silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Isi video tersebut memperlihatkan tentang situasi pembelajaran di sebuah kelas, tepatnya kelas 1 Sekolah Dasar. Adapun mata pelajaran yang diberikan adalah Bahasa Indonesia, dengan materi “Membaca Cerita Secara Bergilir” dengan judul cerita “Timun Mas”. Guru memberikan pembelajaran dengan memperkenalkan materi tersebut.  Setelah itu guru menjelaskan materi sedikit, disertai contoh berupa gambar tokoh utama yaitu  Timun Mas, dengan tokoh lainnya yang menjadi lawannya yaitu Raksasa yang Jahat. Selanjutnya…

Guru terlihat sedikit mengatur siswa yang agak ribut, tidak memperhatikan pelajaran karena sibuk dengan mainannya sendiri.  Setelah itu guru menyita mainan yang dimiliki siswa tersebut. Guru pun melanjutkan penjelasan mengenai materi. Pembelajaran diakhiri dengan beberapa nasihat dari guru kepada siswa-siswanya.

Apakah Anda pernah mengalami masalah seperti ini? Bagaimana cara Anda mengatasinya? Ayoo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar Anda mengenai masalah tersebut.!

Dra. Yetty Morelent, M. Hum.

Similar Posts

200 Comments

  1. Assalamualaikum saya Imroatul Chabibah Nim 858797991 Pokjar UPBJJ UT Malang. Ijin Nimbrung Diskusi.
    Setelah menonton video ini, saya melihat ibu guru sudah baik dalam menguasai kelas seperti saat anak-anak mulai ribut atau ramai juga saat anak-anak bermain ketika dijelaskan, cara ibu guru dalam menegur siswa sudah baik, dan juga memberikan pesan saat pembelajaran selesai.
    Akan tetapi ada beberapa hal yang harus diperbaiki, seperti Guru terlalu kaku dalam memulai pembelajaran, sehingga anak-anak akan cepat merasa bosan, untuk hal ini guru sebaiknya membuka pembelajaran dengan Doa, yel yel atau dengan lagu wajib nasional agar siswa lebih semangat. Kemudian Media yang diberikan ibu sudah baik, tetapi ada baiknya menggunakan media audio visual seperti menggunakan laptop untuk menampilkan gambar-gambar yang lebih menarik perhatian siswa. Juga Sebaiknya guru tidak hanya mempersilahkan siswa yang lancar membaca saja, tetapi tetap menyuruh siswa yang masih kurang lancar membaca supaya guru tau perkembangan setiap anak. Dan diakhir pembelajaran guru menampilkan video timun mas, supaya anak-anak jadi paham cerita yang dibaca.
    Demikian menurut saya.
    Terimakasih.

  2. Assalamualaikum saya Imroatul Chabibah Nim 858797991 dari Pokjar UPBJJ UT Malang ijin Nimbrung Diskusi.
    Setelah menonton video ini, saya melihat ibu guru sudah baik dalam menguasai kelas seperti saat anak-anak mulai ribut atau ramai juga saat anak-anak bermain ketika dijelaskan, cara ibu guru dalam menegur siswa sudah baik, dan juga memberikan pesan saat pembelajaran selesai.
    Akan tetapi ada beberapa hal yang harus diperbaiki, seperti Guru terlalu kaku dalam memulai pembelajaran, sehingga anak-anak akan cepat merasa bosan, untuk hal ini guru sebaiknya membuka pembelajaran dengan Doa, yel yel atau dengan lagu wajib nasional agar siswa lebih semangat. Kemudian Media yang diberikan ibu sudah baik, tetapi ada baiknya menggunakan media audio visual seperti menggunakan laptop untuk menampilkan gambar-gambar yang lebih menarik perhatian siswa. Juga Sebaiknya guru tidak hanya mempersilahkan siswa yang lancar membaca saja, tetapi tetap menyuruh siswa yang masih kurang lancar membaca supaya guru tau perkembangan setiap anak. Dan diakhir pembelajaran guru menampilkan video timun mas, supaya anak-anak jadi paham cerita yang dibaca.
    Demikian menurut saya.
    Terimakasih.

