silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Isi video tersebut memperlihatkan tentang situasi pembelajaran di sebuah kelas, tepatnya kelas 1 Sekolah Dasar. Adapun mata pelajaran yang diberikan adalah Bahasa Indonesia, dengan materi “Membaca Cerita Secara Bergilir” dengan judul cerita “Timun Mas”. Guru memberikan pembelajaran dengan memperkenalkan materi tersebut. Setelah itu guru menjelaskan materi sedikit, disertai contoh berupa gambar tokoh utama yaitu Timun Mas, dengan tokoh lainnya yang menjadi lawannya yaitu Raksasa yang Jahat. Selanjutnya…
Guru terlihat sedikit mengatur siswa yang agak ribut, tidak memperhatikan pelajaran karena sibuk dengan mainannya sendiri. Setelah itu guru menyita mainan yang dimiliki siswa tersebut. Guru pun melanjutkan penjelasan mengenai materi. Pembelajaran diakhiri dengan beberapa nasihat dari guru kepada siswa-siswanya.
Apakah Anda pernah mengalami masalah seperti ini? Bagaimana cara Anda mengatasinya? Ayoo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar Anda mengenai masalah tersebut.!
Dra. Yetty Morelent, M. Hum.
–
–
–
–
NAMA : ANTIKA FITRI
NIM : 878361865
UT MEDAN
Situasi yang terjadi pada video pembelajaran di atas adalah hal yang umumnya terjadi di dalam kelas, termasuk dalam kelas saya.
Untuk mengatasi situasi yang terjadi seperti pada video, berdasarkan pengalaman saya ada beberapa hal yang saya lakukan:
1. Menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, contohnya mengawali dengan ice breaking. Sehingga anak-anak tidak hanya akn fokus, namun juga menciptakan suasana hati yang menyenangkan dalam diri peserta didik.
2. Melakukan metode pembelajaran active learning, sehingga potensi dalam diri setiap anak dapat tersalurkan, terlebih juga dapat menjadi wadah bagi peserta didik yang aktif.
Nama:Kasturiana Tanjung,dengan nim:856049886,pokjar :labuhan batu selatan ,kelas b semester 8 ,
nah menurut saya pribadi ,sebenarnya video pembelajaran ini sudah sangat bagus yang merupakan isi proses belajar mengajar disebuah kelas ,memiliki toimbal balek antara siswa dan guru yang mana siswa tidak hanya monoton tetapi ikut juga berinteraksi dalam proses pembelajaranya,hanya saja dalam video terlihat bahwasanya ibu guru kurang mengenali sifat anak-anak didik yang ada dikelas sehingga sebagian anak masih kurang memiliki minat untuk belajar ,adapun masukan yang dapat saya pribadi berikan yakni yang pertama ketika seorang guru ingin memulai pembelajaran sebaiknya guru mengajak siswa untuk bercanda ria seperti ice breaking yang bermanfaat tentunya,melakukan tanya jawab agar proses pembelajaran dapat dibilang menghasilkan ,dan kalau bisa dijaman modren sekarang ada kala baiknya guru mulai memanfaatkan teknologi sebagai pendukung dalam mengajar.
Nama:Kasturiana Tanjung,dengan nim:856049886,pokjar :labuhan batu selatan ,kelas b semester 8 ,
nah menurut saya pribadi ,sebenarnya video pembelajaran ini sudah sangat bagus yang merupakan isi proses belajar mengajar disebuah kelas ,memiliki toimbal balek antara siswa dan guru yang mana siswa tidak hanya monoton tetapi ikut juga berinteraksi dalam proses pembelajaranya,hanya saja dalam video terlihat bahwasanya ibu guru kurang mengenali sifat anak-anak didik yang ada dikelas sehingga sebagian anak masih kurang memiliki minat untuk belajar ,adapun masukan yang dapat saya pribadi berikan yakni yang pertama ketika seorang guru ingin memulai pembelajaran sebaiknya guru mengajak siswa untuk bercanda ria seperti ice breaking yang bermanfaat tentunya,melakukan tanya jawab agar proses pembelajaran dapat dibilang menghasilkan ,dan kalau bisa dijaman modren sekarang ada kala baiknya guru mulai memanfaatkan teknologi sebagai pendukung dalam mengajar.
