silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Isi video tersebut memperlihatkan tentang situasi pembelajaran di sebuah kelas, tepatnya kelas 1 Sekolah Dasar. Adapun mata pelajaran yang diberikan adalah Bahasa Indonesia, dengan materi “Membaca Cerita Secara Bergilir” dengan judul cerita “Timun Mas”. Guru memberikan pembelajaran dengan memperkenalkan materi tersebut.  Setelah itu guru menjelaskan materi sedikit, disertai contoh berupa gambar tokoh utama yaitu  Timun Mas, dengan tokoh lainnya yang menjadi lawannya yaitu Raksasa yang Jahat. Selanjutnya…

Guru terlihat sedikit mengatur siswa yang agak ribut, tidak memperhatikan pelajaran karena sibuk dengan mainannya sendiri.  Setelah itu guru menyita mainan yang dimiliki siswa tersebut. Guru pun melanjutkan penjelasan mengenai materi. Pembelajaran diakhiri dengan beberapa nasihat dari guru kepada siswa-siswanya.

Apakah Anda pernah mengalami masalah seperti ini? Bagaimana cara Anda mengatasinya? Ayoo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar Anda mengenai masalah tersebut.!

Dra. Yetty Morelent, M. Hum.

Similar Posts

200 Comments

  1. Dari video pembelajaran yang sy simak dengan judul cerita secara bergilir : Menurut saya dalam pembelajaran tersebut reaksi siswa masih ada yang belum fokus terhadap proses pembelajaran
    Kekurangannya: terdapat siswa yg kurang fokus terhadapt penjelasan dr guru ada yang masih bermain.
    Kelebihan:guru cukup menguasai materi dengan materi dengan dipadukan mendeskripsikan materi dengan membuat gambar.

  2. Nama : Alfia Chika Putri Sahdilah
    Nim : 857077286
    dari UPBJJ Jakarta

    Refleksi video Berdasarkan video di atas :

    1.Reaksi siswa terhadap kegiatan
    Pada video di atas tampak siswa tidak fokus dan gaduh, sehingga ada beberapa siswa lain yang merasa terganggu.
    Siswa asik berbicara sendiri

    2.Kelemahan
    Guru tidak melakukan ice breaking agar siswa tidak mudah bosan
    Materi yang disampaikan kurang menarik bagi siswa
    Cara mengajar guru agak monoton dan kurang lincah

    3.Upaya yang dapat diusulkan yaitu :
    Pada vidio diatas guru tampaknya mengajar di kelas rendah( kelas 1, kelas 2, kelas 3) pada kelas rendah guru harus bisa menentukan metode mengajar yang menarik dan tidak monoton, sehingga siswa/peserta didik tidak bosan
    Media yang digunakan harus sesuai dengan usia atau bisa menggunakan media audio visual, dalam vidio guru tidak menggunakan media yang cocok untuk siswa
    membuat ice breaking ataupun games yang membuat siswa bersemangat
    Lebih baik menyuruh seluruh siswa membaca. Tidak hanya yang telah lancar membaca saja, agar siswa yang belum lancar membaca juga bisa berlatih membaca

  3. NAMA: EVA SUSANTI
    NIM: 856078128
    POKJAR: UPJJ 13 BATAM
    Dari permasalan vidio yang telah di amati, saya pernah mengalami masalah seperti vidio tersebut, contohnya: anak sering berjalan kesana kemari, tidak fokus pada pelajaran, asik ngomong dengan teman sebangkunya. Cara saya mengatasinya yaitu media pembelajaran lebih kreatif dan interaktif serta pembelajaran yang di lakukan lebih berpusat pada siswa.

  4. Nama : Viona Windy Ayu Anggrainy
    NIM : 858777982
    Semester : 8E

    Dalam video guru tidak hanya saja menggunakan metode ceramah namun juga metode tanya jawab dimana memberi kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan yang diberikan guru. Selain itu juga guru menggambar untuk penunjang media pembelajaran agar membantu mempermudah siswa memahami maksud dari materi, dalam penyampaiannya guru juga melakukan pemaparan berulang baik untuk materi maupun untuk tugas yang diberikan agar siswa benar-benar paham maksud dari guru dan mampu mengerjakan Latihan yang diberikan dengan nilai yang diharapkan.

  5. Bismillah,

    NAMA : NUR SANI
    NIM : 859169978
    UPBJJ : MATARAM

    Setelah mengamati dan menyimak video 1 yang berjudul “Membaca Cerita Secara Bergilir”, saya menganalis video pembelajaran tersebut sebagai berikut:

    Reaksi siswa pada saat menerima pembelajaran :
    Siswa terlihat ribut sekali tidak memperhatikan ketika guru menyampaikan materi pembelajaran.

    Kelemahan guru:
     Pada saat memulai pembelajaran guru tidak memberikan apersepsi dari awal supaya peserta didik termotivasi untuk menerima pembelajaran di kelas.
     Guru kurang mampu mengelola kelas dengan baik sehingga siswa kurang memperhatikan guru ketika menerangkan.

    Kelebihan guru:
    Mampu menenangkan siswa yang ribut atau ramai, mampu mengatasi ketika ada salah seorang peserta didik yang bermain yoyo di dalam kelas, sehingga siswa tersebut menyerahkan yoyonya ke gurunya.

    Hal unik:
    Ada salah seorang siswa yang bermain yoyo ketika pembelajaran sedang berlangsung.

