Similar Posts
Belajar Menjawab Pertanyaan isi Puisi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Menarik Perhatian Siswa
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara : Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan….
Keterpaduan Pembelajaran Sastra
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini memuat gambaran tentang pembelajaran sastra klasik di SD yang dirasakan sulit bagi siswa. Dengan menggunakan pendekatan terpadu, antarketerampilan berbahasa maupun antarlintas bidang studi, masalah ini dapat diatasi. Melalui kegiatan membaca, menyimak, berbicara, dan menulis, serta dengan kegiatan berdiskusi di dalam kelompok, siswa akan…
Siswa Kesulitan Mengahafal Rumus Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung…
Membangun Suasana Aktif, Interaktif dan Menyenangkan
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini digambarkan upaya seorang guru yang mengajar namun tidak memperhatikan apakah siswa memperhatikan atau tidak. Solusi yang disampaikan dalam tayangan ini adalah upaya guru mengajak siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Caranya adalah dengan mengajak siswa mengeksplorasi suatu objek/benda dengan membilangan/operasi berhitung dasar,…
Metode Pembelajaran Menyimak di Kelas I SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan kesulitan siswa dalam menjawab pertanyaan isi dongeng pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas I SD, beserta alternatif pemecahan masalahnya. Dra. Yetty Morelent, M.Hum. & Dra. Benedicta Esti Pramuki Sri Karyati, Mpd. Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
AGNINA SOFWA HAYATI
858853964
Di video pembelajran, guru menyampaikan informasi tentang lomba bakiak sebagai materi pembelajaran. Metode ceramah masih kurang efektif untuk materi wacana Bahasa Indonesia. Namun ,guru menyampaikan tujuan pembelajaran, mengajak peserta didik membentuk kelompok, dan melakukan kegiatan belajar di luar kelas dengan mempraktikkan cara bermain bakiak secara langsung.
4. kelemahan pembelajaran dalam Video :
a. Guru tidak melakukan berdoa dan mengecek absen peserta didik
b. Penjelasan materi kepada siswa mengenai topik yang sedang dipelajari kurang mendalam .
c. Tidak terlihat diskusi saat dibagi kelompok
d. Ekspresi wajah dan tubuh guru terlihat monoton dan kurang hidup.
5. Kelebihan Pembelajaran Video :
a. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
b. Guru memilih dan menerapkan model pembelajaran berbasi kelompok, Dimana peserta didik akan bekerja sama dan berinteraksi dan menyelesaikan tugas atau memecahkan masalah.
c. Lokasi pembelajaran di lingkungan sekitar sekolah.
Nama: VIVI ANGRIANI
NIM: 878362645
Pokjar: Tebing Tinggi
Dari video tersebut guru membuka pembelajaran tidak efektif dikarenakan tidak adanya doa sebelum memulai pembelajaran,Dan guru tidak menjelaskan secara rinci tujuan pembelajaran.
rosdawati
819870047
Di video pembelajran, guru menyampaikan informasi tentang lomba bakiak sebagai materi pembelajaran. Metode ceramah masih kurang efektif untuk materi wacana Bahasa Indonesia. Namun ,guru menyampaikan tujuan pembelajaran, mengajak peserta didik membentuk kelompok, dan melakukan kegiatan belajar di luar kelas dengan mempraktikkan cara bermain bakiak secara langsung.
4. kelemahan pembelajaran dalam Video :
a. Guru tidak melakukan berdoa dan mengecek absen peserta didik
b. Penjelasan materi kepada siswa mengenai topik yang sedang dipelajari kurang mendalam .
c. Tidak terlihat diskusi saat dibagi kelompok
d. Ekspresi wajah dan tubuh guru terlihat monoton dan kurang hidup.
5. Kelebihan Pembelajaran Video :
a. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
b. Guru memilih dan menerapkan model pembelajaran berbasi kelompok, Dimana peserta didik akan bekerja sama dan berinteraksi dan menyelesaikan tugas atau memecahkan masalah.
c. Lokasi pembelajaran di lingkungan sekitar sekolah.
Nama : Rosa Graha Purnama
NIM : 858919301
Dalam video pembelajaran ini terdapat beberapa isu, yaitu guru tidak memberikan penilaian kepada siswa, dan siswa lebih tertarik pada alat bantu daripada konten bacaan. Hal ini terjadi karena minimnya perhatian guru terhadap penilaian dan dorongan. Selain itu, guru tidak merancang tugas dan penilaian sejak awal. tidak adanya penilaian atas hasil belajar menjadi masalah yang diangkat, karena penilaian sangat krusial untuk mengetahui sejauh mana siswa memahami pelajaran dan meningkatkan proses pendidikan. Solusi yang diusulkan adalah dengan menambahkan penilaian di akhir kelas, memberikan tugas rumah, dan menekankan pentingnya pemahaman isi teks.
Kelemahan pembelajaran dalam Video tersebut :
a. Guru tidak melakukan berdoa dan mengecek absen peserta didik
b. Penjelasan materi kepada siswa mengenai topik yang sedang dipelajari kurang mendalam .
c. Tidak terlihat diskusi saat dibagi kelompok
5. Kelebihan Pembelajaran Video :
a. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
b. Guru memilih dan menerapkan model pembelajaran berbasis kelompok, Dimana peserta didik akan bekerja sama dan berinteraksi dan menyelesaikan tugas atau memecahkan masalah.
Nama: Salsabila
NIM: 858921472
Pokjar: Wuluhan
Dari video tersebut guru membuka pembelajaran kurang efektif dikarenakan guru dibagian pembukaan tidak ada doa sebelum memulai pembelajaran. Dan detode ceramah masih kurang efektif untuk materi wacana Bahasa Indonesia. Namun ,guru menyampaikan tujuan pembelajaran, mengajak peserta didik membentuk kelompok, dan melakukan kegiatan belajar di luar kelas dengan mempraktikkan cara bermain bakiak secara langsung.