silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

205 Comments

  1. Nama : Manja Tambunan
    Nim : 859801872
    Pokjar : Labura
    Assalamu’alaikum, izin untuk menanggapi video di atas tersebut pertama-tama guru tidak mengucapkan salam dan selanjutnya guru tidak mengabsen siswa dan kemudian tidak mengajak siswa berdoa sehingga suasana kelas kurang menarik.saya mengerti. Saya mengamati bahwa guru langsung bertanya tentang alat peraga tanpa memberikan konteks atau melakukan kegiatan yang membangun pemahaman awal siswa. Pendekatan ini mungkin terasa terburu-buru dan bisa membuat siswa merasa bingung atau tidak siap untuk menjawab. Alangkah baik na Membaca materi pelajaran bersama-sama dengan suara lantang dapat memberikan beberapa manfaat. Pertama, dapat membantu siswa yang mungkin memiliki kesulitan membaca atau memahami materi jika dibaca dalam hati. Kedua, ini bisa meningkatkan keterlibatan seluruh kelas dan menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif. Selain itu, guru juga dapat langsung mengamati pemahaman siswa saat mereka membaca.

    Mengajak siswa belajar di luar kelas dengan alat peraga pasti membuat suasana belajar jadi lebih segar dan menarik. Metode belajar seperti itu bisa membuat materi pelajaran jadi lebih mudah dipahami karena siswa bisa melihat dan menyentuh langsung konsep yang sedang dipelajari.

  2. RINA SAFARINA
    NIM : 858071295

    Kelebihan Video Pembelajaran Membaca untuk Mendapatkan Informasi:
    Video ini kemungkinan besar secara efektif menyajikan strategi yang dapat membantu siswa dalam memahami teks dan mengekstrak informasi yang relevan. Kelebihannya mungkin terletak pada penyampaian teknik-teknik membaca pemahaman yang praktis dan mudah diterapkan, seperti scanning untuk mencari informasi spesifik, skimming untuk mendapatkan gambaran umum, atau mengidentifikasi kata kunci dan kalimat utama. Selain itu, video ini kemungkinan memberikan contoh-contoh konkret bagaimana strategi tersebut dapat diaplikasikan pada berbagai jenis teks, sehingga siswa dapat memahami kegunaannya dalam konteks yang berbeda. Visualisasi atau ilustrasi dalam video juga dapat menjadi nilai tambah untuk memperjelas konsep dan membuat materi lebih menarik bagi siswa.

    Kekurangan Video Pembelajaran Membaca untuk Mendapatkan Informasi:
    Salah satu kekurangan yang mungkin ada adalah kurangnya penekanan pada pengembangan keterampilan berpikir kritis siswa saat membaca untuk mendapatkan informasi. Video mungkin terlalu fokus pada teknik ekstraksi informasi literal tanpa mendorong siswa untuk menganalisis, mengevaluasi, atau mensintesis informasi yang mereka peroleh. Selain itu, video ini mungkin tidak secara mendalam membahas bagaimana mengatasi tantangan yang dihadapi siswa dengan tingkat pemahaman membaca yang berbeda. Kurangnya variasi dalam contoh teks yang digunakan atau tidak adanya panduan tentang cara mengaplikasikan strategi dalam konteks pembelajaran yang berbeda juga dapat menjadi keterbatasan video ini.

    Solusi untuk Meningkatkan Video Pembelajaran Membaca untuk Mendapatkan Informasi:
    Untuk meningkatkan efektivitas video ini, beberapa solusi dapat dipertimbangkan. Pertama, video perlu mengintegrasikan elemen-elemen yang mendorong pemikiran kritis, seperti mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang menantang pemahaman tingkat tinggi (misalnya, menganalisis hubungan sebab-akibat, membandingkan perspektif, atau mengevaluasi keakuratan informasi). Kedua, video sebaiknya menyajikan strategi diferensiasi untuk membantu siswa dengan berbagai tingkat kemampuan membaca, termasuk memberikan scaffolding untuk siswa yang kesulitan dan tantangan yang lebih kompleks untuk siswa yang lebih mahir. Terakhir, video akan lebih bermanfaat jika menyertakan contoh penerapan strategi membaca untuk mendapatkan informasi dalam berbagai mata pelajaran dan konteks pembelajaran yang lebih luas, sehingga siswa dapat melihat relevansi dan aplikasi praktisnya.

