silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

149 Comments

  1. Assalamualaikum wr.wb
    Nama :Dara Dyastika
    Nim : 857001139
    Prodi : PGSD S1
    UPBJJ: Salut Way Tuba Bandar Lampung
    1. Reaksi anak terhadap pembelajaran yang dilakukan guru pada video GPO:
    Menurut saya, reaksi anak terhadap pembelajaran yang dilakukan guru adalah siswa kurang bersemangat, pembelajaran kurang efektif ketika didalam kelas dikarenakan siswa jenuh dan kurang tertarik ketika belajar didalam kelas dengan metode yang begitu-begitu saja. Sehingga berdampak pada daya tangkap dan fokus anak ketika proses pembelajaran.
    Ketika guru mengubah pembelajaran didalam kelas menjadi pembelajaran diluar kelas, siswa bersemangat dalam melakukan pembelajaran, dan ketika guru mengajak praktik siswa pun lebih disiplin, aktif, ceria dan lebih efektif dalam menangkap informasi saat temannya sedang melakukan praktik.
    2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran:
    Guru tidak mengucapkan salam di awal proses pembelajaran.
    Guru tidak mengajak siswa untuk berdo’a
    Guru tidak melakukan absensi untuk mengecek kehadiran siswa.
    Guru tidak menanyakan kabar siswa.
    Guru tidak mengajak siswa menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mengucapkan Pancasila.
    Guru tidak menghubungkan pembelajaran kemarin dengan pembelajaran hari ini.
    Guru kurang jelas dalam menjelaskan materi pembelajaran.

    3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran:
    Guru mengajak siswa untuk belajar diluar kelas
    Guru mengajak siswa untuk belajar secara berkelompok
    Guru menyebutkan tujuan pembelajaran
    Respon guru cepat saat menjawab pertanyaan yang diajukan siswa
    Guru mengamati siswa dalam proses pembelajaran
    Guru menggunakan alat peraga dalam permainan bakiak
    Guru mengajak siswa bermain untuk menghindari kejenuhan
    Guru dalam penyampaian materi menggunakan bahasa yang baik dan benar sehingga mudah dipahami oleh siswa.
    Guru mengajak siswa memberikan kesimpulan
    Guru memotivasi siswa untuk tidak malas membaca

    4. Hal unik yang terdapat pada video pembelajaran:
    Pembelajaran yang dilakukan oleh guru cukup menarik dengan mengajak anak bermain bersama di luar kelas untuk memudahkan mereka dalam mendapatkan informasi.
    Guru mempraktekkan permainan sebelum siswa bermain.
    5. Upaya dalam meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran:
    Mengatasi kejenuhan siswa, guru membuat variasi dengan mengajak siswa belajar diluar kelas
    Guru mempersiapkan pembelajaran dengan matang dan jelas.
    Guru mencari alternatif variasi lain untuk mempermudah pemahaman pembelajaran siswa di dalam kelas.

  2. Nama : Nora yosepa
    Nim : 877602217
    Kelas 8c
    Prodi : S1 PGSD
    Uppbj : Palembang

    Berdasarkan informasi yang saya dapat dalam video yang saya tonton tentang mendapatkan informasi dengan membaca bahwasanya sebaiknya guru melakukan :
    1. Memberikan pengantar atau konteks awal.guru dapat menjelaskan tujuan pembelajaran. Topik yang akan dibahas,dan memberikan latar belakang informasi yang relevan
    2. Mengaktifkan pengetahuan awal siswa. Guru dapat mengajukan pertanyaan pertanyaan untuk mengetahui apa yang sudah diketahui siswa terkait topik tersebut
    3. Mengajarkan strategi membaca yang efektif,misalnya guru dapat mengajarkan cara membaca dengan memperhatikan judul,gambar dan struktur teks untuk memahami inti informasi
    4. Guru Memberikan model atau contoh membaca yang baik.
    5. Guru memberikan kesempatan siswa untuk membaca dan memahami teks secara mandiri
    6. Guru memfasilitasi diskusi dan refleksi
    Guru memberikan umpan balik dan bimbingan

