dipahami oleh siswa SD. Materi yang disampaikan tidak hanya bersifat informatif, tetapi juga edukatif dan menghibur. Penyajian yang sederhana namun jelas membuat siswa lebih mudah mengikuti setiap instruksi yang diberikan. Anak-anak cenderung lebih mudah menyerap pelajaran melalui pengalaman langsung dan contoh konkret. Oleh karena itu, video ini sangat efektif karena menggabungkan antara penjelasan dan praktik. Dengan melihat langsung bagaimana alat musik dimainkan, siswa tidak hanya memahami teori, tetapi juga bisa menirukan dan mempraktikkannya di rumah atau di sekolah.

    Sedikit kekurangan dalam pembelajaran tersebut ialah kurangnya arahan pada awal pembelajaran sehingga siswa terlihat bingung dan kurang kondusif ketika memulai latihan memainkan alat musik.

  9. Nama : Inge Dwisasti
    NIM : 856022899

    Pada Video pembelajaran diatas dapat disimpulkan bahwa, Anak-anak cenderung lebih mudah menyerap pelajaran melalui pengalaman langsung dan contoh konkret. Oleh karena itu, video ini sangat efektif karena menggabungkan antara penjelasan dan praktik. Dengan melihat langsung bagaimana alat musik dimainkan, siswa tidak hanya memahami teori, tetapi juga bisa menirukan dan mempraktikkannya di rumah atau di sekolah.

  10. nama : rosnani nur khafidhoh
    nim : 857847262

    dari video memainkan alat musik diatas guru sudah baik dalam mengajar. anak” dijelaskan teori tentang musik dengan baik dan anak juga mampu praktek memainkan alat muik dengan baik walaupun tadi saya lihat ada beberapa anak yang kurang faham dalam memainkan alat musik. guru juga perlu berkeliling dan memastikan bahwa setiap anak bisa memainkan alat musik sesuai dengan not, dan menggunakan jari yang pas agar tidak kesulitan menekan tombol pianika yang mungkin jarak not 1 ke not selanjutnya cukup jauh. Dalam pembukaan pembelajaran guru tidak mengenalkan dahulu apa itu nada, notasi angka dan teknik pencarian namun langsung melaksanakan praktik. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran anak-anak mudah memahami Karena guru melaksanakan praktek dengan langsung menggunakan alat musik atau media langsung. Usul saya guru lebih harus menguasai kelas dengan baik, memulai kegiatan belajar mengajar dengan apresiasi, dan menjelaskan materi dengan benar dan baik agar anak dapat lebih mengerti dalam belajar mengajar yang berlangsung. namun secara keseluruhan guru sudah baik dalam mengajar alat musik dan cukup banyak siswa yang sudah faham dan mahir dalam memainkan alat musik
    terimakasih

Leave a Reply