  3. NAMA : M.NOORIMANSYAH
    NIM : 858294365
    Prodi : S1 PGSD
    UPBJJ : 49 / BANJAR MASIN

    Assalamualaikum….Wr…Wb…
    Menurut saya dari Video di atas
    -Reaksi siswa nya kurang begitu antusias mengikuti pelajaran yang berlangsung.
    -Mungkin dikarenakan kurang bersemangat nya ibu guru mereka dalam memberikan pembelajaran jadi
    murid murid nya pun jadi ikutan kurang bersemangat.
    -Kelebihan ibu yang mengajar di video di atas tersebut ibu guru sudah bisa menguasai kelas dan bisa
    menggambar dengan bagus.
    -Hal Unik yang ada pada video saat pembelajaran berlangsung iyalah ada anak yang bermain yoyo pada
    saat pelajaran tengan berlangsung.
    -Menurut pendapat saya upaya yang yang harus di tingkatkan pada pembelajaran di dalam video tersebut
    adalah mulai dari pertama masuk kelas ibu harus mengucapkan salam dengan semangat serta
    menyuarakan yel-yel untuk menambah semangat mereka dalam belajar,kemudian setelah itu ibu guru
    jangan lupa memperingatkan kepada siswa kalau ada yang membawa mainan kesekolah tolong di titipkan
    dulu kepada ibu guru nya.Dan Yang terahir saya rasa Pembelajaran nya akan lebih menarik minat dan
    konsentrai siswa jika menggunakan media pembelajaran seperti dengan menampilkan gambar,audia dan
    media pembelajaran lain nya sesuai dengan kebutuhan pembelajaran yang sedang berlangsung

  4. nama : yeni sari
    nim : 857449827

    dalam kegiatan pembelajaran tersebut reaksi siswa masih ada yang tidak fokus, maka dari itu penting sekali untuk melakukan refleksi terlebih dahulu sebelum memulai pelajaran agar siswa lebih fokus, lebih siap dan tentunya lebih semangat untuk melakukan kegiatan pembelajaran , salah satu upaya yang bisa di lakukan guru sebelum memulai pembelajaran dapat melakukan tepuk semangat.
    dalam pembelajaran membaca cerita secara bergiliran, tentunya harus melibatkan siswa untuk berperan aktif akan tetapi sebelum memerintahkan siswa, guru sebagiknya mencontohkan terlebih dahulu bagai mana cara membaca sebuah cerita yang baik dan benar,metode yang di gunakan guru sudah tepat, dimana guru meminta siswa untuk membacakan cerita di depan kelas secara bergantian, hal ini sangat berpengaruh untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa.

  5. Assalamualaikum wr wb. Nama saya Hairunisa, Nim : 858305024
    Menurut saya video diatas yang harus ditingkatkan pada pembelajaran dari video tersebut adalah memulai dari pertama masuk kelas ibu mengucapkan salam dengan semangat serta menyuarakan yel – yel, dan menyanyi kan wajib. Untuk menambahkan semangat mereka dalam pembelajaran, kemudian setelah itu ibu guru juga jangan lupa memperingatkan kepada muridnya agar tidak membawa mainan kesekolah. Guru harus memberikan media pembelajaran yang menampilkan gambar dan alat pembelajaran lainnya sesuai dengan pembelajaran yang berlangsung. Dalam kegiatan pembelajaran guru benar – benar siap memberikan materi pelajaran, siswa masih ada tidak fokus dalam mendengarkan cerita yang di sampaikan gurunya, karena anak masih banyak yang berbicara di dalam kelas dan ada juga anak membawa mainan kesekolah, guru seharusnya memberi nasehat kepada anak agar tidak mainan kesekolah, kemudian guru juga harus tetap menyuruh siswa maju kedepan agar anak percaya diri dalam pembelajaran, dan menyuruh anak maju kedepan agar bisa melihat dari siswa perkembangan anak setiap harinya apakah mereka bisa atau tidak, jadi anak paham apa yang diceritakan oleh guru nya kepada anak murid nya.Demikian menurut saya terimakasih wassalamu’alaikum wr wb.

  6. Assalamualaikum, wr. Wb. Saya febri yenti, nim. 856476047, Pokja payung sekali pekanbaru. Dalam video ini saya melihat ketidak sesuaian antara judul video dengan isi video, ketika proses pembelajaran sedang berlangsung guru kurang menguasai kelas terlihat dari ada siswa yang bermain-main ketika proses pembelajaran, strategi dan metode pembelajaran juga tidak menarik bagi siswa terlihat siswa merasa bosan, untuk guru menegur siswa dalam proses pembelajaran sudah baik dengan menegur dengan lembut, sebaiknya guru mempergunakan media.