  3. Dimas saputra
    Pokjar way tuba
    Upjj bandar lampung

    Menutut tanggapan saya,reaksi siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan guru tersebut yaitu :
    Siswa sangat antusias dalam belajar tetapi masih ada beberapa siswa yang kurang fokus dalam belajar.
    Dalam pembelajaran tersebut ada kelemahan dan kelebihan guru dalam melaksanakan pembelajaran yaitu:

    Kelemahan dalam proses pembelajaran tersebut adalah
    a. Guru belum mengarahkan siswa untuk berdoa saat memulai pelajaran dan saat mengakhiri pelajaran.
    b. Guru belum mengucapkan salam pembuka.
    c. Guru belum memeriksa kehadiran siswa, sehingga tidak terlihat berapa siswa yang hadir dan tidak hadir.
    d. Guru belummemberikan motivasi semangat belajar siswa
    e. Guru belum memberikan tugas untuk siswa untuk dikerjakan di rumah.
    f. Guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran seperti, mengajak siswa berdoa, menyanyikan lagu nasional, dan memeriksa kehadiran siswa.

    Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran tersebut yaitu :
    a. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
    b. Guru menggunakan media pembelajaran saat pembelajaran
    c. Guru melakukan inovasi pembelajaran dengan bermain sambil belajar sehingga siswa tidak bosan saat belajar.

    Upaya yang akan dilakukan pembelajaran setelah melihat tayangan vidio tersebut adalah
    a. Guru harus melakukan kegiatan awal pembelajaran yaitu, mengajak siswa berdoa, menyanyikan lagu nasional dan memeriksa absen siswa.

    b. Guru melakukan ice breaking untuk membangkitkan semangat siswa.

    c. Guru bertanya apakah siswa tersebut sudah paham dengan materi yang disampaikan
    d. Guru harus melakukan evaluasi pembelajaran
    e. Guru menutup pembelajaran dengan mengajak siswa berdoa
    f. Guru membuat pembelajaran media pembelajaran yang kreatif dan inovatif

  4. Nama : Meishy Gersbby
    NIM : 859786762
    UPBJJ UT Medan

    Menurut pendapat saya setelah melihat isi video di GPO ini
    Membaca adalah suatu cara untuk mendapatkan informasi dari suatu yang di tulis, semakin banyak membaca, maka semakin banya pula informasi yang kita peroleh, walaupun terkadang informasi itu di peroleh secara tidak langsung.

    Disini guru memberikan informasi melalui media secara langsung seperti bakiak. Nah dimana guru bertanya langsung kepada siswa apa yg di pegang nya dan guru menyuh siswa membaca buku tentang bakiak yg ada di buku tanpa menjelaskan terlebih dahulu. Setelah itu guru menyuruh anak untuk melakukan permainan secara langsu dan cara memain kan nya.

    Setelah melakukan kegiatan hari ini guru memberikan informasi. Pentingnya membaca buku untuk mendapatkan informasi dari mana saja.

    Guru harus memberikan penjelasan di awal kegiatan pembelajaran agar siswa paham untuk melakukan kegiatan secara langsung/ guru memperaktika terlebih dahulu agar anak dapat melakukan kegiatan. Setelah semua siswa memperaktika dan guru mengevaluasi kembali kegiatan yg di lakukan hari ini

    Terimakasih.

  5. Nama : Erna Milosopa
    NIM : 501362619
    Prodi : MPDr

    Dari video diatas :
    Kelebihan : Pembelajaran interaktif, kontekstual dan sudah disampaikan Tujuan Pembelajaran
    Kekurangan : Perlu apersepsi di awal pembelajaran, kegiatan membaca tidak tergambar, penguatan atau kesimpulan diakhir pembelajaran, teacher oriented

    Saran dan masukan :
    1. Gunakan media lain agar lebih menarik dalam menyampaikan materi
    2. Ciptakan suasana santai dan menyenangkan di kelas dengan melakukan permainan antara siswa
    3. Penampilan guru ramah di depan siswa
    4. Aktivitas siswa dalam pembelajaran belum relevan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