Nama:Kasturiana Tanjung,dengan nim:856049886,pokjar :labuhan batu selatan ,kelas b semester 8 ,
nah menurut saya pribadi ,sebenarnya video pembelajaran ini sudah sangat bagus yang merupakan isi proses belajar mengajar disebuah kelas ,memiliki toimbal balek antara siswa dan guru yang mana siswa tidak hanya monoton tetapi ikut juga berinteraksi dalam proses pembelajaranya,hanya saja dalam video terlihat bahwasanya ibu guru kurang mengenali sifat anak-anak didik yang ada dikelas sehingga sebagian anak masih kurang memiliki minat untuk belajar ,adapun masukan yang dapat saya pribadi berikan yakni yang pertama ketika seorang guru ingin memulai pembelajaran sebaiknya guru mengajak siswa untuk bercanda ria seperti ice breaking yang bermanfaat tentunya,melakukan tanya jawab agar proses pembelajaran dapat dibilang menghasilkan ,dan kalau bisa dijaman modren sekarang ada kala baiknya guru mulai memanfaatkan teknologi sebagai pendukung dalam mengajar.
Nama:Kasturiana Tanjung,dengan nim:856049886,pokjar :labuhan batu selatan ,kelas b semester 8 ,
nah menurut saya pribadi ,sebenarnya video pembelajaran ini sudah sangat bagus yang merupakan isi proses belajar mengajar disebuah kelas ,memiliki toimbal balek antara siswa dan guru yang mana siswa tidak hanya monoton tetapi ikut juga berinteraksi dalam proses pembelajaranya,hanya saja dalam video terlihat bahwasanya ibu guru kurang mengenali sifat anak-anak didik yang ada dikelas sehingga sebagian anak masih kurang memiliki minat untuk belajar ,adapun masukan yang dapat saya pribadi berikan yakni yang pertama ketika seorang guru ingin memulai pembelajaran sebaiknya guru mengajak siswa untuk bercanda ria seperti ice breaking yang bermanfaat tentunya,melakukan tanya jawab agar proses pembelajaran dapat dibilang menghasilkan ,dan kalau bisa dijaman modren sekarang ada kala baiknya guru mulai memanfaatkan teknologi sebagai pendukung dalam mengajar.
Nama:Kasturiana Tanjung,dengan nim:856049886,pokjar :labuhan batu selatan ,kelas b semester 8 ,
nah menurut saya pribadi ,sebenarnya video pembelajaran ini sudah sangat bagus yang merupakan isi proses belajar mengajar disebuah kelas ,memiliki toimbal balek antara siswa dan guru yang mana siswa tidak hanya monoton tetapi ikut juga berinteraksi dalam proses pembelajaranya,hanya saja dalam video terlihat bahwasanya ibu guru kurang mengenali sifat anak-anak didik yang ada dikelas sehingga sebagian anak masih kurang memiliki minat untuk belajar ,adapun masukan yang dapat saya pribadi berikan yakni yang pertama ketika seorang guru ingin memulai pembelajaran sebaiknya guru mengajak siswa untuk bercanda ria seperti ice breaking yang bermanfaat tentunya,melakukan tanya jawab agar proses pembelajaran dapat dibilang menghasilkan ,dan kalau bisa dijaman modren sekarang ada kala baiknya guru mulai memanfaatkan teknologi sebagai pendukung dalam mengajar.
Bilqis Salsabila H
857363245
Setelah mengamati video tersebut, ada beberapa siswa yang antusias dan tidak karena sibuk dengan mainannya sehingga mengganggu konsentrasi dan sebaiknya sebelum memulai pembelajaran guru memeriksa kesiapan siswa terlebih dahulu. Pembelajaran kurang melibatkan siswa karena metode yang digunakan guru adalah metode ceramah sehingga kurang interaktif. Sudah bagus guru menggunakan gambar hanya kurang menarik karena tidak berwarna. Guru dapat menggunakan infocus dan laptop (untuk mencari gambar, video atau bacaan) atau buku cerita.
Kelebihannya guru berdiskusi dengan siswa untuk konsekuensi bagi siswa yang tidak memperhatikan atau menyimak ketika peserta didik lain sedang bercerita dan di akhir pembelajaran guru memberikan beberapa nasihat kepada peserta didik, seperti tidak jajan sembarangan.