  3. Nama : Resti Nurfauziah
    Nim : 857530556
    UPBJJ : 24/Bandung
    Bismillah… Ijin memberi tanggapan
    Kelemahan dari Vidio diatas adalah :
    1. Guru tidak melakukan pembukaan, guru mengarahkan untuk membuka buku paket siswa.
    2. Awalnya semua siswa terlihat kebingungan dengan metode yang kurang menarik.
    3. Guru tidak memberikan penjelasan mengenai tujuan pembelajaran yang di berikan kepada siswa dan guru tidak merefleksi siswa sehingga siswa tampak terlihat tegang.
    4. Guru terlalu terburu- buru menyuruh siswa untuk menyimpulkan isi ceritanya sampe siswa tampak merasa bingung.
    Kelebihan Vidio pembelajaran tersebut adalah :
    1. Guru mengapresiasi siswa yang telah memahami dan menyimpulkan isi cerita.
    2. Sebagian siswa lebih aktif dalam menyampaikan isi cerita.
    Upaya perbaikan yang harus dilakukan dalam peningkatan pembelajarannya :
    1. Seharusnya guru dapat lebih mengendalikan suasana kelas, agar siswa lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran di kelas.
    2. Guru harus dengan maksimal dalam mennyampaikan pembelajaran kepada siswa, guru harus lebih aktif dan kreatif untuk mendorong siswa terhadap suatu cerita.
    3. Wawasan seorang guru harus lebih ditingkatkan lagi untuk meningkatkan pembelajaran yang lebih baik dan lebih berkualitas dalam pembelajaran di sekolah.
    Terima kasih.

  4. Nama : Resti Nurfauziah
    Nim : 857530556
    UPBJJ : Bandung

    Bismillah ijin Memberi tanggapan Vidio Pembelajaran membaca untuk mendapatkan informasi.
    Kelebihannya :
    1. Menggunakan media / alat yang nyata, guru dapat menggunakan objek permainan tradisional dengan menggunakan bakiak.
    2. Siswa menggunakan media pembelajaran yang nyata dan menyenangkan dengan menggunakan alat tradisional.
    3. Guru dapat memberikan permainan dan pembelajaran yang menyenangkan sehingga siswa tidak gampang bosan.
    4. Siswa melakukan literasi untuk mendapatkan informasi mengenai media pembelajaran alat tradisional yang menyenangkan.
    5. Siswa dapat bekerja sama dalam melaksanakan pembelajaran secara kelompok.
    Kekurangan nya :
    1. sebelum pembelajaran dan setelah pembelajaran semua siswa tidak berdoa terlebih dahulu.
    2. Guru tidak mengabsen siswa terlebih dahulu

    Terimakasih

  5. Nama : Rahajeng Putriyanti Widowati
    NIM : 857858724
    UPBJJ : Surakarta

    Berikut hasil pengamatan saya dari video yang berjudul “Membaca untuk mendapatkan informasi” :

    Kelebihan
    – Diawal pembelajaran guru memberi salam pada para siswa.
    – Guru menggunakan alat bantu bakiak dan mempraktikkan langsung cara penggunaannya.
    – Siswa dapat melihat contoh langsung dari guru dan mengikuti contoh tersebut.
    – Siswa dapat belajar di luar ruangan, sehingga pembelajaran lebih menarik dan interaktif.
    – Siswa aktif menjawab pertanyaan guru, sehingga dapat meningkatkan partisipasi dan motivasi mereka.
    – Guru memberikan informasi tujuan pembelajaran dengan jelas, sehingga siswa dapat memahami apa yang diharapkan dari pembelajaran.
    – Siswa aktif dalam proses pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan motivasi dan partisipasi mereka.

    Kekurangan
    – Pembelajaran tidak dimulai dengan berdoa terlebih dahulu.
    – Tidak ada pengecekan kehadiran siswa.
    – Tidak ada kegiatan menyanyi (untuk pemanasan) di awal pembelajaran.
    – Guru tidak membahas pelajaran yang lalu, sehingga siswa mungkin tidak dapat menghubungkan materi baru dengan materi sebelumnya.

  6. Nama : Riastiningsih
    NIM : 858703283
    Topik : Membaca untuk Mendapatkan Informasi

    Menurut saya, proses pembelajaran yang terdapat pada video sudah bagus. Guru mengajak siswa untuk membaca terlebih dahulu mengenai topik pembelajaran yang akan berlangsung. Kemudian ditambah lagi guru memperkenalkan secara mendalam media yang akan digunakan dan disesuaikan dengan bacaan yang telah dibaca siswa. Sehingga siswa secara langsung dapat mengamati dan mengenal media tersebut. Agar proses pembelajaran lebih bervariasi, guru mengajak siswa bermain di luar. Hal ini membuat siswa sangat berantusias dalam belajar. Bagian terakhir, guru memberikan penguatan atau refleksi agar tujuan pembelajaran bisa dirasakan siswa secara mendalam.

  7. Nama: Yramayanti
    Nim: 856592821
    Dari Video yang saya lihat ini guru tidak melakukan pembukaan awal yaitu doa, dan sapa salam,.Namun guru menurut saya sudah baik untuk pembukaan pembelajaran dalam memberikan penjelasan sebelum memulai materi guru memberikan contoh konkret yang berhubungan dengan materi pembelajaran, dan guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui peserta didik dalam pemahamannya sebelum memulai membaca materi. setelah itu guru meminta peserta didik untuk membaca agar memahami dan mendapatkan poin penting dari wacana yang dibaca.setelah itu guru mengajak peserta didik untuk belajar dan praktik langsung sehingga peserta didik merasa senag sekali, hal ini sangat setuju saya dikarenakan dengan begini peserta didik memahami dan mengetahui serta mendapatkan informasi dari yang mereka baca sehingga peserta didik dapat menjawab semua pertanyaan yang diberikan guru.hasil belajar menyenangkan dan tujuan pembelajaran yang dilakukan oleh guru berhasil.