  6. Kegiatan pembelajaran tersebut reaksi siswa masih ada yang tidak fokus, maka dari itu penting sekali untuk melakukan refleksi terlebih dahulu sebelum memulai pelajaran agar siswa lebih fokus, lebih siap dan tentunya lebih semangat untuk melakukan kegiatan pembelajaran, guru sebaiknya mencontohkan terlebih dahulu bagai mana cara membaca sebuah cerita yang baik dan benar,metode yang di gunakan guru sudah tepat, dimana guru meminta siswa untuk membacakan cerita di depan kelas secara bergantian, hal ini sangat berpengaruh untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa.

  7. Nama : Sisna Astrina
    Nim : 856982356
    Program studi: PGSD S-1
    Pokjar : Banjar Agung
    UPBJJ UT : Bandar Lampung

    Berikut hasil analisis saya setelah mengamati video diatas mengenai “Membaca cerita secara bergiliran”, yaitu :
    1. Reaksi siswa yang kurang antusias dan kurang fokus pada proses belajar berlangsung. Hal ini terlihat di dalam video tersebut yang mana hanya sebagian siswa yang memperhatikan penjelasan gurunya, sedangkan yang lainnya ada yang mengobrol sambil bercanda.
    2. Mengenai kekurangan pada video diatas ialah :
    – Guru tidak memulai pembelajaran dengan berdoa terlebih dahulu.
    – Guru kurang maksimal dalam penggunaan media ajar.
    – Guru kurang interaktif dengan siswa.
    3. Mengenai kelebihan pada video diatas ialah :
    – Guru dapat mengatasi siswa yang ribut dengan cara yang baik.
    4. Hal unik didalam video diatas adalah guru tersebut adalah guru menggunakan dongeng “Timun Mas” sebagai pendukung materi pembelajaran serta digambarkan langsung tokohnya di papan tulis.
    5. Upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran selanjutnya adalah diharapkan agar guru dapat membuka pembelajaran dengan penuh semangat dan mengawalinya dengan salam serta berdoa untuk membantu siswa memulai pembelajaran.

    Sekian pendapat dari saya, apabila masih terdapat kekurangan saya mohon maaf.
    Terimakasih.

  8. Nama : Husnul Agustriani
    Nim : 856024925
    Smenster : 6 A
    Prodi : PGSD S1
    Mata Kuliah : PKM-PGSD
    pokjar : Sei Balai

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Setelah saya melihat vidio pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 1 SD yaitu membaca cerita secara bergilir diatas dapat saya simpulkan pendapat saya bahwa pada vidio diatas guru tidak menyampaikan salam pembuka dan penutup, tidak menanyakan kehadiran, tidak menanyakan kesehatan.
    Namuan sang guru menarik, karena guru tersebut bisa membuat media pembelajaran sendiri seperti menggambar sebuah gambar di papan tulis yang bisa dilihat dengan jelas oleh peserta didik.
    Guru juga bisa mengkondisikan suasana kelas yang tidak tertib menjadi tertib kembali.
    Didalam vidio guru juga melakukan kegiatan tanya jawab.
    Dengan guru mengajak anak didik. Membaca di depan kelas guru bisa membangkitkan rasa percaya diri siswa.

    Adapun saran yang bisa saya sampaikan ialah sang guru bisa memberikan contoh cara membaca secara bergilir kepada para muridnya terlebih dahulu baru setelah diberi contoh anak muridnya bisa diperintahlan untuk membaca didepan.

  9. NAMA : NUR LAILIYAH
    NIM : 856976083
    Prodi : S1 PGSD
    UPBJJ : Bandar lampung

    Menurut anakiasa saya, dalam pembelajaran tersebut reaksi siswa masih ada yang tidak fokus terhadap prroses pembelajaran, maka dari itu penting sekali untuk melakukan refleksi terlebih dahulu sebelum memulai pelajaran agar siswa lebih fokus, lebih siap dan tentunya lebih semangat untuk melakukan kegiatan pembelajaran , salah satu upaya yang bisa di lakukan guru sebelum memulai pembelajaran dapat melakukan tepuk semangat.
    dalam pembelajaran membaca cerita secara bergiliran, tentunya harus melibatkan siswa untuk berperan aktif akan tetapi sebelum memerintahkan siswa, guru sebagiknya mencontohkan terlebih dahulu bagai mana cara membaca sebuah cerita yang baik dan benar,metode yang di gunakan guru sudah tepat, dimana guru meminta siswa untuk membacakan cerita di depan kelas secara bergantian, hal ini sangat berpengaruh untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa dan membantu siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dengan semangat dan menyenangkan.

  10. Nama : KIKI RIZKI AMANDA
    NIM : 856022068
    UPBJJ : UT 12/MEDAN
    POKJAR : ASAHAN

    Menurut pendapat saya dalam video tersebut terlihat siswa tidak menyimak penjelasan dari guru masih ada siswa yang bercerita bermain yoyo dalam pembelajaran tersebut dan sebelum melakukan pembelajaran guru tersebut tidak memeriksa kesiapan siswa terlebih dahulu, dan terlihat juga guru kurang menguasai kelas tersebut sehingga guru terlihat kaku dalam menjelaskan pembelajaran. Seharusnya sebagai seorang guru kita harus melakukan refleksi terlebih dahulu sebelum memulai pembelajaran agar tidak menciptakan suasana kelas yang monoton yang menjadikan siswa jenuh.

Leave a Reply