  6. Setelah saya mengamati tayangan, pada awal video tersebut, pembelajaran itu akan terasa membosankan. Karena guru memberikan materi tanpa menjelaskan tujuan pembelajaran, mengenalkan alat permainan tradisional kepada siswa tetapi tidak menjelaskan keterkaitan alat tersebut dengan pembelajaran dan tanpa memberikan pemahaman kepada siswa tentang materi pembelajaran, siswa langsung diminta mengerjakan tugas dibuku yang sudah disediakan. Kemudian di video yang kedua, saya melihat ada perbedaan dalam metode pemebelajaran dan pemanfaatan media pembelajaran. Dari awal guru sudah menyampaikan tujuan pembelajaran, menjelaskan materi, mengajak siswa berinteraksi, mengganti suasana pembelajaran yang tadinya didalam ruangan pindah keluar ruangan sehingga membuat siswa semakin semangat belajar.
    Kelebihan yang dilakukan guru dalam pembelajaran yaitu guru menggunakan media permainan sebagai alat pembelajaran, sehingga siswa senang dan semangat belajar. Guru mengajak siswa untuk berdiskusi tentang materi pembelajaran yang sedang dipelajari dalam kelompok suapaya terjadi interaksi. Guru menggunakan variasi belajar diluar ruangan suapaya siswa bebas berekspresi dan tidak bosan.
    Kelemahan dalam pembelajaran ini yaitu guru tidak mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sedang dipelajari, khususnya dengan permainan yang dibawa oleh guru.

  7. Nama: Putri Suwanti
    Nim: 877526077
    Prodi: S-1 PGSD
    Upbjj: Langkat

    Menurut pendapat saya setelah melihat video tersebut. Proses pembelajaran berlangsung dengan baik karena peserta didik antusias dalam mengikuti pembelajaran dan guru pun melakukan pembelajaran dengan baik karena dapat mengatur pembelajaran dari awal hingga akhir. Namun masih juga terdapat kelebihan yang lain serta kekurangan dalam video tersebut seperti:

    Kelebihan:
    1. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran kepada peserta didik dengan baik.
    2. Guru memberikan pertanyaan pemantik untuk memicu minat peserta didik.
    3. Guru memberikan alternatif pembelajaran yang bervariasi untuk menarik minat peserta didik.
    4. Guru memberikan contoh penggunaan sebelum meminta peserta didik melakukannya.
    5. Mengajak peserta didik untuk berfikir dan menganalisis.

    Kekurangan:
    1. Guru tidak melakukan apersepsi secara tepat.
    2. Guru langsung memberikan tugas tanpa melakukan penjabaran materi.
    3. Peserta didik mengalami ketidakkondusifan.
    4. Peserta didik sedikit kurang aktif.
    5. Guru tidak melakukan penyimpulan pembelajaran.

    Hal unik dalam pembelajaran tersebut ialah ketika guru melalukan alternatif pembelajaran dengan mengajak peserta didik melakukan pembelajaran diluar ruangan sehingga peserta didik memiliki minat lebih dalam mengikuti pembelajaran.

    Menurut pendapat saya ada beberapa hal yang mungkin dapat diperbaiki dari video tersebut seperti:
    1. Perbaikan proses pembukaan dan penutupan pembelajaran.
    2. Mengatur kekondusifan peserta didik.