  8. Nama: Yundha Septi Intan Fajriah
    Nim: 858923824

    Video pembelajaran ini memiliki beberapa kelebihan, seperti penggunaan media nyata berupa permainan tradisional bakiak yang membuat siswa bisa belajar sambil bermain. Hal ini membuat pembelajaran jadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan. Guru juga menyampaikan tujuan pembelajaran dengan jelas, dan siswa diajak membaca informasi lebih dulu sebelum mulai kegiatan. Suasana belajar menjadi lebih hidup karena siswa aktif, kompak, dan semangat saat bermain bersama. Penggunaan media visual juga membantu siswa memahami materi dengan lebih mudah.

    Namun, ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Guru tidak mengajak siswa berdoa, tidak mengecek kehadiran, dan tidak melakukan apersepsi untuk mengingat pelajaran sebelumnya. Guru juga langsung masuk ke materi tanpa memberi pengantar yang cukup, sehingga bisa membuat siswa bingung. Video pembelajaran membaca yang ditampilkan belum banyak melatih kemampuan berpikir kritis dan tidak menyesuaikan dengan perbedaan kemampuan siswa. Akan lebih baik jika video menampilkan pertanyaan analisis, contoh yang lebih bervariasi, dan strategi untuk semua jenis siswa agar pembelajaran makin efektif dan menyeluruh.

  9. Nama Saya : BENISWAN PUTRA ZAI, NIM :855862062 Judul Video : Membaca Untuk Mendapatkan Informasi, Menurut analasis saya bahwa dalam video tersebut Guru melakukan metode pembelajaran yang sangat sederahana dan membuat minat siswa belajar semakin meningkat,sehingga membuat peserta didik nyaman dalam mengikuti pembelajaran. Yakni pada video tersebut seorang guru menciptakan permainan sebagai variasi dalam pembelajaran dan praktik secara langsung agar siswa dapat memahami dan mendapatkan informasi dalam sebuah bacaan wacana dengan benar dan tepat secara langsung. Dari video tersebut juga memberikan saya sebuah inovatif dan lebih kreatif lagi dalam membuat variasi dalam pembelajaran agar menyenenangkan dan membuat siswa nyaman dan asyik dalam mengikuti proses pembelajaran dengan baik dan efektif.

  10. Yang terhormat Ibu Fadilah Nur Sugiyanto dan Rekan-rekan Mahasiswa
    Izin menanggapi diskusi sesi 1 ini

    Nama : Tyas Subekti
    NIM : 857876002
    UPBJJ : Surakarta

    Diskusi sesi 1 ini adalah memberikan hasil analisis kita terhadap salah satu video yang ada di http://www.ruangguru.pintar.ut.ac.id.
    Hasil Analisis Saya adalah sebagai berikut :
    • Judul video : Membaca Untuk Mendapatkan Informasi
    • Link : https://gurupintar.ut.ac.id/membaca-untuk-mendapatkan-informasi/
    • Ringkasan video : Pembelajaran menggunakan media pembelajaran berupa alat peraga yaitu bakiak yang dipraktekan di luar kelas. Serta buku modul yang
    dibaca di dalam kelas. Sebuah variasi dalam belajar untuk menghilangkan kebosanan.
    • Kelemahan pembelajaran dalam video :
    1. Kelemahan dari guru :
    – Guru tidak memberikan motivasi
    – Guru tidak memberikan tugas rumah / PR
    – Tidak memberikan evaluasi
    2. Kelemahan dari siswa :
    – Siswa hanya bertanya mengenai pembelajaran berkaitan dengan bakiak sedangkan dalam video siswa diperintah untuk membaca dan tidak bertanya apa isi
    bacaan yang dibaca.
    • Kelebihan pembelajaran dalam video :
    1. Kelebihan guru :
    – Guru telah memberikan variasi belajar baru untuk menghilangkan rasa kebosanan siswa dengan belajar di luar kelas.
    – Guru menggunakan alat peraga agar materi pembelajaran mudah dipahami.
    – Guru telah memberikan umpan balik / tanya jawab
    – Guru menyampaikan tujuan dalam pembelajaran bahasa indonesia
    2. Kelebihan siswa :
    – Siswa mengajukan pertanyaan atau siswa aktif
    – Siswa melaksanakan perintah guru untuk membaca
    – Siswa mengerjakan tugas untuk menjawab soal di buku yang di baca
    – Siswa menjawab pertanyaan guru dengan baik
    • Hal unik dalam pembelajaran video tersebut : adalah dengan menggunakan alat peraga berupa bakiak. Dimana bakiak sekarang sudah sangat langka dan berupa mainan tradisional.

    Demikian dari saya,
    Terima kasih

Leave a Reply