silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Isi video tersebut memperlihatkan tentang situasi pembelajaran di sebuah kelas, tepatnya kelas 1 Sekolah Dasar. Adapun mata pelajaran yang diberikan adalah Bahasa Indonesia, dengan materi “Membaca Cerita Secara Bergilir” dengan judul cerita “Timun Mas”. Guru memberikan pembelajaran dengan memperkenalkan materi tersebut. Setelah itu guru menjelaskan materi sedikit, disertai contoh berupa gambar tokoh utama yaitu Timun Mas, dengan tokoh lainnya yang menjadi lawannya yaitu Raksasa yang Jahat. Selanjutnya…
Guru terlihat sedikit mengatur siswa yang agak ribut, tidak memperhatikan pelajaran karena sibuk dengan mainannya sendiri. Setelah itu guru menyita mainan yang dimiliki siswa tersebut. Guru pun melanjutkan penjelasan mengenai materi. Pembelajaran diakhiri dengan beberapa nasihat dari guru kepada siswa-siswanya.
Apakah Anda pernah mengalami masalah seperti ini? Bagaimana cara Anda mengatasinya? Ayoo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar Anda mengenai masalah tersebut.!
Dra. Yetty Morelent, M. Hum.
–
–
–
–
Nama : Suryani
Nim : 856082705
Dari video diatas dapat saya simpulkan guru harus bisa membuat kelas agar lebih menyenangkan dan belajar jadi tidak membosankan agar murid atau siswa lebih berminat dan lebih bersemangat , hal ini bisa dilakukan dengan mengubah suasana kelas ,suasana yang saya maksudkan bisa dilakukan dengan belajar diluar ruangan kelas , serta membawa alat peraga yang lebih berwarna atau bisa juga dbuat semacam kuis agar siswa lebih semangat dan berminat.
nama : fingka nurzannah
nim :8560426529
menurut pendapat saya dari isi video tersebut sebaiknya guru Membentuk beberapa kelompok,sehingga di setiap kelompok tersebut dapat menceritakan tentang kisah timun mas,sehingga semua siswa pun ikut aktif dalam mengerjakan tugas yang telah di berikan kepada mereka,dan semua siswa pun bagaimana kisah seorang timun mas,namun dalam video tersebut yang saya lihat,guru tersebut hanya mengunjuk salah satu siswa yang mampu saja.sehingga siswa yang lain tidak mengerti atau tidak paham apa yang di kerjakan,sehingga terjadi suasana kelas yang tidak kondusif dan kebanyakan siswa ribut dan melakukan aktivitasnya masing – masing.
Dalam video tersebut juga saya melihat kelebihan seorang guru yaitu dapat menggambar bagaimana itu seorang perempuan yang di sebut timun mas,dan gambar selanjutnya yaitu gambar besar, yang di sebut raksasa,sehingga siswa dapat mengerti yang mana timun mas dan yang timus mas.
Nama : Resti Nurfauziah
Nim : 857530556 (PGSD)
UPBJJ : Bandung
Bismillah…. Ijin menanggapi Vidio Pembelajaran ” Membaca Cerita Secara Bergilir”
1. siswa masih belum fokus mengikuti pembelajaran
2. Siswa masih kurang aktif untuk dalam membaca
3. siswa masih kesulitan ketika memahami ceritanya dan masih kesulitan untuk menyimpulkan, dan menjelaskan isi cerita tersebut.
4. Motifasi dari seorang guru menyuruh siswa berbicara di depan kelas masih perlu di tingkat kan lagi
Metode membaca cerita secara bergilir harus lebih menarik lagi supaya motifasi siswa untuk minat baca nya lebih semangat.
Terimakasih.
Nama : M.Ridho Saputra
Nim : 856523486
Salut Bono Pangkalan Kerinci
pendapat saya ada beberapa yang harus diperhatikan atau diperbaiki yang pertama itu awal pembelajaran kita harus memulai dengan berdoa dan membacakan tujuan dari pembelajaran, dan seterusnya, disini saya juga menyampaikan pelajaran yang tidak berurutan yang mana awalnya guru tersebut memerintahkan kepada kelompok satu untuk maju, dan kemudian guru tersebut memerintahkan kembali anak yang dianggap membacanya paling bagus.
kelebihan dari guru tersebut membuat gambar sebelum cerita sehingga mereka menjadi ingin tau apa yang akan terjadi selanjutnya. Terimakasih
Nama : Norhasrita
Nim : 856087958
Prodi : PGSD
Bagi saya cerita dalam pembelajaran yang ingin dibahas tersebut sangat menarik untuk dibahas bersama peserta didik
Akan tetapi alangkah lebih bagus pembelajaran tersebut dilakukan diluar ruangan yang nyaman untuk anak-anak belajar, agar anak lebih tertarik dan semangat dalam belajar dan menceritakan cerita tersebut. Dan gambar yang ingin diperlihatkan ke peserta didik lebih bagus lagi menggunakan gambar yang berwarna supaya menarik perhatian anak terhadap objek cerita yang ingin dibahas.