  7. Nama : Defy Apriani
    Nim : 856444366
    Pokjar : pelalawan

    Assalamualaikum wr wb.
    Menurut saya video diatas yang harus ditingkatkan pada pembelajaran dari video tersebut adalah memulai dari pertama masuk kelas ibu mengucapkan salam dengan semangat serta menyuarakan yel – yel, dan menyanyi kan wajib. Untuk menambahkan semangat mereka dalam pembelajaran, kemudian setelah itu ibu guru juga jangan lupa memperingatkan kepada muridnya agar tidak membawa mainan kesekolah. Guru harus memberikan media pembelajaran yang menampilkan gambar dan alat pembelajaran lainnya sesuai dengan pembelajaran yang berlangsung. Dalam kegiatan pembelajaran guru benar – benar siap memberikan materi pelajaran, siswa masih ada tidak fokus dalam mendengarkan cerita yang di sampaikan gurunya, karena anak masih banyak yang berbicara di dalam kelas dan ada juga anak membawa mainan kesekolah, guru seharusnya memberi nasehat kepada anak agar tidak mainan kesekolah, kemudian guru juga harus tetap menyuruh siswa maju kedepan agar anak percaya diri dalam pembelajaran, dan menyuruh anak maju kedepan agar bisa melihat dari siswa perkembangan anak setiap harinya apakah mereka bisa atau tidak, jadi anak paham apa yang diceritakan oleh guru nya kepada anak murid nya.Demikian menurut saya terimakasih wassalamu’alaikum wr wb.

  8. Nama:Ni Wayan Erna watiningsih
    NIM:859037793
    Untuk mengatasi anak yang terlalu aktif tersebut kita bisa menegurnya,memintanya kedepan kelas untuk menceritakan isi teks dengan kata-kata sendiri.Supaya anak yang aktif/tidak bisa diam saat membaca atau setelah selesai membaca merasa tergugah,berfikir kembali.Karena pada dasarnya jika anak diminta kedepan dan berbicara mereka merasa agak kesulitan.Jadi dengan diberikan tambahan seperti itu,setelah anak selesai membaca akan kembali mengulang membaca atau berusaha menghapal isi bacaan.Sehingga tidak aktif dan mengganggu teman yang lain yang sedang mendapatkan giliran membaca.

  9. Nama : Sukma angraini
    Nim : 856456869
    Program studi: PGSD S-1

    Setelah saya mengamati video diatas mengenai “Membaca cerita secara bergiliran” , saya melihat bahwa :
    1. Reaksi siswa yang kurang antusias dalam menjalankan proses belajar, hal ini dapat dilihat dari masih banyaknya siswa yang ribut
    2. Mengenai kekurangan pada video diatas ialah :
    – Guru tidak memulai pembelajaran dengan berdoa
    – Guru kurang maksimal dalam penggunaan media ajar
    3. Mengenai kelebihan pada video diatas ialah :
    – Guru dapat mengatasi siswa yang ribut dengan cara yang baik
    4. Hal unik yang saya temui didalam video diatas ialah guru tersebut dapat menggambar dengan sangat baik untuk tokoh timun mas
    5. Upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran selanjutnya ialah diharapkan agar guru dapat membuka pembelajaran dengan penuh semangat dan mengawalinya dengan salam serta berdoa untuk membantu siswa memulai pembelajaran.

    Sekian pendapat dari saya,
    Lebih dan kurang saya mohon maaf,
    Terimakasih

  10. Nama : Salwa Shamrotul Puadah
    NIM : 857442752
    Program Studi : S1-PGSD
    UPBJJ : UT Bandung

    Menurut pendapat saya reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut adalah kurangnya antusias anak/siswa dengan apa yang disampaikan guru, hal ini mungkin terjadi karena menurut saya pembelajaran yang dilakukan terlalu monoton. Anak/siswa juga banyak yang tidak memperhatikan guru, banyak yang mengobrol, dan ada yang malah asik memainkan mainan. Sebaiknya sebelum pembelajaran berlangsung guru mengecek terlebih dahulu kesiapan siswa, mengajak siswa terlebuh dahulu untuk berdoa, dan juga mempersiapkan alat-alat yang akan digunakan terlebih dahulu agar kegiatan belajar dapat berjalan dengan lancar karena semua sudah merasa siap.

Leave a Reply