    Terima kasih

  8. Assalamualaikum warhmatullahi wabarakatuh.
    Berdasarkan video yang telah Saya amati pada laman GPO ini yang bertemakan ” Membaca untuk Mendapatkan Informasi “, maka Saya telah menganalisis beberapa hal yang dapat menjadi masukan, perbaikan serta apresiasi kepada Guru yang berperan dalam video tersebut. Berikut hasil analisis Saya terhadap video diatas :
    1) Kekurangan dalam video pembelajaran tersebut yaitu :
    a. Guru tidak melakukan sesi pembukaan secara lengkap. Guru hanya membuka dengan salam ( ucapan ” selamat pagi ” ) kemudian langsung menuju inti pembelajaran. Seharusnya Guru dapat melakukan sesi pembukaan dengan lengkap yaitu mengucapkan salam, menanyakan kabar siswa, berdoa bersama-sama sebelum memulai pelajaran,melakukan absensi siwa dan melakukan apersepsi pembelajaran sebelumnya sebelum memasuki pembelajaran yang baru. Dengan begitu siswa akan lebih siap untuk menerima pembelajaran.
    b. Guru dalam video pembelajaran tersebut kurang ekspresif dalam menyampaikan materi pembelajaran sehingga siswa dalam kelas tersebut menerima pembelajaran dengan datar saja dan kurang bersemangat.
    c. Guru dalam video tersebut seharusnya dapat menampilkan video pembelajaran seputar materi yang diajarkan yaitu bakiak. Sehingga siswa dapat lebih menarik perhatian siswa dan siswa pun dapat melihat langsung cara menggunakan bakiak sebelum menggunkannya.
    d. Seharusnya Guru dalam video pembelajaran tersebut dapat menutup sesi pembelajaram dengan melakukan refleksi seputar dengan pembelajaran yang telah berlangsung. Sehingga guru dan siswa dapat saling mengerti letak kesulian dan hambatan ketika menerima pembelajaran tersebut.

    2) Kelebihan dalam video pembelajaran tersebut :
    a. Guru dapat mengelola kelas sehingga kelas rapi dan siswa tertib ketika mengikuti pembelajaran sehingga situasi kelas menjadi kondusif.
    b. Guru menyebutkan tujuan pembelajaran sebelum memulai materi sehingga siswa mengetahui tujuan dari pembelajaran yang akan diberikan oleh Guru.
    c. Guru membawa alat peraga langsung yaitu baikiak, sehingga siswa dapat mempraktekan langsung cara bermain bakiak.
    d.Guru membawa siswa untuk praktek di luar kelas sehingga siswa tidak merasa bosan dan lebih bersemangat.

    Itulah hasil analisis Saya mengenai video pembelajaran di atas. Semoga dapat menjadi masukan dan saran kepada kita semua.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.

  9. Rahayu Puji Lestari / 858842796/ PKM/ S1-PGSD Smt 6

    berdasarkan video diatas tentang membaca untuk mendapatkan informasi menurut saya sudah cukup baik.karena pembelajaran dibuka dengan diawali menanyakan bagaimana kabar siswa, hal ini penting untuk menarik perhatian siswa. kemudian guru langsung menunjukkan media pembelajaran berupa bakiak yang ada kaitannya dengan materi yang akan di ajarkan. guru memberikan pertanyaan dan langsung direspon oleh siswa. siswa menjadi fokus dan tertarik karena guru menggunakan media pembelajaran yang sering ditemui oleh siswa dilingkungan sekitar.
    setelah itu guru memberikan waktu selama 10 menit untuk membaca materi atau wacana di buku tentang bakiak. setelah selesai guru mengajak murid untuk ke halaman sekolah dan langsung mempraktikkan informasi yang didapatkan siswa dari wacana yang telah dibaca. dan siswa mencatat kesalahan apa ynag dilakukan temannya yang tidak sesuai dnegan wacana yang telah dibaca. setelah itu guru baru masuk kelas dan mendengar tanggapan siswa.
    menurut saya setelah siswa diberikan waktu untuk membaca guru mereview apa yang dibaca oleh siswa dan menanyakan yang didapat siswa dari wacana tersebut, kemudian membenarkan dan menjelaskan apabila ada yang slaah. baru kemudian melakukan prakktik di halaman sekolah.

  10. Nama : Monita Gultom
    Nim. : 878259713
    UPBJJ UT Medan
    Menurut pendapat saya setelah menonton video di GPO,menurut saya pembelajaran yang di video tersebut terlalu membosankan karena guru menjelaskan materi dari pembelajaran tersebut terlalu monoton dan tidak menarik,sehingga siswa menjadi sangat merasa bosan dan tidak terlalu fokus pada proses pembelajaran berlangsung.

Leave a Reply