Disela-sela guru menjelaskan pembelajaran sebaiknya guru juga memberikan ice breaking supaya anak lebih semangat lagi untuk memulai pelajaran.
Dalam video di atas terlihat masih terdapat siswa yang asik bermain,itu disebabkan guru banyak menggunakan metode ceramah sehingga anak merasa jenuh dan bosan, siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran, siswa kesulitan memahami isi cerita, dan minat membaca siswa yang rendah. Sebaiknya guru menggunakan bahasa yang mudah di pahami agar siswa mudah mencerna dan dapat menceritakannya kembali dengan baik.
Kelebihan dalam video tersebut guru dapat menggambar tokoh-tokoh dalam cerita tersebut.
Terimakasih.
Nama : warni Tati gulo
Nim. : 859890474
UPBJJ :MEDAN
ijin saya mau menggapi video tersebut.Dalam video tersebut pertama – tama
1. Seorang guru sebelum proses belajar di mulai,di awali dengan berdoa
2. Guru harus memberikan motivasi atau semangat kepada siswa agar siswa tidak bosan di saat dalam proses belajar ataupun di saat mendengar kan sebuah cerita tentang timun mas.
3.Mengabsen semua
4. Membentuk beberapa kelompok,sehingga di setiap kelompok tersebut dapat menceritakan tentang kisah timun mas,sehingga semua siswa pun ikut aktif dalam mengerjakan tugas yang telah di berikan kepada mereka,dan semua siswa pun bagaimana kisah seorang timun mas,namun dalam video tersebut yang saya lihat,guru tersebut hanya mengunjuk salah satu siswa yang mampu saja.sehingga siswa yang lain tidak mengerti atau tidak paham apa yang di kerjakan,sehingga terjadi suasana kelas yang tidak kondusif dan kebanyakan siswa ribut dan melakukan aktivitasnya masing – masing.
5. Dalam video tersebut juga saya melihat kelebihan seorang guru yaitu dapat menggambar bagaimana itu seorang perempuan yang di sebut timun mas,dan gambar selanjutnya yaitu gambar besar, yang di sebut raksasa,sehingga siswa dapat mengerti yang mana timun mas dan yang timus mas.
6.Dan yang terakhir di saat bel istrahat guru juga mengingatkan siswa agar tetap hati – hati dan jangan jajan sembarangan.
Terimah kasih
Nama : Carwen
NIM : 857583477
Salut : Kedungreja
Izin memberikan pendapat terkait video pembelajaran di atas.
Dari pengalaman saya mengajar, ada beberapa hal yang bisa saya bagikan kepada teman-teman semua terkait cara mengajar yang menarik yaitu :
a. Sebagai seorang guru kita harus memberikan motivasi atau atau ice breaking pada awal pembelajaran agar semangat siswa meningkat dalam mengikuti pembelajaran.
b. Buatlah metode mengajar yang bervariasi, seperti kurangi metode mengajar ceramah, lebih banyak praktik atau diskusi, simulasi, kerja kelompok, serta gunakan metode mengajar yang lebih interaktif dan multimedia seperti penayangan cerita dalam bentuk video. Hal ini dapat membuat materi pembelajaran lebih mudah dipahami dan diminati oleh siswa.
c. Ciptakan suasana belajar yang menyenangkan seperti sesekali ajaklah siswa belajar di luar kelas, atau pastikan ruang kelas cukup ventilasi, hening, dan terorganisir.
d. Ajak siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses belajar dengan kegiatan tanya jawab. Berikanlah motivasi dan semangat kepada setiap anak yang menjawab pertanyaan. Hal ini dapat meningkatkan partisipasi dan minat siswa dalam pembelajaran.
e. Lakukan penilaian yang tidak hanya fokus pada hasil akhir tapi juga pada proses belajar, sehingga guru dapat mengetahui bagaimana siswa belajar. Penilaian ini juga dapat membantu meningkatkan motivasi siswa dengan memberikan umpan balik yang relevan.
Sekian penjelasan dari saya.
Terima kasih.
Partisipasi komentar dalam video ini mencerminkan komunikasi dua arah yang positif, meskipun belum semua siswa terlibat secara merata. Kehadiran guru sebagai fasilitator sangat penting untuk mendorong komentar dan interaksi siswa secara aktif.
Nama : Agnes Heatubun
NIM : 855703174
UPBJJ : Ambon
guru tidak memberikan salam
minat membaca siswa sangat kurang
siswa kurang percaya diri
siswa kurang aktif
guru memberikan contoh dengan mengambar dengan baik, sehingga memudahkan siswa untuk mengenal karakter dalm cerita. serta guru memberikan pemaham kepada siswa dengan baik. guru bisa menganti metode dengan menampilkan vidio sehingga memudahkan siswa dalam memprakteknya di depan kelas.